19Dec

17 Ide Bisnis Usaha Terbaru Modal Kecil, Kreatif, Online & Unik

Pemula yang hendak menjalankan bisnis tidak perlu khawatir. Ada banyak ide bisnis yang bisa dijalankan oleh pemula. Ragam ide ini tentunya menawarkan potensi keuntungan tinggi serta waktu mengerjakan yang fleksibel. Kita bisa mengerjakannya sekarang juga dari dalam rumah saja karena modal yang kecil. Siapapun bisa melaksanakan bisnis ini, mulai dari pelajar, mahasiswa, ibu rumah tangga sampai dengan pekerja kantoran yang membutuhkan tambahan penghasilan. Bukan tidak mungkin bahwa usaha kecil yang dijalankan secara serius akan dapat berkembang menjadi usaha besar dan bisa jadi sumber pemasukan tetap ke depannya. Berikut adalah ide-ide usaha bagi pemula tersebut.

Ide Bisnis Yang Cocok Untuk Pemula

  1. Jual Pulsa Elektrik
    Menjual pulsa elektrik ialah ide bisnis sampingan yang tepat untuk siapapun, mulai dari pelajar, ibu rumah tangga, mahasiswa maupun karyawan. Pasalnya, jual beli pulsa hanya membutuhkan modal yang kecil yaitu mulai dari Rp50.000 saja. Potensi keuntungannya cukup besar. Walau laba dari tiap pulsa yang terjual relatif kecil, namun banyaknya pelanggan yang membeli pulsa tiap hari akan memberi keuntungan yang cukup besar juga pada akhirnya. Kita bisa menawarkan pulsa pada orang-orang terdekat terlebih dahulu seperti keluarga, teman-teman dan tetangga. Kita tidak perlu memiliki counter karena modal awal hanyalah ponsel sendiri.
  2. Jual Beli Motor Bekas
    Ide bisnis sampingan untuk kita yang gemar akan dunia otomotif ialah menjadi dealer jual beli motor bekas. Dealer di kabupaten setidaknya dapat melepas antara 50 hingga 100 unit kendaraan tiap minggunya. Bisnis ini terbilang tumbuh dengan sangat pesat. Jika kita sudah paham akan siklus serta persaingan pasar, maka tak ada salahnya untuk membuka display motor di rumah masing-masing. Apabila kita memulai usaha sebagai makelar, maka teknisnya kita tak butuh modal. Bangunlah kepercayaan dan bantu jualkan motor orang agar kita bisa mendapat komisi. Ketika nanti telah memiliki pasar yang jelas, mulailah membeli motor bekas dengan harga di bawah Rp10 juta untuk kemudian dijual kembali.
  3. Menjual Pakaian Murah
    Menjual pakaian termasuk dalam ide bisnis yang cocok bagi pemula karena pakaian adalah salah satu kebutuhan dasar tiap manusia dan tidak bisa kadaluwarsa. Modal yang harus dikeluarkan terbilang kecil yaitu mulai dari Rp1 juta saja. Banyak situs yang bisa dipilih sebagai tempat mendapatkan pakaian grosir. Di antaranya ialah dewagrosir, tanahabangpgmta, bursatanahabang serta deltagrosir. Produk-produk yang biasa dijual dengan harga murah di antaranya ialah mukena, daster, sarung tenun, busana muslim, kaos pendek dan panjang, dan masih banyak lagi. Kita bisa menjualnya secara online maupun offline dari pintu ke pintu.
  4. Menjual Produk Berdasarkan Hobi
    Ada banyak ide bisnis yang berawal dari hobi masing-masing. Contohnya adalah hobi memancing. Hobi ini terbilang irasional karena harga alat pancing yang mencapai jutaan rupiah, sementara apa yang didapat dari hobi ini hanyalah kepuasan. Jarang ada orang memancing dan mendapat untung sampai jutaan rupiah pula. Namun, kita dapat mengubahnya menjadi keuntungan dengan cara menjual alat pancing secara dropship. Pengetahuan di bidang memancing juga akan membantu dalam menjalankan bisnis ini. Belilah beberapa stok produk dulu dengan harga terjangkau sesuai modal. Alat pancing sendiri memiliki harga beragam mulai dari Rp250 ribu sampai dengan Rp2.5 jutaan.
  5. Menjual Makan Pagi
    Makanan termasuk dalam salah satu kebutuhan pokok manusia sehari-hari. Menjual makanan termasuk dalam ide bisnis yang aman karena resikonya terbilang kecil. Usaha ini pun tidak butuh ruangan spesifik karena kita bisa manfaatkan halaman depan rumah. Menunya terbilang sederhana dan tidak butuh waktu pengolahan yang lama. Di antaranya adalah nasi uduk, bubur ayam, nasi kuning, gorengan serta aneka minuman seperti kopi dan lain-lain. Modal yang dibutuhkan terbilang kecil yaitu mulai dari Rp4 jutaan per bulan. Dengan modal sebesar itu, kita bisa mendapat untung setidaknya Rp2 juta per bulan. Ini tentu adalah ide usaha yang cukup menarik untuk dijalani.
  6. Warung Kopi
    Warung kopi bisa dibilang sebagai ide bisnis yang sederhana dari kafe. Warung kopi ini terutama dapat dibuka pada malam hari karena biasanya waktu ngopi yang terbaik ialah malam hari. Usaha ini terutama cocok dijalankan di sekitar kampus maupun kawasan industri. Modal awalnya cukup Rp10 juta saja dan dana tersebut sudah termasuk aneka peralatan seperti gelas, sendok, meja, kursi serta alat pembuat kopi sederhana. Kita juga bisa menambahkan aneka barang dagangan lain dalam warung kopi seperti gorengan, mie instan, rokok hingga aneka minuman lain. Namun, jualan utama tentu adalah kopi. Warung kopi umumnya tak hanya menyediakan kopi instan namun juga kopi jenis lain yang harus diseduh secara khusus menggunakan mesin.
  7. Menjual Aneka Kue
    Hobi memasak kue bisa dimanfaatkan untuk menjadi ide bisnis yang menghasilkan keuntungan. Ragam kue yang dijual bisa berupa kuebasah seperti bika ambon, brownies kukus, dadar gulung, bolu cokelat, banana cake, lapis legit, apem, klepon, kue cucur hingga onde-onde. Selain itu, kita juga bisa menjual aneka kue kering seperti cookies lemon, putri salju, walnut cream cheese, nastar nanas, sandwich cokelat mint serta kukis selai kacang cokelat. Kita bisa mendapatkan resepnya di internet atau buku memasak. Modal awalnya sendiri tidaklah terlalu banyak. Di satu bulan pertama, modal yang dibutuhkan adalah Rp10 juta di mana Rp9 jutanya digunakan untuk pembelian bahan baku.
  8. Menjual Makanan Ringan
    Menjual makanan ringan atau snack juga termasuk ide bisnis yang tak kalah menjanjikan dibanding makanan berat. Pasalnya, banyak orang suka ngemil terutama di sela-sela waktu makan. Termasuk dalam makanan ringan adalah gorengan, keripik hingga aneka jajanan kekinian seperti nugget pisang, churros, takoyaki dan masih banyak lagi. Lokasi berjualan yang tepat adalah di pinggir jalan atau di dekat sekolah. Berjualan makanan ringan sendiri bisa dari produksi sendiri maupun bergabung dalam bisnis waralaba makanan. Modalnya mulai dari Rp2 juta saja dan kita sudah akan mendapat paket lengkap untuk berjualan.

Itulah aneka ide bisnis untuk pemula yang bisa dijalankan mulai dari sekarang juga karena modal yang kecil dan potensi keuntungan besar. Satu lagi bisnis yang dapat dijalankan pemula ialah bergabung menjadi partner KUDO melalui program Majuin Warung. KUDO adalah singkatan Kios Untuk Dagang Online dan merupakan salah satu marketplace yang menjamin keamanan transaksi. Program Majuin Warung sendiri akan membantu kemajuan UMKM warung di berbagai daerah seluruh Indonesia agar dapat lebih berkembang. Datangi warung paling dekat dengan kediaman kita dan pastikan belum terdaftar di KUDO. Kemudian daftarkan warung tersebut ke program KUDO melalui aplikasi yang telah didownload di ponsel. Pemilik warung maupun kita akan sama-sama mendapat keuntungan dari program ini.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *