11Nov

Cara Jualan Online Shop 2017 Sukses dan Laris dengan KUDO

Bisnis atau pertumbuhannya memang cukup menggembirakan. Sebagaimana dikatakan oleh Menteri Komunikasi dan Informatika (Menkominfo), Rudiantara pada awal tahun 2016 yang dilansir oleh Kompas (4 Januari 2016), diprediksi eCommerce di Tanah Air akan sangat berkembang sepanjang 2016. Menkominfo Rudiantara mengatakan bahwa nilai eCommerce di Indonesia pada 2016 akan mencapai angka US$ 4,89 miliar atau sekitar lebih dari Rp 68 triliun. Naik dari tahun 2015 yang jumlahnya sebesar US$ 3,56 miliar.

Kominfo juga menyebutkan bahwa hasil prediksi prospek bisnis eCommerce di Indonesia pada 2016 akan ada 8,7 juta konsumen , naik dari “hanya” sebesar 7,4 juta pembelanja pada 2015.

Cara Jualan Online Shop Sukses dan Laris dengan KUDO

Prediksi prospek bisnis eCommerce 2016 (Kominfo)

Hal ini seiring senada dengan jumlah pengguna internet di Indonesia yang terus bertumbuh—dari tahun 2015 jumlah pengguna internet di Indonesia mencapai 93,4 juta, naik dibanding 2014 yang sebanyak 88,1 juta pengguna.

Toko online di Indonesia saat ini pun mulai menjamur. Dari yang berkonsep iklan baris, seperti kaskus.co.id, olx.co.id, dan berniaga.com. Yang berkonsep B2C (business to consumer) seperti; lazada.co.id, bhineka.com, dan zalora.co.id. Hingga berkonsep mall online seperti; blibli.com, elevenia.co.id, tokopedia.com, bukalapak.com, .co.id, dan rakuten.co.id.

Fenomena ini bisa diartikan sebagai peluang emas bagi para entrepreneur untuk mulai merambah ke dan juga para karyawan untuk berani memulai .

Produk jualan online terlaris

Menurut laporan Nielsen Indonesia dilansir oleh Kompas, pada 13 Oktober 2014 yang dipublikasikan triwulan pertama tahun 2014, minat konsumen Indonesia untuk membeli produk atau jasa secara online sekitar setengah dari konsumen Indonesia berencana untuk membeli secara online (55%) serta melakukan pemesanan hotel dan biro perjalanan (46%) dalam enam bulan ke depan. Selanjutnya, empat dari sepuluh konsumen (40%) berencana untuk membeli buku elektronik (ebook), hampir empat dari sepuluh konsumen berencana untuk membeli pakaian, aksesori, atau sepatu (37%), dan lebih dari sepertiga konsumen merencanakan untuk membeli tiket acara (34%) secara online.

Menurut riset yang diprakarsai oleh Asosiasi E-commerce Indonesia (idEA), Google Indonesia, dan TNS (Taylor Nelson Sofres), yang dilakukan pada Januari 2014 sebagaimana dilansir oleh Kompas (13 Oktober 2014) menunjukkan bahwa, produk yang paling banyak dibeli secara online adalah fashion. Membeli produk fashion dilakukan oleh 78 persen konsumen online disusul ponsel (46 persen), elektronik (43), buku dan majalah (39), dan barang kebutuhan (24).

Namun, tampaknya dari tahun ke tahun ada pergeseran minat pembeli dalam berbelanja online. Pada tahun 2016, dari data yang dimiliki oleh Dirjen Perdangangan, menunjukkan bahwa 80 persen peritel mengakui persentase jumlah penjualan online meningkat dengan rata-rata pertumbuhan sebesar 25 persen. Menurut AC Nielsen, diantaranya adalah 69 persen pakaian, 10 persen peralatan rumah tangga, 7 persen buku, 7 persen tiket travel, dan 6 persen barang komputer.

Senada dengan Nielsen, Menkominfo Rudiantara sebagaimana dilansir oleh Kompas (4 Januari 2016), mengatakan bahwa pada tahun 2016 transaksi paling populer di internet yaitu; produk pakaian, sepatu, tas, tiket pesawat, ponsel, dan lainnya.

Itu artinya, bisa ditangkap oleh para penjual online, jika ingin jualan onlinenya laris, maka juallah produk-produk yang banyak diminati oleh pembeli online tahun 2016, mencakup berbagai produk pakaian, sepatu, tas, tiket pesawat, ponsel, dan barang-barang elektronik lainnya.

Cara sukses jualan online

Meski sama-sama jualan, antara jualan offline dan online jelas memiliki perbedaan yang sangat signifikan. Karena itulah, orang-orang yang sukses berjualan offline, tidak bisa dikatakan serta-merta akan sukses ketika merintis bisnis online. online shop cenderung soft selling, pembeli juga kebanyakan terdiri dari komunitas-komunitas, ada skill khusus dalam memainkan smartphone, , internet, dan lain sebagainya.

Berikut ini akan dijelaskan beberapa trik agar produk-produk yang Anda jual laris dan memperoleh keuntungan besar.

  1. Kumpulkan calon pembeli, baru jual produknya
    Perilaku pembeli online sangat berbeda dengan pembeli offline. Umumnya pembeli online seperti yang dikatakan sebelumnya, bersifat komunitas-komunitas. Mereka cenderung suka mereferensikan sesuatu dan membicarakan pengalaman-pengalamannya kepada yang lain. Dan mereka cenderung fanatik dengan saran teman komunitasnya.Fenomena itu bisa berarti baik sekaligus buruk bagi seorang penjual online. Pasalnya, jika melakukan suatu kesalahan dalam pelayanan kepada anggota mereka, maka akan langsung diblacklist seketika. Namun, jika mereka merasa nyaman dan puas dengan pelayanan Anda, maka bisa kebanjiran order gara-gara costumer itu mempromosikan Anda ke komunitasnya.Umumnya para online shop yang sukses membidik pasar ini, dibandingkan costumer-costumer yang musiman alias kadang beli online kalau sedang ingin, tapi jarang. Meski, bukan berarti juga meninggalkan pasar itu.Nah, jika ingin membidik pasar komunitas, maka hukum give and take, harus dilakukan. Ini sudah seperti mutlak. Jadi Anda jangan buru-buru banyak berjualan dengan mereka. Namun, jadilah bagian dari komunitas mereka. Anda harus banyak memberikan informasi-informasi positif, aktif berinteraksi, dan ikut kegiatan mereka. Maksimalkan media sosial untuk berbagi dengan mereka tentang bidang yang Anda kuasai. Tentang info-info seputar kehidupan mereka dan mereka butuhkan. Dengan begitu, secara otomatis media sosial Anda pasti akan banyak diikuti oleh mereka.Umumnya mereka juga memiliki group di media sosial. Ikutilah group mereka. Dan jangan buru-buru langsung jualan. Tapi, berikan sesuatu yang Anda miliki, dari keahlian, hobi, dan juga informasi. Dan apa yang Anda lakukan itu adalah mengumpulkan calon pembeli. Selanjutnya, group dan juga follower media sosial Anda itu kemudian menjadi pasar jualan Anda.Jika Anda sudah banyak memberi, tentunya mereka akan aware dengan Anda. Setelah itu, baru juallah produk-produk online shopnya.
  2. Ceritakan pengalaman Anda, itulah cara jualannya
    Pada dasarnya hampir semua orang tidak suka jika disuruh membeli produk orang. Meskipun itu saudara atau teman. Kalaupun mereka akhirnya membeli produk yang Anda jual, bisa dipastikan itu karena rasa tidak enak atau kasihan. Memang Anda sebagai penjual sukses untuk kali itu, tapi untuk kedua atau ketiga kalinya jika Anda mencoba untuk menjual kepada mereka, kemungkinan besar peluang gagalnya lebih besar. Umumnya mereka jadi merasa lebih berani untuk menolak dengan halus dibandingkan terpaksa membeli karena rasa tidak enak.Ini berbeda halnya jika Anda memakai strategi yang berbeda. Anda menceritakan pengalaman Anda memakai produk tersebut di media sosial atau media online lain. Tapi tidak perlu mengatakan bahwa Anda menjualnya. Orang akan lebih merasa aware. Tidak sedang diprospek. Mungkin tidak langsung akan ada yang bertanya dan mengatakan berminat membeli. Tapi kenyamanan mereka bisa membuat mereka percaya kepada Anda. Mungkin dipostingan Anda selanjutnya, mereka akan mulai bertanya dan meminta informasi bagaimana cara untuk membelinya. Dan setelah itu, jika memang mereka merasakan apa yang Anda rasakan saat memakai produk tersebut, kemungkinan besar mereka akan order lagi untuk kedua, ketiga, bahkan bisa menjadi langganan. Mereka pun umumnya akan turut mempromosikan Anda tanpa Anda minta. Ya, begitulah pola berjualan online.
  3. Cara menjual produk harga mahal jadi terlihat murah
    Terkadang banyak penjual online kesulitan menjual produk yang harganya. Ada trik untuk produk yang harganya mahal agar tetap laris manis seperti produk harga murah. Bagaimana caranya?Perlu Anda ketahui bahwa orang menganggap sebuah produk harganya mahal adalah karena beberapa hal, diantaranya; karena harga produk itu lebih mahal dibandingkan produk sama di toko online lain dan produk itu terlihat sama saja dengan produk sejenis lain. Karena alasan itulah, akhirnya mereka beranggapan bahwa produk Anda tidak layak dijual lebih mahal.Agar produk itu menurut logika mereka layak untuk dihargai mahal, maka Anda harus menunjukkan bahwa kualitas produk lebih baik dari produk lain sejenis. Selain itu, Anda juga harus menunjukkan kelebihan-kelebihan lain yang dimiliki oleh produk Anda, misalnya; lebih tahan lama, bahannya dari bahan pilihan, proses pembuatannya sangat detail, limited edition, modelnya terbaru, dan lain sebagainya.
  4. Cara menjual produk harga murah tapi tidak terkesan murahan
    Umumnya semua pembeli ingin mendapatkan harga murah untuk produk yang dibelinya. Namun, mereka tidak suka jika produk itu terkesan murahan. Cukup membingungkan bukan?Kata kuncinya di sini antara harga murah dan murahan itu bagi pembeli sangat berbeda maknanya. Harga murah adalah keberuntungan bagi mereka, tapi harga murahan, menurunkan harga diri mereka. Murahan mempersepsikan barangnya tidak berkualitas, hanya patut dibeli orang-orang yang tidak mampu, selain itu juga bermakna produk pasaran.Jadi dengan persepsi pembeli seperti itu, membuat produk yang harganya murah akan best seller, dan banyak pembelinya. Belum tentu juga. Karena itulah, penjual online harus pintar berstrategi. Tips untuk Anda yang ingin produk harga murahnya menjadi best seller, gantilah kata ‘murah’ dengan kata, ‘harga terjangkau’, ‘harga ekonomis’, atau ‘harga spesial’. Dengan kata-kata itu umumnya akan turut membuat pembeli lebih nyaman.
  5. Maksimalkan gambar
    Teknologi telah memanjakan manusia menjadi orang visual. Mereka sangat menyukai gambar-gambar yang bagus dan unik. Buatlah gambar-gambar yang bagus untuk produk-produk yang Anda jual untuk menarik minat para pembeli. Dan jangan melulu hanya memosting produknya saja. Gambar tematik akan lebih banyak berbicara. Misalnya, gambar Anda saat memakai produk, atau orang lain memakai produk. Lalu bubuhi dengan sedikit keterangan di bawahnya. Umumnya ini sangat efektif untuk menjual produk online. Tapi ingat, jangan terlalu berlebihan membuat fotonya sangat bagus dan jauh dari produk asli yang dijual. Karena itu bisa mengecewakan pembeli. Terutama ini sering terjadi para produk pakaian.

Cara berjualan online di KUDO

KUDO (Kios Untuk Dagang Online) sebagai salah online shop besutan anak negeri, yaitu Agung Nugroho dan Albert Lusius, membuka peluang besar kepada pelaku bisnis online untuk sukses. KUDO telah berhasil menggaet banyak produk-produk unggul bisa dijual di aplikasinya. Setidaknya kurang lebih ada 2 juta produk berkualitas yang siap dipasarkan, dari yang berupa produk hingga jasa. Selain itu, KUDO pun juga memberikan peluang bagi untuk mendapatkan banyak komisi dan bonus.

Hingga saat ini tercatat sudah banyak KUDO yang berhasil menjalankan keagenan di KUDO dan mendapatkan penghasilan jutaan hingga puluhan juta perbulan. Namun, tidak banyak dari mereka membongkar rahasia kesuksesannya di KUDO. Berikut ini, akan dibahas rahasia bagaimana agar sukses bisnis di KUDO.

Testimoni Agen KUDO

Testimoni Agen KUDO

 

Pertama, kuasai fitur aplikasi KUDO

Adalah kunci sukses bisnis keagenan di KUDO—harus menguasai fitur aplikasinya. Karena dengan mulai dari menguasai fiturlah kemudian agen bisa menjalankan dengan maksimal. Logikanya sederhana, bagaimana mau menjalankan bisnisnya kalau fiturnya saja belum tahu?

Tapi, sebelum membahas fitur pastinya Anda harus daftar jadi agen KUDO terlebih dahulu. Berikut ini adalah cara mudah jadi agen KUDO.

 

  1. Download di Google Playstore
  2. Lalu daftar dengan memasukkan email atau nomor handphone
  3. Isilah data diri
  4. Masukkan kode referral
  5. Tunggu pihak KUDO mengirimkan SMS yang berisi password KUDO
  6. Anda sudah terdaftar, silakan login di aplikasi KUDO

Dan setelanjutnya, akan dibahas satu-persatu kegunaan fitur aplikasinya.

  1. Menu akun
    Menu akun dari atas terdapat nama agen, yaitu nama Anda, lantas di bawahnya ada ID agen beserta saldo, tambah saldo, total transaksi hari ini, dan total komisi hari ini.

    • Menu Transaksi
      Menu Transaksi Siap Bayar adalah untuk melihat transaksi yang sudah di lakukan di hari ini di KUDO.
      Menu Rekam Transaksi adalah berfungsi untuk mencatat transaksi yang telah kita lakukan. Ada “pending” untuk yang belum di approve, ada “sukses” untuk yang sudah diapprove dan siap kirim, dan ada “gagal” untuk transaksi yang gagal. Untuk transaksi gagal maka uang bisa direfund atau diambil kembali.Menu Rekam Dana adalah untukmelihat pembiayaan atau history transaksiMenu Tambah Saldo adalah untuk menambahkan saldo. Poin penting ini akan kita bahas lebih lanjut di bagian bawah.Menu pelangganku adalah untuk melihat berapa banyak orang yang sudah beli lewat agen. Adapun tanda merah, yaitu pelanggan yang belum gabung dompetku, sedangkan hijau sudah.
    • Menu Agen
      Menu Referral Agen adalah untuk membagikan kode referral supaya dapat bonus Rp 30.000,- jika ada orang yang daftar kudo dengan memasukan kode kita ini.Menu Dompetku adalah cashback yang di simpan dalam dompet KUDO dan dapat ditukarkan dengan voucher belanja.
  2. Pengaturan akun
    Cara masuk ke pengaturan akun bisa dengan klik logo gear seperti pada gambar berikut.Maka akan keluar laman berikut.Pada pengaturan akun terdapat beberapa macam menu, diantaranya yaitu: akun agen, notifikasi, penggantian password, PIN dll. Di bagian paling bawah juga terdapat menu bantuan terdiri dari hubungi KUDO dan keluar.
  3. Menu berita
    Menu berita, berisi informasi berita berita menarik dari kudo, seperti promo diskon, voucher dll.
  4. Menu kiosPada menu kios di bagian atas terdapat berbagai promo dari KUDO. Selanjutnya, bagian bawah terdapat produk terlaris.
    Bagian paling bawah pada menu kios terdapat kategori produk utama terdiri dari 12 produk, yaitu elektronik, fashion, perhiasan dan emas, rumah tangga, sehat dan cantik, suoermarket, otomotif dan aksesoris, perlengkapan kantor, kebutuhan ibu dan anak, hobi, kupon dan voucher.Pada menu kios bagian selanjutnya, terdapat pulsa 7 operator, yaitu; Telkomsel, Indosat, Axis & XL, Three, Smartfren, Esia, dan Bolt.
  5. Menu favorit dan keranjangLogo Love adalah menu favorit, yaitu berfungsi untuk menyimpan barang favorit kita. Cara menambahkan barang favorit adalah dengan memilih barang, lalu pilih gambar love di pojok kiri bawah.
  6. Cara berjualan
    Cara jualan online sebagai agen KUDO sangat mudah. Berikut tahapannya.

    • Buka Aplikasi Kudo
      Temukan dan Tawarkan produk kepada pelanggan secara langsung atau bagikan melalui media sosial.
    • Lakukan pemesanan
      Pilih dan pesan produk yang diinginkan pelanggan, masukkan data pembelian dan konfirmasi pembayaran.
    • Pelanggan bayar
      Terima pembayaran dari pelangganmu menggunakan cara yang disepakati.
    • Barang dikirim
      Setelah proses pembelian berhasil, barang akan dikirimkan ke alamat pemesan.
    • Terima komisi
      Komisi dari transaksi akan otomatis masuk ke dalam saldomu.
  7. Menu bantuan
    Menu bantuan, berfungsi jika kita ingin bertanya tentang hal yang ingin di tanyakan, misal kesulitan daftar, cara menggunakan voucher, dll. Untuk menghubungi CS bisa dilakukan lewat whatsapp.

Kedua, maksimalkan komisi dan bonus
Langkah untuk sukses bisnis di KUDO setelah menguasai semua menu fiturnya, adalah bagaimana memaksimalkan untuk mendapatkan komisi dan bonus sebanyak-banyaknya. Namun, sebelum lebih jauh, Anda juga harus memahami betul dari mana Anda bisa mendapatkan komisi dan bonusnya.
Komisi di bisnis KUDO bisa didapatkan dari setiap transaksi yang dilakukan. Ada pun nominal komisi sesuai dengan yang tertera pada produk tersebut, yaitu terletak di bawah harga produk.


Ada pun untuk mendapatkan bonus bisa dari berbagai macam, salah satu diantaranya adalah dari mereferensikan KUDO atau yang sering diistilahkan sebagai referral. Adapun besar komisi untuk setiap referral adalah Rp.30.000,-.

Jadi kunci bagaimana agar bisa mendapatkan banyak komisi adalah dengan banyak melakukan transaksi penjualan atau sering diistilahkan dengan kali sering kali banyak, maka akan menjadi banyak. Sedangkan, untuk mendapatkan bonus banyak berarti harus sebanyak-banyaknya menggaet agen baru KUDO.

Ketiga, pakai produk yang dijual
Ini sepertinya simpel tapi jarang disadari banyak penjual, yaitu memakai produk yang dijual. Adalah penting memakai produk yang dijual, karena itu sebagai bukti bahwa produknya bagus, dan bisa menjadi sampel bagi calon costumer. Memakai produk yang dijual seringkali juga diistilahkan sebagai etalase berjalan. Strategi sederhana, namun dampaknya cukup signifikan untuk meyakinkan costumer.

Keempat, bidik pasar komunitas
Sudah disinggung sebelumnya, komunitas bisa menjadi pasar yang bagus untuk jualan online. Pasalnya, umumnya pembeli online berperilaku kelompok-kelompok, suka membicarakan produk, dan saling mereferensikan. Jika berhasil mengumpulkan banyak komunitas, tentu peluang transaksinya akan jauh lebih banyak dan lebih sering. Untungnya pun juga besar.

Kelima, maksimalkan media sosial
Dan adalah penting untuk memaksimalkan media sosial untuk penjualan. Sudah disinggung di bagian awal bahwa, pengguna media sosial di Indonesia sangatlah besar, dan bisa menjadi peluang menjanjikan untuk target pasar online shop Anda. Sistem follower baik di twitter, instragram, dan juga facebook, sangat efektif untuk berjualan online. (*)

Referensi :
https://id.wikipedia.org/wiki/Belanja_daring
https://id.wikipedia.org/wiki/Perdagangan_elektronik

Oleh Tim Media Reputasi