25May

5 Kebiasaan Unik di Indonesia Menyambut Bulan Ramadan

Orang Indonesia memiliki banyak kebiasaan unik dalam menyambut acara adat istiadat bahkan acara keagamaan. Dalam menyambut ramadan kali ini, Kudo udah nyiapin 5 kebiasaan yang sering muncul di Indonesia saat menyambut bulan ramadan lho Sobat Kudo. Ini dia nih tradisi yang sering muncul di beberapa daerah di Indonesia:

1. Mungguhan

menyambut bulan ramadan

Gambar 1. Ilustrasi Makan Bersama – Munggahan

Mungguhan biasanya dilakukan oleh orang-orang bersuku sunda saat menyambut bulan ramadan. Mungguhan ini berarti pulang ke rumah atau mudik untuk melaksanakan sahur pertama dan buka puasa pertama. Sebenarnya hal ini lebih tertuju pada acara makan bersama dengan keluarga. Apalagi kalau munggahan habis gajian, mending mampir ke kudo.co.id dulu Sobat Kudo buat belanja oleh-oleh.

2. Balimau

menyambut bulan ramadan

Gambar 2. Balimau Bakasai di Sumatera Barat

Balimau ini merupakan kebiasaan yang muncul di daerah Sumatera Barat. Balimau ini dirayakan dengan cara mandi secara bersama-sama di tempat pemandian umum. Eitss, pemandian ini umumnya berupa sungai atau danau ya Sobat Kudo. Hihi. Tapi hal ini cuma bisa ditemui saat menyambut bulan ramadan aja lho, Sobat Kudo.

3. Jalur Pacu

menyambut bulan ramadan

Gambar 3. Jalur Pacu di Riau

Kalau kebiasaan ini cuma ada di Riau, Sobat Kudo. Tradisi jalur pacu ini ga jauh beda sama lomba dayung. Saat acara jalur pacu ini selesai biasanya akan ditutup dengan acara Balimau seperti yang ada di Sumatera Barat, lho. Para masyarakat yang berbaur menjadi satu akan mandi bersama juga setelah acara jalur pacu. Ada yang mau ikut Jalur Pacu? Lomba dayung sambil menyambut bulan ramadan kayaknya seru Sobat Kudo.

4. Dugderan

menyambut bulan ramadan

Gambar 4. Dugderan di Semarang

Kebiasaan turun temurun berusia ratusan tahun ini berasal dari Semarang, Jawa Tengah Sobat Kudo. Semacam festival yang biasanya dirayakan antara 1 minggu hingga 2 minggu saat menyambut bulan  ramadan atau sebelum puasa dimulai. Unik juga yah Sobat Kudo, soalnya ada banyak orang akan berpakaian adat Jawa Tengah untuk merayakan Dugderan ini.

 

5. Nyadran

Gambar 5. Acara Nyadran

Nyadran ini merupakan tradisi yang juga udah lama lho Sobat Kudo. Acaranya diadakan di tengah lapangan dimana semua orang akan duduk secara bersama-sama dan menikmati santapan yang telah disediakan. Nyadran ini biasanya menyuguhkan nasi kuning untuk santapannya. Buat yang mengikuti Nyadran bisa bawa seluruh anggota keluarga untuk makan bersama.

Kalau di daerah Sobat Kudo ada apa aja nih yang jadi tradisi unik buat menyambut bulan ramadan? Ada yang lebih unik lagi kah?

 

Sumber:

Gambar 1: Flickr
Gambar 2: mekelbirandang.blogspot.com
gambar 3 : maritimnews.id
Gambar 4: budaya-indonesia.org
Gambar 5: beritadaerah.co.id

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *