21Jul

17 Cara Jualan Sembako yang Sukses dan Berhasil Terbaru 2017

Cara yang sukses dan berhasil terbaru 2017. Ada banyak cara yang menarik untuk mendapatkan penghasilan. Tidak hanya orang dengan pendidikan tinggi saja yang dapat memiliki penghasilan besar dan memiliki keuangan yang mapan. Walaupun Anda hanya orang biasa dengan kemampuan biasa saja, Anda tetap dapat memiliki kehidupan yang mapan asalkan mau berusaha. Ada banyak cara yang dapat Anda lakukan dan tidak ada kata terlambat untuk memulainya. Cara yang dapat dilakukan siapa saja adalah dengan membuka sebuah usaha. Tidak ada kata terlambat untuk membuat sebuah usaha jualan sembako. Mulai dari anak, remaja, hingga para pensiunan semua dapat memulai membuka usaha yang diinginkan dan mengembangkannya menjadi sebuah usaha yang maju. Kunci utama dari membuka usaha adalah niat yang kuat, pantang menyerah, dan mau bekerja keras. Dengan memiliki sikap tersebut, kita dapat kita dengan baik dan dapat menangani masalah serta mengambil keputusan dengan bijak.

Kita ketahui bahwa persaingan di dunia kerja sangat ketat, sehingga kualifikasi untuk mendapatkan pekerjaan dengan gaji yang tinggi tentunya sangat tinggi dan tidak dapat dengan mudah dicapai setiap orang. Hanya orang yang beruntung saja yang dapat memiliki pekerjaan tersebut. Membuka usaha menjadi salah satu cara yang sangat baik untuk mendapatkan penghasilan. Jika usaha kita nantinya berkembang menjadi besar, kita justru akan membantu pemerintah dalam penyediaan lapangan pekerjaan. Salah satu usaha sederhana yang dapat dilakukan dengan peluang berkembang yang cukup baik adalah jualan sembako. selalu ada di setiap kompleks perkampungan atau perumahan. Hal ini karena toko tersebut menjual kebutuhan masyarakat sehari-hari sehingga walaupun jaraknya berdekatan, toko yang menjual sembako tetap memiliki peluang berkembang yang cukup baik.

Apa Saja yang Termasuk dalam Barang Sembako?

Sebelum kita mulai membahas mengenai usaha yang menarik ini, mari kita mengenal lebih dekat dengan barang sembako. Pernahkah Anda bertanya apa itu sembako? Saat sekolah dasar kita pasti sudah pernah belajar mengenai hal ini. Sembako merupakan kependekan dari sembilan bahan pokok. Istilah ini muncul pada sekitar tahun 1998 yang mana menteri industri dan perdagangan mengeluarkan keputusan yang membahas mengenai bahan pokok yang dibutuhkan oleh masyarakat dengan jumlah 9 bahan. Lalu, apa saja anggota dari sembako itu? Apa Anda masih ingat? Mari kita ingat bersama. Adapun sembilan bahan pokok yang dibutuhkan oleh masyarakat Indonesia tersebut adalah sebagai berikut.

  1. Makanan pokok yaitu beras, jagung, dan sagu
  2. Buah dan sayur
  3. Gula pasir
  4. Daging ayam, sapi, serta ikan
  5. Susu
  6. Telur
  7. Margarin dan minyak goreng
  8. Garam dengan kandungan iodium
  9. Gas atau minyak tanah untuk bahan bakar kompor

Itu lah sembilan bahan pokok atau kebutuhan paling mendasar dari masyarakat Indonesia. Barang tersebut tentunya sangat dibutuhkan. Bahkan bagi beberapa orang, barang-barang tersebut sangat penting dan harus ada di rumah karena sangat berguna untuk berbagai kepentingan memasak dan berbagai keperluan lainnya.

Cara Jualan Sembako yang Sukses dan Berhasil Tahun 2017

Peluang Usaha Jualan Sembako

Setelah mengetahui apa itu sembako dan barang apa saja yang termasuk dalam sembako, kini saatnya kita mencari tahu sebenarnya apa yang membuat usaha jualan sembako menjadi sebuah usaha dengan prospek berkembang yang bagus. Sembako merupakan kebutuhan yang sangat mendasar. Setiap keluarga tentunya sangat membutuhkan bahan-bahan tersebut setiap hari. Hal ini menjadi salah satu alasan mengapa usaha toko sembako menjadi sebuah usaha yang dapat bertahan lama. Jika dilihat secara logika, menjual barang yang dibutuhkan masyarakat setiap hari tentunya akan membuat toko usaha kita akan lebih mudah mendapatkan konsumen. Walaupun hal tersebut bukan satu-satunya alasan sebuah usaha sukses dan memiliki banyak konsumen. Ada banyak faktor lain yang juga mempengaruhi kesuksesan sebuah usaha, namun memiliki usaha yang menjual produk yang banyak dibutuhkan seperti sembako tentunya menjadi salah satu hal yang memiliki peluang berkembang besar. Ada dua jenis usaha jualan sembako yang dapat Anda jalankan. Adapun dua jenis usaha tersebut adalah sebagai berikut.

  1. Grosir
    Jika Anda ingin jualan sembako, Anda bisa membuka bisnis sembako grosir. Untuk dapat membuka bisnis sembako grosir tentunya membutuhkan modal yang tidak sedikit. Untuk mengurangi modal yang diperlukan, Anda bisa mengakalinya dengan tidak menjual semua sembako. Anda bisa menjadi spesialis grosir bahan pokok tertentu. Yang paling mudah adalah menjadi grosir barang sembako yang bersifat kering seperti beras, minyak goreng, gula pasir, dan lainnya yang dapat disimpan dalam waktu lama. Hal ini sangat membantu karena kita dapat dengan mudah mengatur barang dan dapat membeli barang dalam jumlah banyak sekaligus tanpa takut barang cepat busuk jika tidak laku hari itu juga. Menjadi tempat grosir sayur dan buah akan sangat sulit jika tidak dilakukan di dalam pasar atau daerah yang sangat strategis. Keuntungan dari membuka usaha sembako secara grosir adalah keuntungan yang didapatkan dapat cukup besar karena konsumen membeli dalam jumlah banyak sekaligus. Hanya saja modal yang dibutuhkan pun besar karena selain perlu membeli stok dalam jumlah besar, kita juga memerlukan lokasi toko yang strategis dan gudang penyimpanan produk yang luas.
  2. Eceran
    Jika usaha sembako secara grosir terlalu berlebihan dan sulit untuk dijalankan karena berbagai masalah, membuka toko sembako eceran bukanlah hal yang buruk. Peluang berkembang toko eceran juga sangat besar. Apalagi jika Anda dapat menciptakan suasana yang menyenangkan di toko milik Anda sehingga pelanggan merasa nyaman berbelanja di toko Anda. Dengan jualan sembako eceran, modal yang dibutuhkan dapat berkurang. Anda juga bisa memanfaatkan rumah sebagai tempat berjualan dengan warga sekitar sebagai target pasar Anda. Dengan demikian, Anda berhemat uang sewa toko atau uang untuk membeli toko di tempat yang strategis. Untuk masalah stok, Anda bisa melakukan pembelian di toko grosir atau mengandalkan salesman yang datang ke toko Anda untuk menyuplai barang yang mereka tawarkan. Dalam sistem ini, biasanya kita bisa melakukan pembayaran saat barang laku terjual sehingga modal awal lebih hemat dan lebih mudah dalam menjalankan usaha.

Itu tadi dua cara jualan sembako yang dapat Anda lakukan. Anda bisa memilih usaha secara grosir maupun secara eceran. Dalam memilih, Anda bisa melakukannya berdasarkan ketersediaan anggaran dan lokasi tempat usaha. Jika modal Anda tidak cukup, kini ada banyak peluang untuk mendapatkan kredit lunak dari berbagai bank di Indonesia. Jika Anda mau, Anda dapat mengajukan pinjaman yang ditujukan untuk pemodalan usaha Anda. Dengan demikian Anda dapat memulai usaha dengan lebih baik karena modal yang dimiliki lebih banyak. Anda bisa juga memilih menggunakan modal seadanya dan mulai . Ada banyak yang memulai usaha dari nol dan dapat berkembang dengan pesat hingga sekarang. Hal tersebut tentunya memerlukan proses yang panjang dan jalan yang tidak mudah. Namun, selama Anda mau berusaha dan bekerja keras, kemungkinan sukses dalam usaha akan lebih besar.

Cara Memulai Usaha Sembako

Setelah kita mengenal 2 jenis jualan sembako yang dapat dijalankan, kini saatnya kita mulai mempelajari ilmu dagang sembako yang tepat. Yang pertama adalah mengenai bagaimana cara memulai usaha sembako. Dalam memulai usaha sembako yang paling utama adalah mempersiapkan hal yang dibutuhkan untuk berjualan. Adapun beberapa hal yang dibutuhkan dalam memulai usaha sembako di antaranya adalah sebagai berikut.

  1. Rencana usaha yang akan dilakukan
    Walaupun banyak orang mengatakan kunci dari melakukan usaha salah satunya adalah melakukannya dengan segera tanpa terlalu lama berpikir dan bimbang. Namun untuk membuat usaha kita dapat berkembang, melakukan perencanaan yang matang juga perlu dilakukan. Ya, kita memang tidak perlu terlalu lama mengurus perencanaan dengan detail tanpa melakukan aksi apapun. Yang perlu kita lakukan adalah membuat konsep dan gambaran mengenai usaha yang akan kita buat seperti memutuskan lokasi yang akan ditempati, besarnya usaha yang akan dibuat, bagaimana target pasar, apakah ada pesaing, konsep seperti apa yang akan diterapkan di toko yang kita miliki, sampai dengan bagaimana kita dapat menarik konsumen dengan cara yang baik tentunya.
  2. Anggaran
    Setelah melakukan perencanaan, kita dapat menyesuaikan anggaran kita dengan konsep yang sudah direncanakan sebelumnya. Anggaran dapat bersifat fleksibel atau bersifat tidak dapat diubah. Yang dimaksud fleksibel adalah dapat disesuaikan dengan kebutuhan sesuai dengan yang telah direncanakan sebelumnya. Bisa juga anggaran yang dimiliki terbatas dan tidak dapat diubah. Jika memiliki hal yang demikian, konsep dan rencana usaha lah yang harus menyesuaikan dengan anggaran yang tersedia. Pastikan Anda merencanakan anggaran dengan baik agar tidak terjadi kerugian yang seharusnya dapat dicegah dari awal.
  3. Tempat
    Hal ketiga yang perlu direncanakan adalah tempat. Tempat menjadi sangat penting karena tempat adalah lokasi yang akan kita gunakan untuk berjualan. Idealnya, lokasi yang digunakan berada di tempat yang strategis sehingga dapat dengan mudah dijangkau oleh konsumen. Namun, tempat juga dapat Anda sesuaikan dengan target pasar. Anda bisa membuka toko sembako di rumah dengan target pasar tetangga sekitar. Anda juga bisa membuka toko sembako di tempat yang belum memiliki toko sembako di sekitar daerah tersebut. Mendekatkan diri ke konsumen menjadi salah satu teknik yang cukup efektif untuk menarik konsumen saat membuka sebuah usaha. Selain lokasi, kita juga perlu mempertimbangkan besarnya tempat yang dibutuhkan. Jika kita ingin membuka toko sembako grosir, tempat yang dibutuhkan tentunya lebih luas dibandingkan dengan toko eceran. Anda perlu memilih bangunan dengan bijak dan sesuai dengan besar usaha yang akan Anda jalankan.
  4. Produk yang dijual
    Setelah memilih tempat, saatnya mengisi barang yang akan kita jual. Anda dapat jualan sembako lengkap atau sebagian saja sesuai dengan yang diinginkan. Dalam melengkapi barang yang aka dijual di toko juga harus disesuaikan dengan jenis toko yang akan kita buat. Jika kita akan membuat toko dengan model grosir, Anda harus memiliki supplier yang dapat memberikan harga yang murah. Hal ini karena toko grosir cenderung memiliki harga yang lebih murah dibandingkan toko eceran. Jika kita tidak berhasil mendapatkan supplier yang mau memberikan harga murah, toko kita tentunya akan sulit berkembang dan bersaing di pasaran. Jika Anda ingin membuka toko eceran, mencari toko grosir yang murah menjadi salah satu hal yang penting dilakukan. Anda juga dapat mengandalkan salesman yang mendatangi toko Anda untuk menitipkan produk mereka sehingga barang yang kita jual semakin lengkap.
  5. Iklan bila perlu
    Setelah memiliki tempat untuk jualan sembako dan barang yang dijual, saatnya membuka toko Anda. Jika Anda ingin toko Anda cepat dikenal, Anda dapat mengiklankan toko Anda dengan membuat selebaran secara manual, memberitahukan dari mulut ke mulut, atau melalui sosial media yang Anda miliki. Namun, biasanya toko sembako tidak sulit mendapatkan konsumen jika berada di lingkungan yang strategis. Melakukan iklan mungkin hanya perlu dilakukan beberapa kali saja bila perlu.

Ada setidaknya 5 hal yang perlu disiapkan untuk memulai usaha jualan sembako. Seperti yang telah dibahas di atas, dalam memilih hal yang perlu disiapkan kita memerlukan berbagai pertimbangan. Bijak dalam memutuskan dengan memperhatikan jumlah anggaran tentunya dibutuhkan.

Cara Meningkatkan Penjualan Toko Sembako

Setelah mengerti bagaimana memulai usaha jualan sembako, kini saatnya kita mengetahui tips dan trik yang dapat dilakukan agar dapat menarik konsumen dan membuat konsumen loyal pada toko yang kita miliki. Sudah tidak sabar bukan? Berikut tips dan trik yang dapat Anda ikuti sebagai cara jualan sembako biar laris.

  1. Ramah
    Dalam menjalankan sebuah usaha, sikap merupakan hal yang sangat penting. Dalam menjalankan usaha, konsumen adalah faktor penentu keberhasilan usaha. Oleh karenanya, melayani konsumen dengan sebaik mungkin mejadi prioritas. Menyapa konsumen yang masuk ke toko kita dan menanyakan dengan baik apa yang dibutuhkan menjadi sebuah sikap yang harus dipupuk. Jangan bawa suasana hati yang sedang buruk pada saat menjual barang di toko Anda. Hal tersebut akan mengganggu konsumen dan membuat konsumen tidak nyaman. Buat suasana yang menyenangkan di dalam toko. Selalu ucapkan terima kasih setelah konsumen membeli barang juga menjadi hal yang penting untuk dijaga.
  2. Perhatian
    Dalam menjaga keloyalan pelanggan, perhatian adalah salah satu kunci utamanya. Usahakan Anda memperhatikan detail kecil pada tiap pelanggan Anda dan mengingatnya. Pelanggan akan merasa dihargai jika kita mengingat hal-hal mengenai diri mereka atau yang pernah mereka ceritakan. Beberapa pelanggan kadang menceritakan beberapa masalah ringan yang terjadi sehari-hari pada saat membeli barang di toko Anda. Beberapa menceritakan mengenai masalah sekolah anak-anak, atau berbagai topik obrolan lainnya. Berusaha untuk memperhatikan dan mengingat berbagai obrolan pelanggan dapat menjadi salah satu bentuk penghargaan kita kepada pelanggan setia kita.
  3. Barang lengkap sesuai kebutuhan pelanggan
    Beberapa pelanggan sering kali memiliki kebiasaan tertentu. Beberapa sangat menyukai produk dengan merek tertentu sehingga akan kecewa jika produk yang dimaksud habis atau belum restock. Dengan memperhatikan hal tersebut, kita dapat mempelajari produk apa yang sebaiknya ada dan selalu tersedia di toko Anda. Anda dapat melengkapi barang-barang yang Anda jual dengan berbagai merek sesuai permintaan pelanggan. Dengan demikian, pelanggan akan merasa senang berbelanja di toko Anda karena dapat menemukan apa yang mereka butuhkan setiap saat setiap waktu. Hal ini menjadi nilai positif bagi toko sembako yang Anda miliki.
  4. Memberikan diskon atau hadiah pada event tertentu
    Memberikan hadiah kepada pelanggan sebagai wujud terima kasih juga menjadi salah satu hal yang dapat meningkatkan penjualan dan menambah pelanggan. Hadiah kecil saja akan sangat berarti pelanggan dan membuat pelanggan merasa diperhitungkan. Anda dapat memberikan hadiah atau diskon khusus pada saat hari raya atau tahun baru sebagai salah satu wujud syukur.
  5. Tempat parkir
    Menyediakan tempat parkir juga dapat menjadi salah satu hal yang dapat meningkatkan konsumen. Apalagi jika Anda membuka toko di tepi jalan raya. Beberapa orang kadang malas mampir ke toko sembako yang tidak memiliki tempat parkir sementara mereka membawa kendaraan besar seperti mobil. Mereka akan kesusahan untuk memarkirkan kendaraan jika tidak tersedia tempat parkir yang cukup. Oleh karenanya, memiliki tempat parkir menjadi salah satu hal yang cukup penting.
  6. Kebersihan dan tata letak barang
    Kebersihan adalah faktor yang tidak boleh disepelekan. Menjaga toko Anda tetap bersih dan merawat barang yang Anda jual adalah suatu keharusan. Jangan sampai toko Anda didiami tikus dan kecoa yang membuat tempat menjadi tidak higienis sementara kita menjual bahan makanan yang seharusnya disimpan dalam kondisi higienis. Pastikan produk yang Anda jual aman dan tidak rusak. Menjaga kebersihan barang dan keutuhannya sampai ke tangan konsumen adalah sebuah keharusan. Selain kebersihan, tata letak barang yang baik juga harus diperhatikan. Dengan memiliki tata letak yang baik, kita dan pelanggan dapat dengan mudah menemukan barang yang dicari.

Tips tersebut dapat Anda ikuti untuk meningkatkan penjualan pada toko jualan sembako Anda. Dengan melaksanakan tips tersebut, Anda akan memiliki kesempatan yang lebih besar untuk mengembangkan usaha Anda dan menjadikan usaha Anda menjadi usaha yang sukses dan mapan.

Usaha Pendukung Toko Sembako

Semakin lengkap sebuah toko tentunya akan semakin banyak konsumen yang mendatanginya. Oleh sebab itu jualan sembako juga dapat Anda dampingi dengan berjualan produk lainnya yang mendukung dan juga merupakan produk yang dibutuhkan sehari-hari. Ada banyak usaha pendukung yang dapat Anda jadikan sebagai booster yang dapat meningkatkan jumlah pelanggan yang Anda miliki. Adapun berbagai usaha yang dapat Anda lakukan sebagai pendukung usaha toko sembako Anda adalah sebagai berikut.

  1. Jualan pulsa
    Menjual pulsa dapat menjadi pendamping jualan sembako yang tepat. Hal ini karena pulsa kini menjadi salah satu kebutuhan sehari-hari yang sangat penting. Kita membutuhkan pulsa untuk berbagai macam hal yang berkaitan dengan komunikasi dengan telepon seluler dan penggunaan data internet pada telepon pintar. Menjual pulsa berdampingan dengan jualan sembako menjadi salah satu hal yang sangat tepat dilakukan untuk meningkatkan jumlah pelanggan.
  2. Pembayaran tagihan bulanan
    Kini ada banyak pembayaran tagihan bulanan yang dapat dibayarkan secara online. Hal ini menjadi salah satu peluang usaha yang sangat baik. Dengan menyediakan layanan pembayaran tagihan, pelanggan dapat dengan mudah membayar berbagai tagihan melalui toko Anda. Anda akan mendapatkan penghasilan lebih dengan menyediakan fasilitas tersebut. Pelanggan juga akan dimudahkan dengan tersedianya fasilitas tersebut.
  3. Pembelian tiket perjalanan
    Tiket perjalanan juga dapat dengan mudah dibeli secara online. Tiket perjalanan dengan menggunakan pesawat dan kereta api dapat Anda beli dengan mudah dan cepat. Anda dapat menjadikan pembelian tiket pesawat dan kereta api sebagai usaha pendukung jualan sembako yang sangat baik.

Kini banyak hal yang dapat dijalankan dengan cara online. Dalam menjalankan usaha pendukung jualan sembako secara online tersebut, Anda dapat menggunakan KUDO sebagai perantaranya. KUDO membuka kesempatan bagi Anda yang ingin memulai usaha sampingan penjualan pulsa, pembayaran tagihan bulanan, serta pembelian tiket perjalanan secara online. Dengan menggunakan KUDO, Anda akan mendapatkan fasilitas lengkap. Untuk pembayaran tagihan bulanan, KUDO menyediakannya dengan sangat lengkap. Anda dapat melakukan pembayaran tagihan listrik PLN, air minum PDAM, pembayaran beberapa asuransi sampai dengan pembayaran beberapa tagihan dari perusahaan leasing. Anda akan sangat dimudahkan dengan menggunakan KUDO sebagai partner Anda dalam melakukan usaha baik online maupun offline.

Sukses Jualan Sembako Bersama KUDO

KUDO merupakan sebuah portal yang disediakan bagi siapa saja yang ingin memulai usaha secara online. Anda dapat dengan mudah memulai usaha sampingan bahkan dengan modal nol bersama dengan KUDO. Bagaimana bisa? Tentu saja bisa! Model bisnis KUDO memberikan kesempatan yang sama bagi siapa saja yang ingin berkembang dan mandiri secara finansial dengan melakukan jualan online dengan sistem dropshipper. Lebih dari 2 juta produk yang dapat Anda jual melalui KUDO baik produk non fisik seperti pulsa dan voucher sampai dengan aneka produk fisik mulai dari kebutuhan sehari-hari, fashion, furniture, kebutuhan hobi, sampai dengan otomotif serta gadget. Semua tersedia dan dapat dijalankan dengan mudah.

Dalam menjalakan toko jualan sembako secara offline atau konvensional, Anda dapat sembari menambah fasilitas toko Anda dengan menyediakan layanan penjualan dan pembayaran secara online. Anda dapat menjual produk sembako secara offline dan menjual produk lainnya secara online. Ada banyak produk yang dapat Anda jual sesuai dengan yang Anda inginkan. Adapun katalog sudah tersedia secara online dan dapat dengan mudah dibuka oleh pelanggan. Katalog sudah dikelompokkan dengan teratur dan rapi sehingga Anda dapat dengan mudah menawarkannya pada pelanggan.

Jangan khawatir dengan metode pembayaran. KUDO menyediakan sistem pembayaran yang sangat mudah melalui agen KUDO. Jika Anda menjadi agen KUDO, Anda dapat menerima pembayaran secara tunai dari pelanggan. Jadi walaupun pelanggan membeli barang online, mereka tetap dapat membayarnya secara tunai tanpa harus repot transfer melalui bank dan sebagainya. Sistem ini tentunya dapat memudahkan pelanggan yang memiliki akses sulit ke bank, namun ingin membeli barang secara online. Sistem ini juga membuka peluang lebih besar bagi kita sebagai agen untuk menjangkau pembeli dengan lebih luas.

Lalu bagaimana dengan keuntungan yang kita peroleh? Jangan khawatir, setelah bergabung bersama KUDO, Anda akan mendapatkan komisi dari setiap barang yang and jual dengan besaran 3% dari harga barang yang Anda jual. Anda dapat menjual banyak barang untuk membuat rekening KUDO Anda menggendut dengan cepat. Berbagai event dan promo menarik juga kerap diberikan oleh KUDO yang dapat menguntungkan para agennya. Berbagai reward juga dapat diperoleh jika kita mengikuti beberapa event tertentu.

Jadi, tunggu apa lagi? Ayo bergabung menjadi agen KUDO dan buat usaha jualan sembako Anda menjadi lebih berkembang dan semakin lengkap. Untuk menjadi agen KUDO, caranya sangat mudah. Anda hanya perlu memiliki smartphone dan koneksi internet saja. Setelah itu Anda bisa mengunduh aplikasi KUDO dan menjalankannya. Di dalamnya Anda bisa langsung mendaftar dengan mengikuti instruksi yang ada. Setelah mendapatkan SMS konfirmasi, Anda sudah dapat memulai usaha pendukung jualan sembako Anda dengan KUDO. Selamat mencoba!