23Feb

Kerja Sambilan di Rumah Tanpa Modal Tahun 2017 yang Menguntungkan

Kerja sambilan tahun 2017. Manusia tidak serta-merta hidup karena jantung mereka berdetak dan organ-organ lainnya berfungsi dengan baik. Manusia bisa hidup karena mereka bisa memenuhi kebutuhan hidupnya. Lalu? Apa saja kebutuhan yang harus dipenuhi oleh manusia? Kebutuhan yang paling esensial untuk manusia adalah makanan, rumah, pakaian dan kesehatan. Manusia juga membutuhkan komunikasi dengan orang lain karena pada dasarnya kehidupan manusia tidak bisa dipisahkan dari manusia lain. Ada berbagai macam cara untuk memenuhi kebutuhan manusia. Seperti halnya pada jaman dahulu manusia akan berburu dan meramu agar semua kebutuhannya terpenuhi. Sedangkan, era yang modern ini manusia akan , baik itu kerja tetap atau , agar mereka . Uang tersebut nantinya dibelanjakan untuk memenuhi segala macam kebutuhan yang akan mendukung kelangsungan hidup mereka.

Seperti yang sudah dijelaskan di atas bahwa manusia modern memilih untuk bekerja untuk memenuhi kebutuhan hidupnya. Lalu? semacam apa yang dilakoni oleh manusia agar mereka bisa menghasilkan uang untuk memenuhi kelangsungan hidupnya?

Ya.

Ada dua jenis pekerjaan yang bisa dilakoni manusia agar bisa menghasilkan uang. Pilihan pekerjaan yang pertama adalah menjadi karyawan atau bekerja kepada orang lain atau perusahaan yang akan memberikan mereka gaji. Pilihan pekerjaan yang pertama adalah menjadi wirausaha di mana kita bertindak sebagai bos atau pemilik usaha, bekerja sendiri dan menggaji diri kita sendiri. Tentu saja dua pekerjaan itu memiliki keuntungan dan kelebihan.

Secara garis besar, menjadi karyawan memberikan ketenangan dalam hidup. Hal ini dikarenakan karyawan mendapatkan gaji yang akan mereka terima setiap bulan. Selain gaji mereka juga mendapatkan tunjangan makan, tunjangan kesehatan, uang lembur sampai promosi jabatan. Sayangnya, untuk merasakan semua kenikmatan itu tidaklah mudah. Seorang karyawan harus memiliki kualifikasi yang sesuai dengan visi dan misi perusahaan. Mereka juga harus menempuh seleksi yang ketat dengan menyingkirkan ribuan calon karyawan yang lain untuk mendapatkan posisi tersebut. Karyawan juga harus patuh kepada aturan dan kebijakan yang telah ditetapkan oleh perusahaan.

Sedangkan, seorang wirausaha tidak memerlukan kualifikasi apa pun. Asal ada tekad yang kuat untuk bekerja secara mandiri serta daya tahan agar tidak pantang menyerah. Mereka yang memutuskan untuk menjadi seorang wirausaha tidak memiliki berbagai tunjangan dana seperti yang didapatkan karyawan. Mereka tidak memiliki jaminan akan pendapatan yang tetap. Gaji yang mereka dapatkan bergantung pada seberapa lancar usaha yang mereka jalankan. Meski begitu, wirausaha adalah orang yang multitalenta karena mereka bisa memimpin, mengelola sumber daya dan juga melaksanakan pekerjaan.

Seperti yang sudah dijelaskan di atas, bahwa tujuan mereka bekerja adalah untuk demi memenuhi kebutuhan hidup yang tidak ada habisnya itu. Namun, tidak jarang uang yang mereka dapatkan dari pekerjaan tersebut tidak bisa mencukupi semua kebutuhan hidup mereka. Jika hal itu sampai terjadi, mereka akan memutuskan untuk membuat daftar prioritas yang benar-benar ketat. Mereka akan menyeleksi kebutuhan mana saja yang penting dan harus terpenuhi. Mereka akan menyingkirkan kebutuhan yang sekiranya tidak dibutuhkan oleh mereka. Ada juga cara lain yang bisa mereka lakukan agar semua kebutuhan bisa terpenuhi tanpa ada yang dipangkas, yaitu dengan mencari kerja sambilan di rumah, malam usai jam kerja berakhir atau pun online dengan memanfaatkan kemajuan teknologi informasi dan komunikasi.

Tujuan utama orang-orang memutuskan untuk memiliki kerja sambilan 2017 adalah untuk mendapatkan pemasukan tambahan. Uang yang mereka hasilkan darisambilan bisa dialokasikan untuk memenuhi kebutuhan yang tidak sempat terpenuhi dengan gaji dari pekerjaan tetap. Ada pun uang dari kerja sambilan di rumah 2017 bisa disimpan untuk mengantisipasi adanya keadaan yang tidak terduga yang menimpa mereka seperti jatuh sakit atau kecelakaan. Banyak pula orang-orang yangcari kerja sambilan di rumah agar bisa mendapatkan uang untuk berlibur.

Lalu?

Siapa saja yang berhalmencari kerja sambilan di rumah?

Semua orang.

Tidak ada batasan untukcari kerja sambilan. Semua orang, mulai dari pelajar, , , buruh pabrik, karyawan sampai PNS bisa mencari pekerjaan sambilan untuk menambah pundi-pundi uang mereka.

Lalu?

Jenis pekerjaan sambilan apa saja yang direkomendasikan untuk mereka?

Ya.

Jumlah dari kerja sambilan sangatlah banyak. Mulai dari sampai pekerjaan sambilan yang tidak pernah kita pikirkan seperti pasang barang atau membuat kotak. Untuk lebih jelasnya di bawah ini ada beberapa rekomendasi pekerjaan sambilan yang dibagi berdasarkan kategori pekerjanya, yaitu ibu dan pelajar atau mahasiswa.

Ibu Rumah Tangga

Ada anggapan di dalam masyarakat kita yang masih menganut paham patriark bahwa perempuan terlahir untuk menjadi seorang ibu rumah tangga. Tidak peduli seberapa tinggi pendidikan yang mereka raih, pada akhirnya mereka tidak menolak ekspektasi sosial bahwa mereka harus berakhir di dapur, kasur dan sumur. Mereka tidak bisa bekerja sesuai dengan karier atau cita-cita yang mereka dambakan. Mereka menggantungkan keuangan di dalam rumah tangga.

Namun… Jangan bersedih!

Meski pun ibu rumah tangga tidak memiliki kesempatan untuk bekerja di luar rumah, seperti di kantor atau pabrik. Para ibu rumah tangga tetap bisa mendapatkan penghasilan untuk mendukung perekonomian keluarga dengancari kerja sambilan di rumah tanpa modal. Salah satu contoh kerja sambilan di rumah tanpa modal yang direkomendasikan untuk para ibu rumah tangga adalah kerja sambilan di rumah melipat katalog.

Katalog?

Iya.

Katalog produk yang biasanya dibagikan oleh para sales di tempat-tempat umum. Katalog produk umumnya berupa selebaran kertas yang dilipat menjadi beberapa bagian. Lalu? Siapa sebenarnya yang bertugas melipat katalog tersebut? Apakah para sales? Supervisor? Direktur?

Tidak.

Perusahaan tidak menugaskan “orang dalam” di perusahaan untuk melipat katalog produk yang akan mereka bagikan kepada masyarakat. Perusahaan akan merekrut “orang luar” seperti ibu rumah tangga untuk melakukan pekerjaan tersebut. Pekerjaan sambilan tersebut sangat digemari oleh para ibu rumah tangga karena pekerjaan itu mudah. Mereka hanya perlu menggunakan keterampilan tangan mereka dalam melipat kertas. Pekerjaan tersebut juga tidak menyita banyak waktu mereka. Para ibu rumah tangga yang bekerja sebagai pelipat katalog tetap bisa melakukan pekerjaannya sembari menonton televisi atau bergosip dengan ibu rumah tangga yang lain. Upah yang ditawarkan dari pekerjaan melipat katalog juga cukup menjanjikan. Upah mereka biasanya dihitung dari seberapa banyak katalog yang berhasil mereka lipat. Umumnya, perusahaan akan memberikan upah mulai dari Rp 500,- untuk setiap lembar katalog yang berhasil mereka lipat.

Untuk ibu rumah tangga yang sudah familier dengan kemajuan teknologi informasi dan komunikasi, handal dalam mengoperasikan smartphone dan suka bermain sosial media, ada pekerjaan sambilan yang lebih menjanjikan daripada melipat katalog. Pekerjaan sambilan tersebut dilakoni secara online tanpa mengeluarkan modal sedikit pun, yaitu sebagai dropshipper.

Apakah dropshipper itu?

Ya. Dropshipper adalah orang yang menjalankan bisnis dengan sistem . Pengertian dari sistem dropship adalah sistem dalam bisnis di mana kita melakukan penjualan sebuah produk kepada pelanggan namun kita tidak memiliki persediaan produk tersebut. Lalu? Di mana produk itu berada? Tentu saja produk tersebut berapa di tangan agen, distributor atau produsen. Nantinya pihak agen, distributor atau produsen akan menerima pesanan dari pembeli kita dan mengirimkannya ke alamat pembeli atas nama kita.

Sistem dropship memberikan kemudahan bagi para ibu rumah tangga yang ingin memiliki namun tidak mempunyai modal. Para ibu rumah tangga tidak perlu mengeluarkan modal sama sekali untuk membuka tersebut. Yang perlu mereka lakukan sebagai seorang dropship adalah melakukan promosi segencar mungkin agar produk yang mereka jual terjual laris.

Lalu?

Apa saja yang bisa dijual dengan sistem dropship?

Tidak ada batasan jenis produk apa yang bisa dijual dengan sistem dropship. Semua barang yang ada di dunia ini bisa dijual dengan sistem dropship, mulai dari pakaian, kosmetik, perabotan rumah tangga, peralatan elektronik sampai dengan makanan. Tetapi, produk yang direkomendasikan untuk para ibu rumah tangga yang tertarik dengan bisnis dengan sistem dropship adalah pakaian, kosmetik dan makanan. Ketiga produk itu merupakan produk yang dibutuhkan oleh kaum perempuan. Permintaan pasar atau ketiga produk tersebut pun tidak pernah menyurut. Alhasil, para ibu rumah tangga bisa mendapatkan banyak keuntungan dari penjualan tiga produk tersebut. Jadilah pundi-pundi uang mereka semakin gemuk dan kondisi perekonomian keluarga semakin stabil.

Kemudian, rekomendasi kerja sambilan yang bisa dilakoni oleh para ibu rumah tangga adalah . Mengapa? Ya sudah pasti jawabannya karena semua ibu rumah tangga pasti mempunyai kemampuan memasak yang jempolan. Jangan sia-siakan kemampuan memasak tersebut hanya dengan memasak untuk keluarga. Kemampuan memasak tersebut bisa menjadi tambang uang yang menjanjikan.

Salah satu contoh bisnis kuliner yang bisa dilakoni oleh para ibu rumah tangga adalah membuka usaha katering. Tidak akan ada matinya usaha katering karena makanan merupakan kebutuhan pokok bagi semua makhluk hidup. Jasa katering sangat dibutuhkan dalam berbagai macam acara seperti hajatan, tasyakuran, pesta ulang tahun, seminar dan acara lainnya. Tidak perlu cemas jika kita tidak menerima pesanan katering untuk acara-acara semacam itu. Usaha katering kita tetap bisa berjalan dengan menjadi katering penyedia makan siang untuk karyawan perusahaan atau katering untuk kalangan mahasiswa yang tidak sempat memasak dan terlalu malas untuk pergi keluar mencari makan.

Usaha katering biasanya mengunggulkan kemampuan memasak makanan yang “berat” tetapi jangan khawatir jika kemampuan memasak kita hanya sebatas membuat kue atau jajanan ringan. Kemampuan memasak tersebut tetap bisa dimanfaatkan dengan menjual aneka kue kering seperti kastengel, nastar, kue kacang, kue putri salju, cokelat pralin dan lain-lain. Aneka kue kering tersebut akan laris manis terjual jika Lebaran sudah di depan mata. Kue basah atau kue tradisional seperti lemper, kue lumpur, arem-arem, kue lapis, putu ayu, klepon dan jajalan tradisional yang biasa dijual di pasar tidak kehilangan pembeli. Misalnya, di dalam acara hajatan, jajanan tradisional menjadi incaran para tamu undangan dibandingkan makanan “besar” yang disajikan.

Apakah hanya itu saja pekerjaan sambilan untuk ibu rumah tangga?

Jawabannya… Tentu saja tidak.

Para ibu rumah tangga yang terbiasa dengan urusan mencuci dan menyetrika bisa memanfaatkan dua kemampuan tersebut sebagai ladang emas untuk mendapatkan penghasilan tambahan. Ya. Usaha laundry merupakan usaha yang sangat prospektif dan memberikan keuntungan yang besar. Tidak ada batasan untuk target pasar dari bisnis laundry. Mulai dari anak kos, karyawan sampai ibu rumah tangga yang malas mencuci bisa menjadi pelanggan laundry. Kita bisa laundry dengan modal mesin cuci yang ada di rumah kita dan juga setrika yang sudah pasti dimiliki setiap ibu rumah tangga. Masalah mengeringkan serahkan saja pada matahari yang selalu bersinar cerah. Jangan lupa untuk membeli parfum untuk mengharumkan pakaian dengan wangi yang berkelas. Sekadar tips saja, agar usaha laundry yang kira rintis dilirik oleh pelanggan, kita bisa membuka layanan jemput dan antar cucian.

Sekiranya, cukup empat pekerjaan sambilan yang bisa dilakoni oleh para ibu rumah tangga. Semoga menginspirasi!

Pelajar atau Mahasiswa

Pada dasarnya, tugas utama dari pelajar maupun mahasiswa adalah belajar untuk mendapatkan ilmu sebanyak mungkin. Mereka tidak memiliki tanggung jawab atas keuangan mereka karena para pelajar maupun mahasiswa masih berada di bawah tanggung jawab orang tua. Uang sekolah, uang jajan sampai uang bermain masih menjadi tanggung jawab orang tua.

Lalu?

Apakah pelajar atau mahasiswa boleh belajar sambil bekerja?

Jawabannya… Tentu saja boleh.

kerja sambilan

Kerja sambilan untuk pelajar dankerja sambilan untuk mahasiswa adalah cara untuk mendidik mereka tentang kemandirian, tanggung jawab serta kemampuan untuk memanajemen. Dengan memiliki pekerjaan sambilan mereka bisa lebih mandiri dalam hal keuangan. Mereka tidak lagi bergantung secara finansial kepada orang tua. Dengan gaji yang mereka dapatkan dari pekerjaan sambilan tersebut, mereka bisa memenuhi kebutuhan pribadi bahkan membiayai pendidikan mereka. Tentunya beban orang tua sangat berkurang.

Pelajar atau mahasiswa yang bekerja juga dilatih dalam hal tanggung jawab. Dengan memiliki pekerjaan sambilan artinya mereka memiliki dua tanggung jawab. Tanggung jawab untuk menyelesaikan pendidikan mereka serta tanggung jawab atas pekerjaan sambilan yang tengah mereka lakoni.

Dari dua tanggung jawab yang mereka pikul tentu akan berimbas pada kemampuan memanajemen mereka. Para pelajar maupun mahasiswa yang memiliki pekerjaan sambilan dituntut untuk bisa membagi waktu 24 jam mereka untuk belajar, bekerja dan juga beristirahat. Beban ganda yang mereka tanggung membuat mereka tidak bisa bermalas-malasan. Jika mereka malas barang sebentar saja maka pekerjaan atau tugas sekolah mereka akan terbengkalai. Kaum pelajar atau kaum mahasiswa yang memiliki pekerjaan sambilan juga dituntut untuk bisa memanajemen keuangan mereka dengan baik. Gaji yang mereka dapatkan dari pekerjaan sambilan harus bisa memenuhi kebutuhan mereka. Mereka dituntut untuk tidak menghambur-hamburkan uang untuk sesuatu yang tidak penting agar gaji cukup untuk menghidupi mereka sampai periode gajian selanjutnya.

Sudah pasti pekerjaan sambilan membawa dampak yang positif bagi mereka. Oleh karena itu, tidak ada salahnya mencoba mencari uang sembari menuntut ilmu. Ada berbagai macam pekerjaan sambilan untuk para pelajar dan mahasiswa yang bisa dicoba tanpa mengeluarkan modal sedikit pun.

Contohkerja sambilan di rumah untuk pelajar atau mahasiswa yang bisa dilakoni adalah pekerjaan menulis artikel untuk SEO atau Search Engine Optimization. Dalam pekerjaan ini mereka dituntut untuk menulis artikel dengan kata kunci atau keyword dan jumlah kata yang sudah ditentukan. Tujuan dari penulisan artikel tersebut adalah untuk membuat artikel tersebut bisa terdeteksi oleh mesin pencari di internet dengan mudah. Mudah bukan? Dengan modal laptop, koneksi internet dan kemampuan merangkai kata-kata kita bisa menambah uang jajan kita.

Para pelajar atau mahasiswa sudah pasti punya kemampuan mengarang. Kemampuan mengarang mereka akan sangat terlihat ketika mereka sedang berada di dalam ruang ujian. Namun, jangan hanya manfaatkan kemampuan mengarang tersebut di dalam ruang ujian. Buatlah karangan kita menjadi sesuatu yang bisa menggemukkan tabungan, misalnya dengan menjadi penulis cerpen, puisi atau novel. Kita bisa mengirimkan karya-karya tersebut ke media massa atau penerbit. Jika karya tersebut lolos tidak hanya uang saja yang didapat, kita juga mendapatkan ketenaran karena karya kita dikenal oleh masyarakat luas.

Kaum pelajar maupun mahasiswa juga memiliki kemampuan mengetik tingkat dewa. Lihat saja seberapa cepat mereka mengetik balasan dalam chat atau membuat caption untuk postingan di sosial media. Oleh karena itu, jangan sia-siakan kemampuan mengetik cepat itu. Kita bisa bekerja sebagai pekerja entri data secara online. Keren bukan?

Pekerjaan entri data adalah membutuhkan kemampuan mengetik yang mumpuni karena kita akan diberikan serangkaian data yang harus dimasukkan ke dalam sistem tertentu. Lalu? Jenis data apa yang akan kita masukkan? Ya. Data yang umumnya dimasukkan oleh para pekerja entri data adalah kode captcha. Kode captcha adalah kode yang dimasukkan dalam formulir online di internet yang berfungsi untuk meningkatkan keamanan dari data yang kita isi ada formulir online. Kode captcha juga bisa kita jumpai pada dialog box atau kotak dialog yang ada pada halaman download suatu file di internet. Bentuk dari kode captcha berupa kombinasi dari angka dan huruf.

Selain itu, jika para pelajar atau mahasiswa memiliki passion atau minat dalam pengajaran, bisa salurkan passion tersebut dengan menjadi guru les privat. Jangan bingung untuk mencari tahu apa saja yang bisa diajarkan oleh guru les privat. Ajarkan saja kemampuan yang kita kuasai.

Misalnya, kita mempunyai kemampuan berbahasa asing, jadilah guru les privat bahasa asing. Target pasar dari guru les bahasa asing sangatlah luas. Mulai dari sesama pelajar atau mahasiswa, karyawan sampai para bos membutuhkan pelatihan dalam berbahasa asing. Bahasa asing yang paling sering dibutuhkan jasanya adalah bahasa Inggris karena bahasa Inggris merupakan bahasa internasional PBB. Menjadi guru les bahasa Inggris tidak hanya seputar menyelesaikan tugas sekolah yang berkaitan dengan bahasa Inggris. Kita bisa menjadi pelatih untuk public speaking, khususnya untuk para bos yang harus menguasai public speaking dalam bahasa Inggris jika ingin berurusan dengan pihak asing tanpa campur tangan interpreter. Jasa pengajaran bahasa Inggris dalam rangka persiapan TOEFL atau IELTS juga sangat dibutuhkan. Banyak orang yang ingin lulus kuliah, melamar pekerjaan atau melamar beasiswa namun skor TOELF atau IELTS yang mereka miliki tidak memenuhi kualifikasi. Kita bisa menggunakan kemampuan bahasa Inggris kita dengan memberikan bimbingan bahasa Inggris secara intens untuk persiapan TOEFL atau IELTS. Untuk mempersiapkan dua tes tersebut, kita perlu mengajarkan listening, grammar atau structure, reading, writing dan speaking.

Selain kemampuan bahasa asing, kemampuan dalam matematika juga sangat dibutuhkan. Banyak orang tua yang mencari jasa guru les privat khusus untuk matematika maupun mata pelajaran lain yang melibatkan angka dan hitung-hitunga seperti fisika. Menanggapi peluang pasar tersebut, mahasiswa dari jurusan matematika atau fisika bisa memanfaatkannya dengan menjadi guru les privat untuk mereka.

Gaji yang ditawarkan dari pekerjaan sambilan sebagai guru les privat sangatlah menjanjikan. Gaji yang mereka dapatkan dihitung setiap kali tatap muka atau dalam hitungan jam. Guru les privat tidak hanya mendapatkan gaji berupa uang. Terkadang mereka mendapatkan makan atau bingkisan dari orang tua murid mereka sebagai tanda terima kasih telah membagi ilmunya untuk anak-anak mereka. Sungguh pekerjaan sambilan yang mulia.

Kemampuan bahasa asing yang kita miliki tidak hanya kita manfaatkan untuk menjadi guru les privat saja. Kita juga bisa menjadi penerjemah dan interpreter. Dua pekerjaan tersebut membutuhkan kemampuan berbahasa asing sekaligus menawarkan gaji yang tidak main-main. Untuk penerjemah yang pekerjaannya mengalihbahasakan dokumen akan mendapat gaji berdasarkan jumlah halaman atau jumlah kata dari dokumen yang mereka kerjakan. Sedangkan, untuk interpreter bisa mendapatkan gaji dalam hitungan jam atau hitungan jam. Semakin bagus kemampuan bahasa asing kita diserta sertifikat atau lisensi untuk mengalihbahasakan bahasa asing maka semakin tinggi gaji yang ditawarkan.

Untuk melatih kemampuan berorganisasi dan bersosialisasi, para pelajar atau mahasiswa bisa bekerja organizer atau panitia untuk berbagai macam event seperti pameran, hajatan, seminar, konser dan lain-lain. Pekerjaan sambilan tersebut akan membuat mereka mengenal orang-orang dengan berbagai macam latar belakang. Mereka juga bisa merasakan pengalaman bagaimana rasanya berada di belakang layar sebuah acara. Hal pertama yang perlu kita lakukan untuk mendapatkan pekerjaan sambilan tersebut adalah dengan mencari kenalan orang-orang yang berkecimpung di dalam dunia event organizer.

Selain itu, dunia bisnis juga tidak menutup pintu mereka untuk kaum pelajar dan mahasiswa. Sudah banyak kalangan pelajar maupun mahasiswa yang sukses merintis bisnis dengan modal yang sedikit. Bagaimana caranya?

Ya.

Pilihan terbaik untuk merintis bisnis dengan modal yang sedikit adalah dengan bergabung denganKUDO.

Apa itu KUDO?

KUDO merupakan singkatan dari Kios Untuk . KUDO merupakan sebuah situs yang menyediakan lapak kepada para pengusaha di Indonesia untuk mempromosikan dan menjual produk dari bisnis mereka secara online. Semua produk yang dijual di KUDO merupakan produk-produk yang berkualitas yang dijual dengan harga terjangkau sehingga keuntungan yang didapatkan akan besar. KUDO juga memberikan kesempatan yang besar kepada semua orang yang ingin menjadi dropshipper atau reseller dari produk-produk tersebut.

Untuk dengan KUDO, kita awali dengan membuka , baik secara online melalui web browser atau mengunduh aplikasinya melalui Playstore. Langkah selanjutnya adalah melakukan pendaftaran dan juga investasi saldo. Tidak perlu cemas dengan jumlah saldo yang harus diinvestasikan. Kita bisa menjalankan bisnis di KUDO meski pun hanya melakukan investasi sebesar Rp 10.000,-. Setelah prosedur investasi saldo selesai maka kita sudah bisa melakukan bisnis di KUDO.

Mudah bukan?

Selain mudah, KUDO juga memberikan keunggulan lain yang tidak akan ditemui di lapak berjualan online lain. KUDO menerapkan dua sistem pembayaran yaitu online melalui transfer bank dan offline melalui yang sudah berpengalaman, terpercaya dan ada di seluruh Indonesia.

Jadi?

Masih ragu bergabung bersama KUDO?