20Dec

Peluang Kerja Part Time, Bisnis Online Bersama KUDO

Kerja part time atau kerja sampingan banyak dilakukan orang terutama yang ada di kota-kota besar yang memang biaya hidupnya juga lebih banyak. Tidak sulit untuk mendapatkan pekerjaan paruh waktu di kota besar seperti Jakarta, Bandung, Semarang, Jogja, Surabaya, dan kota-kota besar lainnya. Memiliki pekerjaan paruh waktu akan sangat berguna, terutama mereka yang membutuhkan uang lebih banyak. Tidak sedikit juga yang memilih pekerjaan paruh waktu karena alasan hobi, passion, dan alasan-alasan lainnya. Beberapa jenis pekerjaan yang menawarkan kerja paruh waktu antara lain adalah sebagai berikut.

Pilihan Pekerjaan Paruh Waktu

  • Sopir atau ┬ápengemudi ojek

Sebelum mulai mencari pekerjaan paruh waktu, sebaiknya Anda pikiran dengan baik-baik jenis pekerjaan apa yang Anda kuasai atau diinginkan. Memikirkan dengan cermat faktor-faktor lain, seperti waktu atau tempat bekerja. Salah satu jenis pekerjaan paruh waktu yang cukup fleksibel dalam waktu dan tempat adalah menjadi ojek. Ojek bisa menjadi salah satu pilihan bagi Anda yang membutuhkan tambahan penghasilan. Walaupun ada yang menjadikan ojek sebagai pekerjaan utama, menjadi driver juga bisa dilakukan untuk mereka yang hanya membutuhkan kerja part time. Namun Anda tetap harus memperhatikan beberapa hal seperti peraturan yang mungkin sudah ditetapkan oleh komunitas ojek di sekitar tempat Anda. Untuk ojek yang tidak seharian mangkal atau hanya part time mungkin ada aturan khususnya.

  • Babysitter

Menjadi perawat bayi atau anak kecil dapat dilakukan dengan cara kerja paruh waktu. Umumnya untuk babysitter semacam ini dicari pada waktu-waktu tertentu saja, seperti saat orang tuanya harus pergi dan tidak bisa membawa bayinya. Pekerjaan ini bisa dilakukan untuk Anda yang ingin mendapatkan penghasilan, termasuk untuk yang masih mahasiswa atau pelajar. Namun Anda perlu kemampuan untuk bisa menjaga dan merawat anak kecil agar aman dan tidak rewel. Kerja part time yang satu ini mungkin akan lebih banyak membutuhkan kesabaran dan tentunya tenaga, apalagi jika bayi yang dirawat sudah bisa bergerak.

  • Membuka les privat

Apabila Anda mencari pekerjaan paruh waktu yang dekat rumah, gunakan relasi untuk menemukan pekerjaan lokal. Tanyakan kepada tetangga atau kerabat dekat yang mungkin membutuhkan bantuan tenaga untuk pekerjaan tertentu. Jika tidak ada yang membutuhkan, mungkin membuka les privat bisa menjadi pilihannya. Kerja part time les privat ini cocok mahasiswa atau pelajar SMA yang ingin menambah uang saku mereka. Les privat biasanya dilakukan di sore hari dan di rumah sendiri. Apabila tertarik, sebaiknya buka les privat untuk anak sekolah yang tingkatannya di bawah Anda sehingga materinya lebih dikuasai. Les-les privat paling sering dicari adalah saat mendekati ujian atau tes. Orang tua biasanya menginginkan anaknya ikut les agar lebih siap mengikuti ujian nanti sehingga hasilnya juga bagus.

  • Menjadi petugas customer service

Layanan pelanggan atau customer service umumnya dibutuhkan suatu perusahaan sebagai tambahan layanan untuk memuaskan pelanggannya. Layanan customer service biasanya dibuka selama 24 jam penuh agar pelanggan yang membutuhkan bisa tetap ditangani. Kebutuhan petugas customer service pun bisa menjadi peluang kerja part time yang menguntungkan. Namun untuk part time kebanyakan adalah pekerjaan yang dilakukan di malam hari. Petugas yang tidak bisa melakukan pekerjaan karena alasan tertentu, sering kali membuat petugas customer service kosong di malam hari. Anda bisa mencari perusahaan-perusahaan yang mungkin mencari orang untuk mengisi kekosongan tersebut. Mencari pekerjaan semacam ini bisa dilakukan dengan memanfaatkan mesin pencari di internet.

  • Driver angkutan barang

Kerja paruh waktu yang seringkali dibutuhkan adalah untuk menjadi sopir angkutan barang. Cocok untuk Anda yang suka mengendarai kendaraan dan senang berada di jalanan. Jika Anda punya kemampuan untuk mengendarai kendaraan angkutan barang seperti pick up, truk, dan lain sebagainya, maka bisa mendapatkan kerja part time menjadi driver angkutan barang. Banyak perusahaan-perusahaan yang menyewa jasa sopir untuk melakukan pengiriman barang atau produk-produknya. Namun untuk beberapa perusahaan mungkin akan meminta Anda untuk mengantarkan barang pada malam hari karena kondisi yang lebih lengang sehingga pengiriman logistik dapat lebih cepat dan biayanya pun lebih efisien. Kebutuhan sopir ini akan meningkat di hari-hari besar, seperti di bulan puasa, akhir tahun mendekati natal, dan di hari besar lainnya.

  • Fotografer

Sangat cocok untuk Anda yang memiliki hobi atau passion di bidang fotografi. Bermodal kamera dan kemampuan fotografi, Anda bisa mendapatkan kerja part time yang menyenangkan dan tentunya menguntungkan. Lakukan promosi untuk memperkenalkan kemampuan Anda dalam mengambil gambar yang dramatik. Bisa juga dengan mendaftarkan diri untuk ambil bagian dari studio foto maupun wedding organizer. Pekerjaan paruh waktu ini bisa membutuhkan waktu beberapa jam atau mungkin sehari, jadi sebaiknya Anda yang kelola sendiri waktunya agar tidak mengganggu pekerjaan atau aktivitas utama Anda.

  • Tour guide

Pemandu wisata atau tour guide adalah salah satu peluang kerja paruh waktu yang hasilnya lumayan. Apabila Anda tinggal di daerah yang menjadi pusat wisata, Anda bisa memanfaatkan untuk menjadi tour guide. Umumnya tour guide dibutuhkan oleh mereka yang merupakan wisatawan asing. Kerja part time ini sangat potensial, khususnya untuk Anda yang memiliki kemampuan berbahasa asing seperti Bahasa Inggris.

  • Tukang servis

Pekerjaan paruh waktu yang bisa dilakukan lainnya adalah menjadi tukang servis. Pekerjaan ini cocok untuk Anda yang memiliki keterampilan untuk memperbaiki suatu barang. Banyak barang yang biasanya membutuhkan tukang servis khususnya barang-barang elektronik untuk diperbaiki. Pekerjaan ini bisa dilakukan dari rumah dan dengan waktu yang lebih fleksibel. Jaga kualitas servis agar pelanggan percaya dan akan kembali lagi apabila membutuhkan servis untuk barang-barang yang lain. Jasa servis juga sering dibutuhkan oleh perusahaan untuk maintenance komputer atau peralatan elektronik yang digunakan karyawan.

  • Pengrajin usaha craft

Kota-kota dengan produksi kerajinan tangan yang tinggi seringkali menggunakan sistem tenaga kerja lepas. Untuk pengerjaan produk kerajinan tangannya akan diberikan kepada warga sekitar atau pun kelompok mandiri tertentu. Jika Anda punya kemampuan untuk membuat handy craft tersebut, Anda bisa menjadikannya sebagai kerja part time di akhir pekan.  Kerajinan tangan seperti membatik, membuat gerabah, anyaman, dan kerajinan tangan lain yang umumnya termasuk usaha kecil. Hasil yang diperoleh pun lumayan untuk menambah pemasukan Anda. Selain ikut pada usaha craft, kini Anda juga bisa mendapatkan penghasilan tambahan dengan mengikuti program Majuin Warung dari KUDO. Perusahaan digital yang menyediakan market place untuk berbagai merchant tersebut mengadakan kegiatan Majuin Warung yang bertujuan untuk membantu warung tradisional dan UKM agar lebih maju dengan persaingan yang semakin ketat di era digital. Anda cukup mendaftar diri di aplikasi KUDO dan mendaftarkan warung yang ingin dibantu. Selain turut ambil bagian dari gerakan sosial Majuin Warung, Anda juga bisa mendapatkan saldo OVO untuk tambahan uang jajan.

Demikian beberapa jenis kerja part time yang mungkin bisa membantu pemasukan Anda agar lebih banyak.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *