3 Kiat Sukses Lulus SBMPTN Paling Mendasar
08Jun

Kerjasama Usaha Otomotif dengan Modal Sedikit

Kendaraan bermotor bukan lagi barang yang mewah, tetapi kebutuhan yang wajib terpenuhi. Hampir semua orang sudah memiliki kendaraan bermotor. Hal ini dikarenakan mudahnya regulasi untuk mendapatkan kendaraan bermotor. Sekarang kita bisa memiliki satu unit kendaraan bermotor dengan muka yang sedikit serta cicilan dalam jangka waktu yang lama. Tidak heran jika kendaraan motor begitu menjamur dan pasti menguasai sebagian besar ruas jalan. Sayangnya, merawat kendaraan bermotor tidak semudah mendapatkannya. Butuh sentuhan tangan seorang mekanik untuk merawat motor agar bisa digunakan. Menyadari kebutuhan tersebut membuka dalam bidang sangatlah menggiurkan. Semua orang membutuhkan mekanik sehingga otomotif seperti membuka bengkel menjadi yang menjanjikan.

Penawaran bengkel sangatlah jika didirikan . Hal ini disebabkan karena Indonesia merupakan negara dengan penduduk yang bersifat konsumtif. Membeli sepeda motor bukanlah masalah yang besar selama kita bisa bepergian kemana saja dengan cepat, mudah, dan nyaman. Tidak heran jika ruas jalan raya di Indonesia lebih dikuasai oleh sepeda motor dibandingkan transportasi umum. Banyaknya jumlah kendaraan bermotor di Indonesia berbanding lurus dengan banyaknya permintaan untuk perawatan bermotor. Peluang membuka bengkel pasti terbuka luas. Untuk membuka bisnis di bidang otomotif ada beberapa hal yang perlu diperhatikan seperti di bawah ini.

  • Modal
    adalah hal yang paling esensial dalam setiap bisnis, termasuk bisnis di bidang otomotif. Dibutuhkan modal yang besar untuk membuka usaha bengkel. Bengkel membutuhkan peralatan untuk merawat kendaraan bermotor dan persediaan onderdil motor. Jika kita tidak mempunyai modal yang cukup untuk membeli persediaan onderdil motor maka kita bisa sama dengan onderdil motor. Kita bisa menjual onderdil motor dengan . Suplier untuk kendaraan bermotor yang asli dan berkualitas bisa ditemukan di . Di KUDO disediakan onderdil motor yang asli, berkualitas dan harga yang terjangkau karena KUDO bekerja sama dengan perusahaan besar di Indonesia.
  • Lokasi
    Agar bengkel kendaraan bermotor tidak pernah sepi pelanggan maka pilihlah lokasi yang strategis. Biasanya bengkel kendaraan bermotor berlokasi di tepi jalan raya yang mana banyak kendaraan melintas. Kehadiran bengkel di tepi jalan raya sangat membantu para pemilik kendaraan bermotor yang kendaraannya rusak di tengah jalan dan butuh perbaikan segera. Lokasi lain yang strategis untuk membuka bengkel ada di dekat pasar, sekolah, atau kampus.
  • Tenaga Kerja
    Unsur penting yang harus ada dalam bengkel kendaraan bermotor adalah tenaga . Tenaga kerja yang utama di bengkel adalah mekanik dan kasir. Tugas utama dari seorang mekanik adalah untuk memperbaiki dan merawat onderdil kendaraan bermotor. Sedangkan, tugas dari kasir untuk menangani pembayaran dan melakukan pembukuan . Kedua tenaga kerja tersebut bisa didapatkan dari siswa lulusan SMA jurusan TKR (Teknik Kendaraan Ringan) dan Akuntansi.
  • Tambah Bisnis Tambahan
    Bisnis tidak selamanya berjalan mulus. Ada kalanya bisnis kerjasama usaha bengkel yang kita dirikan mengalami kemunduran karena sepi pelanggan. Untuk menyiasatinya maka bukalah bisnis tambahan agar selalu ada pemasukan untuk bengkel. Bisnis tambahan untuk bengkel bisa berupa warung makan, warung kopi, dan bisnis menjadi . KUDO bisa melayani pembayaran untuk bulanan , air, KPR, internet, dan lain-lain. Jika ingin membeli isi ulang bisa juga dilakukan di agen KUDO.