Agen PPOB BNI, Peluang Bisnis Terbaru 2017
23Jul

Distributor Toko Kelontong untuk Pemula

Toko kelontong merupakan salah satu jenis toko yang banyak atau bahkan satu-satunya di Indonesia. Masyarakat Indonesia tentunya sudah tidak asing lagi dengan toko yang satu ini. Biasanya, toko kelontong dapat Anda jumpai di sekitar perkampungan atau area perumahan penduduk. Umumnya, toko kelontong menjual berbagai macam kebutuhan sehari-hari seperti bahan makanan pokok.

Toko Kelontong

Toko kelontong banyak di temukan di daerah perkotaan padat penduduk juga di daerah perkampungan. Kehadiran toko kelontong juga dinilai lebih efektif dan efisien membantu masyarakat sekitar untuk memenuhi beraneka macam kebutuhan seperti sembako atau keperluan lainnya. Di samping itu, kehadiran toko kelontong menjadi peluang tersendiri bagi masyarakat untuk memulai usaha dan meraup keuntungan.

Juragan atau pemilik toko kelontong umumnya menerapkan sistem penjualan persis halnya dengan toko pada umumnya, yakni membeli barang dagangan dalam jumlah banyak atau grosir dengan harga paling murah yang kemudian dijual kembali dengan sistem eceran atau bijian. Adapun saat dijual kembali, barang tersebut ditawarkan dengan harga yang lebih tinggi guna mendapatkan keuntungan.

Kebutuhan serta peluang bisnis yang menjanjikan, menjadikan toko kelontong sebagai ladang meraup keuntungan yang banyak diminati. Tak ayal, banyak di antara masyarakat lebih memilih membuka toko kelontong di sekitar rumah karena penghasilan yang cukup menjanjikan. Kendati tidak dipungkiri, tiap harinya keuntungan didapat tidak stabil dan pasti. Namun, jika dikalkulasi keseluruhan keuntungan yang didapat hasilnya tak jarang berkali lipat dari modal awal.

Distributor Toko Kelontong

Yang menjadikan toko kelontong sebagai ladang bisnis juga karena siapapun bisa memulai menekuni usaha tersebut. Jika Anda berminat untuk akan usaha toko kelontong, maka Anda bisa memulainya dengan menjadi seorang distributor untuk toko kelontong. Menjadi seorang distributor dapat memberikan keuntungan yang cukup tinggi apabila dijalani dengan tekun dan serius.

Sebagaimana yang kita ketahui, toko kelontong menjual berbagai barang kebutuhan rumah tangga dan sehari-hari lainnya. Di toko kelontong pun, harga yang ditawarkan cukup ekonomis dibanding harga di minimarket atau supermarket. Kendati barang yang ditawar dengan harga murah, tahukah Anda bahwa keuntungan tiap penjualan barang cukup banyak loh.

Ladang Bisnis Menjanjikan

Hal ini didapat karena, sistem jual belinya dimana meski per satu barang keuntungannya kecil namun dalam penjualan yang jumlah besar, keuntungan dikalikan sehingga keuntungan yang didapatkan pun semakin besar. Menjamurnya toko kelontong, selain sebagai tempat dijualnya berbagai kebutuhan sehari-hari dan peluang bisnis yang menjanjikan juga karena banyak masyarakat beralasan harga barang di sana ekonomis serta dekat dengan area tempat tinggal.

Oleh karenanya, menjadi seorang distributor toko kelontong dinilai cukup menjanjikan. Selain berbagai alasan yang disebutkan di atas, berikut alasan lainnya mengapa profesi distributor toko kelontong:

 

  • Tidak menggantungkan perubahan musim

 

Dibandingkan toko-toko produk lainya, toko kelontong berbeda, terutama dengan toko yang menjual produk makanan seperti buah yang punya musim-musim tertentu. Toko kelontong menjual berbagai keperluan sehari-hari yang sama sekali tidak bergantung pada musim. Berbagai kebutuhan barang di toko kelontong pun akan selalu dicari masyarakat.

Bahkan sepanjang tahun, ketersediaan akan kebutuhan sehari-hari akan selalu terjamin. Kendati begitu beberapa barang seperti gas LPG juga tergantung pada kondisi pasar yang tak jarang akan menyebabkan kelangkaan meskipun tidak sering.

 

  • Produk yang dijual merupakan keperluan sehari-hari

 

Memilih produk yang akan Anda jual sangat penting karena menentukan kelancaran Anda dalam membuka usaha. Melalui bisnis di bidang distributor toko kelontong dinilai cukup menjamin ketersediaan konsumen yang siap menjadi pembeli barang Anda. Tentu hal ini dikarenakan secara umum toko kelontong menjual berbagai kebutuhan harian masyarakat.

Maka dari itu penting untuk memilih berbagai produk atau barang yang akan Anda jual nantinya. Tips, pilihlah produk atau barang yang sering dibutuhkan oleh masyarakat sehari-harinya. Juga, sesuaikan harga jual dengan kondisi ekonomi masyarakat setempat. Semakin ekonomis harga yang toko kelontong Anda tawarkan maka akan semakin menarik minat pembeli untuk mulai berbelanja.

 

  • Lokasi yang cukup fleksibel

 

Secara umum, lokasi strategis dan banyak dipilih masyarakat ketika membuka bisnis toko kelontong adalah di area pemukiman ramai penduduk. Area sebagaimana perumahan, pemukiman pada hingga pasar merupakan lokasi yang pas. Khusus bagi Anda yang ingin memulai bisnis dari rumah, Anda bisa memulainya dengan menyulap halaman depan Anda menjadi toko kelontong kecil-kecilan. 

Toko Kelontong Online

Nah, toko kelontong yang banyak kita jumpai sudah tentu memiliki bangunan secara fisik. Namun, tahukah Anda, saat ini toko online juga dibuka dengan berbasis online. Maksudnya adalah tanpa harus adanya toko sebagai tempat barang dagangan, toko kelontong tetap bisa berjalan yakni dengan cara berjualan melalui toko online.

Bahkan berjualan di toko online dapat mendatangkan keuntungan yang lebih besar. Keuntungan besar ini didapat dari tidak perlunya biaya tambahan guna membangun atau sewa tempat. Hal ini tentu memudahkan sistem operasionalnya yang bisa dilakukan dari mana saja. Anda hanya perlu menggunakan koneksi internet. 

Keuntungan Membuka Toko Kelontong Online

Lantas keuntungan apa saja yang akan Anda dapatkan ketika membuka usaha toko kelontong online? Nah, berikut jawabannya:

 

  • Menghemat biaya pengeluaran operasional

 

Jelas Anda pun akan lebih hemat soal biaya operasional. Anda hanya harus menyediakan kuota yang cukup untuk memperlancar jaringan internet. Mengingat kelancaran segala aktivitas serta komunikasi dengan konsumen tergantung lancar tidaknya koneksi internet Anda. Anda pun tidak perlu bingung bahkan repot-repot menyediakan tempat/kios untuk berjualan. Dengan semakin sedikitnya biaya operasional yang Anda butuhkan maka akan semakin besar pula keuntungan yang Anda dapat.

 

  • Bisa mendapatkan supplier barang dengan harga murah

 

Berjualan melalui toko online bisa dilakukan dengan modal yang minim. Anda tidak diharuskan memiliki modal yang banyak untuk sekadar memulai bisnis jika melalui online. Selain itu, dengan memakai modal yang sedikit akan meminimalisir kerugian sewaktu-waktu yang sering sekali terjadi.

 

  • Fleksibel

 

Tentu dengan berjualan secara online, sifatnya fleksibel dan tidak harus membuat Anda selalu standby di toko sekadar menunggu pembeli. Anda pun bisa melakukan aktivitas lainnya dalam sekali waktu.

 

  • Sistem pembayaran mudah

 

Nah, untuk yang satu ini, bagi Anda yang membuka toko kelontong melalui KUDO marketplace online terpercaya di Indonesia. Belanja melalui KUDO sifatnya mudah sekaligus praktis. Apalagi sistem pembayarannya yang mudah tanpa repot sama sekali. Ada banyak cara pembayaran mudah yang ditawarkan oleh KUDO. Diantaranya adalah secara tunai, kartu kredit juga COD atau cash on delivery.

Cara Bergabung dengan KUDO

KUDO menawarkan berbagai kemudahan bagi Anda, apalagi pemula untuk berjualan khususnya toko kelontong. Adapun cara untuk bergabung dengan KUDO sebagai berikut:

  1. Unduh aplikasi KUDO di smartphone Anda, Klik daftar, verifikasi akun melalui email/no.hape Anda.
  2. Isi saldo KUDO, Anda diharuskan mengisinya guna memulai aktivitas jual beli. Saldo inilah, yang nantinya Anda gunakan sebagai modal jualan Anda.

Sangat mudah kan? Nah, untuk mengetahui lebih lanjut tentang KUDO, kunjungi langsung website resminya. Ayo segera gabung dan dapatkan berbagai penawaran dan kesempatan untung dari KUDO!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *