02May

Inspirasi Bisnis Sampingan Rumahan Modal Kecil Untung Besar dengan KUDO

Inspirasi bisnis sampingan rumahan modal kecil untung besar dengan Kudo. Sebuah biasanya dilakukan karena dua hal. Yaitu sebagai sumber penghasilan utama dan juga sebagai sumber penghasilan sampingan. yang dapat mendatangkan penghasilan juga memiliki jenis yang cukup beragam. Usaha sampingan juga dapat dilakukan di rumah. biasanya membutuhkan modal yang lebih sedikit jika dibandingkan membuka usaha dengan membuka kios atau menyewa tempat.

Namun sebelum melakukan usaha perlu memperhatikan beberapa hal berikut:

  1. Modal
    Modal merupakan hal yang penting dalam menjalankan usaha. Modal sendiri tidak hanya berupa uang maupun materi, modal juga dapat berupa nonmateri. Modal nonmateri contohnya yaitu niat serta kerja keras dalam menjalankan usaha. Niat serta kerja keras menjadi dua jenis modal yang tidak terpisahkan dari usaha sampingan. Meski memiliki modal secara materi dengan nilai yang besar namun jika tidak memiliki modal berupa niat dan kerja keras maka tidak ada jaminan kesuksesan usaha. Niat serta kerja keras juga menjadi akan membuat seseorang tidak pantang menyerah dalam melakukan usaha.Untuk modal berupa materi jumlahnya sendiri dapat disesuaikan dengan jenis usaha sampingan yang akan dijalankan. Biasanya semakin besar jenis usaha yang dijalankan maka modal yang digunakan juga bernilai cukup besar. Namun sekarang ini banyak juga jenis usaha yang membutuhkan modal sedikit bahkan ada juga yang tidak membutuhkan modal.
  2. Peluang usaha
    Memperhatikan juga menjadi hal yang penting dalam menjalankan usaha. Itu karena pelaung usaha cukup mempengaruhi jenis usaha yang dapat dilakukan. Peluang usaha merupakan suatu usaha yang memiliki potensi besar untuk memberikan keuntungan bagi seseorang jika dijalankan dengan baik. Sebuah peluang usaha biasanya tercipta karena beberapa faktor seperti faktor sosial ekonomi masyarakat sekitar. Selain itu faktor budaya juga memiliki peranan yang penting dalam terciptanya peluang usaha.Peluang usaha sendiri tercipta dari kebutuhan sehari-hari masyarakat. Seperti kebutuhan akan makanan, pakaian, serta jenis barang-barang lainnya. Usaha tidak hanya berupa penjualan barang, usaha juga dapat dilakukan dengan menawarkan jasa pada seseorang yang membutuhkan.Sementara itu, tingkat persaingan usaha juga dapat menjadi hal yang mempengaruhi jenis usaha. Jenis usaha yang dijalankan sebaiknya bukan usaha dengan tingkat persaingan yang tinggi. Jika tingkat persaingan pada sebuah usaha cukup tinggi, maka kemungkinan usaha tersebut meraih kesuksesan sedikit sulit. Namun jika jenis usaha dengan tingkat persaingan yang tinggi tersebut banyak dicari dan dibutuhkan masyarakat maka sebaiknya usaha dilakukan lebih menarik dan lebih unik.
  3. Strategi pemasaran
    Dalam menjalankan sebuah usaha, pemasaran atau promosi merupakan sebuah hal yang penting untuk dilakukan. Bentuk pemasaran yang dapat dilakukan cukup beragam. Mulai dari pemasangan spanduk, banner, bahkan poster dan brosur. Namun jenis pemasaran atau promosi tersebut terhitung sebagai jenis promosi yang membutuhkan banyak biaya.Untuk meminimalkan modal melakukan pemasaran dengan menggunakan media sosial atau internet dapat menjadi solusinya. Dengan perkembangan teknologi sekarang ini, orang banyak yang menggunakan media sosial untuk berkomunikasi dengan orang lain. Hal ini dapat dimanfaatkan untuk sebagai ajang promosi produk yang ditawarkan. Penggunaan media sosial sebagai sarana promosi tidak membutuhkan banyak modal. Selain itu, cakupan area pemasaran juga menjadi cukup luas. Media sosial maupun internet juga telah berkembang sebagai media untuk usaha. Para pelaku usaha juga dapat membuka toko mereka secara online.Prinsip kerja dari sebuah serupa dengan toko pada umumnya. Hal yang menjadi pembeda antara toko online dengan toko biasa yaitu terletak pada media berjualan, cakupan promosi, serta cara transaksi. Transaksi toko online dapat dilakukan dengan dua cara. Cara yang pertama yaitu transaksi yang biasa dilakukan di toko konvensional, yaitu dengan datang langsung ke toko dan melakukan transaksi secara langsung. Cara transaksi yang kedua yaitu dengan cara melalui transfer. Cara ini biasanya dilakukan jika jarak antara penjual atau pebisnis dan pembeli jauh. Sementara barang yang dibeli biasanya dikirim melalui sebuah paket pengiriman. Biaya paket pengiriman tentunya dikenakan kepada sang pembeli.Beberapa macam-macam usaha sampingan yang dapat dijalankan di rumah:
  4. Menjual makanan ringan
    Usaha ini merupakan jenis usaha yang paling umum dilakukan. Peluang usaha untuk bisnis ini juga terbuka cukup lebar. Modal yang dibutuhkan untuk membuka usaha ini cukup beragam dan dapat disesuaikan dengan besarnya modal yang dimiliki. Untuk membuka usaha menjual makanan dapat dilakukan di rumah. jauh akan lebih menghemat modal jika dibandingkan dengan menyewa tempat. Menyewa sebuah kios atau toko juga tidak menjadi jaminan jika usaha akan meraih kesuksesan dengan cepat. Begitu juga sebaliknya, membuka usaha di rumah belum tentu usaha tersebut akan kekurangan pembeli. Jenis makanan ringan yang dijual juga memiliki jenis yang beragam. Dapat berupa makanan ringan yang dibeli atau makanan ringan yang dibuat sendiri. Menjual makanan ringan biasanya menjadi jenis . Ini karena banyak yang suka membuat makanan ringan. Ibu biasanya suka membuat beraneka makanan ringan seperti berbagai jenis kue, roti serta makanan ringan lainnya.Makanan ringan tersebut juga dapat dijual dengan melalui internet. Penggunaan internet untuk usaha makanan ringan tentunya sebagai media promosi yang sangat efektif dan juga efisien. Jika Anda merupakan seorang ibu rumah tangga yang gemar memasak beraneka jenis makanan atau kue. Menjalankan usaha makanan ringan dapat menjadi sumber penghasilan tambahan Anda. Ditambah lagi, Anda juga dapat menyalurkan hobi memasak Anda. Selain itu, modal yang Anda keluarkan juga tidak terlalu besar. Karena Anda sudah memiliki peralatannya sendiri.Selain menggunakan internet sebagai lapak berjualan, Anda juga harus memiliki tempat untuk berjualan. Seperti berjualan di rumah. Ini bertujuan agar calon pelanggan Anda bisa menyaksikan makanan Anda secara langsung. Dengan menjalankan usaha jual makanan ringan di rumah bagi ibu rumah tangga juga cukup menguntungkan. Selain dapat memperoleh penghasilan atau sebagai sumber pendapatan, jika Anda adalah seorang ibu rumah tangga, maka dengan melakukan usaha ini Anda juga dapat menjalankan pekerjaan rumah. Dan juga tanggung jawab rumah tangga lainnya dengan menjalankan usaha.Menjual makanan ringan dapat menjadi jenis usaha yang memiliki peluang usaha yang besar. Pada hari-hari tertentu seperti mendekati lebaran, makanan ringan akan menjadi jenis makanan yang paling banyak dicari. Maka dari itu, usaha menjual makanan ringan menjadi jenis usaha yang cukup menjanjikan. Sebenarnya jenis usaha menjual makanan ringan memiliki tingkat persaingan yang cukup tinggi. Namun hal itu tidak akan menjadi masalah jika Anda selaku pengusaha makanan ringan memberikan kualitas produk terbaik. Selain itu, jika Anda dapat selalu melakukan inovasi dalam pembuatan produk makanan, maka usaha Anda berjalan sukses bukan hal yang tidak mungkin.
  5. Menjual minuman
    Tidak berbeda jauh dengan makanan, minuman juga dapat dijadikan sebagai sebuah peluang usaha. Minuman juga termasuk sebagai sebuah kebutuhan oleh setiap orang. Melakukan usaha dengan menjual minuman ringan dapat menjadi usaha sampingan modal kecil. Namun jenis minuman ringan yang dijual sebaiknya bukan jenis minuman yang sudah banyak dikenal. Anda dapat memodifikasi rasa ataupun bentuk dari minuman yang Anda jual.
  6. Berjualan produk fashion
    Jika Anda seorang wanita, maka berjualan produk fashion. Terutama produk menjadi salah satu jenis usaha yang cukup populer sekarang ini. Berjualan produk fashion wanita dapat menjadi jenis usaha yang cukup menguntungkan. Sementara produk fashion wanita memiliki jenis yang cukup beragam. Di antaranya yaitu pakaian, kerudung, sepatu, dompet dan produk fashion lainnya. Produk fashion merupakan produk yang dikenakan wanita yang paling sering mengalami perubahan tren. Jika Anda berencana untuk menjual produk fashion, maka Anda harus memperhatikan perkembangan fashion. Produk fashion memang sebuah produk yang tidak punya kedaluarsa. Namun jika produk fashion yang Anda jual merupakan produk yang sudah ketinggalan zaman, maka Anda tidak akan banyak mendapatkan pelanggan.Perkembangan fashion dapat Anda ketahui dengan menyaksikan secara langsung keadaan sekitar Anda. Selain itu, Anda juga dapat mengetahuinya dari berbagai sumber seperti televisi, internet, media sosial dan lain sebagainya.Selain menjual produk fashion wanita, Anda juga dapat menjual produk . Fashion pria tidak mengalami perubahan tren secepat fashion wanita. Ini dapat menjadi peluang Anda dalam melakukan usaha. Jika Anda merasa tidak dapat mengikuti perkembangan fashion wanita maka menjual fashion pria dapat menjadi solusinya. Jenis fashion yang dapat Anda jual juga cukup beragam dan dapat disesuaikan dengan kebutuhan Anda. Misal, jika Anda hanya ingin menjual produk fashion berupa sepatu, Anda dapat menjual sepatu dengan berbagai jenis ukuran dan merek. Namun banyak juga yang menjual produk fashion dengan menggabungkan jenisnya. Misalnya dalam satu toko terdapat pakaian, dompet, kerudung dan sepatu.
  7. Berjualan PPOB
    PPOB merupakan istilah yang digunakan untuk melakukan pembayaran dalam satu kali. Jenis pembayaran yang meliputi PPOB di antaranya yaitu pembayaran tagihan listrik dari PLN, tagihan air PDAM, pembelian pulsa elektrik, pembayaran biaya tagihan internet dan jenis pembayaran lainnya. Jika diperhatikan dengan baik, pembayaran tersebut dapat dijadikan sebagai sebuah peluang usaha. Pembayaran tagihan listrik maupun pembayaran air dan juga pembelian listrik merupakan jenis transaksi dengan jumlah pelanggan yang cukup banyak. Jika di tempat Anda belum ada yang memiliki usaha PPOB maka usaha PPOB akan sangat menguntungkan untuk Anda. Usaha PPOB dapat menjadi jenis usaha yang cukup menguntungkan. Modal yang dibutuhkan juga tidak terlalu besar, dan besarnya modal dapat disesuaikan dengan jumlah modal yang dimiliki. Selain itu, usaha PPOB juga dapat menjadi usaha yang cocok untuk ibu rumah tangga di desa. Cara melakukan usaha ini juga terbilang tidak sulit untuk dilakukan. Usaha PPOB juga dapat dilakukan di rumah tanpa perlu mengeluarkan modal untuk penyewaan kios. Sementara usaha PPOB menjadi jenis usaha yang pasti laku. Maka dari itu, usaha PPOB dapat menjadi jenis usaha yang cukup menguntungkan. Jika seandainya setiap rumah di sekitar Anda melakukan pembayaran listrik di tempat usaha Anda, maka setiap bulannya Anda memiliki penjualan yang pasti.Anda juga dapat menggunakan usaha PPOB Anda untuk kebutuhan Anda sendiri. Produk yang Anda jual juga tidak memiliki tanggal kedaluarsa, jadi produk dapat digunakan kapan saja, tanpa harus perlu memikirkan produk dapat basi.Cara berjualanSetelah mengetahui jenis-jenis usaha sampingan dengan modal yang cukup kecil dan menguntungkan. Maka yang harus Anda lakukan selanjutnya yaitu mengetahui cara menjual produk. Penjualan produk dapat dilakukan dengan dua cara yaitu sebagai usaha offline dan sebagai . Kedua jenis usaha tersebut memiliki kekurangan serta kelebihannya masing-masing. Para pengusaha biasanya menggabungkan kedua jenis usaha tersebut untuk mendapatkan kelebihan dari kedua jenis usaha. Maka selanjutnya akan dibahas mengenai kedua jenis cara berjualan tersebut:
  8. Usaha secara offlineUsaha secara offline yang dimaksudkan di sini merupakan sebuah usaha yang dilakukan secara langsung. Misal jika Anda memiliki minat usaha makanan ringan, maka Anda menjualnya langsung pada pelanggan Anda tanpa perantara media sosial. Kelebihan dari usaha ini di antaranya yaitu pelanggan dapat menyaksikan kualitas serta bentuk fisik dari produk yang Anda jual. Ini memungkinkan untuk calon pelanggan semakin percaya dengan produk yang Anda tawarkan. Jika Anda menawarkan produk dengan kualitas yang baik dan bentuk yang menarik, kemungkinan usaha Anda sukses juga cukup besar. Kelemahan dari usaha secara offline di antaranya ruang lingkup usaha atau cakupan pemasaran yang tidak terlalu luas. Selain itu, Anda terkadang juga harus menjual produk secara door to door. Hal ini tentu cukup melelahkan. Kelemahan lainnya dari usaha ini yaitu Anda harus mengeluarkan modal yang cukup besar di awal. Sementara jika produk tidak laku dijual maka kemungkinan Anda rugi menjadi lebih besar. Meski tidak menutup kemungkinan jika usaha secara offline dapat menjadi jenis sabtu minggu. Bentuk kerja ini biasanya dilakukan oleh karyawan atau para mahasiswa yang memiliki libur sabtu minggu. Usaha secara offline membutuhkan waktu secara khusus untuk penjualan produk Anda.
  9. Usaha secara online
    Usaha secara online merupakan jenis usaha yang cukup banyak diminati sekarang ini. Cara promosi yang mudah serta cakupan pemasaran yang luas membuat usaha ini menjadi jenis usaha yang cukup menguntungkan. Anda juga dapat menggabungkan antara usaha yang dilakukan secara offline dengan usaha secara online. Penggabungan ini tentunya mengambil kelebihan dari kedua jenis usaha.Usaha secara online biasnya menggunakan media sosial sebagai sarana promosi. Media sosial yang banyak digunakan untuk melakukan usaha di antaranya instagram, facebook, twitter dan jenis media sosial lainnya. Selain itu, penggunaan toko online juga cukup memudahkan Anda dalam menjalankan usaha. Untuk mengetahui prinsip dari usaha secara online, berikut beberapa secara online.
  10. ResellerReseller menjadi jenis usaha yang bisa dibilang sebagai usaha yang menggabungkan prinsip usaha secara online maupun offline. Para pengusaha menjual atau memasarkan produk mereka secara online maupun secara offline. Jenis usaha ini juga cukup menguntungkan. Modal yang diperlukan juga tidak perlu terlalu besar. Untuk Anda yang berencana menjadi seorang reseller Anda dapat membeli barang dari supplier dengan harga yang lebih murah serta produk yang berkualitas. Untuk itu, Anda dapat memilih supplier secara tepat. Anda juga dapat memilih supplier lebih dari satu.Reseller sendiri merupakan sebuah usaha yang mengharuskan para pelaku usahanya biasanya membeli barang terlebih dahulu sebelum dijual secara offline maupun online. Kelebihan dengan menjadi seorang reseller yaitu Anda dapat mengerti kualitas barang secara mendetail karena produk di tangan Anda. Jika Anda menjual secara online, Anda dapat memberikan penjelasan kepada calon pembeli secara mendetail pula. Jika menjadi reseller secara online tidak dapat memberikan Anda keuntungan secara cepat, maka Anda dapat memasarkan produk secara door to door. dapat menjadi jenis yang dilakukan dengan mudah.Sementara kelemahan dari menjadi reseller yaitu Anda harus mengeluarkan modal untuk usaha. Anda hanya juga harus meluangkan waktu yang lebih banyak untuk memasarkan produk Anda, menangani transaksi serta pengepakan dan pengiriman paket jika calon pembeli merupakan pembeli dari tempat yang jauh.
  11. Dropshipper
    Dropshipper memiliki prinsip kerja yang hampir serupa dengan reseller. Bedanya seorang dropshipper tidak perlu memiliki produk yang akan dijual. Jenis usaha ini menjadi usaha yang cukup menguntungkan. Para pelaku usaha tidak perlu mengeluarkan modal untuk melakukan usaha ini. Selain itu, jika Anda ingin memiliki jenis usaha ini Anda tidak perlu mengeluarkan modal sama sekali. Prinsipnya, Anda hanya perlu melakukan pemasaran tanpa perlu memikirkan produk. Kualitas serta jenis produk biasanya sudah ditentukan oleh supplier. Anda hanya perlu memilih supplier yang cocok dengan Anda.Kelebihan lainnya dari usaha drosphipper yaitu jika terjadi pembelian, Anda hanya perlu mengurus proses transaksi. Sementara pengepakan dan pengiriman barang dilakukan oleh supplier dengan menggunakan nama Anda. Jenis usaha ini dapat menjadi usaha yang cukup mudah untuk dilakukan. Karena Anda tidak melihat produk secara langsung, maka penting bagi Anda yang ingin menjadi seorang dropshipper untuk memperhatikan supplier yang akan Anda gunakan. Sebaiknya memilih supplier yang terpercaya dengan kualitas yang juga terpercaya.Prinsip dari dropshipper yaitu Anda hanya perlu melakukan promosi serta pemasaran agar produk yang Anda tawarkan diminati. Kelemahan dari jenis usaha ini selain Anda tidak dapat melihat secara langsung kualitas produk, keuntungan yang Anda dapat dari usaha ini cukup kecil jika dibandingkan dengan menjadi reseller. Ini karena dengan menjadi dropshipper, Anda membeli barang secara eceran bukan secara grosir seperti jika menjadi reseller. Harga barang grosir tentunya memiliki harga yang cukup murah jika dibandingkan dengan membeli barang secara eceran. Namun tenang saja, jenis usaha dropshipper tetap menjadi jenis usaha yang menguntungkan serta mudah dilakukan. Jenis usaha ini juga dapat menjadi jenis kerja sampingan hanya dengan sms. Ini karena dengan melakukan usaha dropshiper Anda hanya perlu memantau semua jenis transaksi dari ponsel Anda.
  12. Menjadi agen toko online
    Sekarang ini toko online memiliki jenis yang cukup beragam. Dan KUDO menjadi salah satu jenisnya. Dengan menjadi agen toko online memungkinkan Anda berjualan seperti layaknya memiliki toko biasa. Hanya bedanya, usaha dilakukan secara online. Selain itu, semua produk yang tersedia di toko online dapat Anda jual dan pasarkan. Menjadi agen toko online juga cukup menguntungkan. Karena setiap produk yang berhasil di jual dapat memberikan keuntungan. Untuk metode penjualannya biasanya toko online menawarkan dua pilihan cara berjualan yaitu sebagai reseller atau dropshipper. Untuk kedua jenis usaha tersebut telah dijelaskan sebelumnya. Jika Anda masih ragu dengan menjadi agen toko online, Anda dapat mencoba kedua jenis cara berjualan tersebut.

Inspirasi Usaha Sampingan Rumahan Modal Kecil Untung Besar dengan KUDO

Menjadi merupakan jenis usaha yang cukup menguntungkan. Lalu apa itu KUDO?

KUDO merupakan sebuah toko online yang memungkinkan Anda melakukan usaha sampingan . Sebagai sebuah kios KUDO menawarkan jutaan produk dari berbagai produsen. Untuk kualitas produk yang dijual tidak perlu diragukan lagi. Karena KUDO cukup selektif terhadap kualitas barang yang mereka jual. Tidak heran jika KUDO menjadi toko online yang terbesar dan juga terpercaya di Indonesia

Jenis produk yang ditawarkan KUDO

KUDO menawarkan jutaan produk yang dapat menjadi usaha sampingan Anda. Anda juga dapat menjadi pengusaha PPOB dengan menjadi agen KUDO. Jenis produk yang ditawarkan KUDO di antaranya yaitu peralatan elektronik, voucher pulsa, peralatan olahraga, peralatan memasak, barang-barang fashion serta jenis produk lainnya.

Lalu bagaimana cara menjadi agen KUDO?

Cara menjadi agen KUDO

Untuk menjadi agen KUDO cara yang dapat dilakukan cukup mudah. Yaitu Anda hanya perlu mendaftar di situs resmi KUDO. Di sana Anda akan diminta untuk mengisi form pengisian data. Setelah mengisi form pendaftaran dan menyerahkan syarat yang diajukan oleh KUDO seperti foto KTP. Maka Anda akan mendapat sms pemberitahuan yang berisi Anda sudah resmi menjadi agen KUDO. Setelah itu Anda sudah dapat melakukan berbagai jenis transaksi. Untuk biaya pendaftaran, KUDO tidak mengenakan biaya pendaftaran sama sekali atau dengan kata lain gratis.

Dengan menjadi agen KUDO, memiliki usaha sampingan dengan sedikit modal atau tanpa modal menjadi sangat memungkinkan. Selain di situs resmi KUDO, pendaftaran juga dapat dilakukan di . Aplikasi ini dapat di download dan diinstall di ponsel. Selain untuk melakukan pendaftaran, aplikasi KUDO juga dapat digunakan untuk melakukan transaksi.

Transaksi dengan menggunakan aplikasi KUDO cukup mudah karena efisien dan efektif. Segala bentuk transaksi dapat dilakukan di dalam satu aplikasi. Selain itu, Anda juga dapat melihat keuntungan yang Anda peroleh dengan menggunakan aplikasi tersebut.

Lalu bagaimana cara transaksi di KUDO?

Transaksi di KUDO juga cukup mudah dilakukan. Sebelum dapat melakukan transaksi Anda harus melakukan pengisian saldo. Jumlah saldo yang dapat Anda isi cukup beragam, tergantung dari modal yang Anda miliki. Sementara minimal nilai saldo yang digunakan yaitu sekitar Rp 10.000,-. Saldo inilah yang nantinya digunakan untuk pembelian segala jenis produk.

KUDO juga bisa menggunakan prinsip dropshipper. KUDO dapat melakukan pengepakan serta pengiriman barang atas nama Anda. Ini jauh lebih efisien karena Anda tidak perlu memikirkan pengepakan serta pengiriman barang.

Keuntungan menjadi agen KUDO

KUDO menawarkan begitu banyak kemudahan serta keuntungan yang dapat menjadi usaha sampingan.

Lalu apa saja kemudahan serta keuntungan yang ditawarkan oleh KUDO?

Kemudahan yang ditawarkan oleh KUDO sudah dijelaskan sebelumnya. Lalu apa keuntungan dengan menjadi agen KUDO? Keuntungan dengan menjadi agen KUDO yaitu KUDO menawarkan nominal keuntungan untuk setiap transaksi yang Anda lakukan. Nominal transaksi ini dapat Anda ambil dan dapat juga digunakan untuk pengisian saldo pada proses transaksi selanjutnya.

Itulah mudahnya serta untungnya menjadi agen KUDO yang cocok untuk usaha sampingan Anda dan tidak ditawarkan oleh toko online lainnya. KUDO sendiri sudah memiliki ribuan agen sukses yang dapat menjadi patokan Anda dalam melakukan usaha sampingan bersama KUDO.

Tag