25Jun

Ide dan Peluang Usaha Bermodal Kecil

Banyak orang ingin memulai bisnis namun terhalang bayangan akan besarnya modal. Padahal, sekarang ini sudah banyak ide dan peluang usaha yang bisa dijalani dengan modal kecil. Walau modalnya kecil, namun potensi keuntungannya terbilang luar biasa. Tentunya hal ini hanya akan dapat diperoleh apabila kita bersungguh-sungguh dalam menjalani bisnis tersebut. Beragam ide usaha ini hanya butuh modal antara Rp50.000 hingga kisaran beberapa juta rupiah saja. Tidak perlu keluar dana sampai puluhan atau bahkan ratusan juta dalam memulai sebuah bisnis. Berikut adalah beberapa contoh bisnis dengan modal kecil yang bisa dijalani oleh pemula.

Ragam Ide dan Peluang Bisnis Bagi Pemula

  1. Menjual Pulsa

Berjualan pulsa ialah ide dan peluang usaha yang terbilang mudah ditemukan di sekitar kita. Keuntungan dari berjualan pulsa ini sendiri sebenarnya cukup kecil, karena dari tiap pulsa yang terjual kita hanya mendapat untung antara Rp1.000 hingga Rp2.500 saja. Namun, potensi keuntungan yang besar tetap ada karena besarnya jumlah pengguna ponsel sekarang ini. Mereaka pasti butuh pulsa agar ponselnya bisa digunakan untuk berbagai kegiatan sehari-hari seperti mengirim SMS, menelepon hingga berselancar di dunia maya. Apalagi, adanya smartphone dengan segala aplikasi seru dan kemudahan mengakses internet membuat kebutuhan pulsa makin tinggi. Dari sinilah kita bisa mengambil peluang usaha yang cukup menjanjikan.

Agar bisnis bisa menguntungkan, pilih provider pulsa dengan harga jual yang ekonomis. Modal awal yang dibutuhkan tidaklah terlalu besar, cukup Rp50.000 saja untuk deposit pertama. Kita juga tidak butuh toko fisik atau etalase untuk berjualan, karena cukup menggunakan ponsel masing-masing saja untuk menjual pulsa. Promosikan pulsa pada keluarga dekat, teman-teman, tetangga maupun rekan kerja. Jika bisnis semakin berkembang, kita bisa melengkapi jualan dengan kartu perdana hingga aneka pernak-pernik ponsel lainnya. Ide dan peluang usaha satu ini terbilang sederhana serta dapat dilakukan oleh siapa saja, mulai dari pelajar, mahasiswa, ibu rumah tangga hingga karyawan di kantor.

  1. Menjual Makanan

Ide dan peluang usaha yang cocok bagi pemula biasanya adalah usaha yang aman, dalam artian pasti dicari oleh semua orang karena tiap orang membutuhkannya. Salah satunya adalah usaha kuliner. Makanan adalah salah satu kebutuhan pokok manusia yang harus dipenuhi tiap hari. Kita bisa menangkap peluang ini sebagai suatu usaha. Jika kebetulan kita bertempat tinggal di pinggir jalan raya, di pemukiman padat penduduk, di dekat sekolah, kampus atau wilayah perkantoran maupun pabrik, maka usaha ini akan sangat cocok dijalankan. Kita bisa memilih apakah hendak mendirikan usaha makanan berat untuk sarapan, makan siang dan makan malam, kedai kopi atau sekedar makanan ringan.

Makanan berat untuk sarapan bisa dipilih mengingat banyaknya orang yang tidak sempat memasak sendiri di pagi hari. Sediakan nasi beserta lauk pauk dan beberapa menu minuman seperti teh, kopi, susu dan lain-lain. Ide dan peluang usaha kedai kopi juga bisa jadi pilihan. Jam buka bisa dipilih di malam hari karena biasanya waktu ngopi terbaik adalah pada malam hari. Kita bisa memulainya dari kedai kopi sederhana, tidak perlu yang modern dengan alat pembuat kopi canggih. Mulailah dari kedai sederhana dengan alat pembuat kopi yang sederhana pula. Sementara bisnis makanan ringan akan cocok dijalankan di dekat sekolah atau kampus dengan menyasar segmen anak-anak sekolahan atau kuliahan.

  1. Waralaba Makanan

Masih dari bisnis kuliner, namun kali ini lebih menitikberatkan pada bisnis waralaba. Kita cukup hubungi penyedia waralaba makanan dan mendaftar untuk bergabung. Setelahnya, kita akan membayar biaya untuk bergabung dan mendapat paket berjualan lengkap mulai dari booth, alat dan bahan masak hingga seragam dan banner. Bisnis waralaba ini terbilang menguntungkan karena sudah memiliki nama sehingga proses promosi tidak akan terlalu sulit. Selain itu, kita juga siap berjualan setelah membayar biaya di awal dan 100% keuntungan yang didapat akan jadi milik kita. Ide dan peluang bisnis ini juga terbilang bermodal kecil karena rata-rata biaya yang harus dikeluarkan hanya beberapa juta rupiah saja.

Banyak jenis waralaba makanan yang dapat kita pilih. Untuk pemula, ada beberap waralaba makanan ringan seperti Thai tea, burger, seblak, takoyaki, es kepal milo, kebab, Taiwan crispy chicken, dan masih banyak lagi. Kita bisa berjualan di pinggir jalan terutama di dekat kawasan sekolah atau kampus. Ide dan peluang usaha satu ini terbilang menjanjikan terutama karena banyaknya orang yang gemar ngemil di sela-sela waktu makan. Waktu yang dibutuhkan untuk balik modal juga terbilang cepat, yaitu antara 2 hingga 3 bulan saja. Banyak orang bergabung dalam bisnis waralaba ini dan mendapat keuntungan yang cukup besar tiap bulannya. Kuncinya adalah kerja keras serta sungguh-sungguh dalam mencapai hasil.

  1. Laundry

Bisnis laundry terbilang sederhana. Pada intinya, kita mencucikan pakaian orang lain agar kembali bersih dan wangi. Bisnis ini juga terbilang bermodal kecil karena nyatanya bisa dimulai dengan menggunakan mesin cuci milik sendiri sebagai permulaan. Peralatan lain yang dibutuhkan ialah deterjen, pelembut, plastik laundry, gantungan baju, timbangan dan alat-alat tulis untuk mencatat pesanan. Ide dan peluang usaha ini terbilang cocok diterapkan jika kita bertempat tinggal di dekat wilayah kampus, pabrik, perkantoran atau padat penduduk. Banyak orang tidak sempat mencuci baju sendiri atau lebih suka jika baju-bajunya dicuci di laundry sehingga kita bisa ambil peluang ini.

Laundry umumnya dihitung per kilo atau per baju. Tips sukses bisnis laundry adalah pilih jenis mesin cuci dan deterjen yang tepat. Selain itu, kita harus pintar pula memisahkan baju berdasarkan warna serta jenis bahan agar tidak rusak saat dicuci. Ada beberapa jenis baju yang memang seharusnya dicuci menggunakan tangan agar kain tidak rusak dan warna tidak luntur. Kita bisa terapkan tarif khusus untuk baju-baju yang dicuci tangan ini. Sementara untuk tarifnya, hitung baik-baik modal yang dikeluarkan untuk bisnis agar keuntungan yang didapat bisa seimbang. Ide dan peluang usaha ini terbilang berpotensi besar untuk sukses apabila dilakoni dengan serius.

Itulah beberapa ide dan peluang usaha bermodal kecil yang potensi keuntungannya cukup besar. Kita bisa jalankan mulai dari sekarang juga karena modalnya yang terbilang kecil sehingga tidak akan terlalu memberatkan. Selain beberapa usaha di atas, kita juga bisa bergabung ke dalam keagenan KUDO. KUDO ialah singkatan Kios Untuk Dagang Online, sebuah marketplace yang menjamin keamanan dalam transaksi. Program Majuin Warung dari KUDO bisa dijalankan karena akan menguntungkan baik bagi kita maupun pemilik warung. Download terlebih dahulu aplikasi KUDO di PlayStore lalu datangi warung terdekat yang belum didaftarkan ke KUDO. Daftarkan pemilik warung melalui aplikasi KUDO yang sudah didownload. Ikuti langkah-langkah yang tertera di dalamnya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *