22Sep

17 Cara Bisnis Jualan Baju Online Terbaru 2017 yang Menguntungkan

Cara bisnis jualan baju online terbaru 2017 yang menguntungkan. bukanlah fenomena yang asing di tengah perkembangan teknologi informasi dan komunikasi yang semakin pesat. Bisnis online memberikan dampak positif bagi pemilik usaha dan juga konsumen. Bagi pemilik usaha, bisnis online bisa menjadi sumber penghasilan utama maupun sumber penghasilan tambahan yang bisa didapatkan dengan mudah. Sedangkan, bagi konsumen bisnis online mempermudah proses berbelanja. Secara terperinci bisnis online memiliki kelebihan sebagai berikut:

  • Bisa Dijalankan Siapa Saja
    Kelebihan pertama dari bisnis online adalah bisa dijalankan oleh siapa saja, tidak terbatas pada latar belakang pendidikan atau usia. Lihat saja banyak sekali toko online dengan omzet besar yang dilakoni oleh kalangan pelajar atau mahasiswa. Walau siapa saja bisa menjalankan bisnis online, ketekunan dalam menjalankan bisnis tetap diperlukan.
  • Modal yang Sedikit
    Modal yang dibutuhkan untuk membuka bisnis online lebih sedikit dibandingkan membuka bisnis konvensional. Bisnis online tidak membutuhkan kios atau toko untuk berjualan. Barang yang diperjualbelikan melalui bisnis online dipasarkan secara online di internet dengan cara memajang foto dan keterangan barang.
  • Mudah untuk Dijalankan
    Sebenarnya bisnis bukanlah sesuatu yang mudah. Namun, dibandingkan dengan bisnis yang konvensional, bisnis online mudah untuk dijalankan. Dalam menjalankan bisnis online, pemilik bisnis online hanya perlu melakukan promosi secara online di portal jual beli di internet. Tentu saja promosi tersebut bisa dilakukan di mana saja dan kapan saja. Selain itu, pesanan barang bisa datang kapan saja, tanpa memandang hari libur atau jam operasional toko sudah tutup. Sehingga dapat disimpulkan bahwa memiliki bisnis online menjamin keuntungan besar tanpa modal yang besar.

17 Cara Bisnis Jualan Baju Online Terbaru 2017 yang Menguntungkan

Setelah mengetahui tiga kelebihan bisnis online di atas, maka langkah pertama yang perlu dilakukan untuk online adalah menentukan barang apa yang akan dijual. Tidak ada batasan barang yang bisa diperjualbelikan dalam bisnis online. Bisnis online bisa menjual apa saja, mulai dari barang yang terlihat, seperti pakaian, makanan, atau kosmetik, sampai barang yang tidak terlihat, seperti pulsa atau kuota internet. Namun, untuk pemilik bisnis online yang masih pemula, pakaian adalah barang yang direkomendasikan untuk diperjualbelikan dalam bisnis online.

Pakaian merupakan kebutuhan dasar bagi kehidupan manusia. Pakaian sama pentingnya dengan rumah dan makanan. Pakaian melindungi tubuh manusia dari panasnya sinar matahari dan udara yang dingin. Selain itu, pakaian menjadi item fashion yang menunjukkan status sosial dan selera berpakaian pemakainya. Di dalam dunia bisnis online, pakaian merupakan komoditi yang menguntungkan. Hal ini dikarenakan jualan baju membutuhkan modal yang sedikit. Pemilik bisnis pakaian bisa mengawali bisnis online dengan menyediakan satu lusin baju yang bisa dibeli dengan harga ratusan ribu Rupiah. Pemilik bisnis online pakaian bisa menambah stok ketika bisnis sudah berjalan dengan lancar.

Keuntungan lain yang bisa didapatkan dari bisnis clothing adalah harga jual yang fleksibel. Pemilik bisnis online baju bisa menaikkan dan menurunkan harga jual dengan mudah. baju online shop ini disebabkan oleh produk pakaian atau item fashion yang lain tidak mudah untuk dibandingkan harganya antara toko pakaian yang satu dengan toko pakaian yang lain. Oleh karena itu, pemilik usaha jualan baju bisa menaikkan atau menurunkan sesuka hati dengan alasan model pakaian tersebut belum tentu dijual di toko pakaian yang lain.

Alasan lain mengapa cocok untuk pemilik bisnis online yang masih pemula karena bisnis ini tidak ada matinya. Setiap harinya selalu ada model pakaian baru yang tercipta demi menyemarakkan model-model pakaian yang ada di pasaran. Sehingga, ketika konsumen sudah mulai bosan dengan model pakaian yang ada, segera sediakan stok pakaian model terbaru untuk mendapatkan kembali minat konsumen. Cara bisnis jualan baju itu bisa dilakukan secara terus menerus agar bisnis pakaian online selalu berkembang dan menghasilkan keuntungan besar.

Selain itu, bisnis jualan baju secara online tidak terbatas pada menjual baju saja. Ada banyak jenis pakaian yang bisa diperjualbelikan dalam bisnis online. Sebagai referensi di bawah ini ada beberapa produk yang bisa dijual dengan cara memulai bisnis online shop baju.

  • Pakaian Perempuan Muslim
    Seiring berjalannya waktu, perempuan Muslim mulai menyadari kewajibannya untuk menutup aurat. Oleh karena itu, permintaan pasar akan pakaian perempuan Muslim sangatlah tinggi, apalagi pakaian Muslim dengan model yang trendy dan syar’i. Pakaian perempuan Muslim yang direkomendasikan untuk diperjualbelikan secara online adalah gamis yang syar’i dari bahan katun yang tidak panas di tubuh, model yang nyaman digunakan dan tidak memamerkan lekuk tubuh. Gamis tersebut hadir dalam varian warna yang kalem seperti pink muda, ungu muda, biru laut, merah maroon, dan warna-warna pastel.
  • Pakaian Anak-anak
    Orang tua senang sekali bereksperimen dengan gaya berpakaian anak-anaknya. Mereka senang memakaikan anak mereka pakaian dengan beragam warna dan model. Selain itu, dalam memilih pakaian untuk anak-anak tidak bisa dilakukan sembarangan. Pakaian anak-anak harus terbuat dari bahan yang nyaman dikenakan, tidak menimbulkan alergi pada kulit anak-anak yang sensitif, dan model pakaiannya tidak membatasi pergerakan anak-anak yang aktif. Oleh karena itu, permintaan pasar terhadap pakaian anak-anak yang berkualitas tergolong tinggi. Jangan sia-siakan peluang pasar yang besar ini. Pakaian anak-anak bisa menjadi komoditas bisnis pakaian secara online yang menguntungkan karena orang tua tidak segan-segan membayar mahal demi pakaian anak-anak yang nyaman dikenakan.
  • Pakaian Pria
    Siapa bilang pria tidak memerhatikan gaya berpakaian mereka? Pria juga memerhatikan gaya berpakaian mereka sama seperti perempuan. Hanya saja detail yang diperhatikan oleh pria berbeda dengan perempuan. Dalam memilih pakaian, pria cenderung memilih pakaian berdasarkan jenis kain dan warna. Berbeda dengan perempuan yang lebih mengutamakan model dan harga. Pria lebih suka model pakaian yang sederhana dan nyaman dikenakan, terutama untuk pria yang memiliki banyak aktivitas di luar ruangan. Selain itu, pria cenderung memilih pakaian dengan warna dasar dan tidak mencolok seperti hitam, putih, biru donker, dan cokelat.
  • Celana Kain
    Celana adalah item fashion yang tidak hanya ditujukan untuk laki-laki, tetapi juga perempuan. Hal ini dikarenakan celana nyaman digunakan dan tidak membatasi pergerakan. Umumnya celana yang digunakan dalam kegiatan sehari-hari adalah celana jeans. Namun, beberapa tahun terakhir, tren celana jeans sebagai celana yang nyaman untuk digunakan sehari-hari tersingkirkan oleh celana kain. Banyak orang yang beralih dari celana jeans ke celana kain karena celana kain lebih nyaman digunakan, menyerap keringat dengan mudah, terasa ringan saat dipakai, dan mudah untuk dicuci. Celana kain hadir dalam berbagai model dan terbuat dari berbagai macam bahan. Model celana kain yang sedang menjadi tren di pasaran adalah celana kain palazzo atau celana pipa dan celana kain chino yang menyerupai celana skinny jeans hanya saja terbuat dari kain katun.
  • Pakaian Olahraga
    Olahraga merupakan kewajiban yang harus dilakukan oleh setiap manusia agar memiliki tubuh yang sehat dan terhindar dari penyakit. Selain itu, dalam berolahraga dibutuhkan pakaian yang nyaman. Pakaian olahraga yang nyaman adalah pakaian yang tidak ketat, tidak membatasi pergerakan tubuh saat berolahraga, dan tidak membuat tubuh merasa panas. Pakaian olahraga bisa terbuat dari bahan kaos atau jersey. Pakaian olahraga umumnya terdiri dari kaos, jaket, dan celana training. Warna-warna untuk kaos olahraga juga beragam. Ada pakaian olahraga yang berwarna cerah seperti pink, kuning, merah, dan orange. Ada pula pakaian olahraga yang berwarna netral seperti putih, hitam, biru donker, dan abu-abu. Cara memulai bisnis online baju olahraga bisa dilakukan dengan bekerja sama dengan konveksi yang terbiasa memproduksi pakaian olahraga.
  • Jilbab
    Selain menjadi penutup aurat bagi perempuan Muslim, jilbab sudah menjadi bagian dari fashion yang tidak bisa dipandang sebelah mata. Jilbab menjadi komoditas usaha jualan baju yang menjanjikan keuntungan besar. Hal ini dikarenakan permintaan pasar terhadap jilbab semakin tinggi. Perempuan ingin tetap tampil modis dengan mengenakan jilbab. Oleh karena itu, jilbab yang dijual di pasaran hadir dalam berbagai variasi model, warna, dan jenis kain.
  • Pakaian Dalam
    Walau pakaian dalam dipakai di balik baju dan tidak terlihat, pakaian dalam tidak boleh dianggap sepele. Pakaian dalam merupakan pakaian yang melakukan kontak secara langsung dengan kulit. Sehingga, pasar memiliki permintaan yang tinggi terhadap produk pakaian dalam yang berkualitas. Pakaian dalam yang berkualitas adalah pakaian dalam yang terbuat dari kain yang mampu menyerap keringat dengan baik dan tidak menimbulkan iritasi pada tubuh. Selain itu, orang-orang juga menginginkan pakaian dalam dengan warna-warna yang mencolok serta model yang bervariasi, seperti dihiasi lace atau renda.
  • Kaos Distro
    Kaos distro merupakan produk pakaian yang selalu digemari oleh para kawula muda. Kaos distro memiliki ciri khas seperti warna-warna yang tidak mencolok. Warna-warna yang digunakan dalam kaos distro antara lain hitam, putih, abu-abu, dan biru donker. Selain itu, kaos distro memiliki desain tulisan yang mengekspresikan jiwa muda yang aktif dan bebas atau tulisan yang menjadi kritik akan keadaan sosial. Kaos distro tidak perlu diproduksi sendiri. Ada tips jualan baju online dengan bekerja sama dengan distro yang sudah terkenal dan menjual produk milik mereka.
  • Kaos Fandom
    Fandom merupakan sekelompok penggemar dari artis, musik, atau karya seni tertentu. Fandom memiliki ciri khas khusus seperti warna, logo, dan slogan. Kaos fandom merupakan cara bisnis online baju untuk pemula yang menguntungkan. Kaos fandom bisa dijual dengan harga mencapai ratusan ribu Rupiah. Selain itu, para penggemar tidak masalah dengan harga jual kaos fandom yang tinggi. Mereka rela mengeluarkan uang hingga ratusan ribu Rupiah demi kaos yang melambangkan idola mereka. Tidak heran jika keuntungan bisnis online yang menjual pernak-pernik fandom bisa berkali-kali lipat.
  • Kebaya
    Kebaya merupakan pakaian nasional untuk perempuan Indonesia. Setiap perempuan di Indonesia harus memiliki kebaya karena kebaya digunakan dalam berbagai acara seperti peringatan hari bersejarah di Indonesia seperti Hari Proklamasi Kemerdekaan Republik Indonesia dan Hari Kartini. Kebaya juga digunakan dalam kesempatan yang semi formal seperti upacara wisuda, acara kelulusan, pesta, pertunangan, dan pernikahan. Kebaya di era modern hadir dalam berbagai macam model mulai dari kebaya encim, kebaya kutu baru, dan kebaya brokat. Kebaya juga terbuat dari berbagai jenis bahan seperti brokat, sutra, satin, katun, hingga batik.Setelah mengetahui jenis pakaian apa saja yang bisa dijual secara online, maka langkah selanjutnya adalah mengetahui bagaimana cara bisnis baju online untuk pemula. Hal yang paling penting dalam cara bisnis baju online adalah ketekunan. Ketekunan diperlukan agar usaha jualan baju bisa berkembang secara optimal dan keuntungan yang berlipat ganda bisa datang dengan mudah.

Ada tiga cara jualan baju dengan modal kecil yang bisa ditempuh untuk merintis bisnis pakaian secara online, antara lain:

  • Menjual Ulang Pakaian dari Pasar
    Perusahaan konveksi yang memproduksi baju akan mendistribusikan hasil produksinya ke tempat yang khusus menjual produk pakaian dalam jumlah yang besar atau agen besar. Lokasi agen besar biasanya ada di pasar induk. Di Indonesia sendiri, pasar induk yang sudah terkenal sebagai agen besar pakaian adalah Pasar Minggu, Pasar Senen, Pasar Baru, dan Pasar Tanah Abang yang ada di Jakarta dan Pasar Tegal Gubuk yang ada di Cirebon. Tentu saja pakaian yang dijual di pasar induk tersebut dijual dengan harga yang murah dan ada banyak variasi model pakaian yang ditawarkan.Cara bisnis baju online tanpa modal dengan model ini memiliki kelebihan yang mana pemilik bisnis online bisa memilih produk pakaian secara langsung pada agen besar tanpa ada perantara. Selain itu, modal jualan baju dengan cara ini tergolong sedikit karena harga jual baju di agen yang murah. Sayangnya, cara ini memiliki kekurangan yang mana agen besar di pasar induk pasti diburu oleh banyak penjual baju yang lain. Sehingga, peluang untuk menjual produk pakaian yang berbeda dengan penjual baju yang lain sangatlah sedikit. Pastinya penjual baju yang satu dengan penjual baju yang lain akan menjual produk pakaian yang sama.
  • Menjual Baju secara Dropship
    Cara jualan baju agar cepat laku yang bisa dilakukan dengan untuk pemilik bisnis pakaian secara online adalah menjual pakaian secara dropship. Pemilik bisnis pakaian online yang menjual produknya dengan metode ini tidak memiliki persediaan barang yang dijual. Produk pakaian yang mereka jual ada di gudang persediaan atau agen besar. Yang harus mereka lakukan sebagai tips jualan baju secara dropship adalah melakukan promosi segencar mungkin untuk menarik minat konsumen. Jika ada konsumen yang tertarik, maka pemilik bisnis pakaian online secara dropship akan mencatat pesanan tersebut dan melaporkannya kepada agen besar atau gudang persediaan. Nantinya, produk pakaian yang dipesan konsumen akan dikirim oleh agen besar atau gudang persediaan kepada konsumen dengan menggunakan nama dan alamat pemilik bisnis pakaian online secara dropship. Sehingga, secara sederhana, dropship dikatakan sebagai cara jualan baju online tanpa modal mempromosikan produk pakaian yang dijual melalui foto dan keterangan tanpa menyediakan stok barang yang dijual.Menjual pakaian dengan metode dropship memiliki keuntungan yaitu pemilik usaha bisnis pakaian tidak perlu mengeluarkan modal hingga jutaan Rupiah untuk menyediakan persediaan pakaian yang akan dijual. Mereka hanya perlu menyediakan foto dan keterangan produk pakaian yang akan didapatkan dari agen besar atau gudang persediaan. Sedangkan, kekurangan dari metode berjualan pakaian online dengan sistem dropship adalah pengendalian persediaan produk pakaian yang sulit. Pemilik bisnis pakaian secara dropship tidak diberitahu berapa banyak stok pakaian yang tersedia di gudang persediaan. Mereka harus bertanya berkali-kali untuk memastikan ketersediaan produk pakaian yang dipromosikan. Mereka juga sering menolak pesanan dari konsumen karena gudang persediaan tidak memiliki persediaan pakaian yang diinginkan konsumen.
  • Menjual Baju secara Reseller
    Cara ketiga sekaligus cara terakhir yang bisa ditempuh untuk mewujudkan bisnis pakaian secara online adalah dengan menjadi reseller. Cara jualan baju online reseller banyak digemari oleh pemilik bisnis online yang masih pemula. Cara menjadi reseller adalah pemilik bisnis online akan melakukan investasi dengan nominal tertentu kepada produsen pakaian. Dari uang investasi tersebut, mereka akan mendapatkan produk pakaian yang dijual serta media promosi seperti digital banner, banner, serta tutorial cara menjalankan bisnis pakaian secara online. Namun, ada produsen pakaian yang hanya memberikan produk pakaian tanpa media promosi kepada reseller. Perbedaan fasilitas tersebut biasanya disebabkan karena perbedaan nominal investasi.Tidak perlu bingung mencari informasi tentang produsen pakaian yang menyediakan jasa reseller. Sekarang sudah ada internet yang akan memberikan jawaban terhadap semua pertanyaan yang dicari. Cukup ketikkan kata kunci seperti reseller baju trendy, reseller gamis, reseller baju anak-anak, dan lain sebagainya untuk menemukan peluang menjadi reseller baju.Keuntungan yang didapatkan dari berjualan baju secara reseller adalah memudahkan orang-orang yang tidak memiliki pengalaman di dalam dunia bisnis untuk merintis bisnis. Pemilik bisnis pakaian secara reseller tidak perlu melakukan riset terhadap produk pakaian serta pangsa pasar. Pasti sudah ada konsumen yang siap membeli produk pakaian tersebut. Apalagi jika produk pakaian yang dijual sebelumnya belum pernah dijual di daerah tempat tinggal.Di sisi lain, menjual pakaian dengan cara reseller memiliki kekurangan yang mana pemilik usaha tidak bisa mengendalikan kualitas dari produk pakaian yang dijual. Hal ini dikarenakan pemilik usaha tidak terlibat langsung dengan proses produksi pakaian. Produksi pakaian hanya dilakukan oleh produsen. Tidak semua produsen melakukan transparansi terkait kualitas produk pakaian kepada para reseller. Sehingga, ketika konsumen komplain terhadap kualitas pakaian yang buruk, reseller tidak bisa berkutik. Selain itu, bisnis pakaian akan mengalami kemunduran jika reseller tidak memahami dengan baik produk pakaian yang dijual.

Nah, setelah mengetahui tiga cara yang bisa dipilih untuk merintis bisnis pakaian secara online. Pembahasan yang selanjutnya adalah bagaimana pakaian secara online agar menghasilkan banyak keuntungan. Di bawah ini ada cara jualan baju agar cepat laku bagi pemula yang harus diterapkan.

  • Pilih Agen yang Terpercaya
    Langkah pertama yang harus dilakukan untuk menjalankan bisnis pakaian secara online adalah menemukan agen yang tepat agar bisa mendapatkan keuntungan berlipat ganda. Hal ini sangatlah penting, terutama bagi pemilik bisnis pakaian online dengan metode dropship dan reseller. Lakukan riset terlebih dulu terhadap agen pakaian secara online. Pilihlah agen yang memiliki reputasi yang baik, yang bisa dipercaya, mudah diajak berkomunikasi, menyediakan produk pakaian yang berkualitas, serta menyediakan pakaian dengan harga jual yang murah. Agen dengan karakteristik yang sudah disebutkan sebelumnya sangat direkomendasikan untuk menjadi rekan bisnis dalam jangka waktu yang panjang.
  • Jaga Hubungan dengan Agen
    Hal yang harus dilakukan begitu menemukan agen pakaian yang tepat adalah tetap menjaga hubungan bisnis dengan agen. Luangkan waktu untuk mendapati ke lokasi agen pakaian untuk berdiskusi tentang bisnis pakaian dengan baik. Bertemu secara langsung membuat komunikasi menjadi lebih lancar dan mudah. Setiap masalah bisa dibicarakan dan diselesaikan dengan baik jika pemilik bisnis pakaian online dan agen bertemu secara langsung.
  • Jalankan Bisnis dengan Pintar
    Ketekunan memang diperlukan dalam menjalankan bisnis pakaian secara online. Namun, kepintaran tidak boleh dilewatkan dalam menjalankan bisnis. Pemilik bisnis pakaian secara online harus menentukan strategi berjualan yang tepat agar produk pakaian yang dijual laku keras di pasaran dan omzet yang dihasilkan bisa berkali-kali lipat. Memanfaatkan kecanggihan teknologi merupakan strategi yang tepat untuk melancarkan bisnis pakaian secara online. Manfaatkan media sosial seperti Facebook, Twitter, dan Instagram sebagai media untuk mempromosikan pakaian yang dijual. Banyak orang yang mendapatkan keuntungan hingga jutaan Rupiah dengan memanfaatkan media sosial sebagai tempat untuk berjualan. Pemilik bisnis pakaian secara online harus menguasai teknik pemasaran secara online seperti SEO (Search Engine Optimization) untuk memudahkan konsumen menemukan produk pakaian yang dijual di internet. Selain itu, lakukan promosi secara efektif dengan memanfaatkan fasilitas paid promote atau endorse yang disediakan oleh akun media sosial dengan followers yang sudah banyak.
  • Produksi Pakaian Sendiri
    Jika bisnis pakaian yang semula dijalankan dengan cara dropship atau reseller sudah berkembang, maka keluarlah dari zona nyaman dengan memproduksi pakaian sendiri. Memproduksi pakaian sendiri bukan berarti menjahit sendiri. Pemilik usaha bisa merekrut penjahit untuk membuat pakaian tersebut dan menciptakan merek dagang sendiri. Dengan cara tersebut, keuntungan yang dihasilkan lebih besar karena tidak perlu dibagi dengan produsen atau agen. Jika ingin menjalankan bisnis pakaian dengan cara ini maka pemilik usaha harus membekali diri dengan pengetahuan tentang jenis-jenis kain, cara mendapatkan stok kain, tahap produksi pakaian, sistem pengelolaan keuangan, hingga cara memasarkan barang tersebut.
  • Cari Penghasilan Tambahan
    Pengusaha yang cerdas tidak hanya bergantung pada satu usaha. Mereka harus melihat peluang untuk mendapatkan keuntungan yang lebih besar dengan mencari sumber penghasilan tambahan. Sumber penghasilan tambahan yang direkomendasikan untuk pengusaha bisnis online adalah menjadi agen KUDO. KUDO atau Kios Untuk Dagang Online memberikan peluang kepada pengusaha online untuk mendapatkan penghasilan tambahan dengan menjadi agen KUDO. Agen KUDO memiliki pekerjaan yang mudah dan menguntungkan seperti menerima uang pembayaran belanja di KUDO secara offline, melayani isi ulang pulsa elektrik dan pulsa listrik, menerima uang pembayaran beragam tagihan seperti air, listrik, motor, kredit bank, internet, telepon rumah, dan KPR, dan melayani pembelian tiket transportasi umum seperti bus, kereta api, pesawat terbang, dan kapal laut.

Bisnis Usaha Apa Ya? Daftar KUDO Dapatkan Untung Jutaan Rupiah Per Bulan

Keunggulan menjadi kerja sama dengan KUDO adalah mudah untuk dilakukan. Mereka yang ingin menjadi agen KUDO bisa memulainya dengan men-downloadaplikasi KUDO melalui Google Play Store. Setelah itu, melakukan registrasi atau sign up dengan mengisi formulir yang sudah disediakan. Begitu akun KUDO sudah jadi maka lakukan investasi saldo agen KUDO. Tidak ada batasan untuk saldo agen KUDO. Agen KUDO bisa melakukan pekerjaannya setelah melakukan investasi saldo Rp 10.000,- saja. Tentu saja jika ingin mendapatkan keuntungan besar maka investasi saldo harus dalam jumlah yang besar pula. Keunggulan lain dari agen KUDO adalah pekerjaannya bisa dilakukan di mana saja dan kapan saja, sama halnya dengan bisnis online. Cara menjalankannya yang mudah menjadikan pekerjaan sebagai agen KUDO tidak mengganggu kegiatan sehari-hari.