19Dec

5 Inspirasi Bisnis Terbaru yang Tidak Sulit Untuk Dijalani Inspirasi Bisnis

Mencari inspirasi usaha memang gampang-gampang susah. Terlebih lagi, saat ini, dengan dibukanya pasar bebas yang membuat persaingan bisnis menjadi ketat. Pasar bebas atau yang sering disebut dengan MEA atau Masyarakat Ekonomi Asean membuat beberapa orang yang hendak membuka bisnis harus bisa berpikir kreatif supaya bisa bersaing. Terlebih lagi, di era teknologi yang sudah maju seperti saat ini, membuka bisnis bukanlah perihal yang sangat mudah. Ada banyak sekali hal yang harus Anda persiapkan supaya bisa membuka bisnis yang menjanjikan. Seperti beberapa hal dibawah ini adalah hal yang penting untuk diperhatikan sebelum membuka bisnis.

Tips Membuka Bisnis di Era MEA
Membuka bisnis di era MEA atau era pasar global yang sudah bebas ini tidaklah mudah. Ada beberapa hal yang harus diperhatikan supaya bisa bersaing dengan negara lain. Adanya pasar bebas memang memberikan banyak sekali keuntungan. Salah satunya yaitu membuka pangsa pasar yang lebih luas. Dalam memulai bisnis, mencari tahu pangsa pasar dan mencari konsumen memang sangat diperlukan. Pangsa pasar yang luas akan berdampak pada peningkatan penjualan dari produk yang Anda tawarkan. Sehingga supaya Anda bisa bersaing secara sehat di dunia bisnis pada era MEA, memperhatikan beberapa hal berikut ini penting untuk diperhatikan.

  1. Target Pasaran
    Sebelum Anda membuka bisnis, pastikan Anda sudah mengetahui target pasaran Anda. Misalnya saja, Anda memiliki inspirasi usaha dengan target pasaran untuk golongan menengah keatas atau menengah kebawah. Pastikan barang-barang atau produk yang Anda tawarkan sesuai dengan target pasaran yang Anda tuju. Selain itu, target pasaran juga bisa menentukan produk apa yang Anda jual. Anda bisa memulai bisnis dengan menjual produk untuk anak-anak, orang dewasa, khusus untuk perempuan maupun laki-laki atau menjual berbagai macam produk dengan sasaran tertentu.
  2. Niat dan Fokus
    Selain mempersiapkan produk sesuai dengan target pasaran, mengumpulkan niat dan fokus pada satu bisnis juga bisa menjadi salah satu hla yang cukup penting. Pasalnya, berbisnis bukanlah suatu hal yang bisa dipermainkan. Supaya bisa mendapatkan keuntungan yang sangat banyak, Anda harus memiliki niat yang kuat serta fokus pada satu jenis bisnis saja. Suatu bisnis atau ide usaha tidak akan berjalan dengan baik jika tidak fokus.
  3. Bisnis dari Hobi
    Memulai bisnis di era MEA dengan niat yang kuat dan fokus pada satu jenis bisnis bukanlah hal yang mudah. Mengingat persaingan bisnis di luar sana yang cukup ketat. Tentu Anda harus bisa menemukan inspirasi usaha yang menjanjikan. Bagi Anda yang kesulitan untuk menemukan usaha yang cocok dan bisa dilakukan dengan fokus yaitu dengan memulai bisnis dari hobi. Memulai bisnis dari hobi bisa menjadi salah satu cara yang ampuh supaya Anda menikmati saat menjalankan bisnis tersebut. Memulai bisnis yang dimulai dari hobi juga bisa memudahkan Anda saat menjalankan bisnis tersebut.

Inpirasi Usaha Modal Kecil yang Menjanjikan
Setelah mengetahui beberapa tips memulai bisnis di era MEA atau era pasar global, memilih jenis bisnis yang akan Anda tekuni juga bisa dilakukan dengan mudah. Anda bisa memulai bisnis sesuai dengan hobi atau keahlian yang Anda miliki. Selain itu, beberapa ide usaha berikut ini bisa menjadi salah satu ide untuk membuka bisnis dengan keuntungan yang menjanjikan bahkan bisa dimulai dengan modal yang cukup kecil.

  1. Usaha Makanan Homemade
    Bagi Anda yang memiliki hobi memasak, membuka usaha makanan homemade bisa menjadi salah satu inspirasi usaha yang cukup menjanjikan. Misalnya saja, ide bisnis makanan kue kering. Membuka bisnis kue kering akan memberikan banyak sekali keuntungan. Terlebih lagi, pada musim-musim tertentu seperti lebaran, pesanan kue kering akan melonjak drastis. Hampir sebagian besar umat muslim akan memborong aneka kue kering sebagai suguhan untuk tamu atau sebagai oleh-oleh. Sehingga bisa memberikan banyak sekali keuntungan pada musim Ramadhan dan lebaran.
  2. Usaha Florist atau Toko Bunga
    Inspirasi usaha selanjutnya yang masih jarang dibuka oleh orang-orang namun memiliki peluang yang menjanjikan yaitu membuka usaha toko bunga. Toko bunga bisa menjadi salah satu usaha yang menjanjikan karena karangan bunga selalu dibutuhkan saat ada event-event tertentu. Misalnya saja, pada saat ada yang wisuda, menikah, membuka usaha baru bahkan saat berduka, beberapa orang atau instansi akan membutuhkan karangan bunga. Karangan bunga banyak digunakan sebagai ucapan selamat atau ucapan bela sungkawa. Sehingga membuka bisnis florist atau toko bunga bisa menjadi salah satu usaha yang menjanjikan di era MEA.
  3. Bisnis Jasa Fotokopi
    Usaha lainnya yang bisa dimulai dengan modal yang kecil dan cukup menjanjikan saat ini yaitu membuka bisnis atau jasa fotokopi. Di era yang sudah modern saat ini, jasa fotokopi masih sangat menjanjikan. Terlebih lagi, saat Anda membuka usaha fotokopi di tempat-tempat yang dekat dengan kampus atau area perkantoran, tentu usaha ini akan berkembang dengan pesat. Membuka bisnis fotokopi juga cukup mudah dan tidak membutuhkan banyak modal. Bahkan, sembari membuka jasa fotokopi, Anda bisa menambahkan produk lain seperti ATK sehingga keuntungan bisnis Anda tidak hanya berasal dari satu usaha saja.
  4. Agen Tiket Perjalanan
    Inspirasi usaha lainnya yang bisa dimulai dengan modal kecil dan memberikan keuntungan yang cukup besar yaitu menjadi seorang agen yang menjual tiket perjalanan. Anda bisa menjual berbagai macam tiket perjalanan menggunakan armada yang berbeda. Misalnya saja, Anda membuka bisnis jualan tiket kereta api atau pesawat. Bisnis ini bisa menjadi salah satu bisnis yang menjanjikan karena hampir semua orang membutuhkan tiket perjalanan terutama bagi beberapa orang yang tidak memiliki transportasi pribadi. Semua orang yang hendak membeli tiket juga membutuhkan kemudahan saat akan memesan tiket. Sehingga menjadi agen tiket perjalanan akan memberikan banyak sekali keuntungan.
  5. Usaha Jualan Baju Muslim
    Inspirasi usaha yang menjanjikan lainnya yaitu membuka usaha jualan bau muslim. Bisnis yang memiliki peluang cukup besar selain bisnis makanan yaitu membuka bisnis baju. Baju memang sudah menjadi salah satu barang kebutuhan pokok. Sandang menjadi salah satu kebutuhan yang sangat dibutuhkan oleh semua orang. Misalnya saja, bagi sebagian besar kaum muslim, membeli baju saat musim lebaran sudah menjadi salah satu kebiasaan. Sehingga membuka usaha dengan jualan baju muslim saat musim lebaran bisa memberikan banyak sekali keuntungan.

Inspirasi usaha diatas saat ini sudah bisa dilakukan dengan mudah tanpa mengeluarkan banyak modal. Terlebih lagi, bagi Anda yang hendak mengembangkan usaha dengan menerapkan inspirasi usaha modal kecil untung besar diatas. Salah satu cara supaya bisa mengembangkan usaha Anda yaitu dengan bergabung menjadi agen KUDO. KUDO memberikan peluang bagi Anda yang hendak mengembangkan bisnis offline dengan adanya program Majuin Warung. Sehingga inspirasi usaha Anda diatas bisa dibuka dan bisa bersaing di era MEA dengan mudah.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *