3 Kuliner Balikpapan Murah Meriah
28Feb

3 Kuliner Balikpapan Murah Meriah

Kota Balikpapan merupakan ibukota dari Provinsi Kalimantan Timur. Kota yang memiliki penduduk sekitar 701.000 jiwa ini berbatasan dengan Kabupaten Kutai Kartanegara sebelah utara, Selat Makasar di sebelah selatan dan sebelah timur dan Kabupaten Panajem Paser Utara di sebelah barat. Secara administratif, Kota Balikpapan terbagi menjadi enam wilayah kecamatan yaitu Balikpapan Utara, Balikpapan Timur, Balikpapan Selatan, Balikpapan Barat, Balikpapan Tengah dan Balikpapan Kota. Balikpapan dijuluki sebagai Kota Minyak dan Manuntung. Kota Balikpapan memiliki maskot yang khas yaitu beruang madu yang keberadaannya nyaris punah di . Kota Balikpapan juga dinobatkan dengan kota dengan biaya hidup termahal di Indonesia. Meski pun begitu, Kota Balikpapan masih memiliki yang bisa menjadi rekomendasi untuk siapa saja yang sedang mengeksplorasi indahnya Bumi Manuntung ini.

Bingka

Bingka merupakan khas Kota Balikpapan yang wajib dibawa pulang jika kita berkunjung ke Kota Balikpapan. Bingka bisa ditemukan dengan mudah di tempat makan murah dan enak di Balikpapan yang ada di kawasan Pelabuhan Semayang dan Stal Kuda. Bingka adalah dengan bahan dasar kentang yang dicampur dengan mentega, telur, santan, gula dan susu. Dari perpaduan bahan-bahan berkualitas tersebut maka terciptalah bingka yang memiliki cita rasa yang manis dan juga gurih. Bingka memiliki berbagai varian rasa seperti rasa durian, keju, pisang, gula merah dan . Bingka juga sudah mengalami inovasi yang mana bahan baku bingka tidak lagi berasal dari kentang namun bisa berasal dari labu. Amplang menjadi oleh-oleh khas Kota Balikpapan yang paling diburu oleh para pengujung Kota Balikpapan karena bingka merupakan inovasi unik dari kentang.

Mantau

Kuliner yang tidak boleh dilewatkan ketika berada di tempat makan murah meriah di Balikpapan adalah mantau atau roti span. Mantau merupakan kuliner khas Balikpapan yang berasal dari akulturasi budaya Indonesia dan Tionghoa. Mantau merupakan roti kukus dengan ukuran sebesar kepalan tangan orang dewasa. Mantau juga bisa disajikan dengan cara digoreng dan disantap dengan daging rusa dimasak dengan racikan bumbu lada hitam. Perpaduan antara mantau dan rusa lada hitam akan menciptakan cita rasa yang manis dan lembut yang berasal dari mantau serta rasa kenyal dan pedas yang berasal dari rusa lada hitam. Tetapi rusa lada hitam juga bisa diganti dengan sapi lada hitam atau ayam lada hitam. Untuk mencicipi perpaduan sempurna antara mantau dan rusa lada hitam kita bisa singgah di Simpang Kilat yang ada di kawasan Jalan Letjen Suprapto, Balikpapan.

Amplang

Amplang adalah camilan khas Kota Balikpapan yang bisa dijadikan oleh-oleh untuk sanak saudara di kampung halaman. Amplang merupakan kerupuk ikan yang terbuat dari ikan belida yang hanya bisa ditemukan di perairan sungai yang ada di Kalimantan. Sayangnya, ikan belida hampir mengalami kepunahan sehingga banyak amplang yang menggantikan daging ikan belida dengan daging ikan tenggiri yang mudah ditemukan di perairan sungai di Kalimantan. Dengan bahan baku daging ikan belida atau ikan tenggiri, amplang dibuat dengan perpaduan bahan-bahan lain seperti tepung tapioka, telur, garam dan rempah-rempah. Amplang memiliki cita rasa yang asin dan gurih yang cocok untuk dijadikan camilan mau pun makanan pelengkap pada bakso, soto, nasi goreng dan makanan yang lainnya. Amplang menjadi oleh-oleh favorit orang-orang yang berkunjung ke Kota Kalimantan karena amplang merupakan makanan yang tahan lama, tidak mudah basi dan juga melempem.

 

Sumber gambar: http://freepik.com