18May

Kelola Pinjamanmu Sekarang, Cek Tipsnya di sini

Dalam menjalankan sebuah , terkadang kita dihadapkan dengan beberapa kendala yang dapat menghambat berkembangnya usaha tersebut. Salah satu kendala yang sering terjadi adalah kekurangan . Untungnya, saat ini masalah tersebut dapat diatasi dengan mudah dengan cara mengajukan dana pinjaman.

Agar pinjaman tersebut dapat bermanfaat, maka harus dikelola dengan benar dan tepat. Berikut 5 untuk mengelola pinjaman dengan baik:

 

  1. Alokasi Dana Pinjaman
    Hal pertama yang harus dilakukan setelah mendapatkan pinjaman adalah dengan mengalokasi dana secara efisien. Hal ini sangat penting untuk dilakukan, karena jika tidak maka pinjaman yang didapat akan terbuang sia-sia.
    Gunakan dana pinjaman untuk membeli barang yang produktif atau yang mendukung kelancaran usaha, seperti sewa tempat usaha atau alat transportasi. Dan sebisa mungkin hindari pengeluaran untuk hal yang kurang perlu, seperti renovasi atau keinginan pribadi.

 

  1. Pisahkan Pinjaman Dari Pengeluaran Pribadi
    Setelah melakukan alokasi, langkah selanjutnya adalah dengan memisahkan pinjaman dari pengeluaran pribadi. Kebanyakan kasus usaha mengalami masalah adalah saat dana pinjaman dipakai juga untuk kepentingan pribadi. Akibatnya semakin berkurang. Kunci utamanya adalah mendisiplinkan diri dengan mengikuti alokasi dana yang sudah diatur dan dapat menahan diri.

 

  1. Bayar Cicilan Tepat Waktu
    Jangan pernah remehkan hal ini, terutama jika kamu baru pertama kali melakukan pinjaman. Membayar cicilan tepat waktu akan memberikan banyak sekali keuntungan bagi kamu dan usaha kamu. Beberapa keuntungannya seperti terbebas dari biaya denda, terhindar dari blacklist Bank dan jika kamu ingin mengajukan pinjaman lagi maka akan lebih mudah untuk mendapatkan persetujuan dari pihak Bank.

 

  1. Catat Pengeluaran
    Untuk mengetahui atau tidaknya keuangan usahamu, hal yang harus dilakukan adalah dengan cara mencatat semua pengeluaran usaha. Namun pastikan bahwa pengeluaran tersebut tidak tercampur dengan pengeluaran pribadi. Karena jika tercampur kamu akan mengalami kesulitan saat monitoring pendapatan ataupun pengeluaran yang telah dilakukan. Selain itu pencatatan yang baik juga dapat memberikan informasi lebih jelas mengenai keadaan finansial dari usaha yang sedang berjalan.

 

  1. Lunasi Lebih Awal (jika bisa)
    Jika pihak kreditur memberikan fasilitas untuk melunasi pinjaman lebih awal, maka sebaiknya usahakan untuk segera melunasi pinjaman secepat mungkin. Karena dengan semakin cepat melakukan pembayaran, kamu akan menghemat pengeluaran dari pembayaran bunga pinjaman. Dan kamu bisa lebih tenang dalam usaha kamu.

 

Dengan menjalankan 5 tips diatas, maka pinjaman dana yang kamu dapatkan akan benar benar bermanfaat bagi kelancaran usaha kamu. Mengajukan pinjaman dana bisa jadi penolong dalam mengembangkan usaha kamu, apalagi jika kamu dapat memanfaatkannya dengan baik. Kini akses untuk mendapatkan pinjaman usaha juga semakin mudah, terutama untuk kamu yang menjadi . menyediakan pinjaman hingga 25 juta tanpa melalui proses pengajuan yang susah. Jika ingin tau lebih detailnya kamu bisa cek di sini.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *