02May

Kerja Sampingan di Rumah Tanpa Modal Untung Besar dengan KUDO

Kerja sampingan rumah dengan . sendiri seringkali dijadikan alternatif dalam mendapatkan .  Namun, tidak jarang seseorang atau bahkan orang merasa takut, ragu serta khawatir dalam membangun bisnisnya sendiri. Mulai dari bayangan akan yang besar, ketakutan akan gagal dan merugi, hingga tidak memiliki apa yang harus dijalankan. Pada akhirnya, keinginan akan membangun dari nol pupus di tengah jalan atau bahkan sebelum kita sempat menjalankannya di awal. Padahal, apabila kita rajin mencari informasi seputar bisnis, banyak bisnis yang bisa dijalani dengan , potensi kerugian minimal serta jenisnya sangat beragam. Bahkan, beberapa bisnis dapat kita jalani tanpa modal sepeser pun.

Apakah ada bisnis yang bisa dijalani tanpa modal sepeser pun? Tentu saja ada! Berikut adalah penjelasan dari masing-masing bisnis yang bisa kita jalani bahkan dari dalam rumah saja.

Bisnis Tidak Harus Dimulai dengan Modal Besar

Bayangan pertama akan kata “bisnis” yang seringkali menghinggapi kepala kita adalah suatu hal yang diawali dengan modal besar. Modal bisnis yang dibayangkan orang-orang umumnya mencapai angka puluhan juta Rupiah. Modal ini nantinya akan digunakan untuk menyewa atau membangun toko, mempersiapkan lahan dan bibit apabila hendak berbisnis pertanian atau peternakan, membayar , dan mengurus kelengkapan surat-surat. Padahal, bisnis tidak selamanya serumit itu.

Kita tentu familiar dengan istilah “sukses berawal dari nol”. Demikian juga dengan membangun bisnis. Lupakan dulu modal bangunan fisik berupa toko, lahan luas serta pegawai yang banyak. Mari kita simak beragam yang bisa dijalankan dari dalam rumah menggunakan dalam genggaman tangan masing-masing. Ya, kini bisnis tidak selamanya harus memiliki bangunan fisik serta memakan lahan yang luas. Dengan smartphone di tangan atau komputer di depan muka, kita sudah bisa menghasilkan banyak sendiri. Tentu, modal yang diperlukan akan sangat sedikit. Ini karena dalam bisnis , modal utamanya adalah kemampuan kita dalam membuat atau merancang sesuatu.

Seiring perkembangan zaman, bisnis tidak hanya dapat dijalankan secara offline, namun juga secara online. Dengan adanya internet, kesempatan semakin terbuka lebar bagi kita untuk mencari keuntungan. Jenis yang dapat kita lakoni secara online juga sangat beragam, beberapa di antaranya bahkan tidak dapat ditemukan dalam bisnis offline. Berikut adalah beberapa di antaranya.

  1. Macam-macam secara online yang pertama adalah dengan berjualan barang secara online. Praktek ini termasuk yang paling umum dilakukan oleh para pebisnis online. Kita bisa memanfaatkan jejaring sosial, website, blog, marketplace dan lain-lain untuk menjajakan barang dagangan. Kita bisa menjual barang buatan sendiri ataupun barang milik orang lain yang didapat dari . Dewasa ini, bisa dengan mudah kita temukan. Jenis barang yang dijual pun bermacam-macam, mulai dari barang kebutuhan sehari-hari seperti dan hingga barang-barang mewah seperti kendaraan hingga rumah.
  2. Usaha online juga dapat bergerak di bidang desain. Apabila kita memiliki kemampuan di bidang desain, manfaatkanlah kemampuan tersebut untuk mendesain website premium. Banyak pemilik atau komunitas yang akan membutuhkan website seperti ini.
  3. Masih di bidang desain, kita juga bisa mendesain template untuk WordPress dan menjualnya. Template WordPress sendiri sebenarnya tersedia secara , namun tidak semua orang puas akan template gratisan ini dan memilih template berbayar. Harga per template terbilang cukup tinggi, yaitu antara puluhan hingga ratusan dollar.
  4. Punya bakat menulis? Carilah kesempatan di Sribulancer untuk menjadi penulis lepas. Pemilik website atau blog kerap menggunakan freelance content writer untuk mengisi konten di dalamnya. Bayaran biasanya akan diberikan per sekian ratus atau atau per artikel.
  5. Bakat fotografi akan semakin berguna apabila kita menjual foto hasil jepretan melalui iStockPhoto. Tentunya foto yang dijual harus memiliki kualitas bagus dan resolusi tinggi agar harganya juga sepadan. Biasanya, pembeli datang dari kalangan pemilik blog ataupun website. Tujuannya adalah agar foto tersebut dapat semakin mendukung konten yang ada di dalamnya.
  6. Jika kita memiliki keahlian khusus dalam bidang sesuatu, susunlah langkah-langkah praktisnya dalam bentuk ebook kemudian jual secara online. Menjual ebook juga termasuk dalam yang nyaris tidak membutuhkan modal.

Melihat dari media yang digunakan yaitu online melalui jejaring sosial, website, blog serta marketplace, sudah jelas bahwa online di atas memiliki kelebihan dari segi modal yang dapat ditekan. Selain itu, masih banyak keuntungan lain yang bisa kita dapatkan dari usaha online.

  1. Kita bisa menjangkau pembeli dari berbagai wilayah, hingga ke luar pulau atau bahkan luar kota. Jangkauan yang luas ini akan membuat kita bisa mendapat penghasilan yang lebih banyak. Apalagi, jika menjual produk pada orang luar negeri, kita bisa memberlakukan harga menggunakan mata uang dollar Amerika dengan harga yang lebih tinggi dibanding harga aslinya dalam mata uang Rupiah.
  2. Bisnis online juga dapat dikerjakan dengan fleksibel. Kita bisa Sabtu Minggu secara online sementara di hari lain mengerjakan tugas-tugas offline di . Ini membuat jam kita tidak terbatas dan bisa diatur sesuka hati.
  3. Bisnis online memungkinkan kita untuk tetap mengerjakan pekerjaan sehari-hari seperti sekolah, kuliah hingga kantoran. Ini karena jam kerja online yang fleksibel sehingga tidak akan mengganggu kegiatan sehari-hari. Banyak pebisnis online yang mengerjakan usahanya di sela-sela kegiatan sehari-hari dan tetap mendulang .

Memulai Bisnis Tidak Boleh Takut Gagal

Salah satu ketakutan terbesar orang-orang dalam memulai bisnis adalah takut akan menghadapi kegagalan. Apabila bisnis merugi, maka sudah pasti kita tidak akan mendapat atau bahkan harus menutup kerugian dengan uang sendiri. Bayangan di benak pebisnis umumnya adalah mereka sudah menginvestasikan dana hingga jutaan Rupiah untuk bisnis, namun kemudian bisnisnya bangkrut dan total kerugian harus ditanggung sendiri. Pikiran negatif seperti ini sudah seharusnya dibuang jauh-jauh. Pertama, karena bisnis tidak selamanya membutuhkan modal hingga jutaan Rupiah. Kita telah melihat beberapa contoh bisnis online dengan modal kecil bahkan 0 Rupiah di atas.

Selain itu, penting untuk melakukan survey di pasaran mengenai bisnis apa yang sedang tren, rentang harga yang dipasang hingga di mana lokasi bisnis tersebut didirikan. Survey secara rinci dan cermat akan membantu kita dalam menentukan bisnis yang hendak dijalankan serta bagaimana dan di mana menjalankannya. Kita tidak bisa serta merta memutuskan hendak berbisnis A tanpa memikirkan segala resiko yang mungkin terjadi. Jangan dulu tergiur bisnis modal 0 Rupiah, namun hitung secara matang-matang terlebih dahulu bagaimana potensi keuntungan serta resiko kerugiannya. Pertimbangan yang cermat ini kerap dilupakan oleh para pebisnis sehingga mereka jatuh merugi dan tidak berani memulai lagi dari awal.

Untuk menghindari kemungkinan bisnis mengalami kerugian, perhatikan beberapa hal di bawah ini secara cermat. Poin-poin di bawah ini terutama bermanfaat untuk pebisnis pemula yang hendak mengawali bisnisnya.

  1. Pertama kita harus menentukan terlebih dahulu apa yang hendak ditekuni. Ini penting untuk memastikan langkah kita selanjutnya seperti lokasi usaha, besarnya modal, target konsumen hingga cara promosi. Sebagai contoh, kita akan memulai bisnis . Barang yang kita jual adalah baju-baju impor Hongkong seperti blus, sweater, celana dan jaket.
  2. Modal untuk bisnis fashion akan tergantung dari cara kita menjalankan bisnisnya. Apabila kita mengimpor langsung dari Hongkong atau mengambil barang di supplier sebagai , maka tentu kita akan membutuhkan modal yang besar untuk pembelian awal. Berbeda lagi apabila kita menjual secara , maka modal dapat ditekan. Sebelum mulai menjual barang apapun secara dropship, kita bisa membeli satu atau dua barang terlebih dahulu untuk memastikan kualitasnya. Jika sudah merasa yakin dengan kualitas barang tersebut, maka kita bisa mulai menjualnya.
  3. Bisnis fashion dapat dilakukan secara online melalui jejaring sosial, website maupun marketplace. Pilih platform yang tidak dikenakan biaya seperti jejaring sosial dan marketplace. Membuat website dapat dikenakan biaya apabila kita memesan website premium atau website dengan desain khusus.
  4. Sebelum mulai berjualan, kita harus terlebih dahulu memperhatikan tren yang saat ini sedang berkembang di pasaran. Apakah fashion import Hongkong tengah banyak diminati? Siapa saja pesaing kita? Online shop mana saja yang turut menjual fashion import Hongkong? Siapa saja target konsumennya? Berapa harga rata-rata yang dipasang? Survey ini penting agar kita bisa memperkirakan akan seperti apa jalannya usaha kita nanti. Apabila menurut survey ternyata fashion import Hongkong sedang kurang diminati, maka lebih baik kita mengganti usaha dengan berjualan produk lain yang banyak peminatnya.
  5. Perlu diperhatikan juga bahwa produk impor seperti fashion ini akan dijual dengan harga rata-rata di atas seratus ribu Rupiah. Maka sudah pasti target konsumen adalah kalangan menengah ke atas atau mereka yang sudah memiliki penghasilan sendiri. Jika kita menyasar segmen pelajar hingga yang berasal dari kalangan menengah serta belum memiliki penghasilan sendiri, pilih produk lain dengan harga yang lebih terjangkau.
  6. Menentukan segmen pasar termasuk penting dalam memulai bisnis. Kita harus tahu untuk siapa produk ini dikonsumsi nantinya dan kalangan mana yang berpotensi untuk menjadi pembeli. Penentuan segmen pasar juga berperan dalam promosi nantinya. Jika kita menjual fashion impor dengan model yang terbuka, tentu kita tidak bisa mempromosikannya di komunitas muslimah berjilbab, karena mereka tentu akan memilih pakaian yang lebih tertutup.
  7. Promosi bisa dilakukan melalui tempat kita menjualnya. Beberapa jejaring sosial yang banyak digunakan untuk berjualan online di antaranya adalah Facebook serta Instagram. Kita bisa mengikuti program Paid Promote yang biasa dilakukan oleh pemilik akun Instagram dengan follower yang banyak. Dengan membayar sejumlah uang tertentu, produk kita akan dipromosikan oleh pemilik akun tersebut. Ini akan membuka kesempatan semakin banyak orang mengetahui usaha kita dan tertarik untuk membeli.
  8. Kerugian dalam bisnis, baik online maupun offline, tidak jarang disebabkan karena pelayanan yang kita berikan kurang memuaskan sehingga pembeli merasa kecewa. Apabila ada pembeli yang bertanya seputar spesifikasi produk, harga, jasa ekspedisi yang digunakan dan lain-lain, jawab semuanya dengan tepat dan diusahakan dalam waktu yang cepat. Untuk meminimalisir banyaknya pertanyaan dari calon pembeli, tuliskan semua informasi produk dalam caption foto. Kemas produk serapi dan seaman mungkin untuk menghindari kerusakan selama pengiriman. Berikan nomor resi dari ekspedisi pengiriman kepada pembeli setelah barang dikirim. Layanan yang baik dari penjual akan menjadi nilai tambah di mata pembeli dan membuat usaha kita semakin diminati.

Menarik pembeli dapat dilakukan dengan memasang diskon. Potongan harga yang diberikan bisa untuk harga produk, ongkos kirim, beli dua gratis satu, satu produk gratis setelah pembelian kelima, dan lain sebagainya. Namun, dalam memberikan promo diskon ini, kita juga harus memperhatikan berapa besar keuntungan dan kerugian yang didapat. Jangan sampai promo diskon yang terlalu gila untuk konsumen justru berakhir pada kerugian untuk usaha kita sendiri. Hitung secara cermat berapa besar pengeluaran kita untuk promo diskon dan keuntungan yang akan didapatkan.

Ide Bisnis yang Bisa Dijalankan

Sangat banyak sampingan tanpa modal yang bisa dijalankan. Kita telah melihat beberapa contoh usaha online di penjelasan sebelumnya. Mulai dari berjualan online, mendesain website, menjadi penulis hingga menjual foto. Namun, bagaimana dengan bisnis offline yang tidak melibatkan internet? Adakah bisnis offline yang bisa kita jalankan dengan modal terbatas, namun tetap menguntungkan? Jawabnya tentu ada. Banyak ide usaha offline yang bisa kita jalankan dari rumah saja dan tetap menghasilkan banyak keuntungan. Usaha offline memang relatif lebih membutuhkan banyak modal dibanding usaha online. Namun, usaha ini dapat menjadi pilihan untuk kita yang tinggal di pedesaan dan sinyal internet terbilang lemah di sana.

Bisnis offline pertama dengan modal kecil adalah mendaur ulang sampah . Di lingkungan sekitar kita, dapat dengan mudah ditemukan aneka sampah rumah tangga seperti kertas bekas, botol plastik, kardus, tali tak terpakai, hingga daun-daun dari pepohonan yang berguguran. Daripada ditumpuk, dibakar atau dibiarkan begitu saja, akan lebih bermanfaat apabila kita mengolahnya menjadi barang-barang yang memiliki nilai jual tinggi. Daur ulang kertas bisa menjadi alternatif untuk kita yang memiliki kreativitas tinggi. Kita bisa menyulap botol plastik bekas menjadi pot bunga, kertas bekas menjadi buku daur ulang yang ramah lingkungan, dan kemasan plastik bekas menjadi tas .

Jika kita memiliki mesin cuci di rumah, maka manfaatkan mesin tersebut sebagai modal awal mendirikan usaha laundry. Jangan dulu berpikir bahwa usaha laundry membutuhkan modal besar berupa mesin cuci yang banyak dan peralatan yang lengkap. Untuk mengawali bisnis laundry, kita bisa menggunakan hanya satu buah mesin cuci terlebih dahulu. Usaha ini dapat berjalan dengan baik apabila kita tinggal di dekat kawasan padat penduduk, di dekat sekolah, perkantoran atau pabrik yang orang-orangnya terlalu sibuk sehingga tidak sempat mencuci sendiri. Mendirikan usaha laundry membuat kita harus paham jenis-jenis mesin cuci beserta kelebihan dan kekurangannya masing-masing dan juga aneka bahan kimia yang digunakan dalam proses pencucian.

  1. Mesin cuci terdiri dari jenis top load serta front load. Untuk top load atau bukaan depan biasanya akan digunakan pada tempat laundry yang sudah besar, karena harga yang relatif mahal. Namun, mesin cuci ini bisa disimpan dengan cara ditumpuk sehingga lebih hemat ruangan. Selain itu, kita bisa menambahkan pakaian selama proses pencucian.
  2. Sementara untuk mesin cuci jenis kedua adalah front load, yaitu mesin cuci yang bukaannya ada di bagian atas. Mesin cuci ini merupakan kebalikan dari jenis top load. Kelebihannya ada pada harga yang lebih terjangkau sehingga banyak digunakan untuk pebisnis laundry yang masih pemula. Kita bisa menambahkan pakaian pada saat proses pencucian karena bukaannya yang ada di bagian atas. Sementara kekurangannya ada pada penyimpanannya yang memakan banyak tempat.
  3. Aneka bahan kimia yang digunakan dalam proses laundry di antaranya adalah deterjen, pewangi serta pelembut. Kita bisa menggunakan deterjen matic khusus mesin cuci ataupun deterjen khusus untuk laundry yang biasa dijual literan. Untuk pewanginya juga dapat digunakan pewangi khusus laundry.
  4. Perlengkapan lain meliputi gantungan pakaian, keranjang cucian, alat tulis, plastik pembungkus, meja kursi dan lain-lain.

Bisnis offline lain yang bisa dijalankan dengan modal kecil adalah berjualan . Usaha ini sekilas tampak remeh, namun jangan salah karena potensinya cukup besar. Berjualan pulsa biasa dilakukan di pinggir jalan yang dilalui banyak orang.

  1. Semakin banyaknya pengguna ponsel membuat bisnis jual beli pulsa kian menjamur. Ponsel tentu membutuhkan pulsa agar dapat digunakan untuk berkomunikasi ataupun berselancar di internet.
  2. Kebutuhan akan pulsa semakin meningkat seiring banyaknya penyedia provider dengan promo dan layanan yang beraneka macam. Ragam promo ini akan semakin menarik minat pembeli dalam menggunakan kartu perdana serta melakukan pengisian ulang pulsa.
  3. Modal awal yang dibutuhkan untuk bisnis ini dapat dimulai dari Rp 50.000,- saja. Di samping deposit yang relatif kecil ini, kita juga bisa melaksanakan bisnis dari dalam rumah saja. Ini karena modal utamanya adalah ponsel sendiri yang digunakan untuk mengirimkan pulsa pada pembeli. Sebagai pemula, kita belum membutuhkan kios atau ruko tempat berjualan.
  4. Keuntungan dari tiap pulsa yang terjual umumnya mulai dari Rp 1.000,- hingga Rp 2.000,-. Total keuntungan yang bisa didapatkan dari bisnis ini relatif kecil apabila pembeli langsung membeli pulsa dalam nominal besar. Namun apabila pembeli hanya membeli dengan nominal kecil sebesar Rp5.000, maka keuntungan yang didapat akan cukup besar.

Bisnis offline lain yang bisa kita jalankan dengan modal terbatas adalah berjualan makanan ringan. memang termasuk usaha yang tidak akan pernah mati. Agar dapat menjalankan usaha sampingan modal kecil di bidang kuliner, kita bisa memilih berjualan makanan ringan atau camilan. Ini karena modal yang dikeluarkan relatif lebih kecil jika dibandingkan dengan usaha kuliner berat seperti nasi dan lauk pauk. Jenis makanan ringan yang biasa dijual adalah gorengan, kue, keripik, hingga makanan ringan seperti jus dan es. Kita bisa menjual aneka makanan ringan ini di dekat sekolah atau kampus, hingga di sekitar perumahan dan perkantoran. Segmen pasar dari makanan ringan umumnya ialah anak-anak sekolah dan kuliah.

Usaha yang bisa dijalankan dan menjadi di antaranya adalah kerajinan tangan berbahan kain flanel. Flanel aneka warna dapat disulap menjadi beragam produk kerajinan tangan yang memiliki nilai jual tinggi. Di antaranya adalah bros, tutup tempat kue, penghias tempat pensil, hingga sarung ponsel. Dibutuhkan kreativitas tinggi dalam menyulap kain flanel ini menjadi aneka produk unik dan menarik dengan nilai jual tinggi. Modal utama yang dibutuhkan adalah kain flanel aneka warna, gunting, perekat, jarum dan benang, kertas untuk menggambar pola, dan pernak-pernik lain untuk hiasannya nanti.

Bisnis lainnya yang bisa kita tekuni dari rumah saja dan masih ada kaitannya dengan kreativitas adalah di rumah membuat kotak. Tentu bukan kotak biasa melainkan kotak kado. Kotak ini bisa dibuat dalam bentuk persegi, persegi panjang, hati ataupun bulat. Fungsi dari kotak kado adalah untuk menaruh atau mengirim kado pada seseorang. Dengan kotak ini, barang yang dikirimkan akan lebih bermakna dan tampak mengesankan.

Kerja sampingan di rumah tanpa modal untung besar dengan Kudo

Bisnis Praktis, Aman dan dengan KUDO

Solusi bagi kita yang hendak berbisnis dengan modal kecil dan untung besar adalah dengan memanfaatkan KUDO. KUDO atau Kios Untuk ialah sebuah marketplace yang ada di . Pendiri KUDO telah merancang KUDO agar dapat menjadi solusi bagi siapapun untuk mulai menjadi . KUDO pada dasarnya sama saja seperti marketplace lain, ada banyak penjual di dalamnya. Namun, KUDO memiliki kelebihan dari segi yang dijamin keamanannya. Sehingga, transaksi di KUDO dikatakan sebagai transaksi online dengan rasa offline. Pembeli ataupun penjual tidak perlu merasa takut atau khawatir akan adanya resiko penipuan saat melakukan transaksi.

Menjalankan bisnis di KUDO ialah dengan menjadi . Caranya mudah dan keuntungan yang didapat sangat banyak. Berikut adalah beberapa keuntungan yang bisa didapatkan dengan menjadi KUDO.

  1. Tersedia jutaan barang yang siap dijual di KUDO. Barang-barang ini berasal dari banyak perusahaan rekanan yang telah dipilih sehingga terbukti kualitasnya.
  2. Skema keuntungan yang diberikan KUDO terbilang jelas serta cukup besar. Bahkan, yang diberikan dapat mencapai tujuh puluh persen. Komisi diberikan dengan terbuka, kita bisa melihat nominalnya di bawah harga produk. Banyak juga bonus-bonus lain yang diberikan.
  3. Aplikasi KUDO telah dirancang agar aman untuk digunakan.
  4. Pendaftaran agen gratis tanpa dipungut biaya. Modal awal yang diperlukan dalam bisnis ini juga terbilang kecil, yaitu mulai dari Rp 10.000,- saja.

Langkah-langkah untuk menjadi agen KUDO juga terbilang mudah. Dapatkan terlebih dahulu di Playstore atau shop.KUDO.co.id. Lakukan registrasi untuk menjadi agen. Isi saldo minimal Rp 10.000,- dan mulailah berjualan. Cara berjualan adalah sebagai berikut:

  1. Buka aplikasi KUDO terlebih dahulu lewat ponsel atau website. Tawarkan produk pada calon pembeli secara langsung ataupun melalui jejaring sosial.
  2. Lakukan pemesanan produk yang diinginkan oleh pembeli. Masukkan data-data pembelian serta konfirmasi pembayaran.
  3. Pembeli akan membayar belanjaannya berdasarkan cara yang disepakati.
  4. Apabila pembayaran telah dikonfirmasi, maka barang pesanan pembeli dapat langsung dikirimkan.
  5. Komisi dari penjualan barang akan langsung masuk ke dalam saldo kita secara otomatis.

Terdapat beberapa tips agar kerja sampingan hanya dengan SMS ini berhasil serta mendatangkan banyak keuntungan. Berikut adalah tips-tipsnya:

  1. Jalankan usaha dengan sungguh-sungguh serta serius. Ini agar kita bisa mendapatkan hasil yang maksimal ke depannya.
  2. Pahami teknis bisnis di KUDO seperti cara pendaftaran, cara penjualan serta cara mendapatkan komisi. Ini agar kita semakin paham bagaimana teknisnya berjualan di KUDO dan bagaimana agar kita bisa mengumpulkan banyak keuntungan.
  3. Kelola dengan baik saat menjadi agen. Pisahkan antara keuangan pribadi dengan keuangan bisnis. Jika diperlukan, kembangkan menjadi modal ataupun deposit.
  4. Selalu update perkembangan terbaru dari KUDO seperti kebijakan dan promo yang sedang diadakan.

Tag