25Apr

Cara Memulai Usaha Bisnis Agar Sukses dan Berhasil

Cara memulai usaha agar sukses dan berhasil. Disadari atau tidak, harga barang-barang kebutuhan pokok selalu mengalami kenaikan dari waktu ke waktu. Bukan hanya harga sembako namun juga tanah, rumah, kendaraan dan lain sebagainya. Naiknya barang-barang kebutuhan dan juga biaya hidup juga dibarengi dengan naiknya UMR atau Upah Minimum Regional. Namun, kadang kita akan tetap merasa kurang dan uang yang dihasilkan tiap bulan tetap kurang mencukupi kebutuhan sehari-hari. Di sini lah kita bisa mulai mempertimbangkan untuk mulai menjalankanbisnis sukses dan berhasil sebagai . Tujuannya tentu untuk mendapat tambahan penghasilan agar bisa mencukupi kebutuhan sehari-hari. ini biasanya akan dikerjakan dari rumah saja agar lebih fleksibel dan menghemat waktu.

Perlu atau tidaknya memiliki bisnis sampingan ini sebenarnya kembali lagi pada kemampuan kita dalam mengelola keuangan. Perencanaan keuangan yang baik akan membuat kita bisa mengelola keuangan dan dapat mencukupi kebutuhan sehari-hari tanpa ada pengeluaran yang terlalu besar untuk satu hal dan mengabaikan pengeluaran yang lain. Mengatur keuangan dapat dimulai saat kita mendapat gaji bulanan. Masukkan penghasilan yang didapat ke dalam pos-pos pengeluaran tersendiri. Termasuk di antaranya adalah untuk konsumsi, tempat tinggal, keperluan tak terduga, hiburan dan lain-lain. Ini akan membuat tiap kebutuhan dapat dipenuhi dalam porsinya masing-masing. Selain itu, tidak akan ada pengeluaran yang terlalu besar ataupun diabaikan.

Namun, walaupun telah merencanakan keuangan secara baik, terkadang uang yang dikumpulkan sebagai tabungan tetap dirasa kurang mencukupi. Terutama untuk memenuhi kebutuhan dan target jangka panjang. Kita tentu memiliki beberapa pencapaian jangka panjang seperti membeli mobil, rumah, naik haji, dan lain-lain. Adanya bisnis sampingan tidak hanya akan membantu pemenuhan kebutuhan sehari-hari, namun juga mengantar kita selangkah lebih dekat ke tujuan jangka panjang ini. Inilah yang membuat bisnis sampingan dirasa perlu untuk dilakukan. Kita bisa menambah besarnya tabungan yang dimiliki untuk digunakan beberapa tahun ke depan.

Bisnis yang bisa dibangun juga bermacam-macam. Umumnya, bisnis ini bisa berupa maupun offline. Sesuai namanya, bisnis online akan mengharuskan kita menggunakan koneksi internet. Sementara bisnis offline bisa dijalankan tanpa internet dari rumah saja. Bisnis offline terutama banyak dipilih di pedesaan yang sinyal internetnya masih belum terlalu kuat. Bisnis ini juga dapat dijalankan di perkotaan. Dikatakan sebagai bisnis offline karena bisnis ini bisa tetap dijalankan tanpa menggunakan koneksi internet. Ada sangat banyak macam dari bisnis offline yang bisa dijalankan, baik di pedesaan maupun di perkotaan. Berikut adalah beberapa di antaranya.

Bisnis Offline Kuliner

Menjual makanan termasuk dalam salah satu bisnis yang mudah ditemukan di mana saja. Kita pasti sering melihat penjual makanan di pinggir jalan atau yang berkeliling kompleks perumahan dengan menggunakan gerobak. Ada banyak faktor yang membuat usaha ini berkembang pesat.

  1. Pertama, makanan merupakan salah satu kebutuhan pokok manusia yang harus dipenuhi tiga kali dalam sehari. Sebagai kebutuhan pokok, tentu saja ada banyak orang yang mencari makanan tiap harinya.
  2. Kedua, untuk makanan ringan atau camilan juga banyak dicari terutama oleh mereka yang hobi ngemil. Makanan ringan ini bisa dikonsumsi di sela-sela waktu makan untuk mengganjal perut.
  3. Ketiga, tidak semua orang bisa dan pintar memasak. Inilah mengapa banyak orang yang lebih memilih untuk membeli makanan daripada membuatnya sendiri.
  4. Keempat, banyak orang yang terlalu sibuk dengan aktivitas harian sehingga tidak sempat memasak. Orang-orang yang sibuk ini juga terbiasa membeli makanan jadi daripada membuatnya sendiri di rumah.

Lokasi juga akan menentukan kesuksesan. Ini karena ada beberapa lokasi serta waktu berjualan tertentu yang berpotensi mendapat lebih banyak pembeli. Penentuan lokasi dan waktu ini juga termasuk dalamcara membangun bisnis kuliner agar berhasil.

  1. Bisnis kuliner biasanya dapat dengan mudah ditemukan di sekitar sekolah atau kampus. Anak-anak sekolah serta kuliah terbiasa membeli makanan, baik makanan berat ataupun ringan, di waktu istirahat atau di sela-sela jadwal belajarnya.
  2. Selain di dekat sekolah atau kampus, bisnis kuliner juga akan memiliki potensi keberhasilan yang lebih tinggi apabila dijalankan di kawasan padat penduduk. Contohnya adalah di wilayah perumahan. Banyak pembeli potensial yang ada di kawasan padat penduduk ini.
  3. Bisnis kuliner dapat pula berhasil apabila didirikan di dekat pabrik atau perkantoran. Sama seperti di kawasan padat penduduk, orang-orang di pabrik serta perkantoran juga kadang tidak memiliki cukup waktu untuk memasak makanan sendiri. Mereka akan memilih untuk membeli makanan jadi di warung. Mendirikan di dekat pabrik serta perkantoran adalah ide yang cemerlang.
  4. Waktu berjualan yang seringkali dipilih adalah menjelang waktu berbuka puasa pada saat bulan Ramadhan. Berjualan pada waktu ini termasuk dalam usaha musiman. Target pembeli adalah kaum Muslim yang tengah menjalankan ibadah puasa. Jenis makanan yang biasa ditawarkan adalah kolak, bubur, es, gorengan, dan lain-lain.
  5. Usaha kuliner musiman lain yang cukup menguntungkan adalah berjualan cokelat di Hari Valentine. Apabila kita gemar membuat camilan cokelat, maka menjualnya menjelang tanggal 14 Februari adalah pilihan yang tepat. Hal ini terkait budaya memberikan cokelat pada pasangan di Hari Kasih Sayang tersebut.

Bisnis Laundry

Di samping bisnis kuliner yang tergolong menguntungkan, bisnis lainnya yang tak kalah berpotensi untuk sukses adalah laundry. Agar dapatmembangun bisnis yang sukses di bidang laundry, terdapat beberapa hal yang harus diperhatikan.

  1. Bisnis laundry pada dasarnya adalah kita mencucikan baju orang lain agar bersih. Sama seperti bisnis kuliner yang sebelumnya sudah dijabarkan, bisnis ini juga berpotensi untuk sukses apabila dijalankan di dekat sekolah, kampus, kawasan padat penduduk serta perkantoran. Hal ini dikarenakan orang-orang yang tinggal di sekitar tempat-tempat tersebut termasuk orang-orang sibuk dan tidak sempat mencuci bajunya sendiri.
  2. Kita harus paham perbedaan jenis mesin cuci, kelebihan dan kelemahannya sebelum . Mesin cuci merupakan alat utama yang digunakan sehingga kita harus benar-benar memilih jenis yang tepat dan mempertimbangkan baik buruknya.
  3. Perhatikan juga penggunaan bahan kimia seperti deterjen, pewangi serta pelembut. Bahan kimia ini biasa ditambahkan dalam proses pencucian dan menjadi faktor penyebab pakaian menjadi bersih. Pemilihan bahan kimia yang tepat akan membuat cucian semakin bersih, wangi dan lembut. Sebaliknya, pemilihan yang kurang tepat dapat membuat cucian justru menjadi rusak.
  4. Kita juga harus tahu jenis-jenis kain pada pakaian yang dicuci. Jenis kain yang berbeda akan membutuhkan penanganan yang berbeda. Selain itu, pahami pula bahwa pakaian yang mudah luntur harus dipisahkan dari pakaian berwarna putih agar tidak menimbulkan noda. Beberapa pakaian yang memiliki noda berat juga harus dicuci secara terpisah.

Modal utama dalam bisnis laundry memang adalah mesin cuci. Namun di samping itu, diperlukan juga aneka peralatan pendukung lainnya.

  1. Mesin cuci terbagi dalam dua jenis, yaitu front load atau bukaan depan dan top load atau bukaan atas. Jenis front load memiliki kelebihan dari segi penghematan ruangan karena bisa ditumpuk, waktu pencucian yang lebih cepat, dan busa yang melimpah. Kekurangannya, mesin cuci ini relatif mahal dan kita tidak bisa menambahkan pakaian saat proses pencucian. Sementara mesin cuci top load memiliki harga yang lebih terjangkau serta bisa ditambahkan pakaian lagi saat proses pencucian tengah berlangsung. Kelemahannya, mesin cuci ini akan memakan ruangan dan waktu pencucian yang lebih lama.
  2. Selain mesin cuci, kita juga membutuhkan deterjen khusus mesin cuci, pelembut dan pewangi laundry. Pewangi laundry ini turut menjadi ciri dari usaha laundry di mana wanginya sangat khas. Kita bisa membelinya dalam kemasan jerigen ukuran literan.
  3. Kita akan turut membutuhkan gantungan pakaian, meja kursi, alat tulis, plastik pembungkus, nota, keranjang cucian, tali, dan beragam kebutuhan lain yang diperlukan untuk memulai usaha laundry.

Bisnis Online Menguntungkan dan Fleksibel

Setelah memperhatikan cara-cara dalammembangun bisnis yang berhasil secara online di atas, saatnya kita mengetahui apa saja bisnis online yang tak kalah menguntungkan. Sesuai namanya, bisnis yang satu ini dijalankan secara online sehingga kita akan membutuhkan koneksi internet dalam prakteknya. Ada sangat banyak kelebihan yang didapat dari bisnis online ini.

  1. Pertama, bisnis online membutuhkan modal yang lebih sedikit dibanding bisnis offline. Untuk membuka toko, misalnya, secara offline kita akan membutuhkan toko fisik berupa kios atau ruko. Kita tentu harus mengeluarkan biaya tambahan guna menyewa kios ini. Sementara dalam praktek berjualan secara online, toko onlinenya bisa kita dapatkan secara gratis melalui akun jejaring sosial ataupun marketplace.
  2. Bisnis online juga lebih fleksibel dan bisa dilakukan kapan saja. Sebagai contoh adalah apabila kita berjualan secara online, maka kita bisa mengerjakannya sambil sekolah, kuliah atau melakukan pekerjaan kantoran. Sementara berjualan secara offline melalui toko fisik akan menuntut kita untuk menjaga toko dalam waktu-waktu tertentu. Kita tidak bisa mengerjakan pekerjaan lain saat bekerja secara offline ini.
  3. Usaha yang didirikan secara online akan bisa menjaring konsumen dalam cakupan wilayah yang lebih luas. Menjual barang secara online akan memungkinkan kita untuk mendapat pembeli dari luar kota, luar pulau atau bahkan luar negeri. Jangkauan yang lebih luas merupakan keuntungan tersendiri karena barang dapat lebih cepat terjual.
  4. Usaha online juga terbilang lebih mudah. Seiring perkembangan zaman, kini kita bisa menawarkan barang atau jasa melalui website, jejaring sosial hingga marketplace khusus. Tersedia wadah untuk kita dalam menjual barang atau jasa secara spesifik. Misalnya adalah marketplace yang khusus menjual layak pakai hingga website khusus di mana kita bisa menjual foto hasil jepretan sendiri.

Namun, juga tidak lepas dari berbagai kekurangan yang menyertainya. Mengetahui apa saja kekurangan dari bisnis online ini akan semakin membantu kita sebelummulai berbisnis online. Tujuannya adalah agar kita bisa meminimalisir resiko yang mungkin terjadi guna semakin meningkatkan kepuasan pelanggan.

  1. Menjual barang secara online dapat dikatakan sama saja seperti menjual kucing dalam karung. Ini karena pembeli tidak akan melihat barang secara langsung. Pembeli tidak dapat melihat ataupun menyentuh bentuk, warna dan tekstur barang secara langsung. Pembeli hanya bisa melihat barang melalui foto ataupun video. Resolusi dari masing-masing kamera dan layar monitor yang berbeda-beda kadang akan membuat warna barang tampak berbeda. Terutama untuk barang yang dipakai seperti baju, sepatu dan tas, pembeli kemungkinan akan merasa kecewa apabila ternyata warna dari barang aslinya tidak sama seperti dalam foto.
  2. Barang yang dibeli secara online juga tidak bisa langsung diterima oleh pembeli. Apabila pembeli berasal dari luar kota apalagi luar negeri, maka barang harus dikirim melalui jasa ekspedisi pengiriman dan ini akan memakan waktu. Lamanya pengiriman biasanya akan tergantung dari jarak pembeli dan penjual, di mana semakin jauh jaraknya maka akan semakin lama waktu yang dibutuhkan. Ini dapat menyulitkan pembeli yang membutuhkan barang dalam waktu cepat. Namun hal ini tidak berlaku apabila pembeli dan penjual berasal dari kota yang sama sehingga bisa melakukan COD atau Cash on Delivery.
  3. Pembelian online akan dikenakan ongkos kirim atau ongkir untuk membayar jasa ekspedisi pengiriman yang digunakan. Harga barang plus ongkir bisa membuat biaya yang dikeluarkan semakin besar. Bisa jadi ongkir yang dikenakan akan lebih tinggi dari harga barang. Ini bisa membebankan pembeli terutama jika jarak antara pembeli dan penjual sangat jauh, misalnya berbeda pulau atau berbeda negara.
  4. Hingga kini masih ada orang yang menggagap sebelah mata pada praktek jual beli online karena merasa takut akan tindak penipuan. Kejahatan cyber termasuk penipuan termasuk sering terjadi. Hal ini turut menimbulkan ketakutan pada para calon pembeli online.

Menimbang aneka kelebihan dan kelemahan di atas, ada beberapa tips yang bisa kita lakukan sebagai bagian daritahapan . Berikut adalah beberapa di antaranya.

  1. Cantumkan keterangan terkait barang yang dijual selengkap-lengkapnya. Tuliskan kondisi barang, harga, dimensi ukuran, berat, pilihan warna atau ukuran yang tersedia, dan informasi lain terkait spesifikasi barang. Apabila hasil foto ternyata berbeda dari barang aslinya, kita bisa menambahkan informasi seperti “barang asli memiliki warna lebih gelap” dan lain-lain.
  2. Untuk meyakinkan pembeli bahwa kita adalah penjual yang jujur, langkahnya adalah dengan memajang testimoni dari pembeli terdahulu. Kita bisa memajang foto berupa screenshot dari pembeli terdahulu yang menyatakan bahwa barang pesanan telah sampai dalam keadaan selamat. Testimoni ini akan meyakinkan pembeli baru bahwa kita adalah penjual yang jujur.
  3. Selalu layani pembeli dengan sebaik mungkin, mulai dari menjawab pertanyaan yang diajukan, mengemas barang dengan baik dan rapi serta memberikan nomor resi pengiriman dari jasa ekspedisi yang dipilih. Pelayanan yang baik dari penjual akan menambah kepuasan pelanggan sehingga kita akan mendapat testimoni tanpa harus memintanya pada pembeli.

Usaha online yang paling sering ditemukan adalah berjualan online. Ini karena caranya yang mudah, modal yang relatif kecil, pilihan barang yang beragam hingga jangkauan pembeli yang luas. Kita bisa menjual barang baru yang masih bersegel hingga barang bekas yang masih dalam keadaan layak pakai. Solusi untuk kita yang belum memiliki barang untuk dijual adalah dengan menjadi reseller. ini cukup banyak dilakoni oleh para penjual online shop. Caranya sangat mudah, yaitu kita membeli barang dalam jumlah besar atau grosir, kemudian menjualnya kembali secara eceran. Keuntungan akan kita dapatkan karena umumnya barang grosir akan memiliki harga yang lebih terjangkau. Sementara harga barang ecer akan dihitung sehingga keseluruhan barang yang terjual dapat mengembalikan modal serta mendapat keuntungan.

Agar bisnis reseller bisa menghasilkan banyak keuntungan, terdapat beberapa tips yang dapat kita perhatikan. Ini penting terutama agar kita bisa menjalankan bisnis secara nyaman dan tetap menguntungkan.

  1. Pilih supplier yang memasang harga paling bersahabat. Kita bisa melakukan survey terlebih dahulu ke beberapa supplier agar bisa memilih salah satu yang harganya paling terjangkau. Dengan harga yang terjangkau ini, kita akan bisa menekan modal yang harus dikeluarkan.
  2. Beberapa supplier umumnya tidak akan memberlakukan syarat apapun agar kita bisa menjadi reseller. Namun ada juga beberapa supplier yang mengharuskan kita untuk membeli beberapa barang terlebih dahulu atau membayar sejumlah uang agar bisa menjadi reseller. Pilih supplier yang tidak memiliki persyaratan apapun terutama pembayaran. Tujuannya tentu agar kita bisa semakin menekan modal.
  3. Agar kita bisa memastikan sendiri kualitas dari barang yang hendak dijual, kita dapat membeli beberapa barang dan melihat sendiri seperti apa bentuk dan kualitasnya. Setelah yakin, barulah kita membeli secara grosir untuk dijual kembali.

Bisnis reseller akan membutuhkan modal di awal karena kita harus membeli barang terlebih dahulu sebelum menjualnya kembali. Bagaimana apabila kita terkendala modal di awal bisnis? Maka solusinya adalah dengan menjadi dropshipper. juga termasuk populer di kalangan pelaku online shop.

Dalam dropship, kita sebagai penjual juga membutuhkan supplier seperti halnya bisnis reseller di atas. Namun, prakteknya sedikit berbeda dibanding reseller. Untuk lebih memahami bisnis dropship, berikut adalah alur dropship.

  1. Pertama, kita menghubungi supplier terlebih dahulu untuk mendaftar atau bergabung sebagai dropshipper.
  2. Setelahnya, kita bisa langsung memajang foto barang dari supplier di website atau jejaring sosial kita dan mempromosikannya pada pembeli.
  3. Sebagai contoh, kita menjual pakaian dari supplier seharga Rp 50.000,-. Kemudian, pakaian tersebut kita jual seharga Rp 75.000,-.
  4. Ketika ada pembeli yang tertarik, mereka akan menghubungi kita dan membeli pakaian tersebut seharga Rp 75.000,-.
  5. Tugas kita selanjutnya adalah meneruskan pesanan pembeli tersebut kepada supplier. Kita menyerahkan data-data pembeli seperti nama, alamat dan nomor telepon serta pembayaran Rp 50.000,- kepada supplier.
  6. Supplier yang akan mengirim pakaian tersebut pada pembeli atas nama kita, bukan nama supplier.
  7. Keuntungan kita adalah sebesar Rp 25.000,-, yaitu selisih antara harga pakaian dari supplier dengan harga yang ktia berikan pada pembeli.

Mulai besar dengan menjadi dropshipper memiliki kelebihan dan kelemahannya sendiri-sendiri. Kita juga harus memperhatikan kelebihan serta kelemahan ini agar bisa menjalani bisnis dengan lebih baik.

  1. Kelebihan bisnis dropship yang utama adalah kita tidak perlu melakukan stok barang, pengemasan serta pengiriman pada pembeli. Semuanya akan diatur oleh supplier. Kita hanya perlu meneruskan pesanan pembeli pada supplier saja.
  2. Bisnis dropship juga nyaris tidak membutuhkan modal. Kita bisa mulai berbisnis dropship saat ini juga.
  3. Menjadi seorang dropshipper dapat dilakukan di sambil mengerjakan pekerjaan sehari-hari. Bisnis ini tergolong fleksibel dan bisa dilakukan di mana saja serta kapan saja.
  4. Kekurangannya adalah, karena kita tidak melakukan stok, maka kita juga tidak bisa memastikan ketersediaan stok barang. Kita juga tidak akan dapat melakukan quality control serta mengetahui apakan barang dikemas dengan baik saat pengiriman atau tidak.
  5. Margin keuntungan dari bisnis dropship ini relatif kecil. Dropshipper umumnya akan dilakukan oleh mereka yang masih pemula dalam bisnis online shop.
  6. Kepuasan pembeli tetap berada di tangan kita sebagai penjual. Resiko kerusakan barang hingga hilangnya barang tetap harus kita urus dan selesaikan agar pembeli tidak merasa dirugikan.

Bisnis Online Lewat KUDO

Cara Memulai Usaha Bisnis Agar Sukses dan Berhasil

Ingin berbisnis online namun terkendala modal serta dana? Ingin mencoba dropship namun tidak yakin dengan sistemnya? Kini telah hadir solusi baru di bidang bisnis online yang bisa dicoba oleh kita semua, yaitu KUDO!

Apa itu KUDO? KUDO adalah singkatan dari Kios Untuk . Singkatnya, KUDO merupakan salah satu marketplace yang ada di Indonesia. Seperti umumnya marketplace, dalam KUDO terdapat banyak penjual yang masing-masing menjajakan barang-barangnya sendiri. Di antaranya adalah pakaian, buku, sepatu, tas, aksesoris, hingga elektronik dan lain-lain. Namun, KUDO memiliki konsep yang berbeda dan keunikannya tersendiri dibandingkan marketplace lain. Perbedaan KUDO terutama dari konsepnya yang memang telah dibentuk sebagai solusi untuk semua orang agar bisa menjadi pengusaha. Selain itu, keamanan transaksi dalam KUDO juga sangat diperhatikan. Bahkan, transaksi di KUDO dikatakan sebagai transaksi online rasa offline karena keamanannya yang terjamin.

Melalui KUDO, kita bisa turut bergabung menjadi agen dan menjual produk-produk yang berasal dari rekanan KUDO. Produk ini juga telah diseleksi sehingga kualitasnya terjamin dan harganya juga tetap terjangkau.

Terdapat beragam keuntungan yang bisa kita dapatkan dengan menjadi . Di antaranya adalah sebagai berikut.

  1. Pertama, KUDO bekerja sama dengan beragam perusahaan penjualan produk. Seleksi produk dilakukan secara ketat sehingga produk yang dijual memiliki reputasi serta kualitas yang bagus. Jumlah produk mencapai jutaan sehingga kita memiliki banyak pilihan dalam bisnis ini.
  2. Kedua, skema komisi yang ditawarkan KUDO juga terbilang besar, yaitu hingga tujuh puluh persen. Komisi juga diberikan secara terbuka dan nominalnya disertakan di bawah harga produk. Ini akan membuat keuntungan yang didapat menjadi transparan.
  3. Aplikasi KUDO dirancang khusus agar memberikan keamanan bagi penjual maupun pembeli. Semua transaksi bisa direkam serta dilacak sehingga memperkecil kemungkinan terjadinya penipuan.
  4. Pendaftaran agen KUDO adalah gratis dan hanya diperlukan modal awal sebesar Rp 10.000,- saja untuk mulai berjualan.

Terdapathal-hal yang perlu disiapkan dalam . Termasuk di antaranya adalah mendaftar menjadi agen. Berikut adalah langkah-langkahnya.

  1. Pertama, mulailah dengan membuka melalui Playstore atau website shop.kudo.co.id.
  2. Bergabung menjadi agen dengan cara mendaftarkan data-data diri.
  3. Isi saldo minimal Rp 10.000,- agar kita bisa mulai berjualan.
  4. Kita telah resmi terdaftar sebagai agen KUDO dan sudah siap menjadi pengusaha!

Cara berjualan di KUDO juga cukup mudah. Tidak butuh jenjang pendidikan tertentu untuk menjalankan bisnis ini.

  1. Mulailah dengan membuka aplikasi KUDO. Temukan lalu tawarkan produk pada pelanggan melalui media sosial atau secara langsung.
  2. Pilih lalu pesan produk yang diinginkan oleh pelanggan. Masukan data-data pembelian lalu lakukan konfirmasi pembayaran.
  3. Selanjutnya pelanggan akan membayar pesanan dengan menggunakan cara yang telah kita sepakati sebelumnya.
  4. Barang pesanan akan segera dikirim ke alamat pembeli.
  5. Jika proses telah selesai, selanjutnya kita sudah bisa menerima komisi yang akan ditransfer otomatis ke dalam saldo KUDO.

Demikian adalah online menggunakan marketplace KUDO. Sangat mudah dan bisa dijalankan oleh siapa saja. Kita bisa menjalankan bisnis ini sebagai salah satu cara mendapat tambahan penghasilan dari dalam rumah saja. Selamat mencoba dan menjadi pengusaha bersama KUDO!

Tag