Bisnis UKM Terbaru yang Menguntungkan
15Aug

Kerjasama Usaha Pupuk dengan Menjadi Distributor

Dewasa ini, peluang kerja di bidang agrobisnis semakin terbuka lebar. Di sisi lain, peluang usaha di bidang agrobisnis juga semakin terbuka lebar. Usaha agrobisnis yang kini banyak diminati dan dibutuhkan yaitu alat-alat pertanian dan pupuk pertanian. Sehingga tak heran jika saat ini usaha menjadi distributor pupuk sangatlah menjanjikan, karena potensi keuntungan yang besar serta risiko kerugian yang mungkin didapatkan juga cukup rendah. 

Nah, bagi Anda yang ingin menjadi distributor usaha pupuk, ada banyak hal yang harus Anda ketahui agar usaha tersebut berhasil. Mulai dari analisis SWOT, persiapan awal yang harus dilakukan serta peluang menjadi distributor pupuk. Untuk lebih jelasnya mengenai beberapa hal tersebut, simak ulasannya berikut ini.

 

Analisis SWOT

Dalam melakukan apapun, terkadang analisis SWOT ini sangat dibutuhkan, terutama dalam dunia bisnis. Pasalnya, dengan mengetahui analisis SWOT ini, bisa mengantisipasi hal-hal yang tak diinginkan nantinya. Langsung saja berikut ini analisis SWOT untuk menjadi distributor pupuk:

  • Strength (kekuatan)

Kekuatan yang didapatkan jika menjadi distributor pupuk yaitu memiliki peminat yang relatif banyak dikarenakan banyaknya wilayah pertanian. Selain itu, bisa mendapatkan konsumen tetap bahkan dapat bertambah. Kebutuhan pupuk hampir merata di wilayah Indonesia, sehingga potensi kerugian relative rendah.

  • Weakness (kelemahan)

Kelemahan membuka usaha distributor pupuk yaitu membutuhkan tempat yang luas. Selain itu, pupuk juga tidak dibutuhkan setiap harinya. 

  • Opportunity (peluang)

Peluang yang bisa didapatkan ketika menjadi distributor pupuk yaitu lebarnya pengembangan usaha di bidang agraris. Sehingga, pembangunan pada sektor pertanian masih berlanjut dan kebutuhan pupuk semakin meningkat.

  • Threats (ancaman)

Ancaman yang bisa didapatkan yaitu persaingan yang semakin ketat baik lokal maupun asing. Karena untuk memulai usahanya belum tentu distributor pupuk mendapatkan tempat yang strategis.

Persiapan Awal Menjadi Distributor Pupuk

Jika Anda sudah paham analisis SWOTnya, kini waktunya mengetahui persiapan apa saja yang harus disiapkan. Adapun persiapan ini meliputi prospek usaha, jenis produk pupuk, lokasi dan harga pupuk. Untuk lebih jelasnya mengenai beberapa hal tersebut, simak ulasannya berikut ini.

  • Prospek Usaha

Melihat prospek dan potensi menjadi distributor pupuk di wilayah Anda merupakan langkah awal dalam memulai usaha ini. Melihat prospek ini bisa dilihat dari berapa banyak usaha, harga, jenis, serta pelayanan distributor pupuk di wilayah anda. Jika potensial yang dimiliki sudah dirasa cukup, Anda bisa memutuskan untuk membuka usaha tersebut. Namun, setelah melihat prospek usaha ini, Anda tetap harus dapat menghemat modal dari perencanaan yang matang.

  • Menentukan Jenis Produk Pupuk

Hal penting lainnya yang harus diperhatikan sebelum memulai menjadi distributor pupuk yaitu menentukan jenis produk pupuk apa yang akan dijual di pasaran. Karena, usaha Anda dapat dikatakan lengkap jika Anda bisa menjual berbagai macam jenis pupuk atau setidaknya bisa selalu memenuhi setiap permintaan pelanggan. Selain hal tersebut bisa digunakan untuk meraup keuntungan, bisa juga digunakan untuk menarik minat pembeli untuk datang dan membeli produk yang Anda jual lagi dan lagi, sehingga bisa menjadi langganan. Namun, untuk menghemat modal, jangan terlalu banyak menyediakan stok. Dengan kata lain, tetap sediakan jenis pupuk yang lengkap dengan jumlah setiap jenisnya sedikit. 

  • Lokasi usaha dan harga pupuk

Hal yang tak kalah penting dalam memulai membuka usaha pupuk yaitu menentukan lokasi yang tepat. Sangat disarankan untuk memilih lokasi yang dekat dengan wilayah pertanian. Selain itu, pilihlah lokasi yang memiliki akses mudah untuk dijangkau pembeli.

Selain menentukan lokasi yang tepat, Anda juga perlu menentukan harga setiap produk pupuknya. Untuk menentukan harga produk pupuk ini, Anda bisa melihat distributor pupuk yang lainnya dalam menentukan harga pupuknya. Hal ini bertujuan agar harganya bisa lebih bersaing dengan distributor lainnya. Agar modal bisa lebih hemat, Anda bisa mencari tempat dengan harga sewa yang mudah.

Bisnis Pupuk yang Menjanjikan

Bisnis pupuk kini memang sangat menjanjikan, apalagi jika Anda tinggal di daerah yang mayoritas penduduknya adalah petani, sehingga peluang yang didapatkan akan semakin lebar. Selain itu, Anda juga bisa lebih mudah mendapatkan kerjasama dengan banyak produsen. Apalagi saat ini varian pupuk sudah sangat beragam, Anda bisa mendapatkan berbagai jenis pupuk dari produsen tersebut.

Saat ini, jenis pupuk yang banyak dibutuhkan yaitu pupuk untuk menghilangkan hama di sawah, mempercepat proses pematangan hasil tani, menyuburkan tanaman bunga dan lain sebagainya. Sebenarnya semakin banyak jenis pupuk, maka peluang usaha yang didapatkan juga semakin banyak dan cukup menjanjikan. Usaha pupuk bisa menjadi salah satu usaha yang memiliki prospek yang menjanjikan. Karena, usaha ini prospek ke depannya terlihat jelas, apalagi di Indonesia kebanyakan penduduknya yaitu petani. Seperti yang telah dijelaskan sebelumnya, bahwa saat setiap petani menginginkan produktivitas hasil pertanian mereka semakin meningkatkan. Sehingga, kebutuhan pupuk juga semakin meningkat.

Nah, dengan menjadi agen atau distributor pupuk, Anda bisa mendapatkan banyak keuntungan. Namun, persiapannya harus benar-benar matang dan anda harus memahami mengenai pupuk. Jika Anda tak memiliki modal yang cukup untuk menyewa tempat berjualan pupuk, tidak ada salahnya jika Anda menjadi pedagang pupuk melalui KUDO. 

Saat ini kudo sudah dilengkapi dengan fitur-fitur yang lengkap, salah satunya yaitu jualan online. Dengan menggunakan KUDO, Anda bisa berjualan beragam pupuk pertanian yang lengkap. KUDO atau kios untuk dagang online ini merupakan usaha rintisan yang ada di Indonesia yang menyediakan berbagai fitur bisnis. Mulai dari jualan pulsa, token listrik, membayar tagihan dan jualan online, salah satunya yaitu jualan produk dagangan pupuk online.

Bagi Anda yang ingin berjualan atau menjadi distributor pupuk, bisnis menggunakan KUDO bisa menjadi pilihan paling tepat. Jika Anda berencana ingin membuka bisnis pupuk, pastinya modal yang dibutuhkan sangat banyak. Mulai dari membeli berbagai jenis pupuk, sewa tempat dan peralatan lainnya. Belum lagi jika Anda tidak memiliki pengalaman dan pengetahuan dalam bidang pupuk, tentu saja hal ini akan menjadi penghalang tersendiri. Nah, agar Anda tetap bisa berjualan pupuk, Anda bisa bergabung menjadi agen KUDO. Karena cara berjualannya sangat mudah dan modalnya hanya sedikit.

Membuka usaha pupuk banyak sekali yang harus disiapkan, yang terpenting yaitu harus memiliki izin resmi. Untuk itu, bagi pemula bisa menjadi agen KUDO untuk bisnis pupuk yang menjanjikan, meski Anda belum memiliki banyak pengalaman dan tidak mempunyai banyak modal, dapat memilih. Dengan bergabung menjadi agen bisnis pupuk KUDo, Anda tidak perlu menyiapkan banyak persiapan. Karena yang perlu dilakukan yaitu mendaftar dan memasarkan pupuk menggunakan smartphone. Selain itu, Anda juga bisa mendapatkan banyak bonus jika bergabung menjadi agen KUDO.

Nah, segera gabung menjadi agen KUDO agar lebih mudah untuk bisnis pupuk. Selain modal yang dibutuhkan sedikit, cara bekerjanya juga sangat mudah. Belum lagi dapatkan banyak keuntungannya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *