28Dec

Kerja Sampingan Online 2017 Tanpa Modal yang Menguntungkan

Kerja Sampingan Online yang Menguntungkan

Your Job Is Not Your Career
Membincang , menarik untuk memulainya dengan statement Rene Suhardono yang mengatakan, “your job is not your career”. Apa yang dikatakan oleh Rene benar-benar cukup menyentak orang di Indonesia. Pasalnya, jamak orang memahami bahwa, pekerjaan yang saat ini sedang mereka jalani adalah wujud dari karir yang sedang dibangun. Namun, faktanya ternyata hal itu tidak selalu bisa dibenarkan. Banyak orang yang menjalani pekerjaannya ternyata bukan karena alasan jiwanya memang di situ. Ibarat hanya sekadar untuk mencari makan. Dan ironisnya, terkadang dilakukan juga dengan penuh perasaan tekanan karena merasa tidak ada pilihan lain untuk bisa mencukupi kebutuhan, selain menjalani pekerjaan itu.

Jadi, memang fakta, jika dikatakan oleh Rene,”your job is not your career”. Selanjutnya, Rene juga memberikan tips bagaimana mengenal apakah yang kita kerjakan itu job atau career, sebagai berikut:

Kerja Sampingan Online Tanpa Modal yang Menguntungkan

Jadi, pekerjaan milik perusahaan, sedangkan karir ada pada diri kita. Perusahaan tidak bisa mengambil karir kita. Tapi di sebuah perusahaan, bisa juga menjadi tempat untuk membangun karir yang lebih cemerlang.

Karir adalah tentang mimpi-mimpi yang kita miliki, harapan terbaik, dan menjadi kehidupan kita. Selain itu, ciri dari karir adalah saat kita mengerjakannya tidak hanya karena menerima pekerjaan itu saja, namun kita juga memilihnya karena itu merupakan bagian dari langkah meniti jalan karir yang cemerlang. Dan satu lagi, menjalankan karir bukan hanya karena sebatas mendapatkan pekerjaan yang baik, dan tidak hanya berjalan sebatas karena karir cerah. Itu karir jika Anda tidak bisa meninggalkannya baik ketika cerah maupun susah.

Lebih spesifik, untuk membedakan itu job atau career Anda bisa melihat penjelasan Rene dalam bukunya berikut:

Lantas, mungkin Anda bertanya, apakah menjalankan job itu salah?
Jawabannya, tentu tidak. Hanya saja, karir itu lebih utama dibandingkan job. Karena karir adalah yang akan menjadikan diri kita bernilai, membuat kita lebih bahagia, kita akan lebih menjiwai menjalankannya, menjadi tujuan hidup kita, dan motivasi kita akan lebih tinggi dalam mengerjakannya.

Bagaimana dengan fakta tentang banyaknya orang yang cari padahal mereka telah bekerja di sebuah perusahaan atau juga telah memiliki karir di bidang yang mereka inginkan.

Dalam konteks ini, sah-sah saja dilakukan oleh siapa saja. Tidak ada salahnya memiliki dan menjalankannya. Secara umum, bagi mereka yang juga telah bekerja di perusahaan seringkali didasari karena alasan untuk menambah penghasilan. Selain itu, karena didorong untuk batu loncatan menjadi karir yang akan ditempuh. Ada pun dalam konteks bagi mereka yang telah meniti karir yang baik, alasan utama seringkali karena menginginkan tambahan lebih penghasilan, atau bagi mereka yang karirnya belum matang adalah untuk menutup kebutuhan di samping karir yang dibangun belum bisa hasilnya menghidupi. Jadi, sah saja orang memiliki pekerjaan sampingan, siapa pun itu.

Di lain hal, memang memiliki banyak manfaat jika dijalankan baik bagi yang sudah memiliki karir maupun yang baru hanya sebatas bekerja sebagai karyawan saja. Ada pun di antara keuntungannya yaitu:

  1. Mendapatkan tambahan income.
  2. Bisa Anda jalankan di sela-sela .
  3. Bisa dimulai dengan yang relatif kecil atau bahkan tanpa modal. Sehingga cukup bersahabat bagi Anda yang belum memiliki modal banyak.
  4. Bisa menjadi alternatif untuk mengantisipasi adanya PHK maupun masa pensiun. Jadi ketika Anda berhenti bekerja, sudah ada bisnis yang siap Anda jalankan.
  5. Bisa juga sebagai jalan untuk meniti karir yang sesungguhnya, sembari mempersiapkan segalanya, sebelum meninggalkan pekerjaan yang tidak sesuai dengan passion.
  6. Bisa digunakan untuk menyalurkan hobi dan menanggulangi stress di kantor, dan lain sebagainya.

Namun, ada beberapa hal yang perlu diperhatikan saat Anda akan memutuskan untuk menjalakan pekerjaan sampingan. Karena jika tidak diperhitungkan dengan matang bisa berakibat fatal.

  1. Rencanakan dengan matang sebelum memutuskan yang akan Anda jalankan, kapan memulainya, kerja sampingan apa yang akan dijalankan yang menguntungkan dan memungkinkan bisa dikerjakan di sela pekerjaan kantor, dan lain sebagainya.
  2. Harus bisa membagi waktu, pikiran dan tenaga, untuk tetap bisa fokus pada pekerjaan kantor maupun pekerjaan sampingan yang Anda kerjakan. Jangan sampai gara-gara terlalu capek menjalankannya, tugas kantor jadi terbengkalai. Tentunya juga akan fatal jika sampai terjadi bolos kerja akibat tidak bisa membagi waktu mengerjakan pekerjaan sampingan dengan pekerjaan di kantor.Jika itu sampai terjadi, Anda bisa dikeluarkan dari kantor dan fatal bagi keuangan Anda, kalau pekerjaan sampingan uangnya juga belum bisa diandalkan.
  3. Penting juga diperhatikan adalah pilih yang tidak mengganggu tugas dan tanggungjawab sebagai seorang karyawan. Pilih peluang bisnis yang tidak terlalu rumit dijalankan, karena waktu luang Anda juga terbatas. Selain itu yang tidak beresiko besar, misalnya modalnya besar, keuntungan besar, namun jika gagal bisa membuat keuangan Anda hancur.
  4. Ini tidak kalah penting perlu dijadikan sebagai prinsip. Jangan pernah menggunakan fasilitas kantor untuk keperluan pekerjaan sampingan Anda. Meski itu tidak akan diketahui oleh atasan atau pemilik kantor. Pasalnya, akibatnya bisa fatal. Jangan sampai tindakan tersebut membuat Anda kehilangan pekerjaan. Selain itu, juga membuat reputasi Anda hancur di mata pemilik kantor dan juga teman-teman sekantor Anda.
  5. Jalankan dengan sungguh-sungguh. Jika Anda berani menjalankannya, maka berarti Anda harus berani mengambil semua resiko dan konsekuensinya. Jika Anda sungguh-sungguh, setidaknya kesempatan kesuksesan Anda akan lebih besar dibandingkan menanggung resiko kerugiannya.

Di dalam Kamus Besar Bahasa Indonesia Online, Kerja Sampingan dengan sinonim didefinisikan sebagai pekerjaan lain sebagai selingan atau tambahan selain pekerjaan pokok (biasanya pada malam hari). Adapun secara umum, di masyarakat saat ini pekerjaan sampingan merujuk kepada pengertian sebuah atau kegiatan yang menghasilkan keuntungan secara finansial di luar pekerjaan rutin yang harus dikerjakan sehari-hari,sehingga terkadang tidak terbatas waktu,tempat . Jadi tidak diartikan lebih luas lagi dari KBBI, bisa dikerjakan kapan saja dan tidak harus malam hari.
Dewasa ini, peluang tersebut sangat banyak sekali terbuka lebar bagi siapa pun. Berikut dalam artikel ini akan dibahas terkait semua peluang-peluang itu.

  1. Kerja sampingan
    Memang tidak semua orang menginginkan ini karena berbagai alasan. Namun banyak juga orang yang menginginkan ini karena alasan ingin berkumpul dengan keluarga, agar tidak habis waktu di jalan, tidak stress, dan lain sebagainya. Namun, jika memang ini belum bisa dijadikan sebagai pilihan untuk bisa bekerja dengan penghasilan yang layak dan bisa mendapatkan waktu lebih banyak untuk berkumpul keluarga, maka melakukannya bisa menjadi alternatif pilihan.
    Ada banyak kerja sampingan yang bisa dijalankan oleh siapa saja, baik bagi karyawan, ibu, atau wanita karir. Beberapa di antaranya yaitu:

      1. Usaha warung makan
        Alternatif kerja sampingan yang bisa dilakukan salah satunya adalah usaha warung makan. Usaha warung makan cukup besar prospeknya, dengan catatan, jika di daerah kos-kosan dekat kampus atau pabrik besar, karena pada umumnya mereka tidak memasak sendiri, dan makan di warung makan. Anda juga tidak perlu menyewa tempat untuk membuka usaha, karena bisa menggunakan bagian depan atau samping tinggal didesain menjadi warung makan. Karena itulah, usaha warung makan juga tergolong .Karena modal uang yang dikeluarkan paling hanya sekadar untuk membeli bahan menu makanannya.Ada pun modal utama usaha ini adalah skill memasak Anda. Namun, skill Anda memasak juga menjadi penentu keberhasilan Anda menjalankan bisnis ini.
      2. Makanan ringan atau kue
        Kerja sampingan yang bisa dijalankan juga adalah usaha makanan ringan atau kue. Usaha ini tak kalah menarik digeluti, karena usaha ini modal sedikitnya relative kecil tapi hasilnya cukup menarik dan perputaran keuangan cenderung stabil. Namun, skill Anda dalam membuat kue juga menjadi penentu apakah Anda akan berhasil atau tidak menjalankannya.
      3. Catering
        Meski mungkin secara teknis menjalankan bisnis ini cenderung lebih agak komplek dibandingkan dengan lain, namun catering bisa menjadi ide bagi Anda yang cari kerja sampingan di karena cukup menarik dijalankan, tanpa modal dan keuntungan dari bisnis ini bisa hingga mencapai tiga bahkan empat kali lipat dari biaya produksi. Namun, kemampuan memasak juga menjadi salah satu factor penentu keberhasilan dalam menjalankan bisnis ini apakah akan sukses atau gagal.
      4. Sewa kamar kos
        Usaha sewa kamar juga bisa dijalankan. Namun catatannya, letak Anda bisa menjadi penentu apakah usaha ini akan berhasil atau tidak. Jika di area lokasi strategis seperti dekat kampus, sekolahan, atau area tempat kerja kemungkinan akan mudah menjalankannya. Tapi jika Anda di kampung, aksesnya sulit, kemungkinan kecil bisa menjalankannya.
      5. Jasa penitipan anak
        penitipan anak saat ini banyak diminati di Indonesia.Terutama di perkotaan. Umumnya orang kota saat ini yang sibuk bekerja dan tidak ada waktu untuk membawa anaknya ikut beraktivitas maka akan menitipkan anaknya ke jasa penitipan. Namun menjalankan usaha ini memang tidak sederhana, jika Anda bukanlah orang yang tau tentang dunia anak dan ilmu pendidikan.
      6. Bimbingan belajar
        Salah satu alternatif yang menarik dijalankan juga adalah Bimbingan Belajar (BIMBEL). Namun,memang untuk menjalankannya Anda harus memiliki skill mengajar dan menguasai ilmu mata pelajaran, terutama eksakta, bahasa, dan juga agama. Karena umumnya banyak anak melakukan BIMBEL mata pelajaran itu.
      7. Jasa laundry
        Ide yang mungkin juga sudah klise bagi Anda, namun bisa dijalankan juga yaitu jasa laundry. Saat ini memang sudah banyak yang menjalankannya, Namun tetap bisa menjadi alternatif yang bisa dilakukan.
  2. Kerja sampingan di internet
    Internet memang sangat dahsyat perkembangannya di Indonesia. Grafik pengguna internet di Indonesia dari berbagai penelitian menunjukkan pertumbuhan yang sangat fantastis. Seiring dengan pertumbuhan itu, peluang pekerjaan yang ditawarkan pun juga begitu besar.Internet saat ini bukan hanya sekadar menjadi kebutuhan saja, namun telah menjadi gaya hidup, sehingga hampir semua lapisan masyarakat di Indonesia sudah menggunakannya. Mereka sehari-hari tidak pernah lepas dari internet. Tentu saja, itu menjadi ceruk pasar yang luar biasa bisa dimanfaatkan untuk bisnis dan usaha. Karena itulah, akhirnya turut membuka banyak peluang pekerjaan yang bisa dimanfaatkan oleh siapa pun, termasuk untuk kerja sampingan bagi karyawan, mahasiswa, ibu, dan lain sebagainya.

Adapun peluang-peluang yang ditawarkan di internet, di antaranya yaitu:

  1. Toko online
    Anda bisa kerja  di internet dengan membuat sendiri atau memanfaatkan marketplace yang suda ada, punya nama dan terpercaya seperti Bukalapak, Tokopedia, atau KUDO. Anda tinggal menentukan pilihan dengan pertimbangan berbagai konsekuensinya. Misalnya, jika toko online pribadi maka Anda harus membangun brand dari nol, kalau memakai media social untuk memasarkannya mungkin kurang kuat reputasinya ke customer karena banyak penipuan, dan kalau membuat website pribadi, tentunya akan membutuhkan biaya tambahan selain biaya produksi produk.
  2. Reseller produk
    Atau bisa juga menjadi sebagai reseller produk. Banyak toko online yang membuka kerjasama menjadi reseller. Anda bisa mencarinya via mensin pencari google. Menjadi reseller juga cukup menguntungkan, tidak perlu modal besar, dan resiko tidak terlalu fatal. Pilihlah marketplace yang terpercaya seperti KUDO jika ingin mudah penjualannya dan juga bisa mendapat penghasilan besar.
  3. Paid survey online
    Peluang lain di internet yang bisa dijalankan adalah paid survey online. Situs paid survey yang membuka kesempatan kepada siapa saja mengerjakan surveynya yaitu www.nusaresearch.com, www.globalmarket.com, www.id.viewfruit.com, www.id.toluna.com, dan masih banyak lagi lainnya. Bisa Anda cari di google.
  4. Publisher adsense
    Daftarkan blog atau website Anda menjadi publisher adsense. Lalu kelola untuk mendatangkan traffik sebanyak–banyaknya ke blog dan memberikan space iklan dari google di blog Anda. Maka Anda akan diberi imbalan dengan dihitung setiap klik iklan yang tampil di blog.
  5. Freelance
    Di internet saat ini juga banyak menawarkan menjadi pekerja lepas dengan beragam jasa, mulai dari desain, ilustrasi, menulis, translate, dan lain sebagainya, sangat cocok bagi Anda yang cari kerja sampingan tanpa modal. Anda bisa lihat di beberapa situs seperti www.freelancer.co.id, www.sribulancer.com, www.projects.co.id yang menyediakan beragam pekerjaan freelance. Namun catatannya, secara umum pekerjaan ini membutuhkan skill khusus.
  6. Dan lain-lain
    Masih banyak lagi peluang yang menguntungkan dari internet yang bisa dijalankan, seperti usaha affiliasi, penulisan artikel, pembuatan website, jasa buzzer, dan lain sebagainya. Yang bisa dikerjakan untuk karyawan maupun mahasiswa, dan juga ibu, sebagai dengan modal kecil atau bahkan gratis tanpa modal.

KUDO, Peluang Usaha Terbaru
Bagaimana, apakah Anda berniat mencari kerja sampingan tanpa modal? Ada peluang yang sangat menjanjikan dan terpercaya. Apalagi kalau bukan KUDO.
KUDO adalah singkatan dari Kios untuk . Penjelasan sederhananya KUDO merupakan toko untuk menjual barang secara online. Namun jangan samakan dengan toko online pada umumnya, karena KUDO berbeda. KUDO tidak menjual barang langsung kepada pembeli, namun yang menjual barang adalah . KUDO menyediakan tempat dan produk yang akan dijual. Secara sederhana, bisa diilustrasikan seperti gambar berikut.

Bisnis ini aman dan terpercaya. KUDO juga peluang usaha modal kecil. Pasalnya, modalnya benar-benar sangat kecil, bahkan bisa tanpa modal, karena mendaftar menjadi agen pun juga gratis. Kalaupun ada modal penting untuk menjalankan bisnis ini adalah kesungguhan menjalankan usaha itu sendiri.

Menariknya, meski modal minim alias gratis bukan berarti keuntungannya kecil. Itu salah besar. Karena menjalan bisnis KUDO justru keuntungan yang bisa didapatkan sangatlah besar. Tergantung bagaimana Anda menajalankannya. Peluangnya benar-benar terbuka lebar. Dari sisi produk yang dijual di KUDO adalah produk pilihan yang berkualitas, selain itu jenisnya pun juga lengkap.

Berikut list kategori produk KUDO:
Kupon & Voucher, Handphone & Aksesoris HP, Aksesoris Kamera, Sparepart Kamera, Tas & Case, Kamera & Video, Perlengkapan Studio, Remote & Trigger, Spy Cam, Komputer& Aksesoris Komputer, Fesyen Anak, Fesyen Muslim, Fesyen Pria, Fesyen Wanita, Dekorasi, Elektronik, Elektronik Umum, Pembersih, Perawatan Pakaian, Perlengkapan dapur, Furnitur & interior, Furnitur Dapur & ruang makan, Furnitur kamar tidur, Furnitur ruang bayi, Furnitur ruang depan, Furnitur ruang kerja, Furnitur ruang tamu, Kamar Tidur, Aksesoris tempat tidur, Outdoor dan kebun, Bohlam lampu dan komponen, Peralatan Dapur, Peralatan kamar mandi, Perawatan, Alat Tulis, Gembok & Kunci Pengaman, Payung, Perabotan, Perkakas, Perlengkapan Peliharaan, Alat Kecantikan, Alat Kesehatan, Personal Care, Self Defense, Suplemen Kesehatan & Pelangsing, Bahan Makanan, Bahan Mentah, Kuliner Nusantara, Makanan Ringan, Cemilan / Snack, Makanan Kaleng, Kering dan Kemas, Produk Susu, Perlengkapan bayi & balita, Ibu Hamil & Menyusui, Onderdil Mobil, Aksesoris Mobil, Produk Perawatan Mobil, Batu cincin, Aksesoris & Perkakas, Bahan Batu Akik, Pakaian anak laki – laki, Pakaian anak perempuan, Perlengkapan bayi, Mainan, Stroller & Walker, Hobi & Keterampilan, equipment & Tools, Travel, Wisata Domestik, Wisata International, dan masih banyak lagi.

Cara menjadi Agen KUDO
Siapa saja bisa menjadi agen KUDO. Tidak terbatas untuk siapa pun Anda, apakah seorang karyawan, ibu, mahasiswa, buruh, eksekutif, seniman, atau apapun latar belakang Anda. Langkah untuk menjadi agen KUDO pun juga sangat mudah.

Berikut tahapannya.
Langkah pertama adalah melakukan instalasi . Donload di aplikasi play store yang sudah ada pada smartphone android. Lalu, install aplikasinya di smartphone atau tablet.
Setelah itu, ikuti langkah-langkah pendaftarannya seperti berikut.

Menjalankan KUDO
Langkah kerja menjalankan bisnis KUDO selanjutnya adalah dengan berjualan sebagai agen. Anda bisa berjualan produk-produk KUDO ke customer dengan secara langsung maupun secara online. Selanjutnya, dari setiap penjualan Anda akan mendapatkan komisi hasil penjualan. Ada pun jumlah komisi sudah tertera di bawah harga produk.

Adapun pembayaran menariknya, KUDO memberikan dua alternatif. Bisa via transfer dan juga bisa secara langsung. Jadi terjamin keamanannya. Tergantung pembeli mau sistem pembayaran langsung atau transfer.

Selain itu, Anda juga bisa mendapatkan berbagai macam keuntungan dari bonus.Seperti referral agen baru mendapatkan bonus sebesar Rp.30.000. dan bonus-bonus lainnya. (*)

Oleh Media Reputasi Indonesia