15Jun

KUDO, Aplikasi Inovatif Para Agen Kreatif

  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  

Penulis : Yesi Hendriani Supartoyo
Juara 2 Kompetisi Blog
“Semua Bisa Jadi Lewat Aplikasi Kudo”
Awal mula berangkat dari update-an postingan status salah satu kawan di media sosialnya. Kawan tersebut merupakan blogger handal yang aktif dalam dunia blogging. Melalui kalimat yang persuasif disertai pencantuman hesteg #YukJadiPengusaha. Alhasil, insting kepo saya langsung beraksi. Setelah ditelusur, ternyata ada satu aplikasi yang disarankan untuk diunduh. Aplikasi tersebut bernama KUDO.
KUDO itu apa sih?
 
Sumber: Youtube
Oalah, ternyata singkatan dari Kios Untuk Dagang Online (KUDO), merupakan aplikasi berbasisMobile. Dijelaskan bahwa KUDO ini mampu memberikan kemudahan untuk mewujudkan mimpi menjadi PENGUSAHA SAKSESS!
Ciyus? 
Iya! Laman kudo.co.id melansir bahwa KUDO yang berdiri Juli 2014 merupakan perusahaan startupyang berbasis memajukan teknologi berdampak besar untuk jutaan masyarakat Indonesia. Mengembangkan solusi praktis untuk marketplace dan ekosistem pembayaran. Bekerjasama dengan perusahaan e-commerce yang memungkinkan perbelanjaan e-commerce kepada jutaan masyarakat yang tidak memiliki akses atau tidak mau bertransaksi online. Penawaran beragam produk apapun bisa ditemukan online. pun dapat dilakukan secara konvensional dengan metode pembayaran tunai. Tim KUDO merupakan profesional berpengalaman khususnya di bidang teknologi global dan konsultan manajemen. Wow! 
 
Sumber: .co.id
Apa yang BARU?
Pertanyaan seperti ini sedang marak, pun dalam penulisan ilmiah. Semacam suatu kebaruan (novelty). KUDO menetapkan bahwa semua Agen KUDO kini dapat melakukan update; Menu utama kini lebih intuitif dan memakai icon baru yang fresh; dapat langsung dilihat di tiap item demi kemudahan Agen KUDO mengetahui potensi keuntungan; Fitur “Pelangganku” di Menu “Akun” memudahkan Agen KUDO menghubungi dan mengecek pesanan para pelanggan setia; dan Proses pendaftaran yang semakin mudah dalam satu langkah.
Selain itu, beragam jaminan diberikan kepada Agen KUDO, diantaranya:
  • Jutaan Produk di Tangan. TANPA harus memiliki toko dan persediaan, sudah dapat menjual jutaan produk dengan mudah. TANPA biaya produksi dan TANPA perlu stok barang serta masih banyak TANPA-TANPA lainnya. Intinya, Semua Bisa Jadi Pengusaha! Tentunya berjualan semakin nyaman karena kategori produknya sangat lengkap mulai dari beragam kebutuhan , fashion, , hingga pembayaran tagihan. Lebih dari 2 juta produksi dalam negeri hingga kosmetik ternama.
Sumber: kudo.co.id
  • Skema Komisi yang Menarik. Agen KUDO dapat langsung menikmati komisi dari setiap penjualan dan bonus lainnya. Percaya tidak kalau komisi yang dihasilkan bisa berupa penghasilan tambahan hingga JUTAAN RUPIAH setiap bulannya!
Sumber: kudo.co.id (app)
  • Tentukan Modal Sesuka Hati. Bisa mulai berjualan hanya dengan modal minimal Rp 10 ribu!
  • Kelola Usaha dengan Mudah. Kemudahan untuk melacak dan mengelola semua transaksi melalui aplikasi KUDO. Transaksi jual beli juga dijamin aman karena ada fitur REKAM TRANSAKSI yang memudahkan kita untuk melacak transaksi penjualan.
Sumber: kudo.co.id (app)
Sumber: kudo.co.id (app)
Begitu pun jaminan kemudahan bagi para pelanggan yang ingin berbelanja di KUDO, diantaranya:
  • Belanja dijamin aman. Melalui Agen KUDO yang terpercaya (seperti saya, misal! xoxo) setiap transaksi dijamin aman dari penipuan.
  • Pembayaran mudah. Dengan sistem O2O alias Online to Offline maka pembeli dapat membayar produk yang akan dibeli melalui Agen KUDO secara tunai
  • Customer Service (CS) yang responsif. CS KUDO siap membantu untuk menangani keluhan dengan menghubungi nomor +622127513980. KUDO siap membantu senin – jumat pukul 09.00 – 22.00 WIB dan Sabtu, Minggu dan hari libur pukul 11.00 – 21.00 WIB
Sumber: kudo.co.id (app)
  • Kemudahan akses mobile. Pelanggan dapat menikmati kemudahan berbelanja dengan tampilan website KUDO yang sangat mobile friendly
Tertarik?
Yuk, gabung!
Adapun panduan menjadi Agen KUDO lengkap dijelaskan secara rinci dalam Panduan Transaksi. Caranya mudah, berikut langkah-langkahnya:
Sumber: kudo.co.id
Sumber: kudo.co.id
Setelah rasa kepo saya sedikit terpuaskan akan kebermanfaatan dari aplikasi KUDO ini maka saya lalu langsung mempraktekkan langkah-langkah panduan transaksi pendaftaran Agen KUDO via aplikasi dengan mencoba pencarian di GooglePlaystore dan ternyata sudah ada sekitar 10 ribu orang yang mengunduh aplikasi KUDO – Yuk Jadi Pengusaha tersebut. Tanpa menunggu waktu lama saya mengunduhnya dan seketika langsung melakukan aktivasi.
Sumber: kudo.co.id (app)
Saya lalu mendapatkan SMS konfirmasi aktivasi.
dok: pribadi
dok: pribadi
Saya juga mendapatkan kode referral Agen KUDO yaitu A1nkhca, yang mana bila saya sebarkan melalui media sosial atau aplikasi lainnya dan bila berhasil mengajak teman saya untuk registrasi dan melakukan transaksi, dalam arti berhasil mengajak mereka untuk menjadi Agen KUDO juga maka saya otomatis akan mendapatkan bonus saldo referral Agen KUDO sebesar Rp 30 ribu. Penawaran yang menarik! Semakin banyak mengundang maka semakin banyak bonus yang akan didapatkan. Yuhuu!
 
Sumber: kudo.co.id (app)
Saya semakin penasaran untuk membuktikan kemudahan berjualan dengan posisi saya sebagaiAgen KUDO. Hingga tibalah waktunya…
Pada suatu siang di stasiun. Seperti biasa, saya menunggu kereta yang akan membawa saya pulang kembali ke Bogor. Duduk di samping saya seorang mbak-mbak berpakaian necis yang terlebih dahulu membuka obrolan.

“Mba, turun dimana?” Tanyanya
“Turun di Bogor, mba. Kenapa?” Sahut saya
“Mba mahasiswa?” Tanyanya lagi
“Iya” Jawab saya sekenanya.

FYI, sebenarnya tidak hanya sekali dua kali penampilan saya dengan mudahnya ditebak sebagai seorang . Pernah suatu pagi hendak bertolak ke Jakarta dari Bogor, seorang Bapak-bapak juga berhasil menebak dengan jitu bahwa saya mahasiswa IPB. Setelah saya tanya kok bapaknya bisa tahu. Beliau bilang bahwa trademark mahasiswa IPB kemana-mana tas punggungnya gede,bawaannya banyak. Lah!
 
Lanjut…

“Mba, biasanya kan mahasiswa . Mba ada pulsa Telkomsel, gak?”

Saya pengen ketawa pas dengar pernyataannya barusan. Arah tujuan obrolan pembicaraan yang pada awalnya terkesan basa-basi ternyata berujung pada niatan beli pulsa. Wah,Alhamdulillah. Pucuk dicinta ulam pun tiba, pikir saya. Untunglah saya sudah menginstal aplikasi KUDO, jadi saya bisa langsung mempraktekkan jurus berjualan ala AGEN KUDO. *Aha!*
Pada menu Kios saya memilih fitur Pulsa, lalu memilih provider yang hendak dituju.
Sumber: kudo.co.id (app)
Iyesss!
Transfer pulsa berhasil dan mbaknya senang tiada terkira. Begitu pun saya. Memang yang namanya rezeki gak akan kemana. Kayak jodoh #eh
Selain fitur Pulsa, juga tersedia Produk dan Tagihan.
Sumber: kudo.co.id (App)
Sumber: kudo.co.id (app)
Tersedia pula menu Berita yang menyajikan info promo melalui diskon dan potongan harga, serta info menarik lainnya.
Sumber: kudo.co.id (app)
Untuk penambahan saldo juga sangat mudah. Tersedia dua pilihan konfirmasi apakah ingin memilih konfirmasi instan atau manual. Tapi, konfirmasi instan lebih disarankan karena hanya dalam waktu 15 menit, saldo sudah akan bertambah. Sedangkan konfirmasi manual memakan waktu hingga 1×24 jam di hari kerja (Senin – Jumat). Saya melakukan pembelian deposit saldo melalui konfirmasi instan via SMS Banking dan saldo kurang dari 15 menit sudah bertambah.
Sumber: kudo.co.id (app)
Berikut tampilan transaksinya.
dok: pribadi
Guna meyakinkan pembaca bahwa saya benar merupakan Agen KUDO maka berikut ialah informasi profil saya lengkap dengan ID. Agen, Saldo, Total transaksi dan Total komisi hari ini.
Sumber: kudo.co.id (app)
Info Rekam Dana juga terlihat diantaranya info pembayaran dan penambahan saldo.
Sumber: kudo.co.id (app)
Aplikasi KUDO dilengkapi dengan fitur Transaksi dan Agen. Fitur Transaksi menyajikan menu Transaksi Siap Bayar; Rekam Transaksi; Rekam Dana; Tambah Saldo; dan Pelangganku. Sedangkan fitur Agen KUDO menyajikan ReferralAgen KUDO; dan Dompet KUDO. Kategori produk yang tersedia juga sangat lengkap semisal Elektronik; Fesyen; Perhiasan dan Emas; Rumah Tangga; Sehat dan Cantik; Supermarket; Otomotif dan Aksesoris; Perlengkapan Kantor; Kebutuhan Ibu dan Anak; Hobi; dan Kupon dan Voucher.
Sumber: kudo.co.id (app)
Pst, kita sebagai Agen KUDO juga dapat memilih untuk menonaktifkan Mode Agen dengan mengubahnya menjadi Mode Pelanggan, lho. Hal ini membuat orang lain tidak akan bisa melihat besaran komisi yang diberikan kepada Agen KUDO. Fitur ini sangat memudahkan pada kondisi saat ada teman yang mungkin ingin belanja sembari melihat katalog produk menggunakan handphonekita. Durasi waktu yang diberikan cukup 30 menit.
So, aplikasi KUDO yang diusung oleh KUDO Digital Solutions bertujuan memberikan kemudahan untuk mewujudkan mimpi menjadi Indonesia. Pokoknya KUDO membuat pengalaman belanja menjadi jauh lebih mudah. Produknya berkualitas dengan harga yang terbaik. Hal ini dikarenakan pihak KUDO sangat selektif untuk memilih merchant yang akan menjadi partnernya berdasarkan kualitas dengan penawaran harga yang terbaik untuk memastikan kepuasan pelanggan. Selain itu ada lebih dari 2 juta barang yang tersedia. Penawaran beragam produk dimulai dari tiket, elektronik, busana, kosmetik, barang rumah tangga, makanan dan semua kebutuhan semisal pulsa, pembayaran, asuransi dan bahkan cicilan pembayaran. KUDO juga memberikan rasa aman dengan pembayaran secara tunai. Jadi, pelanggan tidak perlu merasa khawatir mengenai sistem transfer uang kepada seseorang yang tidak dikenal. Cukup membayar dengan tunai kepadaAgen KUDO maka seluruh produk yang diinginkan akan dikirimkan langsung dalam hitungan hari saja.
Pastinya KUDO hadir untuk menjawab tantangan dunia digital Indonesia mulai dari perkembangan teknologi, sistem pembayaran hingga kebutuhan belanja online yang memungkinkan SIAPAPUN untuk menjadi pengusaha hanya dengan menggunakan smartphone. Jadi, sekarang bukan jamannya lagi smartphone hanya digunakan untuk menggalau, toh tidak menghasilkan!
Seiring sejalan dengan pemikiran Prof. Philip Kotler, seorang pakar pemasaran dunia, bahwametamarket dapat memfasilitasi semua kegiatan yang tercakup dalam upaya memperoleh sebuah item untuk digunakan atau dikonsumsi. Perusahaan bisa meraup keuntungan dari munculnya metamarket. Agen KUDO sendiri bisa jadi merupakan salah satu perwujudan agen kreatif yang sangat menunjang keberhasilan pemasaran. Agen KUDO dapat disebut gugus wiraniaga yang merupakan salah satu alat bantu pemasaran. Gugus wiraniaga yang berbasis online dan tetap mengandalkan keterampilan komunikasi dan persuasinya. Aplikasi KUDO pun memberikan manfaat yang sama besar bagi si Agen maupun pelanggan. Pelanggan akan memperoleh harga yang semakin transparan dan dapat memesan versi tertentu dari sebuah produk. Sedangkan bagi Agen akan dapat mengikuti perkembangan teknologi sehingga memperoleh manfaat yang besar.
Kini tidak ada lagi alasan untuk menunda kesuksesan. Ayo, bergabung menjadi Agen KUDO, dijamin “Semua Bisa Jadi Pengusaha”!
Cat: Penulis ialah anggota Himpunan Mahasiswa Wirausaha Pascasarjana IPB Bogor. Penulis pernah menjadi narasumber ahli di BPAD Provinsi DKI Jakarta sebagai peneliti ekonomi pada proyek Jakarta e-Learning Center. Saat ini bersama tim sedang mengkonsep ide platform Crowdlending (Crowdfunding berbasis pinjaman). Mohon doanya!
Sumber : http://yesisupartoyo.blogspot.co.id/2016/04/kudo-aplikasi-inovatif-para-agen-kreatif.html

  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *