Menata Toko Kecil agar Terlihat Menarik
15Aug

Menata Toko Kecil agar Terlihat Menarik

Kebanyakan pemilik toko lebih fokus pada persaingan pasar, sehingga melupakan tampilan desain toko kecilnya. Selain memperhatikan kelengkapan produk dan harganya dalam memilih sebuah toko, konsumen juga memperhatikan tampilan atau desain toko tersebut. Apalagi saat ini toko hampir kalah dengan toko online. Nah, agar toko kecil yang Anda buka tetap bisa menarik hati konsumen, buatlah desain yang menarik.

Selain memperhatikan desainnya, penting juga menata produk-produk dengan rapi dan bersih. Karena, rapi dan bersih bisa membuat konsumen lebih nyaman ketika berbelanja. Nah, untuk mengetahui lebih jelasnya mengenai cara menata dan mendesain toko kecil, simak ulasannya berikut ini.

Cara Mudah Menata Toko Kecil

Seperti yang telah dijelaskan sebelumnya bahwa menata toko memang menjadi hal yang sangat penting untuk menarik konsumen. Selain itu, penting juga mengonsep dengan baik desain toko kecil. Karena konsumen akan memberikan kesan pada pembelian pertama, jika pada pembelian pertama konsumen merasa nyaman karena desain dan penataan toko yang rapi, maka konsumen akan memutuskan untuk kembali membeli produk di toko Anda. 

Nah, agar toko kecil Anda ramai pembeli, simak cara menata dan mengonsep desain toko kecil berikut ini:

  • Buat Tampilan Depan Tokomu Terlihat Menarik 

Bagian depan desain toko menjadi hal pertama dalam menentukan calon pembeli tertarik untuk mengunjungi toko. Maka dari itu, penting sekali untuk membuat tampilan depan toko lebih menarik. Agar lebih menariknya lagi, letakkan etalase pada bagian depan toko dengan isi produk-produk terbaik. Selain itu, perlu diperhatikan juga bahwa desain eksterior toko juga harus sesuai dengan desain interior toko. Hal ini bertujuan agar toko memiliki kesan unik. 

  • Buat Tema kreatif

Pemilihan tema yang tepat untuk desain toko kecil yaitu menyesuaikan dengan jenis produk yang Anda jual di toko. Namun, untuk desain ini Anda bisa menggunakan tema apapun asalkan cocok. Agar toko bisa terlihat lebih menarik, alangkah baiknya jika memilih tema desain yang lebih menonjolkan produk apa yang Anda jual. Seperti halnya jika Anda membuka toko baju atau café, tema desain yang cocok yaitu industrial. Jangan terfokus untuk membuat tema desain toko yang terlalu ramai, namun fokuslah pada tema desain yang bisa memberikan kenyamanan pada   setiap konsumen ketika belanja.

  • Perhatikan Tata Letak Produk 

Hal lain yang perlu diperhatikan dalam menata toko kecil yaitu dengan tata letak produk. Dalam hal ini, Anda harus bisa menata produk sehingga konsumen bisa lebih mudah untuk menjelajah ke seluruh area toko. Dengan cara menata produk-produk di rak yang berjejer mulai dari pintu , masuk. Ya, layaknya penataan seperti pada supermarket-supermarket pada umumnya. Namun, jika luas toko Anda terbatas, Anda bisa menempatkan produk-produk pada rak yang menggantung. Hal ini bertujuan agar produk bisa langsung disentuh dan dinilai kualitasnya oleh calon pembeli.

Dengan kata lain, sangat penting bagi Anda untuk menempatkan rak display di tempat yang strategis agar mudah dijangkau konsumen. Namun, dalam penempatan rak yang tepat yaitu berhadap-hadapan dengan memberikan jarak diantara kedua rak untuk ruang akses para calon pembeli.

  • Optimalkan Pencahayaan Interior 

Dalam mendesain dan menata toko, pencahayaan menjadi elemen yang penting, apalagi jika toko yang dimiliki kecil. Karena, dengan adanya pencahayaan ini, tampilan produk yang dijual bisa terlihat lebih menarik. Dalam pemilihan pencahayaan lampu tidak bisa sembarangan. Dengan kata lain, pencahayaan lampu yang dipilih harus bisa memperlihatkan warna asli produk yang dijual.

Jika Anda membuka toko pakaian, Anda bisa menggunakan kombinasi task lighting. Seperti lampu gantung, lampu sentral, dan lampu-lampu dekoratif yang dipasang pada dinding dengan rapi. Agar tampilan bisa lebih menarik, task lighting ini sebaiknya kamu tempatkan di setiap rak display.

  • Melakukan Dekorasi Ulang Secara Berkala 

Agar toko selalu menjadi sasaran para konsumen, mengupdate produk-produk yang dijual memang sangat penting. Namun, Anda juga perlu mengganti tampilan desain toko kecil secara teratur. Dalam hal ini bukan berarti Anda harus mengganti tema desain toko kecil secara keseluruhan. Namun, Anda bisa mengubah penataan rak dan produknya agar memiliki kesan yang berbeda. Selain itu, Anda juga bisa menambah beberapa elemen dekor baru. Agar nantinya Anda bisa lebih mudah untuk melakukan penataan ulang, alangkah baiknya jika Anda menggunakan rak kabinet yang ringan dan bersifat movable daripada rak dinding. 

Konsumen akan menentukan kesan dari konsep desain toko kecil yang Anda buat, apakah mau kembali atau tidak. Perkembangan usaha yang Anda jalani ini juga terpengaruh dari kesan positif konsumen.

  • Kelompokkan Produk

Jika Anda membuka toko produk makanan, Anda harus mengelompokkan produk dengan kategori yang sama. Misalnya saja produk makanan seperti mie instan, saus, susu, roti dan lain sebagainya Anda harus meletakkannya berdekatan. Selain itu untuk meletakkan produk-produk untuk kebersihan seperti sabun, deterjen, sikat gigi, shampoo dan lain sebagainya dalam tempat yang berdekatan. Selain memudahkan konsumen untuk mencari apa yang dibutuhkan, penataan seperti ini juga bisa menambah kerapian pada toko.

Selain itu, Anda juga bisa menempatkan produk impulsif atau produk dengan harga murah di dekat kasir. Seperti halnya coklat, permen, aksesoris, rokok dan lain sebagainya. Dengan penataan yang seperti ini, konsumen akan tertarik untuk membelinya, sehingga bisa menambah pemasukan.

  • Isi Bagian Depan Toko

Hal penting lainnya dalam menata toko kecil agar terlihat lebih menarik yaitu mengisi bagian depan terlebih dahulu. Karena, kesan penuh harus selalu Anda tampilkan pada bagian depan etalase toko. Namun, agar barang yang Anda jual tetap aman, tetap perhatikan keamanannya agar tidak diambil orang yang tidak bertanggung jawab.  Pemilihan warna pada penempatan produk ini juga sangat penting. Barang-barang yang tepat untuk diletakkan pada bagian depan yaitu produk-produk yang memiliki warna lebih cerah, sehingga bisa lebih menarik konsumen.

  • Menjaga Kebersihan Toko

Selain terfokus pada pemilihan desain dan penataan toko, penting juga bagi Anda untuk menjaga kebersihan toko. Pasalnya, kebersihan toko merupakan hal yang penting  agar konsumen tetap nyaman ketika berbelanja. Bahkan, faktor utama penyebab konsumen datang atau tidak ke toko tersebut yaitu kebersihan tokonya. Sebenarnya menjaga kebersihan toko sangatlah mudah. Misalnya saja jika Anda selesai melakukan pekerjaan, sesegera mungkin Anda bersihkan tanpa di tunda-tunda. Takutnya nanti keburu konsumen datang. Selain rapi, kerapian dalam penataan barang juga perlu diperhatikan. Kerapian pada toko ini meliputi penataan tempat, produk yang dipajang dan kerapian karyawan.

Itulah ulasan lengkap mengenai tips menata toko kecil agar terlihat lebih menarik konsumen. Dengan menerapkan tips-tips tersebut, konsumen akan lebih nyaman dalam berbelanja dan memutuskan untuk kembali ke toko Anda. Nah, bagi Anda yang ingin merintis usaha kecil, bisa bergabung menjadi partner di KUDO dengan cara pendaftaran yang sangat mudah.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *