Kiat Sukses Pengusaha Muda Sejak Mahasiswa
19Jun

Fungsi Komunikasi Bisnis untuk Perusahaan dan Bisnisnya

Komunikasi sangat dibutuhkan untuk mengembangkan suatu perusahaan atau bisnis. Melalui yang tepat, suatu usaha bisa berjalan lebih baik dengan hasil yang lebih optimal. Fungsi bisnis begitu banyak, baik untuk perusahaannya atau pun pelanggannya. Tanpa komunikasi bisnis suatu usaha dapat berhenti tanpa mengalami perkembangan. Komunikasi bisnis secara garis besar meliputi komunikasi dalam dan luar. Komunikasi antar karyawan dan komunikasi dengan pihak luar yang bukan dari perusahaan. Bisnis tanpa komunikasi yang baik juga bisa membuat operasional internal berjalan lambat. Padahal suatu bisnis membutuhkan berbagai hal secara cepat demi mengimbangi pesaing-pesaing bisnis yang terus meningkatkan kualitas bisnisnya. Saat perusahaan bisa menjalankan komunikasi bisnis dengan baik, maka fungsi dari komunikasi tersebut dapat terlaksana. Berikut adalah beberapa fungsi melakukan komunikasi bisnis untuk perusahaan dan juga bisnisnya.

Komunikasi Bisnis untuk Perusahaan dan Bisnis yang Dijalankan
Pada operasional di dalam perusahaan, komunikasi bisnis diperlukan untuk kelancaran operasional. Komunikasi bisnis juga dibutuhkan untuk kesuksesan sebuah bisnis. Peranan komunikasi bisnis yang begitu penting tersebut sebaiknya dijalankan oleh semua pihak. Terlebih untuk berhadapan dengan pihak luar, maka pembicara yang handal sangat diperlukan agar komunikasi dapat sampai dengan jelas. Komunikasi yang dilakukan harus bisa mencapai tujuan dari komunikasi tersebut. Seperti komunikasi yang harus dilakukan dengan calon pelanggan. KUDO adalah salah satu e-commerce terbesar yang memasarkan produk dan layanannya melalui agen. Situs belanja online tersebut juga mempunyai offline, yaitu antara agen dan konsumen. KUDO menjadi e-commerce yang memiliki dua sistem dalam menjalankan bisnisnya. Memanfaatkan sistem online yang efisien dan tidak menghilangkan sistem offline yang cukup efektif.

Salah satu fungsi penting adanya komunikasi bisnis adalah fungsi internal atau fungsi komunikasi bisnis dalam perusahaan. Komunikasi antara atasan dan bawahan, serta komunikasi yang dilakukan antar karyawan. Pimpinan dan bawahannya harus bisa menjalin komunikasi yang baik. Hal tersebut penting dilakukan agar bawahan dapat mengerjakan apa yang dibutuhkan pimpinan untuk perusahaannya. Komunikasi bisnis yang dilakukan atasan dengan bawahan juga bisa berfungsi untuk perbaikan suatu pekerjaan. Apabila ada yang kurang atau salah, pimpinan dapat berkomunikasi dengan pekerjanya untuk solusinya. Jika komunikasi tersebut dapat dijalankan, maka perusahaan dapat mengembangkan diri menjadi lebih besar dan sukses. Selain itu, komunikasi bisnis antar karyawan atau pekerja juga penting dilakukan. Komunikasi tersebut berfungsi untuk mengawasi kebijakan dari pimpinan perusahaan. Melalui komunikasi antar karyawan, setiap aturan dan pekerjaan bisa dirundingkan bersama. Komunikasi tersebut juga bisa menjadi wadah untuk bertukar pikiran demi sebuah solusi.

Selain internal, komunikasi bisnis juga memiliki fungsi eksternal. Komunikasi yang dilakukan lebih mengarah pada kesuksesan dan keberhasilan sebuah bisnis. Komunikasi ini bisa antara perusahaan dengan supplier, pemerintah, atau pun konsumen. Komunikasi tersebut lebih riskan karena membawa nama perusahaan. Maka dari itu penting untuk memilih perwakilan yang mempunyai kemampuan dalam melakukan komunikasi bisnis. Fungsi komunikasi bisnis dalam organisasi di masyarakat akan lebih banyak untuk bisnis dan nama perusahaan. Sama halnya dengan komunikasi yang harus dilakukan oleh agen KUDO dalam berhadapan dengan pihak konsumen. Agen harus bisa memberi informasi yang jelas tentang produk dan layanan yang ada di KUDO. Jadi tidak hanya menggunakan aplikasi dan membiarkan pelanggan berjalan sendirian dalam menggunakan KUDO. Melalui agen setiap informasi terkait produk dan layanan atau cara pembayaran akan dijelaskan kepada konsumen. Hal tersebut tentu penting agar konsumen bisa mendapatkan kemudahan dan pelayanan belanja online yang terbaik.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *