24Jun

8 Alasan Banyak Orang Memilih Kerja Sampingan di Rumah

Saat ini, banyak pekerja dan profesional muda yang memilih kerja sampingan di rumah, selain bekerja di kantor. Meski sudah mendapatkan penghasilan rutin, namun masih banyak pekerja yang memilih memanfaatkan waktunya untuk mendapatkan penghasilan tambahan dari usaha sampingan di rumah. Mengapa rumah? Pekerjaan sampingan yang dikerjakan dari rumah memang lebih efektif dan efisien dikerjakan. Lagipula, saat ini zamannya digital. Segala sesuatunya bisa dikerjakan secara online yang otomatis juga bisa dikerjakan di rumah.

Kerja sampingan di rumah juga tidak melulu harus berupa bisnis dengan keuntungan besar dan dijalankan selama bertahun-tahun. Tidak peduli seberapa besar uang yang dihasilkan dari usaha sampingan tersebut, yang terpenting Anda mengerjakannya secara konsisten, sehingga akan menghasilkan sesuatu yang besar. Entah itu dari segi moril maupun materil.

Pekerjaan sampingan juga tampaknya semakin populer di generasi milenial dibandingkan dengan generasi sebelumnya. Hal ini pernah dibuktikan oleh penelitian dari GoDaddy yang dikutip dari New York Post online. Hasil penelitian tersebut menunjukkan, bahwa dari 1000 orang dari generasi milenial, setengahnya memiliki pekerjaan sampingan. Sedangkan, pada responden generasi baby boomers dengan jumlah yang sama menunjukkan hanya seperempatnya saja yang memiliki pekerjaan sampingan. Lantas, apa saja alasan yang biasanya mendasari seseorang untuk memilih kerja sampingan di rumah selain memenuhi kebutuhan hidup yang semakin kompleks? Simak jawabannya pada poin berikut.

Daftar Alasan Memilih Kerja Sampingan di Rumah

Anda bisa melihat 8 alasan seseorang memilih kerja sampingan di rumah sebagai penghasilan tambahan. Barangkali satu dari 8 alasan dalam poin-poin berikut ini sangat relevan dengan keadaan Anda, sehingga Anda bisa langsung mencoba menjalankan bisnis sampingan. Yuk, langsung simak.

  • Menambah penghasilan

Ini merupakan salah satu alasan utama bagi sebagian besar orang yang menjalankan kerja sampingan di rumah. Bisa jadi, gaji pada pekerjaan utama tidak menutupi semua kebutuhan yang diinginkan. Karena pekerjaan sampingan dilakukan, dengan tujuan mendapatkan penghasilan lebih. Namanya pekerjaan sampingan, jelas tidak bisa terlalu diandalkan untuk sumber pemasukan yang utama. Namun, jika Anda tekun membangun usaha dan cukup serius menjalankanya, kerja sampingan ini bisa dijadikan sumber pemasukkan yang diandalkan ke depannya. Sebab, banyak pengusaha besar yang awalnya menempatkan bisnisnya sebagai usaha sampingan, beberapa tahun setelah justru menjadi sumber pendapatan utama.

  • Menyalurkan Passion

Kerja sampingan di rumah juga bisa jadi sarana menyalurkan bakat, terutama bagi Anda yang memiliki pekerjaan utama bukan passion. Misalnya, seorang pegawai bank yang bekerja sampingan mendesain logo atau seorang karyawan yang gemar memasak dan memutuskan untuk berbisnis makanan. Itulah mengapa pekerjaan sampingan perlu disesuaikan dengan passion. Anggap saja, ini sebagai wadah mengekspresikan diri Anda yang sesungguhnya.

  • Mengasah kemampuan diri

Memiliki pekerjaan sampingan bukan berarti sekadar memiliki kesibukan atau menambah pendapatan semata. Ada alasan lain yang lebih besar dari kedua hal tersebut, yaitu demi mengasah kemampuan diri di hadapan khalayak dan untuk kepentingan diri sendiri atau bisa dikatakan self-improvement. Bisa dikatakan, sifatnya memang eksistensialis, namun hal inilah yang justru bisa menjadi daya pacu Anda semakin baik untuk pengembangan diri.

  • Mengubah waktu luang jadi lebih produktif

Banyak pekerja yang waktunya cukup luang setelah melakukan pekerjaan seharian penuh, misalnya di hari sabtu dan minggu atau di jam-jam tertentu. Ketimbang terus-terusan menggunakan waktu luang ini untuk bermalas-malasan atau bengong, waktu-waktu luang ini bisa diisi dengan kerja sampingan di rumah yang membuat Anda jauh lebih produktif. Apalagi, sekarang sudah era digital, sehingga segalanya bisa dilakukan melalui jaringan internet, termasuk juga melakukan kerja sampingan.

  • Persiapan bisnis setelah pensiun

Alasan ini juga banyak mendasari para pegawai yang memilih kerja sampingan di rumah, yaitu untuk persiapan pensiun. Apalagi, jika Anda tidak ada tunjangan pensiun yang perusahaan tempat Anda bekerja berikan. Tentu persiapan semacam ini penting untuk dijalankan. Masa persiapan pensiun juga sering terjadi pada pegawai swasta yang ingin mengambil pensiun dini, misalnya di usia 40 tahun dan memilih mengembangan usaha sendiri. Dalam kasus ini, tentu persiapan pensiun melalui kerja sampingan sudah dibangun sejak lama sebelum pensiun.

  • Meningkatkan keterampilan manajemen waktu

Kerja sampingan di rumah juga bisa melatih Anda meningkatkan kemampun untuk manajemen waktu. Pergi ke kantor dari pagi hingga sore hari selama 5 hari dalam seminggu tentunya akan membuat rutinitas harian menjadi padat. Pilihlah pekerjaan sampingan yang bersifat fleksibel agar Anda bisa melatih manajemen waktu atau mengatur prioritas dengan baik. Ingat, Anda harus komitmen dan bertanggung jawab atas kedua hal yang tengah Anda jalankan, bekerja dan berbisnis. Manajemen waktu ini dapat dibantu oleh keterampilan, peralatan, dan teknik yang digunakan dengan baik untuk membantu Anda dalam menyelesaikan tugas-tugas dalam pekerjaan atau proyek sesuai dengan deadline. Dengan membiasakan hal ini, maka Anda akan meningkatkan kemampuan diri Anda untuk mengatur waktu sebaik mungkin.

  • Menambah semangat bekerja

Ada yang beranggapan, jika pekerjaan sampingan bisa membuat seseorang semakin stress. Sudah banyak pekerjaan di kantor, masih juga ditambah deadline pekerjaan sampingan. Padahal, hal yang demikian tidak akan terjadi, apabila Anda memilih pekerjaan sampingan sesuai dengan passion atau mengerjakan pekerjaan sampingan yang cukup santai dengan memanfaatkan internet, misalnya. Kebanyakan pekerja juga mulai banyak jenuh dengan pekerjaannya karena melakukan hal monoton setiap hari. Mulai dari pergi pagi, pulang sore, duduk selama 8 jam, menghabiskan waktu di jalan, dan sebagainya. Nah, justru sebetulnya alokasi waktu luang Anda bisa untuk mengerjakan pekerjaan sampingan untuk menambah semangat Anda bekerja.

  • Memperluas Networking

Bagi yang hanya bekerja di kantor dari jam 9 pagi hingga pukul 5 sore, mungkin pergaulannya hanya terbatas pada teman lama atau teman kantor saja. Ini tentunya akan menjadi salah satu sumber kejenuhan Anda dalam menjalankan rutinitas harian. Pekerjaan sampingan yang Anda lakukan akan memberi kesempatan untuk bergaul dan mengenal lebih banyak orang lagi. Selain itu, Anda bisa mendapatkan teman baru, bahkan bergabung dalam sebuah komunitas untuk melancarkan sebuah tujuan sosial bersama akan lebih baik lagi. Memperluas jaringan juga berarti memperluas kesempatan Anda untuk mengembangkan pekerjaan sampingan yang lainnya secara lebih luas lagi.

Nah, bicara soal kerja sampingan di rumah, Anda bisa memanfaatkan waktu untuk bergabung bersama KUDO untuk menjadi Pejuang Warung dalam kampanye #MajuinWarung. Kampanye ini bertujuan untuk membantu para pemilik warung memajukan warung konvensionalnya dengan cara men-digital-kannya sesuai dengan konsep KUDO. Sehingga, toko tradisional tidak tergerus keberadaannya oleh toko-toko modern. Caranya mudah, Anda tinggal mengajak dan membantu para pemilik warung untuk menjadikannya agen KUDO. Akan ada bonus untuk Anda yang berhasil membantu para pemilik warung bergabung.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *