29Nov

Kuliner Malam di Surabaya yang Harus Anda Coba

Jalan-jalan ke Kota menjadi hambar jika Anda tidak sempat mencicipi beragam wisata kuliner khas yang hanya bisa ditemukan Surabaya. Berbagai olahan bahan masakan menjadi lebih istimewa dengan bumbu-bumbu khas Surabaya. Apalagi saat jalan-jalan malam di Surabaya, Anda harus mencicipi berbagai kuliner malam di Surabaya seperti sate, bebek, bubur, soto, dan masih lagi. Meskipun menu-menu tersebut terlihat umum, bumbu yang digunakan tentu berbeda dari daerah lain. Surabaya terkenal dengan rasa yang khas sehingga banyak diminati masyarakat. Bahkan banyak warung yang sudah tersebar di berbagai kota di Indonesia.

Ada beberapa kuliner khas Surabaya yang memang sudah terkenal di seluruh penjuru nusantara. Namun tentu saja jika dicoba langsung di daerah asal makanan, rasanya lebih enak dan berbeda. Inilah dua macam makanan asal Surabay yang patut dicoba keaslian rasanya di Surabaya sendiri.

  1. Sate Ayam Lisidu
    Untuk makanan satu ini pasti sudah terkenal sekali di seluruh penjuru negeri. Namun tentu saja semua orang tahu bahwa sate adalah makanan yang berasal dari Jawa Timur, khususnya Madura. Tentu saja rasanya akan lebih khas jika mencoba langsung dari daerah asal, terutama ke Sate Ayam Lisidu yang sudah terkenal dengan sate daging ayam yang dipotong pipih. Daging ayam ini sudah dimasak terlebih dahulu sebelum dibakar sehingga bumbu meresap sampai ke bagian terdalam daging. Uniknya, Anda bisa memilih bagian daging yang diinginkan, seperti dada, kulit, paha, dan jeroan. Khusus untuk paha dan dada sendiri setiap tusuk hanya terdiri dari daging. Tidak ada lemak sehinga cocok untuk Anda yang sedang menjaga berat badan namun tetap bisa menikmati sedapnya sate saat bertandang ke Kota Pahlawan. Inilah yan menyebabkan Sate Ayam Lisidu menimbulkan sedikit asap saat dibakar. Pembakaranpun dilakukan dengan pas. Tanpa ada gosong sama sekali. Dipadukan dengan bumbu kacang ataupun bumbu kecap membuatnya semakin sedap dimakan malam-malam. Bumbu kacang sate ini juga dibuat secara istimewa. Saking enaknya, sate ini sempat masuk ke istana presiden sebagai jamuan saat peringatan proklamasi. Anda juga bisa mencoba Garang Asem yang tak kalah enak di warung ini.
  2. Bebek Tugu Pahlawan
    Makanan satu ini juga sudah banyak menjadi menu andalan berbagai restoran. Namun Kota Surabaya punya resep khas mengolah bebek menjadi menu yang menggiurkan. Dengan bumbu khas, sajian bebek menjadi lebih enak dan sempurna. Bebek Tugu Pahlawan adalah tempat yang tepat untuk menikmati menu bebek karena warung ini menyajikan menu bebek goreng berbagai ukuran. Warung ini bukan restoran, tapi tenda kaki lima yang terletak di seberang Tugu Pahlawan. Namun warung tenda ini sangat terkenal sampai-sampai Anda harus menunggu meja kosong saking ramainya pengunjung. Menu bebek warung Bebek Tugu Pahlawan digoreng kering dan ditaburi serundeng yang terasa asin gurih. Ditemani dengan nasi hangat dan sambal yang pedasnya mantap, makanan ini seakan menjadi menu andalan di Surabaya. Sangat cocok bagi Anda yang sedang berburu kuliner pedas

Itulah kuliner unik Surabaya yang tidak boleh Anda lewatkan saat berkunjung ke Kota Pahlawan. Harganya pas dan rasanya mantap. Jika Anda beruntung berkesempatan untuk berkunjung ke Kota Surabaya. Sempatkan diri untuk berwisata kuliner berbagai jenis makanan Surabaya yang tidak mungkin Anda temukan ciri khasnya dengan yang ada di daerah lain.

Sumber gambar: http://gregetin.com/