Cari Uang Tambahan Ibu Rumah Tangga
02May

Inspirasi Usaha Sendiri di Rumah

Memulai usaha dapat dijadikan alternatif dalam mencari penghasilan tambahan, di samping bekerja di kantor atau perusahaan tertentu. Banyak inspirasi usaha sendiri yang bisa kita jalankan dari dalam rumah saja. Selain dapat dijalankan dengan lebih fleksibel, usaha-usaha di rumah ini juga bisa menjadi sampingan selain pekerjaan utama kita. Usaha rumahan sekaligus bisa dijalankan oleh ibu rumah tangga yang mengurus anak di rumah atau pun pelajar, serta mahasiswa di tengah kesibukan mereka belajar. Dengan kata lain, usaha rumahan bisa dijalankan oleh siapa saja, tidak terbatas pada profesi serta pendidikan. Usaha yang dijalani juga bisa bermacam-macam, mulai dari menjajakan barang hingga jasa.

Contoh Usaha Kecil yang Sukses

Usaha kecil sukses dari rumah yang pertama dan paling banyak dilakoni adalah berjualan online. Usaha satu ini banyak dipilih karena modal yang kecil serta margin keuntungan yang cukup besar. Kita bisa memanfaatkan aneka media online seperti jejaring sosial, website, marketplace KUDO hingga group chat seperti BBM dan LINE. Banyaknya media yang dapat digunakan sebagai sarana berjualan dan promosi ini membuat usaha online dapat menjangkau pembeli dari mana saja, bahkan dari luar negeri. Selain itu, kita juga bisa menjalankannya dengan lebih mudah berkat bantuan aneka aplikasi penunjang. Macam-macam barang yang bisa dijual online di antaranya adalah pakaian, buku, sepatu, aksesoris, tas, dan lain sebagainya.

Selain berjualan online, contoh usaha modal kecil lainnya adalah mendaur ulang sampah. Sampah rumah tangga seperti kertas, botol plastik, pita bekas, hingga daun kering dapat didaur ulang menjadi aneka produk unik yang memiliki nilai jual tinggi. Usaha satu ini memang membutuhkan kreativitas tinggi. Modal yang dibutuhkan juga terbilang kecil karena yang dibutuhkan terutama adalah sampah rumah tangga di sekitar kita. Produk yang dihasilkan bisa dipasarkan secara online melalui internet. Aneka produk yang dihasilkan ini antara lain adalah pot bunga, buku dari kertas daur ulang, hingga tempat pensil duduk. Produk-produk ini selain unik juga dipastikan ramah lingkungan.

Usaha rumahan berikutnya yang bisa dilakukan adalah usaha kuliner. Termasuk di antaranya adalah kuliner berat seperti nasi beserta lauk pauk untuk makan tiga kali sehari. Dapat juga berupa makanan ringan atau camilan seperti keripik, kue-kue dan gorengan. Usaha kuliner termasuk dalam usaha yang tidak akan pernah mati karena makanan pasti dibutuhkan oleh setiap orang. Usaha ini terutama bisa dijalankan apabila kita tinggal di kawasan yang penduduknya padat seperti di dekat sekolah, kampus, perkantoran, pabrik dan lain-lain. Usaha bisa dijalankan di rumah saja dengan memanfaatkan teras rumah sebagai tempat makan.

Solusi bisnis untuk kita yang ingin memulai usaha namun terkendala modal adalah dengan menjadi agen KUDO. KUDO atau Kios Untuk Dagang Online ialah salah satu marketplace populer yang ada di Indonesia. Kita bisa bergabung menjadi agen di dalamnya dengan cara mendaftarkan diri. Jika sudah terdaftar, kita harus mengisi saldo minimal Rp 10.000,- agar dapat mulai berjualan. Dari tiap barang yang terjual, akan ada komisi yang kita dapatkan sebagai keuntungan. Semakin banyak barang terjual tentu akan semakin besar komisi yang kita dapatkan. Usaha ini dijalankan secara online sehingga bisa menghemat waktu, tenaga, serta biaya. Kita bisa menjalankannya dari dalam rumah saja dengan mudah berkat aplikasi KUDO. Demikian adalah peluang usaha baru melalui internet yang bisa kita coba.

Tag

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *