Usaha Rumahan Omset Besar dan Menguntungkan
17Jul

Kerjasama Usaha Konter Hp dan Tips Memulainya

Membangun bisnis konter Hp merupakan salah satu jenis usaha yang bisa dikatakan cukup sulit. Handphone atau smartphone memang seakan merupakan suatu hal yang wajib dimiliki saat ini bagi masyarakat. Namun, tidak sedikit juga yang memilih konter Hp sebagai usaha oleh sebagian pelaku bisnis. 

Oleh karena itu, banyaknya pesaing dalam membangun konter Hp menjadi tantangan tersendiri bagi pelaku bisnisnya. Namun, hasil yang diperoleh dari usaha konter Hp akan cukup besar jika berhasil menarik konsumen. Dalam hal ini, sebelum memulai membangun usaha konter Hp, terdapat beberapa hal yang harus dilakukan dan diperhatikan yaitu terdiri dari sebagai berikut ini. 

Penentuan Lokasi Usaha Konter 

Salah satu kunci utama untuk bisa meraih keberhasilan dari usaha konter Hp adalah penentuan lokasi yang tepat. Dalam hal ini, tentu saja lokasi konter Hp yang dipilih harus strategis atau dekat dengan pusat keramaian. Berdasarkan hal tersebut, membuka konter di pinggir jalan akan dapat memberikan peluang lebih besar untuk bisa memperoleh konsumen. 

Apabila terkendala dalam hal modal untuk biaya sewa tempat, maka membangun konter Hp dapat dilakukan dengan alternatif lain. Dalam hal ini, konter Hp dapat dimulai dengan membuka konter pulsa rumahan terlebih dahulu bagi pemula. Jika sudah berhasil mengumpulkan hasil keuntungan, maka usaha jual pulsa dapat dikembangkan dengan membangun konter Hp kecil-kecilan. 

Akan tetapi jika letak rumah sudah strategis dan pelaku bisnis memiliki modal tipis.Maka konter tetap dapat dibangun dengan skala kecil-kecilan di depan rumah. Dalam hal ini, tidak perlu khawatir untuk gagal dalam menjalankan usaha konter Hp. Masyarakat yang sudah berada di zaman milenial ini pasti akan selalu membutuhkan pulsa dan paket data internet. 

Menyiapkan Peralatan Serta Perlengkapan Konter Hp 

Setelah menyiapkan tempat yang akan dijadikan sebagai konter Hp, langkah selanjutnya adalah menyiapkan peralatan dan jugaperlengkapannya. Peralatan dan perlengkapan tersebut merupakan barang-barang yang mudah dijumpai di pasaran. Dalam hal ini, terdapat berbagai macam penawaran harga untuk barang-barang tertentu. Bahkan terdapat juga yang diperoleh secara second atau bekas. 

Pemilihan harga dari peralatan serta perlengkapan konter tentu juga harus mempertimbangkan modal yang tersedia. Adapun peralatan serta perlengkapan konter Hp pada umumnya yaitu terdiri dari sebagai berikut ini. 

  1. Etalase konter (dapat beli yang bekas)
  2. Display atau kursi pajangan kartu perdana dan handphone
  3. Rak display mundo (opsional bagi yang ingin menjual aksesoris handphone)
  4. Rak gantungan kunci (opsional jika ingin menjual aksesoris handphone) 
  5. Handphone untuk transfer pulsa 
  6. SIM micro cutter untuk memotong SIM card 

Selain peralatan dan perlengkapan di atas, hal lain yang juga cukup dibutuhkan adalah banner atau spanduk. Kedua barang tersebut digunakan sebagai alat untuk menambah daya tarik konter pulsa. 

Dalam hal ini, pastikan untuk bisa membuat desain yang sangat menarik sehingga dapat memikat calon konsumen. Jika kurang memiliki keahlian dalam bidang tersebut, maka alternatif lainnya adalah dapat menggunakan jasa desain di percetakan terdekat. 

Mencari Supplier Pulsa dan Kartu Perdana

Setelah kelengkapan dari kebutuhan konter terpenuhi, sebelum memulai usaha tentu harus mendapatkan barang dagangnya terlebih dahulu. Dalam hal ini, terdapat beberapa jenis ,memperolehnya dapat dipahami melalui beberapa paragraf berikut ini. 

  • Penyedia Saldo atau Server Pulsa All Operator 

Kebutuhan yang pasti dicari oleh masyarakat dalam usaha konter Hp adalah pulsa. Agar bisa melakukan penjualan pulsa, dibutuhkan pihak ketiga sebagai penyedia saldo untuk mengisi stok pulsa elektrik. Terdapat banyak sekali penyedia atau distributor pulsa elektrik yang tersebar diberbagai daerah. 

Bahkan juga terdapat distributor pulsa elektrik yang menyediakan jasanya secara online. Agar bisa mendapatkan keuntungan yang lebih optimal, maka pastikan untuk dapat memilih distributor pulsa elektrik dengan penawaran harga murah. 

Namun selain melihat dari segi penawaran harga, pastikan juga pelayanan yang diberikan juga berkualitas. Dengan demikian, tidak akan terjadi masalah atau hal-hal yang diinginkan terhadap usaha konter Hp kedepannya. Selain itu, akan lebih baik lagi jika distributor pulsa menyediakan produk yang sangat lengkap. 

Seperti isi pulsa elektrik ke semua operator, isi paket internet, pulsa bolt 4G, pulsa paket telepon dan sms, dan lain sebagainya. Dengan demikian, apa saja yang dibutuhkan oleh calon konsumen nantinya akan dapat terpenuhi. Melalui hal tersebut, konsumen juga akan merasa puas dan berniat untuk membeli kembali di lain waktu. 

  • Kartu Perdana dan Voucher Fisik 

Selain pulsa, produk lain yang juga harus tersedia di konter Hp adalah kartu perdana dan voucher fisik. Cara untuk bisa mendapatkan produk konter ini adalah dengan membelinya di konter grosiran atau konter besar. 

Memilih kartu perdana dan juga voucher fisik juga harus diperhatikan serta dipertimbangkan dengan baik. Dalam hal ini, sebaiknya jangan terburu-buru untuk membeli dengan jumlah banyak. Setiap kartu perdana dan juga voucher pasti memiliki masa aktif. Jika membeli banyak di awal dan misalkan produk tidak laku keras maka kerugian akan dapat dihindari. 

Berdasarkan hal tersebut, sediakan kartu perdana setidaknya 5 buah untuk setiap operatornya. Sebelum membeli, perhatikan juga kapan masa aktif dari kartu perdana berakhir. Terkadang penjual kartu perdana tidak jujur dalam hal ini sehingga harus dipastikan bahwa masa aktif kartu perdana masih panjang. 

Sementara itu, untuk voucher fisik dapat dipilih menyesuaikan budget yang dimiliki. Jika kurang mencukupi dapat memilih nominal kecil seperti seribu, 2 ribu, atau 5 ribu. Sebaliknya, jika modal mencukupi maka dapat membeli voucher 10 ribu untuk beberapa operator kartu perdana. 

Mencari Supplier Handphone dan Aksesorisnya 

Jika ingin membangun usaha konter lebih besar, maka dapat dilakukan dengan menambahkan produk handphone beserta aksesorisnya. Dalam hal ini, aksesoris Hp dapat diperoleh melalui toko aksesori Hp yang lengkap. Selain itu juga dapat membeli dengan harga grosir melalui online shop. 

Sementara itu, untuk produk handphone dapat dipilih menyesuaikan modal yang ada. Apabila modal tidak terlalu besar maka dapat menjual beberapa handphone second saja. Selain itu juga dapat dilakukan dengan menawarkan layanan tukar tambah kepada konsumen. 

Sedangkan jika modal yang dimiliki cukup besar, maka menjual handphone baru tentu dapat dilakukan pada usaha konter Hp. Dalam hal ini, pertimbangan merek handphone yang akan dijual nantinya. Pastikan bahwa merek handphone yang dipilih merupakan keluaran terbaru atau paling banyak diminati masyarakat. Dengan demikian, konter Hp akan menjadi incaran masyarakat khususnya bagi pecinta smartphone. 

Itulah beberapa hal yang harus diperhatikan serta dilakukan bagi yang ingin memulai bisnis konter Hp. Selain cara-cara diatas kunci sukses dalam menjalankan usaha konter Hp adalah strategi pemasaran. Dalam hal ini, terdapat berbagai macam cara yang dapat dilakukan untuk membuat promosi bisnis. Salah satunya yang cukup efektif yaitu dengan memanfaatkan media internet khususnya melalui KUDO. 

KUDO adalah suatu marketplace berbasis online yang dapat dijadikan sebagai tempat berjualan smartphone. Sebagai salah satu penyedia jasa online shop terpercaya, KUDO dapat membuat usaha konter Hp semakin lancar. 

Melalui KUDO dengan sistem jaringan internet maka pemasaran produk smartphone akan dapat dilakukan jauh lebih luas dibandingkan dengan cara biasa. Dengan demikian peluang usaha konter Hp juga akan lebih besar dalam menghasilkan keuntungan. 

Jadi, jangan ragu lagi untuk menjadi salah satu bagian dari KUDO. Segera install aplikasinya dan jadilah agen KUDO sekarang juga untuk masa depan usaha konter Hp yang lebih cerah kedepannya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *