28Feb

Ide Bisnis Rumahan Modal Kecil, Kreatif, Online & Unik 2017

Ide Bisnis Rumahan Modal Kecil, Kreatif, Online & Unik 2017

Ide Modal Kecil, Kreatif, & Unik 2017. 2017 tentulah membawa secercah harapan baru bagi siapa saja, termasuk bagi para pegiat rumahan. Lantas, bagaimana gambaran prediksi ekonomi untuk tahun 2017 ini? Pasalnya, tentulah akan berdampat terhadap ramai sepinya pembeli—karena daya beli masyarakat juga saling bekelindan tak terpisahkan dengan pertumbuhan ekonomi negara.

Menteri Perencanaan Pembangunan Nasional/Kepala Bappenas Bambang Permadi Soemantri Brodjonegoro dalam diskusi Evaluasi Akhir Tahun 2016 dan Harapan 2017, di Kantor Bappenas, Jakarta, Sabtu 31 Desember 2016 seperti dikutip dari Antara, mengatakan bahwa, “perkirakan pertumbuhan ekonomi nasional pada tahun 2017 masih mencapai kisaran 5,1 hingga 5,3 persen.” (www.tempo.co, 31 Desember 2016).

Menurut Bambang, perkiraan tersebut terjadi dengan asumsi ekonomi Indonesia masih didominasi oleh sektor konsumsi masyarakat. Sementara itu, gejolak perekonomian global masih belum bisa diprediksi besaran dan dampaknya terhadap ekonomi nasional.

Di tahun 2016, perekonomian nasional masih tetap mampu bertumbuh sebesar 5,1 persen dalam kondisi terjadi gejolak perekonomian global. Artinya, kata Bambang, ekonomi Indonesia masih mampu bertahan menghadapi berbagai gejolak ekonomi global. Langkah untuk membuat ekonomi nasional mampu beradaptasi terhadap perubahan global, menjadi sangat penting untuk ditingkatkan di tahun 2017.

Senada dengan Kepala Bappenas, dilansir oleh www.kompas.com (22 November 2016), Gubernur BI Agus DW Martowardojo sebelumnya juga menjelaskan, bank sentral memperkirakan pertumbuhan ekonomi Indonesia pada 2017 akan naik. Bahkan berada pada kisaran 5 hingga 5,4 persen. Pertumbuhan ekonomi tersebut akan ditopang oleh permintaan domestik.

Terkait hal ini, Menteri Keuangan (Menkeu) Sri Mulyani Indrawati menyatakan, pemerintah akan menjaga pertumbuhan ekonomi nasional di atas 5 persen lewat desain Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara (APBN) yang seimbang, realistis, dan kredibel. Dengan begitu, APBN diharapkan dapat menjadi pelindung ekonomi Indonesia supaya tidak terseret arus pelemahan global. (www.liputan6.com, 2 November 2016).

Tentulah pertumbuhan ekonomi nasional yang diprediksikan itu menjadi kabar baik bagi segenap masyarakat Indonesia, terlebih bagi pegiat usaha. Dengan demikian, daya beli masyarakat akan turut meningkat, dan menjadi peluang besar bagi para pebisnis untuk menarik minat mereka membeli produk atau jasa yang dijual.

Cara Mencari Ide Bisnis

Ide bisa dikatakan menjadi pondasi awal untuk memulai sebuah bisnis atau usaha. Tidak akan ada usaha tanpa adanya ide terlebih dahulu. Bagi sebagian orang, mencari mudah. Namun tidak bagi sebagian orang. Lantas, bagaimana agar bisa mendapatkan ide bisnis yang pas dan bagus?

Ada beberapa tips untuk mendapatkan ide bisnis yang bisa dijadikan sebagai acuan.

Pertama, mulai dari hobi

Umumnya hampir setiap orang mempunyai hobi. Karena hobi, mereka mudah melakukannya dengan senang hati. Bahkan terkadang tanpa dibayar pun juga dilakukan sampai menghabiskan waktu dan juga mengeluarkan uang. Sesuatu yang menyenangkan dilakukan itu bisa menjadi modal besar untuk bisa menjalankan sebuah bisnis. Kalau sudah didasari suka tentunya melakukannya tidak akan menjadi beban lagi. Terlebih, ini melakukannya dengan senang hati dan .

Contoh hobi yang bisa dijadikan ide untuk bisnis misalnya, hobi fotografi. Anda bisa bisnis fotografi, apakah menjadi fotografer freelance atau membuka kursus fotografi, menjual peralatan dan aksesoris yang terkait fotografi. Atau jika hobi kuliner, bisa membuka restoran atau warung makan, catering, dan sebagainya.

Kedua, ikuti kesuksesan bisnis orang lain

Jika bingung mau bisnis dari hobi, bisa juga dengan mengikuti kesuksesan bisnis orang lain. Lihat di sekitar atau lingkungan Anda. Perhatikan juga teman-teman Anda yang sukses, saudara, atau tetangga. Bisnis apa yang berhasil dijalankan mereka dengan sangat sukses? Gunakan rumus ATM = Amati, Tiru, dan Modifikasi.

Misal, ada teman Anda yang sukses bisnis baju anak-anak. Jika mereka berhasil menjual dengan laris, karena desainnya, harga murah, Anda bisa menirunya. Lalu bisa dimodifikasi dari desainnya tidak hanya sekadar bagus, tapi ada nilai edukasinya ke anak dengan menggunakan kata-kata inspiratif, dan lain sebagainya. Bisa juga dimodifikasi dari sisi pelayanannya yang proses transaksinya lebih mudah. Misalnya bisa menggunakan WhatsApp, SMS, atau BBM.

Ketiga, mulai dari yang dibutuhkan di lingkungan Anda

Coba amati di sekitar Anda, apa yang mereka butuhkan dan belum ada yang menjualnya. Coba dengarkan keluhan mereka tentang yang mereka butuhkan tapi belum tersedia. Jadi awali ide bisnis Anda dengan yang dibutuhkan oleh pasar. Tahukah Anda, awal dari berdirinya merk air minum Aqua yang menjadi pionir air kemasan di Indonesia dan menjadi brand papan atas air kemasan hingga sekarang?

Ya, adalah Tirto Utomo, warga asli Wonosobo yang akrab disapa Tirto waktu itu bekerja sebagai pegawai Pertamina pada awal tahun 1970-an dan pegawai Petronas pada awal dekade 1980-an. Ketika itu Tirto bertugas menjamu delegasi sebuah perusahaan Amerika Serikat. Namun jamuan itu terganggu ketika istri ketua delegasi mengalami diare yang disebabkan karena mengonsumsi air yang tidak bersih. Tirto kemudian mengetahui bahwa tamu-tamunya yang berasal dari negara Barat tidak terbiasa meminum air minum yang direbus, tetapi air yang telah disterilkan. Berawal dari situlah akhirnya tercetus ide untuk mendirikan usaha air minum dalam kemasan (AMDK).

Banyak yang menganggap Tirto saat itu gila, gara-gara menjual air kemasan. Bahkan atasan Tirto, Ibnu Sutowo juga mengatakan: “Aneh Tirto iki, banyu banjir kok diobokke dalam botol”. Orang yang menjadi pucuk pimpinan di Pertamina itu menganggap Tirto aneh karena air banjir dimasukkan di dalam botol. Dan lebih gila lagi, gara-gara bisnis menjual air kemasan itu, ia pun memberanikan diri keluar dari pertamina padahal posisi jabatannya sudah cukup baik. Yang mengagetkan lagi, produksi pertama Aqua diluncurkan dalam bentuk kemasan botol kaca ukuran 950 ml dengan harga jual Rp. 75, hampir dua kali lipat harga bensin yang ketika itu bernilai Rp.46/liter.

Orang pikir Tirto memang gila dan bakal bangkrut. Namun siapa sangka, ternyata air yang dijual hampir dua kali lipat dari bensin itu akhirnya di pasar justru laris. Perusahaan air minum kemasan itu pun dalam waktu singkat tumbuh dengan sangat pesat. itu bermula dari melihat hal yang dibutuhkan oleh pasar.

Ide Bisnis Paling Prospek Tahun 2017

Secara garis besar ada tiga macam bisnis yang akan terus memiliki prospek baik setiap tahunnya, yaitu:

Pertama, pionir

Bisnis yang didirikan menjadi satu-satunya yang pertama, karena belum ada sebelumnya atau pionir, akan memiliki prospek besar. Akan dikenal sepanjang masa. Asalkan tetap menjaga kualitas, terus berinovasi, dan menciptakan promosi-promosi yang kreatif akan bisa mempertahankan kejayaannya. Biasanya bisnis pionir juga berpeliang akan menjadi sebuah kerajaan bisnis yang besar. Salah satu contohnya adalah perusahaan air minum Aqua yang pertama kalinya menjual air putih tanpa rasa di Indonesia. Namun, memang untuk menjadi pionir sebuah bisnis tidaklah mudah.

Kedua, berbeda

Bisnis yang berbeda juga berpeluang besar bisa melewati perubahan tiap tahunnya. Mereka bisa memiliki ceruk pasar besar dan bahkan bisa merajai pasar. Kuncinya, jika tidak menjadi pionir, setidaknya jadilah yang berbeda. Sebagai contoh seperti yang dilakukan oleh Steve Jobs dalam menciptakan sebuah ipod. Bukan berarti ipod merupakan yang pertama. Sebelumnya sudah ada mp3 device lainnya seperti Walkman (Sony) dan Discman. Namun Steve Jobs berhasil membuatnya berbeda hingga berhasil merajai pasar mp3 device. Ini sama halnya yang dilakukan perusahahaan taksi online Grab Indonesia, Grab Car. Grab berdiri setelah Go-jJek, namun untuk Grab Car dia lebih dulu dibanding Go-Car. Gojek memang menjadi rajanya ojek online Indonesia. Namun, untuk taksi online Grab Car-lah yang berjaya di Indonesia, setidaknya hingga saat ini. Meski selain Go-Car menjadi saingan ketatnya, juga tumbuh banyak taksi online lain di Indonesia.

Ketiga, terbaik

Ada pun jika tidak bisa menciptakan ide bisnis yang pertama dan berbeda, maka buatlah bisnis yang terbaik. Menjadi yang terbaik tidak akan pernah lekang dengan perubahan tahun dan trend. Dalam hal ini yang dimaksud dengan terbaik adalah di berbagai aspek, seperti dari produk jika memang menjual produk, dari sisi menyajikan jasa, jika memang yang dijual adalah jasa, dan juga aspek pelayanannya. Dan menjadi yang terbaik tidaklah sulit, Anda tinggal meningkatkan kualitas yang sudah ada. Misalnya Anda punya ide bisnis rumahan membuka sebuah bisnis rumah makan, sudah pasti bisnis Anda bukan yang pertama dan bukan yang berbeda, namun Anda dapat membuatnya menjadi yang terbaik, misalnya dengan cara memberikan menu spesial, menjadi kualitas rasa, dan bisa memberikan pelayanan yang terbaik.

Terlepas dari ketiga faktor yang membuat prospek semua bisnis bagus di tahun 2017, ada juga pemetaan yang menjadikan beberapa bidang bisnis memiliki prospek lebih dibandingkan dengan yang lain karena beberapa alasan. Di antaranya yaitu:

Pertama, Binis Terkait Bidang Pariwisata

Bisnis-bisnis yang terkait pariwisata akan tetap memiliki prospek tinggi di tahun 2017. Ada pun yang dimaksud dengan bisnis terkait pariwisata di antaranya yaitu bisnis tiket, bisnis penginapan atau hotel, bisnis kerajinan atau oleh-oleh, di area pusat pariwisata, bisnis travel, dan sebagainya. Kenapa bisnis terkait pariwisata dikatakan memiliki prospek tinggi di tahun 2017, alasannya karena terkait kebijakan pemerintah yang menargetkan hingga tahun 2019 mendatangkan jumlah wisatawan asing atau wisman 20juta ke Indonesia. Tentunya itu menjadi ceruk pasar yang sangat besar bagi para pegiat bisnis yang terkait dengan bidang pariwisata tersebut.

Kedua, Bisnis Terkait dengan Internet

Dilansir oleh http://www.beritasatu.com/ (27 September 2016), Menteri Komunikasi dan Informatika (Menkominfo) Rudiantara di Kompleks Istana Kepresidenan mengatakan bahwa roadmap pengembangan industri perdagangan elektronik (e-commerce) di Tanah Air sudah harus selesai pada pertengahan tahun 2018, hal itu dilakukan untuk mengejar target perdagangan US$ 130 miliar hingga 2020.

Tentunya, seiring dengan target kebijakan dari pemerintah tersebut juga turut membuka lebar ceruk pasar bisnis yang terkait dengan internet. Terlebih senada dengan itu, menurut Matthew Driver, presiden MasterCard untuk wilayah Asia Tenggara, Indonesia juga adalah salah satu negara dengan pertumbuhan pasar e-commerce yang terbesar di Asia-Pacific. Di bawah ini adalah jumlah estimasi penjualan e-commerce untuk wilayan Asia-Pacific.

Dengan arti kata lain, bahwasanya di tahun 2017 akan menjadi salah satu bisnis primadona. Bisnis online yang dimaksud tidak hanya sekadar dari proses transaksi dan promosi saja yang menggunakan online, namun berbagai macam bisnis lain yang terkait dengan internet akan turut tumbuh subuh di tahun 2017. Terlebih, setiap tahunnya jumlah pengguna internet terus bertambah.

Gabung untuk Ikut Bisnis dengan Prospek Tinggi tahun 2017

KUDO sebagai salah satu marketplace yang sudah sangat popular di Indonesia sebagaimana Bukalapak, Tokopedia, dan juga Lazada, terus memberikan kepada seluruh masyarakat Indonesia. Di tahun 2017 ini, KUDO pun tak berhenti memberikan inovasi-inovasi bisnis yang menjanjikan yang siap membuat siapa saja bisa menjadi wirausaha beromset jutaan hingga puluhan juga perhari.

Perusahaan yang didirikan Juli 2014 oleh 2 orang sahabat dengan berbeda jurusan namun memiliki same passion di bidang teknologi yakni Albert Lucious (now work at apple company) dan Agung Nugroho ini membuka peluang bagi siapa saja untuk menjadi .

KUDO bisa dikatakan ide bisnis unik dan ide bisnis kreatif berbeda dengan marketplace lain. Jika semua usaha Offline go to Online, maka KUDO melakukan sebaliknya Online go to Offline.

Nama KUDO sendiri singkatan dari Kios Untuk . Sesuai dengan namanya, dengan berbisnis menjadi Agen KUDO maka bisa dagang online dengan sepuasnya, baik dagang jasa maupun dagang produk. Jadi cukup dengan mendaftar menjadi Agen KUDO bisa langsung menjalankan semua bisnis yang disediakan di KUDO.

Sumber: Twitter KUDO

Produk yang ditawarkan KUDO sangatlah beragam, mulai dari Kupon & Voucher, Aksesoris HP, Aksesoris Kamera, Baterai & Charger, Kamera & Video, Komputer, Makanan Ringan, Perlengkapan Bayi & Balita, Fesyen Wanita, Fesyen Pria, Fesyen Muslim, dan masih banyak yang lainnya. KUDO juga memberikan jasa untuk pembelian tiket, pembayaran online, membayar asuransi, membayar cicilan, bahkan hal kecil seperti pembelian maupun pembelian pulsa untuk handphone.

Sumber: Twitter KUDO

Ada beberapa keutungan menjalankan ini.

a. Pendaftaran gratis
b. Mudah cara berjualannya, tidak butuh tempat dan tidak butuh modal besar. KUDO menjadi ide yang sangat mudah dijalankan.
c. Menjalankan bisnis KUDO bisa kapan saja, tidak terikat oleh waktu. Kapan Anda mau jualan, saat itu juga Anda bisa berjualan.
d. Katalog produk yang dijual di KUDO sangat banyak kurang lebih mencapai 2 juta produk berkualitas. Jadi mudah untuk menjualnya.
e. Proses transaksi sangat mudah, bisa online dan juga offline.
f. KUDO memberikan garansi “REFUND/UANG KEMBALI” jika transaksi gagal.
g. Discount yang diberikan KUDO sangat besar sampai 70%, jadi sangat menguntungkan.
h. KUDO juga banyak memberikan bonus selain komisi. Ada juga bonus cahsback.
i. Tidak ada skill khusus untuk menjalankan bisnis KUDO.

Karena bisnis KUDO terkait dengan bisnis online dan menjadi salah satu target pengembangan Kementerian Komunikasi dan Informatika, serta juga bersinggungan dengan pariwisata terkait tiketing, ide bisnis online menjadi Agen KUDO menjadi besar prospeknya untuk dijalankan di tahun 2017.

Cara Mendaftar Menjadi Agen KUDO

Berikut ini adalah cara mudah jadi agen KUDO.

Download di Google Playstore

Lalu daftar dengan memasukkan email atau nomor handphone

Isilah data diri

Masukkan kode referral

Tunggu pihak KUDO mengirimkan SMS yang berisi password KUDO

Anda sudah terdaftar, silakan login di aplikasi KUDO