Usaha Mandiri Di Rumah Lebih Cocok Online Atau Offline?
02May

Inspirasi Bisnis Tanpa Modal Besar

Mengawali kadang terkendala yang terbilang besar. Tidak jarang, seseorang akan menyerah bahkan sebelum karena terlebih dahulu terbayang besarnya modal yang harus dikeluarkan. Padahal, ada banyak inspirasi besar yang bisa kita lakukan. Modal untuk aneka bisnis ini bisa menggunakan kemampuan kita sehingga bisa menekan biaya awal yang dikeluarkan. Modal yang kecil juga karena dijalankan dari rumah. Sehingga, tidak diperlukan adanya biaya untuk menyewa ruko atau kios. Bisnis ini bisa dijalankan terutama untuk pebisnis pemula, yaitu mereka yang baru sehingga masih belum memiliki cukup modal.

Contoh besar yang pertama adalah berjualan secara . Hal ini termasuk dalam karena kita bisa menjualnya secara gratis melalui website, blog, , hingga marketplace . Apabila tidak memiliki barang untuk dijual, alternatifnya adalah dengan menjual yang masih layak pakai. Atau, kita juga bisa menjadi , yaitu membeli barang dalam jumlah besar atau grosir kemudian menjualnya kembali secara eceran. Berjualan online akan sangat menekan modal, dapat dijalankan secara fleksibel dan bisa menjangkau pembeli dari berbagai wilayah yang berbeda. Berjualan online seringkali dipilih oleh para pebisnis pemula dalam menjalankan usahanya. Apabila keuntungan dari berjualan online sudah terkumpul banyak, maka kita bisa mendirikan toko offline sendiri.

Usaha besar berikutnya adalah laundry. Mengapa laundry? Karena kita bisa memanfaatkan mesin cuci yang ada rumah saja sebagai modal utamanya. Laundry terutama akan dibutuhkan jika kita tinggal di sekitar kawasan padat penduduk, atau di dekat sekolah, kampus, pabrik serta perkantoran. Orang-orang di kawasan ini umumnya terlalu sibuk sehingga tidak sempat mencuci pakaian mereka sendiri. Kita bisa mengambil peluang ini untuk membuka usaha laundry. Kita harus tahu mengenai kelemahan dan kelebihan dari berbagai jenis mesin cuci, deterjen, pewangi, hingga pelembut yang digunakan. Usaha laundry bisa dijalankan dari rumah saja sehingga lebih fleksibel.

Peluang bisnis lain yang bisa kita ambil adalah dengan menyewakan kamar di rumah untuk wisatawan. Usaha ini bisa kita coba apabila kita tinggal di dekat objek wisata tertentu yang selalu ramai pengunjung terutama di musim . Wisatawan seringkali kehabisan kamar hotel atau penginapan di saat liburan panjang. Peluang ini dapat kita manfaatkan terutama apabila kita memiliki kamar kosong di dalam rumah. Sewakan kamar tersebut untuk para wisatawan. Praktek seperti ini sudah umum di luar negeri melalui website AirBnB. Promosikan kamar kosong tersebut secara online agar semakin banyak orang yang mengetahui usaha kita. Usaha ini bisa dibilang nyaris tanpa modal karena modalnya adalah kamar rumah kita sendiri.

Usaha Rumahan Tanpa Modal Besar

Solusi lain untuk kita yang hendak memulai usaha dengan modal terbatas adalah dengan bergabung menjadi . Kios Untuk atau KUDO ini adalah marketplace yang sudah terkenal di Indonesia. Kita bisa turut berjualan di dalamnya dengan cara menjadi agen. Caranya sangat mudah, yaitu dengan mendaftarkan diri di website atau . Kemudian isi saldo minimal Rp 10.000,- dan kita sudah bisa menjual aneka produk KUDO yang berkualitas. Dari setiap barang yang terjual akan ada komisi yang kita dapatkan. Semakin banyak barang terjual melalui KUDO maka akan semakin besar komisi kita. di KUDO dijamin aman sehingga kita tidak perlu khawatir akan adanya tindak penipuan.

Tag