Kiat Sukses Interview bagi Fresh Graduate
12Jun

Kiat Sukses Interview bagi Fresh Graduate

Banyak dari para sarjana yang baru lulus atau biasa disebut dengan fresh graduate ini melamar ke berbagai tempat. Ketika dipanggil interview, tentu saja ada persaan senang dan tegang. Senang karena interview merupakan tahap lanjutan dari proses melamar pekerjaan dan tegang karena ketika interview nanti akan berhadapan langsung dengan pihak perusahaan. Nah, mungkin Anda adalah salah satu fresh graduate yang akan segera menjalani interview. Berikut ada beberapa interview yang dapat membuat proses interview Anda berjalan dengan lancar, mudah dan dijamin akan membuat pihak perusahaan tertarik untuk menerima Anda.

Saat ini, sebagai anak muda, bekerja dalam bidang teknologi menjadi salah satu pilihan. KUDO adalah sebuah perusahaan teknologi yang menyediakan platform yang memungkinkan setiap orang dapat memiliki . Terhubung dengan jutaan produk terbaik, KUDO memungkinkan setiap orang menjadi reseller berbagai produk dengan segala kemudahan dan harga terbaik.

Berlatih
Sebelum interview, tak ada salahnya bagi Anda untuk berlatih dahulu. Berlatih sebagai kiat interview dapat Anda coba beberapa waktu sebelum waktu interview tiba. Anda dapat membuat list pertanyaan yang mungkin akan ditanyakan oleh pihak perusahaan. List pertanyaan ini dapat Anda tanyakan dulu ke teman atau keluarga yang sudah pernah interview ketika melamar suatu pekerjaan. Jika Anda sudah memiliki list nya, maka Anda siapkan segera jawaban yang sesuai dengan pertanyaan-pertanyaan tersebut. Anda dapat berlatih sendiri di depan cermin atau meminta bantuan teman atau keluarga untuk berpura-pura menjadi orang dari perusahaan yang akan menginterview Anda. Sebaiknya, Anda berlatih bersama orang lain agar apabila ada kesalahan atau kekurangan, Anda dapat memperbaikinya dengan segera. Ada beberapa hal yang perlu Anda latih sebelum melakukan proses interview ini, antara lain adalah sebagai berikut:

  • Gaya bicara
    Anda harus melatih betul gaya bicara Anda. Apabila Anda memiliki suara yang cukup keras atau cukup pelan, mintalah orang lain mendengarkan dan mintalah saran berapa volume suara yang ideal ketika melakukan interview. Jangan sampai ternyata suara yang Anda miliki terlalu keras atau terlalu pelan karena hal tersebut pasti akan mempengaruhi penilaian. Melatih gaya bicara sebagai kiat sukses interview harus Anda terapkan demi kelancaran proses interview Anda.
  • Bahasa tubuh
    Walaupun interview sering kali dilakukan dengan cara duduk, namun tak ada salahnya Anda melatih bahasa tubuh Anda. Minta orang lain untuk melihat Anda ketika bicara, dan minta penilaian apakah bahasa tubuh Anda wajar atau berlebihan. Contohnya, bila Anda terlalu sering menggunakan tangan ketika berbicara, Anda dapat menguranginya karena terlalu banyak gerakan tangan akan membuat pihak perusahaan terganggu.

Jangan Tegang dan Jangan Terlalu Santai
Bila Anda di interview, tunjukanlah raut wajah gembira atau bahagia yang wajar. Usahakan jangan sampai pihak perusahaan mengetahui bahwa Anda sedang tegang ketika akan interview. Ada beberapa cara yang dapat dilakukan supaya Anda tidak merasa tegang, antara lain :

  • Atur nafas Anda secara teratur ketika berbicara
  • Jangan terburu-buru
  • Jangan memikirkan hal lain selain interview ini
  • Jangan terlalu memikirkan hasilnya ketika Anda sedang interview supaya lebih konsentrasi.

Bersama KUDO, bisnis dapat dikembangkan dengan efektif dan efisien. Dengan modal yang rendah minimal Rp 10.000,-, bisnis dapat dimulai dengan memiliki di handphone. Pemesanan produk dapat dilakukan dengan mudah dan transaksi dapat berjalan dengan aman.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *