Kerja Sampingan Mahasiswa Surabaya yang Menguntungkan
12Nov

Kerja Sampingan Mahasiswa Surabaya yang Menguntungkan

Surabaya merupakan ibukota dari Provinsi Jawa Timur yang terletak di timur laut Pulau Jawa. memiliki julukan Kota Pahlawan karena Surabaya memiliki kontribusi besar dalam mempertahankan kemerdekaan Indonesia dalam Perang Surabaya. Selain itu, kota ini juga termasuk kota metropolitan terbesar kedua di Indonesia. Surabaya juga menjadi salah satu kota pilihan untuk melanjutkan studi karena ada beberapa universitas bergengsi seperti ITS atau Institut Teknologi Surabaya, Unair atau Universitas Airlangga, Unesa atau Universitas Negeri Surabaya, Untag atau Universitas 17 Agustus Surabaya, Ubaya atau Universitas Surabaya dan lain-lain. Universitas-universitas tersebut memiliki banyak dari berbagai daerah yang mencari peluang mahasiswa Surabaya. Sebagai kota metropolis ada banyak pilihan kerja sampingan yang bisa dilakoni mahasiswa di universitas-universitas di Surabaya. Pekerjaan sampingan untuk mahasiswa Surabaya bisa ditekuni dengan mudah tanpa membuang banyak waktu dan modal tetapi menguntungkan. Dan, di bawah ini ada beberapa jenis pekerjaan sampingan yang bisa ditekuni mahasiswa.

Menjadi Reseller

Reseller adalah salah satu pekerjaan sampingan yang bisa dilakoni dengan mudah oleh siapa pun, mulai dari pelajar, mahasiswa, karyawan sampai ibu rumah tangga. Reseller merupakan orang atau agen yang membeli suatu produk dalam jumlah besar. Produk itu tidak untuk dikonsumsi melainkan untuk dijual kembali. Ada pula reseller yang bertugas hanya mempromosikan produk tersebut dan menerima order dari pembeli. Ada banyak produk yang bisa dipasarkan oleh seorang reseller seperti produk-produk yang terdapat di KUDO yang merupakan wadah untuk jutaan produk ternama dan berkualitas yang siap dipasarkan. Produk-produk yang sedang tren untuk dijual secara reseller biasanya pakaian, kosmetik seperti lipstik matte atau kissproof, pulsa dan kuota internet online serta lampu tumblr. Lowongan freelance mahasiswa Surabaya sebagai seorang reseller bisa ditemukan dengan mudah lewat sosial media seperti Instagram, Facebook atau LINE. Ada banyak online shop di Instagram, Facebook atau LINE yang membutuhkan jasa reseller dengan tujuan untuk memperluas pangsa pasar, tidak hanya di daerah asal mereka tetapi bisa sampai tingkat nasional.

Menjadi Pekerja Paruh Waktu di Kafe

Dewasa ini, kafe sudah menjadi tren tempat hangout terbaru. Ada banyak hal yang bisa dilakukan di kafe, entah sekadar menikmati kopi, mencari wi-fi gratis, rapat atau berfoto saja. Kafe menjadi representasi sebuah gaya kehidupan yang modern dan kekinian. Kota Surabaya yang merupakan kota metropolis terbesar kedua di Jakarta memiliki banyak kafe dengan berbagai tingkatan. Ada kafe tingkat menengah ke bawah yang menjadi tempat hangout kalangan pelajar dan mahasiswa. Ada juga kafe tingkat menengah ke atas yang menjadi tempat hangout kalangan karyawan atau kaum sosialita. Oleh karena itu, lowongan cafe Surabaya terbuka luas untuk kalangan mahasiswa yang ingin mencari . Para mahasiswa bisa bekerja di kafe sebagai waiter atau waitress, cleaning service dan berkesempatan pula belajar meracik kopi ala seorang barista. Ada beberapa kafe di Surabaya yang bisa menjadi ladang mencari penghasilan tambahan untuk mahasiswa seperti Kafe Six and Eat, Kafe Moru-Moru, Kafe Poopy, Kafe Golden Chickhen dan lain-lain.

Menawarkan Jasa

Menawarkan jasa menjadi pekerjaan sampingan yang paling pas untuk mahasiswa. Ada banyak pilihan jasa yang bisa ditawarkan tergantung pada kemampuan yang dimiliki oleh para mahasiswa. Jasa-jasa yang populer ditawarkan biasanya jasa menerjemahkan, desain, menulis artikel SEO dan membuat website. Situs-situs yang dikunjungi oleh orang-orang dari berbagai negara menjadi pilihan tepat untuk menawarkan jasa tersebut seperti KUDO. KUDO menjadi penyedia lapak berjualan secara online kepada pengusaha digital di Indonesia yang memiliki pengunjung dari berbagai negara.

Sumber gambar: https://picodio.com/