Keuntungan Menjadi Agen Web Report PPOB Bukopin
12Aug

5 Kerja Sambilan Malam Hari Ini Cocok untuk Mahasiswa

Dulu, mahasiswa berfokus untuk belajar dan berorganisasi. Namun pada masa kini, di saat kebutuhan semakin meningkat, mahasiswa juga dituntut untuk kreatif dalam memenuhi kebutuhannya sendiri. Untuk itu hampir separuh dari mahasiswa di Indonesia melakukan pekerjaan sambilan atau paruh waktu.

Biasanya langkah ini diambil karena mahasiswa tidak ingin membebani orang tua mereka lebih lagi. Di saat yang sama, kebutuhan mereka semakin banyak dan beragam. Selain menambah uang saku, mereka berniat untuk menambah pengalaman pekerjaan sebelum kelulusan kuliah.

Apabila Anda adalah seorang mahasiswa yang sedang ingin bekerja sambilan di malam hari, maka Anda datang di artikel yang tepat. Kami akan memberikan Anda beberapa tips untuk membagi waktu antara kuliah dan kerja sambilan, serta ragam pekerjaan yang bisa Anda lakukan di malam hari.

Cara Membagi Waktu Antara Kuliah dan Kerja Sambilan

Inilah hal-hal yang harus Anda lakukan agar kuliah dan kerja sambilan berjalan lancar. Kemampuan Anda membagi waktu sekaligus mengukur tenaga bisa menjadi nilai plus saat lulus dan melamar pekerjaan nanti.

  • Kenali batasan diri

Semangat memang harus dipelihara sejak muda. Mumpung masih punya tenaga dan banyak waktu, kenapa tidak? Apalagi, dengan banyaknya pengalaman kerja, Anda bisa mencuri start sebelum lulus kuliah dan mencari pekerjaan full time.

Tapi, jangan lupa untuk mengenali batasan diri. Ini bukan masalah tenaga fisik saja. Membagi waktu antara kuliah dan kerja, meskipun part-time/freelance, juga membutuhkan konsentrasi tingkat tinggi. Bila kelelahan, Anda cenderung mudah melakukan kesalahan, bahkan yang paling konyol sekalipun.

Fokuslah pada pekerjaan yang tidak terlalu memakan waktu dan bisa diatur sesuai jam kuliah Anda. Bahkan, lebih bagus lagi bila pekerjaan part-time/freelance yang diambil sesuai dengan jurusan atau mata kuliah Anda saat ini.

  • Mengelola waktu dengan memprioritaskan yang paling penting

Membagi waktu antara kuliah dan kerja part-time/freelance berarti siap mengorbankan beberapa hal. Misalnya mengurangi waktu bersosialisasi dengan teman-teman bila bukan untuk yang penting. Anda masih bisa bersosialisasi, namun pasti lebih banyak terkait tugas kelompok atau pekerjaan sampingan saat ini.

Catat dan ingatlah setiap jadwal penting yang harus Anda tepati. Ini juga termasuk dengan tugas-tugas kuliah atau pekerjaan yang deadline-nya paling dekat. Hindari menunda-nunda dalam menyelesaikan pekerjaan, karena waktu Anda tidak banyak.

Jangan lupa juga untuk beristirahat. Bila sulit mendapatkan tidur enam hingga delapan jam sehari tanpa putus, manfaatkan power nap barang 25 menit saat waktu luang.

  • Tetap prioritaskan kuliah

Kadang godaan dari tempat kerja bisa membuat Anda lupa prioritas yang harusnya tetap utama, yaitu menyelesaikan kuliah. Misalnya karena dianggap bekerja dengan baik, atasan di tempat kerja menawarkan kenaikan gaji dengan syarat mau bekerja full time.

Ingatlah bahwa menyelesaikan kuliah tetap harus jadi yang utama. Bila lulus dengan nilai bagus dan mendapatkan gelar, kesempatan di lapangan kerja semakin terbuka lebar. Apalagi, persaingan di dunia kerja semakin keras. Jangan sampai putus kuliah hanya karena tergoda untuk mendapatkan uang banyak lebih cepat.

  • Carilah atasan yang pengertian

Sebaiknya dari awal diskusikan dengan atasan di tempat kerja mengenai jadwal kuliah Anda. Meskipun pekerjaannya berstatus part-time/freelance, ada kalanya atasan suka meminta bantuan lebih di luar kuota jam kerja Anda. Bila masih bisa dan ada waktu, lakukan saja.

Namun, jangan sampai tawaran tersebut mengganggu jam kuliah maupun waktu mengerjakan tugas Anda. Bahkan, bila jam kerja semakin membuat waktu kuliah keteteran, sebaiknya Anda harus mulai memilih dengan lebih tegas.

  • Satu hari libur dalam seminggu

Apapun yang terjadi, usahakan untuk tidak mengorbankan hari libur. Ingat, Anda tetap manusia biasa yang butuh istirahat cukup.

Pekerjaan Sambilan Malam Hari yang Cocok untuk Mahasiswa

Jika Anda ingin bekerja sambilan di malam hari, maka beberapa pilihan pekerjaan di bawah ini mungkin akan sesuai untuk Anda.

  • Freelance

Nyamannya bekerja freelance adalah Anda tidak perlu mengikuti jam kerja pegawai kantor. Anda hanya perlu menyelesaikan pekerjaan sesuai dengan batas waktu yang diminta. Sudah banyak situs yang menjadi platform pertemuan antara freelancer dan perusahaan yang membutuhkan tenaga freelancer.

Jika Anda susah mengikuti jadwal kerja pada umumnya, mungkin pekerjaan freelance dapat menjadi alternatif lainnya. Tenaga freelance pun dibutuhkan di berbagai bidang dan sesuaikan dengan keahlian dan minat Anda.

Jika Anda senang fotografi, maka jadilah seorang fotografer freelance. Jika Anda senang menulis, maka jadilah seorang penulis freelance. Karena pilihannya yang beragam, banyak yang berpindah jalur dari pegawai menjadi pekerja freelance.

  • Ojek Online

Berkembangnya teknologi semakin memudahkan transportasi, seperti pada perkembangan ojek online. Selain memudahkan transportasi para penumpang, ojek online pun membuka banyak peluang usaha. Menjadi ojek online memungkinkan Anda untuk bekerja kapanpun, bahkan di malam hari.

Untuk melakukan aplikasi, Anda hanya membutuhkan kendaraan motor, SIM (Surat Izin Mengemudi) yang masih berlaku dan surat lengkap bukti kepemilikan kendaraan. Dengan cara yang cukup mudah ini, Anda sudah dapat mencari pekerjaan di malam hari, baik sebagai sumber penghasilan utama atau tambahan.

  • Guru Les Privat

Walaupun judulnya guru, tetapi guru les privat tidak memiliki jam kerja yang sama dengan guru sekolah. Guru les privat biasanya mulai bekerja di sore hari setelah para murid pulang sekolah. Waktu kerja guru privat pun sangat fleksibel, ada yang bekerja di akhir pekan, ada pula yang bekerja di awal pekan.

Anda pun dapat mengerjakan kesibukan Anda di pagi dan siang hari kemudian bekerja setelahnya.

  • Pelayan Restoran

Restoran pasti buka sampai malam, apalagi restoran cepat saji yang buka 24 jam. Jika Anda ingin bekerja di malam hari, mungkin menjadi pelayan restoran dapat menjadi pilihan yang pas untuk Anda.

Pelayan restoran biasanya bekerja dengan sistem shift. Ambillah shift sore atau malam untuk mengatasi masalah bangun pagi Anda.

  • Reseller toko online

Siapa yang tidak kenal dengan toko online? Hampir semua mengenalnya. Nah, di era menjamurnya toko online ini, Anda bisa berkesempatan untuk menjadi seorang reseller, atau penjual ulang. Anda hanya perlu fokus dalam mempromosikan barang, tidak perlu bingung dengan proses produksinya.

KUDO Toko Online Terpercaya

Salah satu toko online yang terpercaya dan akhir-akhir ini marak digunakan banyak orang adalah KUDO. KUDO atau singkatan dari Kios untuk dagang online adalah sebuah marketplace tempat orang-orang melakukan transaksi jual beli secara virtual alias online.

Apabila Anda menjadi agen reseller KUDO, Anda tidak perlu khawatir lagi dengan stok barang. Tidak hanya itu, KUDO menawarkan komisi yang menggiurkan bagi reseller apabila berhasil menjualkan produknya. Bagaimana, KUDO menarik, bukan?

Itulah beberapa rekomendasi jenis pekerjaan malam hari yang cocok untuk kalangan mahasiswa. Semoga bermanfaat.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *