26Jul

Pengertian Komunikasi Bisnis & Pentingnya dalam Mempengaruhi Keberhasilan Usaha

Tidak ada yang bisa menyanggah fakta bahwa era globalisasi ini membawa berbagai dampak di kehidupan manusia. Ada dampak negatif maupun positif. Karena perkembangan teknologi ini tidak bisa dihindari lagi, yang kita harus lakukan bukanlah menghindarinya, melainkan beradaptasi dan memfilter dengan baik teknologi-teknologi tersebut.

Teknologi mempengaruhi hampir seluruh bidang, salah satunya adalah bisnis. Bisnis di jaman sekarang jauh lebih membludak daripada bisnis di jaman dua puluh tahun yang lalu. Itu sebabnya kini persaingan bisnis menjadi sangat ketat dan semakin kejam.

Persaingan bisnis juga merupakan hal yang tidak bisa dihindari. Oleh karena itu para pengusaha berusaha untuk terus mengembangkan diri dan perusahaan untuk menjadi yang lebih baik. Berbagai hal dilakukannya, seperti memajukan pelayanan demi pelanggan, berinovasi untuk produk-produk baru dan lain sebagainya.

Hal terpenting yang krusial dan tidak boleh dilupakan demi lancarnya bisnis adalah sebuah strategi. Dengan adanya strategi bisnis, perusahaan dapat menciptakan relasi yang baik dengan klien, perusahaan lain, pemerintah, dan pihak-pihak terlibat lainnya. Untuk menguasai hal itu, dibutuhkan sebuah kemampuan komunikasi bisnis yang bagus.

Para pengusaha kini kerap kali membekali karyawannya untuk mengerti dasar dan paham dari komunikasi bisnis. Mulai dari pengertian, perilaku-perilaku praktis dan pengaruhnya dalam bisnis ke depannya. Pada artikel kali ini, kami akan membahas mengenai serba-serbi komunikasi bisnis yang wajib Anda ketahui sebagai pengusaha atau pemilik bisnis.

 

Pengertian Komunikasi Bisnis Menurut Para Ahli

Para ahli banyak mengeluarkan pendapatnya terkait komunikasi bisnis, walau demikian intinya masih tetap sama. Berikut ini adalah beberapa pendapat para ahli.

  • Djoko Purwanto

Komunikasi bisnis merupakan komunikasi yang digunakan dalam dunia bisnis yang mencangkup berbagai macam bentuk komunikasi, baik itu verbal maupun non verbal guna mencapai suatu tujuan tertentu.

  • William Albig

Komunikasi bisnis adalah pertukaran informasi, gagasan, pendapat, intruksi yang memiliki tujuan tertentu yang disajikan secara personal maupun intrapersonal melalui simbol-simbol atau sinyal.

  • William C.Himstreet dan Wyne Murlin Baty

Proses pertukaran informasi antar individu melalui sistem yang lazim baik itu dengan simbol-simbol, sinyal atau perilaku dan tindakan.

  • Cutris

Komunikasi bisnis adalah komunikasi yang terdapat dalam organisasi bisnis dalam pertunjukan untuk memecahkan masalah dan membuat keputusan. Menurut posisi yang lebih tinggi dalam bisnis, ia semakin bergantung terhadap keahlian orang lain untuk membuat keputusan dan memecahkan masalah.

Tujuan Komunikasi Bisnis

Ada 3 tujuan utama dalam komunikasi bisnis yaitu: Memberi informasi, persuasi, dan melakukan kolaborasi dengan pelanggan. Berikut penjelasannya.

  • Memberi Informasi

Memberikan informasi seputar dunia bisnis terhadap pihak lain. Contoh, jika seorang pimpinan perusahaan ingin memperoleh pegawai yang diharapkan, maka ia akan memasang iklan melalui media.

Dalam hal ini terdapat kelebihan dan kekurangan pada setiap media, oleh karena itu harus pintar-pintar memilih mana media yang paling tepat.

  • Memberi Persuasi

Persuasi diberikan kepada pihak lain agar apa yang disampaikan bisa dipahami dengan benar. Hal seperti ini sering dilakukan terutama pada hubungan akan penegasan konfirmasi pesanan pelanggan, dengan tujuan supaya kedua belah pihak mendapatkan tidak ada yang dirugikan dan mendapatkan manfaatnya.

  • Melakukan Kolaborasi

Bekerja sama dengan pihak lain atau yang biasa disebut dengan kolaborasi ini memudahkan seseorang dalam melakukan kerja sama bisnis. Teknologi komunikasi sangatlah penting untuk mempererat dalam kerja sama bisnis.

Unsur-unsur Komunikasi Bisnis

Komunikasi bisnis memiliki 6 unsur pokok. Unsur-unsur tersebut terdiri atas:

  • Mempunyai tujuan yang jelas.
  • Pertukaran, dalam hal ini setidaknya melibatkan 2 orang komunikator dan komunikan.
  • Informasi, gagasan, opini, dan instruksi merupakan isi dari pesan yang bentuknya sangat beragam, tergantung situasi, kondisi, dan tujuan.
  • Memakai saluran personal maupun impersonal yang mungkin bersifat tatap muka, memakai media tertentu atau media yang mampu menjangkau jutaan orang secara bersamaan.
  • Menggunakan simbol atau sinyal yang merupakan alat metode yang bisa dimengerti dan dipahami oleh penerima.
  • Pencapaian tujuan organisasi, salah satu karakteristik atau ciri khas yang membedakan organisasi atau lembaga formal dar

Keberhasilan Komunikasi Bisnis

Keberhasilan komunikasi di dalam suatu organisasi akan ditentukan oleh kesamaan pemahaman antara-orang yang terlibat dalam kegiatan komunikasi. Kesamaan pemahaman ini dipengaruhi oleh kejelasan pesan, cara penyampaian pesan, perilaku komunikasi, dan situasi (tempat dan waktu) komunikasi.

Komunikasi organisasi biasanya menggunakan kombinasi cara berkomunikasi seperti lisan, tertulis dan tayangan yang memungkinkan terjadinya penyerapan informasi dengan lebih mudah dan jelas. Secara empiris, pemahaman orang perihal sesuatu hal akan lebih mudah diserap dan dipahami jika sesuatu tersebut diperlihatkan dibanding hanya diperdengarkan atau dibacakan.

Dan akan lebih baik lagi hasilnya jika sesuatu yang dikomunikasikan tersebut, selain diperlihatkan juga sekaligus di praktikkan. Kemampuan berkomunikasi merupakan unsur pokok di antara berbagai faktor personal yang diperlukan untuk mempromosikan manejemen organisasi atau mengatasi konflik manejemen.

Dengan kata lain, kemampuan berkomunikasi efektif sekaligus juga merupakan salah satu ciri mutu SDM karyawan. Istilahnya, komunikasi efektif dalam suatu organisasi dapat diumpamakan seperti darah dalam tubuh dan kunci kesuksesan.

Memulai Bisnis Menguntungkan Bersama KUDO

Itulah tadi beberapa hal yang harus Anda ketahui terkait dengan komunikasi bisnis. Apabila Anda paham dan bisa mengamalkan komunikasi bisnis, maka usaha Anda dijamin akan berjalan dengan lancar.

Komunikasi bisnis tidak melulu bisa diterapkan di bisnis secara fisik saja, namun juga online. Sebut saja KUDO, alias Kios Untuk Dagang Online, tempat jual beli berbasis virtual yang sedang marak akhir-akhir ini. Apabila Anda dapat menerapkan komunikasi bisnis bersama KUDO, maka keuntungan yang Anda dapatkan akan berlipat kali ganda.

Mengapa bisa begitu? Pada dasarnya, dengan menjadi agen KUDO Anda sudah bisa mendapatkan beragam keuntungan dan komisi yang menggiurkan. Tidak hanya itu, kelebihan-kelebihan KUDO juga terletak pada poin-poin sebagai berikut:

  • KUDO memiliki barang-barang serta jasa yang terpilih dan berkualitas.
  • KUDO melayani berbagai macam jasa, termasuk pembayaran tagihan listrik PLN, air, cicilan motor hingga KPR.
  • KUDO juga memungkinkan Anda untuk membeli pulsa elektrik, tiket kereta api.
  • KUDO akan memberikan Anda sejumlah komisi mencapai 70% besarnya apabila Anda berhasil menjual produk di lapak KUDO.
  • Sebagai lapak online, KUDO sangat menjaga keamanan dan kenyamanan bagi para pembeli maupun agen yang mengakses KUDO.
  • KUDO memiliki aplikasi praktis yang bisa Anda akses secara cepat dan mudah di Google Play Store atau App Store.
  • Investasi awal hanya sejumlah sepuluh ribu rupiah saja, dan Anda sudah resmi menjadi agen KUDO.

Lapak online yang berkualitas seperti KUDO tidak mungkin bisa Anda lewatkan. Tingkatkan kualitas diri Anda dengan komunikasi bisnis, dan terapkan kemampuan tersebut bersama KUDO, maka Anda akan mendapatkan keuntungan yang tidak pernah Anda bayangkan sebelumnya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *