29Sep

Aplikasi Report Cetak Kertas Struk PPOB Online & Berikut Contohnya

Aplikasi report cetak kertas struk ppob online & berikut contohnya. Ketika kita memulai , salah satu kegiatan yang sering kita lakukan adalah mencetak kertas struk PPOB. Kita bisa mencetak struknya untuk diberikan kepada pelanggan sebagai bukti bahwa transaksi tersebut sukses. Di kalangan pemilik PPOB, hal tersebut sebagai bentuk pelayanan optimal kepada pelanggan.

Kemudian kita sebagai pemilik PPOB juga bisa memantau perkembangan usaha PPOB yang kita lakukan dengan melihat report PPOB. Semua transaksi yang sudah kita lakukan, baik kita ingin membayar tagihan Telkom, listrik PLN, PDAM, kredit Adira, FIF dan lainnya akan tercatat dalam report PPOB tersebut. Tentu ini sangat penting agar kita bisa melihat perkembangan yang sudah kita jalani.

Untuk pencetakan struk PPOB itu bisa dilakukan secara online dan offline. Print struk PPOB online berarti kita langsung melakukannya sambil terhubung dengan internet. Sementara cetak struk PPOB offline, berarti kita bisa melakukannya tanpa harus tersambung dengan jaringan internet.

Mana yang lebih baik? Tentu saja setiap sistem memiliki kelebihan dan kekurangannya masing-masing. Kalau kita gunakan cetak struk PPOB online itu maka keuntungannya sebagai berikut.

  1. Tidak ribet. Karena begitu kita selesai lakukan transaksinya, setelah itu kita bisa langsung cetak struknya dan kemudian berikan kepada pelanggan.
  2. Lebih cepat. Karena proses pencetakan struk bisa langsung dilakukan saat itu juga selepas transaksi PPOB berhasil dilakukan.

Sementara kalau kita gunakan cetak PPOB offline, maka keuntungannya adalah tidak memerlukan koneksi internet. Andaikan saja terjadi gangguan sambungan internet, maka Anda tetap bisa melakukan cetak struk tersebut.

Memang untuk cetak struk PPOB offline itu sebetulnya tetap membutuhkan koneksi online. Terutama untuk mengambil data ketika melakukan transaksi. Baru setelah data transaksi itu berhasil kita dapatkan, pencetakannya dilakukan tanpa koneksi internet (offline). Dengan demikian, boleh dibilang sekalipun disebut cetak struk offline, namun tetap dalam tahapan sebelumnya membutuhkan koneksi internet untuk menjalankan transaksinya.

Contoh Struk PPOB, Format, dan Informasi di Dalamnya

Aplikasi Report Cetak Kertas Struk PPOB Online & Berikut Contohnya

Dalam sebuah struk PPOB itu termuat banyak informasi terkait dengan tagihan yang dibayar konsumen. Untuk lebih jelasnya, berikut ini beberapa contoh struk yang memuat informasi tagihan/pembayaran yang dilakukan konsumen.

Contoh struk pembayaran Pascabayar

Dalam struk ini memuat informasi yaitu:

  • IDPEL : berisi ID atau nomor pelanggan PLN
  • Nama: Nama pelanggan PLN tersebut
  • Tarif/Daya: Golongan tarif serta daya listrik yang digunakan
  • Rp Tag PLN: Jumlah nominal tagihan listrik yang harus dibayar
  • REF: Kode referensi transaksi yang sudah berhasil dilakukan
  • No struk: Berisi nomer struk yang dikeluarkan oleh loket PPOB pada hari itu
  • Tanggal: tanggal terjadinya transaksi
  • BLN/TH: Bulan dan tahun transaksi dilakukan
  • Stand meter: berisi nomor meteran listrik yang ada di rumah pelanggan

Selain itu dijelaskan juga mengenai admin bank dan rupiah bayar yang berisi total nominal yang harus dibayarkan konsumen.

Struk PPOB Listrik Prabayar

Struk PPOB Listrik Prabayar

Dalam struk listrik prabayar yang Anda keluarkan kepada konsumen, berisi:

  • Nomor meter: nomor meteran listrik prabayar pelanggan
  • ID pelanggan: nomor ID pelanggan PLN
  • Nama: Nama lengkap pelanggan
  • Tarif/Daya : Jenis golongan tarif dan besar daya pelanggan
  • No. Ref: berisi kode transaksi suksesnya transaksi yang dilakukan
  • Rp Bayar: Jumlah pembayaran yang dilakukan pelanggan saat membeli listrik
  • Tgl pembelian: tanggal dilakukannya transaksi pembelian listrik
  • Admin bank: jumlah admin bank yang dikenakan kepada konsumen
  • PPJ: pajak penerangan jalan yang berisi pembayaran yang dilakukan konsumen terhadap PPJ. Seperti kita tahu, setiap pelanggan PLN itu membayar PPJ sebagai sumbangsih dalam penerangan jalan umum
  • Rp Stroom/Token: Jumlah rupiah yang dipakai untuk pembelian listrik token PLN
  • Jumlah KWH: jumlah kWh listrik yang didapatkan dari transaksi tersebut
  • Stroom/Token: berupa kode token listrik yang nantinya perlu kita masukkan ke dalam meteran PLN untuk menambah pulsa PLN.

Struk PPOB Tagihan Telepon Telkom

Struk PPOB Tagihan Telepon Telkom

Pada struk telepon Telkom ini berisi sejumlah data meliputi:

  • Tanggal bayar: berisi tanggal pembayaran tagihan telepon yang Anda lakukan:
  • No Jastel: berisi nomor telepon Anda
  • Nama: Berisi nama lengkap pemilik nomor telepon
  • Divre/Datel: menjelaskan mengenai divisi regional (divre) dan daerah telkom (datel) Telkom
  • No Ref: berisi nomor referensi untuk pembayaran yang Anda lakukan
  • Periode: Berisi bulan pembayaran tagihan
  • Tagihan: Berisi jumlah tagihan yang dilakukan pelanggan untuk membayar telepon
  • Admin bank: Nilai biaya admin yang dibayarkan oleh pelanggan

Itulah beberapa contoh beberapa struk PPOb serta informasi yang terkandung di dalamnya.

Kemudian mengenai format struk PPOB ini ada beberapa jenis. Namun secara umum bisa dibedakan dalam dua jenis, yaitu:

  1. Struk format horizontalStruk ini bentuknya horisontal seperti beberapa contoh di atas. Konsekuensinya kemudian printer atau alat pencetak struk ini biasanya berukuran besar.
  2. Struk format vertikal
    Struk model ini bentuknya memanjang dari atas ke bawah. Jadi kebalikan dari struk horizontal yang memanjang dari kanan ke kiri. Namun untuk data informasi yang tercantum baik struk horizontal maupun vertikal ini sama saja. Hanya saja kalau kita struk format vertikal ini biasanya ukuran kertasnya lebih kecil dibanding yang berformat horisontal. Dengan kata lain, kita bisa lebih irit kertas.

Mengenali Struk PPOB Asli

Bagi konsumen yang belum familiar dengan PPOB, mungkin kadang ada keraguan apakah pembayaran yang dilakukannya sah atau tidak. Mungkin konsumen tersebut sebelumnya sudah terbiasa kalau mau bayar listrik harus datang ke kantor PLN, kemudian kalau mau bayar telepon harus datang ke kantor Telkom.

Padahal sekarang sudah banyak loket PPOB online yang membuat pembayaran apapun bisa dilakukan tanpa harus pergi jauh. Nah, kalau Anda sebagai agen PPOB perlu ikut menjelaskan bahwa loket PPOB yang Anda buka sah secara hukum dan transaksi yang dilakukan juga valid.

Selain itu, konsumen nantinya juga akan mendapatkan struk untuk setiap pembayaran PPOB yang dilakukannya. Dalam struk tersebut juga tercantum secara jelas mengenai data pelanggan dan total nominal yang dibayarkan.

Selain itu juga ada kode referensi untuk setiap transaksi dilakukan. Ciri lainnya lagi biasanya terdapat tulisan “struk ini sebagai bukti pembayran yang sah”. Nah dengan begitu kalau tetangga kiri-kanan Anda mungkin termasuk awam, Anda harus dengan sabar menjelasknnya bahwa loket PPOB yang Anda buka itu memang melayani transaksi pembayaran PLN, Telkom, multifinance, BPJS kesehatan dan lainnya.

Jika misalnya ada pelanggan yang masih kurang percaya, sarankan saja setelah dia menerima struk terebut untuk meng-cross checknya ke kantor lembaga terkait. Misalnya dia baru saja bayar listrik di loket PPOB Anda, kemudian mintalah kepada pelanggan untuk membawa struk tersebut ke kantor PLN terdekat untuk bertanya apakah transaksi pelunasan tagihan listrik yang sudah dilakukannya itu benar atau tidak. Dengan demikian, pelanggan Anda pun nantinya tidak ada keraguan lagi untuk selalu bertransaksi di loket PPOB milik Anda.

Aplikasi Cetak Struk PPOB Online Offline Paling Bagus

Sebagai pemilik loket PPOB, tentu Anda akan sering bersentuhan dengan aplikasi cetak struk PPOB ini. Sebab setiap kali akan bertransaksi akan menggunakan software tersebut.

Mengenai apa aplikasi cetak struk PPOB yang paling bagus, tentu kita inginnya aplikasi yang memiliki kemampuan sebagai berikut.

  1. Anti ngadat. Artinya, aplikasi tersebut jarang mengalami gangguan. Kalau pun ada masalah, dengan cepat tim support penyedia PPOB itu akan memberikan bantuan pada Anda.
  2. Gratis. Aplikasi PPOB harusnya gratis. Sebab aplikasi tersebut dirancang oleh perusahaan yang menjalankan bisnis PPOB. Dengan kata lain, perusahaan itu sudah siap melakukan investasi untuk pembuatan aplikasi yang bagus. Sebab itu artinya mereka serius saat menjalankan bisnis PPOB ini dan mengajak orang-orang untuk menjadi mitra maupun agen.Dengan aplikasi yang gratis, tentu juga keuntungannya bagi kita sebagai pemilik loket, tidak perlu terbebani. Sebab modal untuk pembuatan dan pemeliharaan aplikasi itu sudah ditanggung oleh perusahaan PPOB tempat kita bernaung. Kalau aplikasinya masih harus bayar, tentu itu akan menggerus modal atau keuntungan yang kita dapatkan sebagai pengelola loket PPOB.
  3. Sistem handal. Maksudnya, sekalipun aplikasi itu melayani 10.000 transaksi sekaligus dalam satu waktu, tidak menjadi masalah. Sebab kekuatan server dan dukungan dari tim IT-nya sangat mumpuni. Dengan demikian, kita sebagai pemilik loket PPOB juga bisa melayani konsumen dengan lancar tanpa hambatan.
  4. Real time. Aplikasi PPOB itu harus mampu menjalankan fungsinya secara real time saat ini juga. Begitu ada transaksi pembayaran listrik misalnya yang Anda lakukan saat ini, maka beberapa saat kemudian transaksinya sudah sukses. Sehingga Anda pun bisa lekas mencetak struk dan menyerahkannya kepada konsumen yang menggunakan jasa Anda ini.

Aplikasi PPOB Kudo memenuhi syarat penting tersebut. Sebab Kudo merupakan perusahaan teknologi besar dan memiliki SDM hebat untuk mewujudkan aplikasi PPOB yang lancar dipakai di seluruh Indonesia. Ada lebih dari 300 karyawan Kudo sejauh ini. Ini menandakan bahwa perusahaan yang satu ini memang memiliki modal yang tidak main-main untuk mewujudkan sistem PPOB yang seperti diharapkan semua agen. Terbukti dengan lebih dari 250.000 orang Indonesia yang sudah bergabung bersama Kudo untuk menjadi wirausahawan online.

Manfaat Report PPOB bagi Pemilik Loket

Sebagai pemilik loket PPOB tentu Anda perlu memantau perkembangan bisnis Anda ini. Terlebih lagi kalau usaha PPOB ini makin besar dalam arti setiap harinya bisa melayani ratusan atau bahkan ribuan transaksi. Tentu akan sangat merepotkan kalau harus mencatatnya secara manual.

Untuk itulah tersedia fasilitas report PPOB dimnaa Anda sebagai pemilik loket bisa menggunakannya untuk:

  • Melihat transaksi yang sudah dilakukan.
  • Melihat history deposit yang Anda lakukan
  • Melihat komisi yang Anda peroleh, baik yang sudah terbayar atau beluim.

Dalam report PPOB itu akan tertera dengan jelas untuk setiap transaksi yang Anda lakukan, mulai dari tanggal transaksi, jenis transaksi PPOB yang Anda lakukan, berapa jumlah nominal transaksinya, dan berapa komisi yang Anda dapatkan.

Dengan begitu akan mudah bagi Anda untuk memantau bagaimana perkembangan loket PPOB Anda dari hari ke hari. Anda pun jadi bisa tahu pada saat kapan biasanya pelanggan banyak datang untuk membayar tagihannya. Dengan evaluasi semacam ini, maka Anda pun bisa melakukan persiapan agar loket PPOB anda bisa lebih baik lagi.

Misalnya setelah Anda analisa, ternyata banyak pelanggan Anda yang membayar listrik pada tanggal 9 pada setiap bulannya. Maka Anda pun bisa melakukan persiapan yang lebih baik agar semua transaksi bisa dilayani dengan lebih optimal pada tanggal tersebut.

Kertas Struk PPOB Murah Berkualitas

Salah satu bahan yang akan sering digunakan ketika membuka loket PPOB adalah kertas struk. Kertas ini kita gunakan untuk mencetak struk sebagai tanda bukti atas transaksi yang dilakukan. Agar biaya operasional Anda rendah, Anda bisa membeli struk kertas PPOB yang harganya murah namun tanpa melupakan kualitasnya. Dimana membelinya?

Kalau Anda sudah menjadi agen Kudo, Anda bisa sekalian membelinya di toko online tersebut. Jadi selain harganya murah, Anda pun masih mendapatkan komisi atas pembelian yang Anda lakukan itu.

kertas struk ppob di kudo

Kertas struk tersebut ada berbagai macam jenis. Anda bisa memilih sesuai dengan jenis printer yang Anda gunakan. Salah satunya adalah struk PPOB polos dengan ukuran kertas A4 dibagi 2. Selain itu ada juga kertas PPOB polos A4 yang dibagi 3.

Anda bisa sesuaikan dengan jenis printer yang dipakai. Kalau secara efisiensi, tentu lebih baik memilih yang ukurannya lebih kecil. Agar nantinya biaya cetak kita per transaksinya juga lebih hemat.

Selain itu biasanya ada juga yang menjual kertas PPOB yang berlogo bank tertentu, seperti misalnya kertas PPOB BTN, Bukopin, BRI, dan lainnya. Kalau memang Anda menjadikan bank tersebut sebagai sarana transaksi PPOB, tentu tak msalah menggunakannya. Tapi kalau Anda ingin membranding sendiri usaha PPOB Anda ini, sebaiknya pilih kertas struk polos. Sehingga nantinya Anda bisa setting saat mencetak struk tersebut bisa ditambahkan dengan nama loket PPOB Anda.

Ukuran Kertas Struk PPOB Berbagai Jenis

Sekarang kita bahas mengenai ukuran kertas struk PPOB. Mengenai ukuran kertas ini bergantung dari jenis printer yang kita pakai. Namun secara umum, jenis kertas PPOB itu sebagai berikut

  • Kertas struk ukuran kuarto: 24cm x 28cm. Nah kertas struk PPOB ukuran kuarto ini ada yang terbagi menjadi 2, 3, 4 lembar untuk setiap kertasnya. Jadi misalkan untuk kertas struk kuorto yang sudah terbagi menjadi empat lembar struk, berarti dalam 1 rim (500 lembar) itu bisa digunakan untuk 500 x 4 = 2.000 transaksi.
    Nah, dengan begitu Anda bisa mengkalkulasi berapa kebutuhan kertas struk untuk loket PPOB Anda. Misalkan saja kalau dirata-rata, loket PPOB Anda tiap harinya melayani sekitar 30 transaksi. Jika dikalikan 30 hari dalam 1 bulan, berarti 30 X 30 = 900 lembar kertas. Jadi, kesimpulannya, untuk 1 rim kertas kuarto A4 yang dibagi 4 itu bisa digunakan lebih 2 bulan untuk operasional PPOB online Anda.
  • Kertas struk HVS ukuran 57x 48 mm. Untuk kertas ini seringnya digunakan untuk kalkulator struk. Sebab memang ukurannya hanya 5,7 x 4,8 cm. Jika memang Anda memiliki printer jenis ini, Anda bisa membeli kertas struk berukuran ini di Kudo.
  • Kertas struk roll ukuran 75mm x 60 mm. Kertas model ini biasanya digunakan untuk noimor antrian. Tapi tidak masalah juga jika seandainya Anda memiliki printer yang bisa digunakan untuk mencetak struk PPOB dalam ukuran tersebut.

Itulah beberapa jenis ukuran kertas struk yang bisa Anda gunakan untuk bertransaksi PPOB. Disarankan Anda sebaiknya membeli kertas struk yang sudah ada perforasinya (potongan kecilnya). Sehingga nantinya akan memudahkan saat Anda ingin memotong kertas tersebut untuk diserahkan kepada konsumen sebagai bukti pembayaran.

Kemudian untuk printernya sebaiknya Anda memilih printer struk berukuran kecil. Sebab ukurannya yang mini akan menghemat space dan juga nantinya struknya pun akan berukuran kecil. yang penting hasil cetakannya jelas terbaca.

Agar lebih mudah lagi Anda bisa beli bluetooth prnter yang tersedia di toko Kudo. Printer ini ukurannya kecil, menggunakan koneksi bluettoth, dan gampang digunakan. Jadi Anda tidak perlu repot dengan kabel yang melilit-lilit lagi karena transaksi pembayaran PPPOB yang Anda lakukan melalui HP bisa langsung dihubungkan dengan mobile printer ini.

Download Aplikasi di Google Playstore

Untuk menggunakan aplikasi cetak struk ini sangat mudah. Sebab Anda bisa mendowlnload di Google Playstore.

Menggunakan aplikasi Kudo merupakan solusi all-in untuk semua kebutuhan loket PPOB sekaligus berbisnis online. Sebab aplikasi ini bisa digunakan untuk banyak kebutuhan. Selain tentu bisa untuk melakukan transaksi PPOB, juga bisa untuk mencetak transaksi yang dilakukan, dan juga bisa dipakai untuk menjalankan bisnis online.

Aplikasi Kudo ini tersedia gratis di Google Play. Sampai saat ini aplikasi ini dipakai oleh sekitar 1 juta pengguna. Dari jumlah penginstall tersebut bisa kita ketahui bahwa aplikasi ini memang penuh manfaat. Sekaligus membuktikan bahwa aplikasinya memang bagus.

Sebab jika aplikasi tersebut tidak bagus, maka otomatis akan di-uninstall oleh penggunanya. Seperti yang kita tahu sendiri, untuk menginstall maupun meng-uninstall sebuah aplikasi itu sangat mudah. Kita tinggal tekan tombol install maupun uninstall.

Melihat banyaknya pengguna aplikasi PPOB Kudo menjadi bukti nyata manfaat aplikasi ini. Dari pengalaman pengguna, banyak yang menyukai aplikasi PPOB Kudo karena:

  1. Multi manfaat.Menggunakan aplikasi Kudo bukan hanya bisa dipakai buat berjualan pulsa atau membayar tagihan listrik seperti umumnya aplikasi PPOB, tapi sekaligus bisa dipakai untuk berjualan online.
  2. Transaksi lancar. Berkat dukungan server dan tim IT yang handal menjadikan proses transaksi pembayaran listrik, telepon, tv kabel dan lainnya bisa berlangsung cepat dan aman.
  3. Promonya banyak. Di aplikasi Kudo sering ada promo yang diberikan. Mulai dari pembelian pulsa murah, pembayaran transaksi PPOB bebas biaya admin, dan lainnya. Dengan begitu Anda pun sebagai agen PPOB bisa mendapatkan keuntungan yang lebih banyak.
  4. Komisi PPOB besar. Komisi yang diberikan Kudo untuk setiap transaksi PPOB nominalnya besar. Dengan begitu keuntungan yang diperoleh pun lebih banyak.
  5. Ada bonus menarik. Tersedia juga bonus besar dengan menggunakan kode referal. Sehingga selain mendapatkan komisi dari setiap transaksi, Anda juga berhak mendapatkan bonus tambahan jika mengajak orang untuk menggunakan aplikasi Kudo. Caranya pun mudah, Referensi Anda ini hanya perlu memasukkan kode referal saat mendaftar untuk menggunakan aplikasi Kudo.

Banyak kan manfaat yang Anda dapatkan jika bergabung sebagai agen Kudo?

So, kalau Anda masih belum bergabung, sekarang waktunya untuk memanfaatkan HP Anda agar bisa menghasilkan pundi-pundi uang yang tak terbatas. Anda bisa membuka loket PPOB secara gratis dan juga dengan deposit yang sangat minimal.

Tentu dengan begitu juga akan meringankan Anda yang mungkin tidak punya modal besar tapi ingin mulai berwirausaha. Kudo memfasilitasinya melalui aplikasi yang dimilikinya. Siapa tahu ini bisa menjadi jalan sukses Anda.

Nah, sekarang mari kita bahas mengenai cara untuk mencetak struk PPOB. Seperti kita tahu kalau kita membuka loket PPOB, setelah kita sukses melakukan sebuah transaksi yang ingin dilakukan konsumen, maka kita pun berkewajiban untuk memberikan bukti struk transaksi. Mari simak di bawah ini caranya.

Cara Cetak Struk PPOB Online dan Offline

Cara Cetak Struk PPOB Online dan Offline

Untuk mencetak struk PPOB itu sangat mudah. Berikut ini langkah-langkahnya.

  1. Nyalakan tombol power pada printer dan pastikan lampunya menyala.
    kertas struk ppob kudo 1
  2. Kemudian buka aplikasi kudo, login dan kemudian masuk ke menu “Rekam transaksi”.
  3. Pilih tagihan PPOB yang sudah Anda lakukan dan ingin dicetak.
  4. Lalu tekan tombol “Cetak”.
  5. Jika muncul pesan bahwa “Koneksi tidak ditemukan”, yang perlu Anda lakukan adalah dengan klik tombol “Ijinkan”.
  6. Kemudian akan muncul pemberitahuan yang bertuliskan “sebuah aplikasi ingin mengaktifkan bluetooth untuk perangkat ini”. Klik “izinkan”.
  7. lalu klik “tambah perangkat”
  8. Lalu pilih perangkat printer yang muncul di HP Anda.
  9. lalu tunggulah sampai smartphone Anda ini terhubung dengan printer. Jika sudah tersambung maka perangkat tersebut akan muncul pada layar HP Anda.
  10. Jika sudah tersambung, maka Anda bisa tekan tombol kembali pada HP Anda sampai muncul halaman yang terdapat tombol CETAK tadi.
  11. Lalu tekan tombol “Cetak”.
  12. Maka kemudian akan muncul perangkat printer yang sudah terhubung dengan smartphone Anda.
  13. nah, selanjutnya Anda tekan pada printer tersebut dan kemudian tunggu beberapa saat.
  14. Maka struk PPOB ini pun akan langsung tercetak.

Begitulah cara mudah untuk mencetak PPOB langsung secara online. Cara yang kurang lebih sama Anda lakukan ketika ingin mencetaknya secara offline. Yang penting data transaksi tagihan tersebut sudah Anda simpan terlebih dulu, jadi selanjutnya Anda tinggal meng-printnnya sesuai langkah-langkah tadi.

Tips Report PPOB Sukses Anti Gagal

Supaya report PPOB yang Anda lakukan berhasil sukses, ada beberapa hal yang perlu Anda lakukan.

  1. Tidak lupa user ID dan password. Untuk setiap kali login ke website report PPOB itu membutuhkan user ID dan password. Karena itulah Anda jangan lupa mengenai data tersebut.Kalau menggunakan PPOB Kudo lebih mudah. Sebab untuk masuk sebagai user ID-nya bisa menggunakan alamat email atau no HP Anda. Tentu, Anda lebih mudah untuk mengingatnya dibandingkan username (user ID). Bahkan kalau di PPOB Kudo Anda pun bisa masuk dengan menggunakan akun Faceboook Anda. Jadi lebih simpel kan?
  2. Koneksi internet. Pastikan kelancaran sambungan internet yang Anda pakai. Kalau jaringan internet Anda lancar, pasti dengan mudah Anda bisa masuk untuk memantau transaksi yang sudah Anda lakukan sekaligus melihat bagaimana perkembangan loket PPOB Anda.
  3. Smartphone handal.Semakin baik HP yang Anda pakai dalam arti spesifikasinya tinggi akan ikut berpengaruh terhadap cepat tidaknya akses yang Anda lakukan saat membuka web report tersebut. Untuk itu, tidak ada salahnya kalau Anda berinvestasi dengan membeli HP bagus untuk menunjang bisnis PPOB ini

Begitulah sejumlah tips agar tiap kali Anda ingin melihat report PPOB Anda bisa berlangsung lancar. Praktekkan cara di atas dan kembangkan terus usaha online Anda bersama Kudo. Ada jutaan barang yang tersedia di Kudo yang siap dipasarkan. Anda bisa tawarkan barang dan layanan tersebut kepada orang-orang terdekat Anda. Siapa tahu barang dan layanan PPOB tersebut sedang mereka butuhkan. Anda pun bisa menyediakannya dengan cepat dan mudah melalui Kudo.