Kerjasama Usaha Logistik? Apa Saja Tipsnya?
05Jun

Kerjasama Usaha Logistik? Apa Saja Tipsnya?

Indonesia merupakan sebuah negara yang sangat luas yang terdiri dari jutaan pulau. Hal ini membuat negara menjadi salah satu tempat maupun logistik yang cukup menjanjikan. Mengapa demikian? Bisnis logistik merupakan bisnis yang memfasilitasi pengaliran barang atau pun dari sumber barang ke penerima atau ke tujuannya. Dengan kata lain, tentunya banyaknya daerah yang ada Indonesia ini membuat bisnis pengiriman barang dan logistik pun semakin dibutuhkan.

Sebagai contoh, bisnis juga menjadi salah satu alasan mengapa dikatakan sebagai bisnis yang sangat potensial. Kini jual beli kian dipermudah dengan adanya media online. Pesan apa saja, bisa tinggal klik, seperti apa yang disediakan oleh , sebuah marketplace yang menjual aneka produk dari mulai pulsa, tagihan bulanan, kebutuhan pakaian, perabotan , alat kecantikan, dan masih banyak lagi yang lainnya. Nah dalam transaksi bisnis online ini tentu dibutuhkan jasa pengiriman barang dan logistik. Dengan demikian, tentu menjadi bukti bahwa bisnis logistik dewasa ini memang kian menjadi sebuah yang bisa mendatangkan banyak keuntungan karena memang banyak dibutuhkan.

Sebagai , berikut ini ada beberapa cara menjadi pandu logistik untuk pemula:

  • Bisnis logistik ini membutuhkan surat-surat resmi, dari mulai surat izin, NPWP, SIUP, peraturan klaim barang, maupun berbagai aturan dan berkas resmi lainnya. Untuk itu sebelum logistik sebaiknya penuhi terlebih dahulu kewajiban administratif ini.
  • Menentukan daerah tujuan. Dalam hal ini, buatlah list daerah mana saja yang dapat menjadi daerah tujuan pengiriman barang. Salah satu kendala dalam memulai bisnis logistik adalah adanya daerah yang tidak dapat terjangkau. Solusinya, Anda bisa coba menjalin dengan jasa pengiriman di daerah tujuan tersebut untuk mendapatkan harga nego.
  • Buat rancangan biaya untuk kebutuhan operasional. Jangan lupa masukan biaya transportasi dari mulai bensin, parkir, penyewaan kendaraan, perawatan kendaraan, dan biaya lainnya. Jangan sampai ada hal kecil yang terlupakan yang justru malah akan merugikan Anda di akhir.
  • Branding dan promosi. Untuk mendapatkan perhatian dari calon konsumen, promosi memiliki peranan penting terutama bagi bisnis yang masih baru. Dalam hal ini, coba manfaatkan dan lakukan promosi secara masif. Untuk mendapatkan branding yang lebih melekat, jangan lupa terapkan logo perusahaan saat akan promosi.

Nah itulah beberapa tips mudah memulai bisnis logistik. Yang terpenting dari semua tips tersebut di atas adalah tentunya iringi dengan soft skill agar usaha yang di rintis pun bisa berjalan lancar.

Dari ulasan tersebut di atas, dapat dilihat bahwa ada banyak keuntungan jadi agen wahana. Tidak hanya menjadi agen logistik, namun menjadi perantara antara konsumen dan produser seperti menjadi juga punya banyak keuntungan lho. Bisnis satu ini bahkan tidak memerlukan modal, cukup dan koneksi internet, bahkan siapa pun bisa menjadi pebisnis di KUDO. KUDO merupakan sebuah tempat berdagang berbasis online yang punya peluang terbuka lebar untuk siapa pun yang ingin merintis karir di dunia bisnis online. Di KUDO tersedia aneka produk yang bisa dijual, dari mulai pakaian, produk kesehatan, kecantikan, kebutuhan rumah, dan masih banyak lagi jenis produk lainnya yang bisa langsung dicek di official sites nya yakni KUDO.co.id. Nah semoga informasi ini bermanfaat ya!