24Aug

Cara Mengembangkan Usaha Kecil Rumahan Menjadi Besar 2017 dengan Kudo

Menjadi nampaknya sudah menjadi sebuah profesi yang sedang tren saat ini. Bagaimana tidak? Melihat peluang lapangan yang memang kian sempit, belum lagi dengan jumlah pencari kerja yang terus meningkat setiap tahunnya, tentu membuat orang akhirnya harus bisa memutar otak untuk bisa mendapatkan penghasilan. Solusi yang tepat untuk mengatasi kecilnya peluang kerja di lapangan adalah dengan menjadi seorang pengusaha. Dengan sendiri, kita tidak hanya dapat merintis sendiri yang diinginkan, namun sekaligus juga menjadi penyedia lapangan kerja baru.

Tips Memulai Usaha

Dalam memulai sebuah usaha, tentu membutuhkan yang tidak sedikit. Namun modal dalam hal ini tidak melulu berbicara tentang modal materi atau yang besar. Sebuah pun nyatanya merintis karirnya dari nol, dengan modal yang tidak besar. Begitu pun bagi pengusaha , di mana jika memang terkendala dari segi materi untuk pemodalan maka tidak perlu patah karena memang besarnya modal materi tidak menjadi faktor penentu kesuksesan . Modal yang paling penting ada dalam diri kita sendiri, seperti beberapa berikut ini:

Cara Mengembangkan Usaha Kecil Rumahan Menjadi Besar 2017 dengan Kudo

  • Jangan takut memulaiDalam menjadi pengusaha, hal tersulit yang harus dilakukan adalah memulai. Banyak orang yang mungkin sudah memiliki konsep bisnis yang baik namun tidak berani untuk mengeksekusi konsep atau ide yang sudah di rancang sehingga tentunya bisnis yang diinginkan pun tidak dapat berjalan. Padahal, untuk bisa menjadi seorang pengusaha adalah penting kaitannya untuk berani memulai dari nol.
  • Manfaatkan peluang
    Meskipun memang untuk menjadi pebisnis dibutuhkan keberanian untuk memulai, namun tentunya harus ada persiapan yang matang dari dalam diri kita sendiri. Kaitannya dalam , penting untuk kita dalam membuat perencanaan dan membaca peluang. Pasalnya, tidak semua usaha bisa langsung sukses ketika di jalankan, namun diperlukan perencanaan yang baik dan pembacaan peluang pasar yang akurat agar bisnis yang dirintis pun mendapatkan respon baik dari target audience nya.
  • Berani ambil resik
    Poin yang ketiga juga menjadi poin yang tak kalah penting kaitannya untuk memulai menjadi seorang , yakni harus berani mengambil resiko. Menjadi seorang pengusaha memang akan ada pasang surut yang harus dilalui. Namun semua itu tentunya menjadi bumbu dalam proses merintis bisnis yang akan membangun usaha ke arah yang lebih baik. Untuk itu ketika akan merintis sebuah usaha maka kita harus berani untuk mengambil resiko.
  • Kerjakan dengan serius
    Menjalankan sebuah usaha sendiri adalah hal yang sangat menantang. Untuk itulah maka penting agar bisa dijalankan dengan serius dan sepenuh hati. Jika dijalankan setengah-setengah, maka tentu saja hasil yang di dapatkan pun tidak akan maksimal. Terutama ketika usaha yang dirintis sudah mulai besar dan berhasil memberikan peluang lapangan kerja baru sebagai , maka tentu bisnis yang dijalani juga penting untuk dilakukan dengan serius karena pengusaha memiliki kewajiban untuk memberikan yang layak pada pegawainya.
  • Iringi dengan doa
    Selain berusaha sepenuh hati, doa juga merupakan tips paling ampuh yang dapat membantu kelancaran bisnis. Tanpa dukungan semesta, maka seberapa pun pengorbanan yang dilakukan bisa saja tidak akan berujung indah jika memang tidak disertai dengan doa.
  • Disiplin dan kerja keras
    Karakter ini penting untuk dimiliki oleh seorang wirausaha. Pasalnya sebuah usaha apalagi yang baru dirintis sendiri dari nol tentunya akan sulit untuk menghasilkan progress jika tidak menerapkan prinsip kerja keras dan disiplin dalam . Berbekal dengan prinsip tersebut, maka jenis usaha apa pun yang dilakukan tentu akan lebih mudah dijalani dan lebih cepat untuk mencapai kesuksesan bisnis.

Nah, itulah beberapa tips penting yang harus dimiliki oleh seorang calon pengusaha. Memang bukan perkara mudah bagi seseorang untuk bisa memulai merintis bisnis sendiri. Namun, jika kita tidak berani untuk memulainya, maka tentunya kita tidak akan tahu keindahan hasil yang akan didapatkan. Untuk itu, mulailah rancang konsep bisnis yang Anda inginkan dari sekarang. Tidak perlu membuat bisnis yang langsung besar karena segala hal tentunya membutuhkan proses, namun mulailah dengan hal-hal kecil seperti merintis di rumah.

Kiat Mengembangkan Bisnis

Dalam menjalankan bisnis meskipun masih dalam skala kecil, ada beberapa kiat-kiat khusus yang dapat membantu membuat usaha menjadi lebih besar dan sukses dengan cepat. Perlu diingat bahwa kiat-kiat tersebut haruslah dipahami betul sebelum diterapkan langsung pada bisnis yang tengah di jalankan. Lantas, seperti apa sih kiat-kiat dalam dengan skala kecil ini?

  • Terapkan strategi
    Kiat yang pertama adalah temukan yang tepat. Cara mengembangkan usaha dengan maupun modal yang besar sekalipun, tentunya diperlukan strategi tersendiri agar bisa berkembang dengan cepat. Strategi ini dapat membantu memudahkan tujuan perusahaan dan pengaturan anggaran bisnis yang juga bisa digunakan sebagai acuan untuk pengembangan usaha.
  • Kenali pesaing dan harga pasar
    Dalam membuka sebuah bisnis, tentu kita akan dihadapkan dengan pesaing yang bergerak di bidang yang sama. Untuk itulah penting kaitannya bagi seorang pengusaha untuk memahami seperti apa saja pesaing bisnis yang ada, di mana hal ini juga bermanfaat untuk memberikan motivasi pada diri Anda agar bisa mengembangkan bisnis lebih baik lagi. Selain itu, seorang pengusaha juga dituntut untuk terus mengikuti perkembangan harga pasar sehingga bisa menjual produk atau dengan harga terbaik.
  • Manfaatkan media pemasaran sebanyak mungkin
    Hal ini penting untuk mempromosikan bisnis Anda pada skala yang lebih besar karena memang semakin banyak media promosi yang digunakan maka akan semakin banyak pula target audience yang dapat dijangkau.

Dengan menerapkan kiat-kiat tersebut di atas, maka bisa dijadikan cara memajukan usaha yang Anda rintis. Selain itu, kiat-kiat tersebut juga bisa membantu meminimalisir kegagalan dalam mengalankan sebuah bisnis. Nah, bagi Anda yang tertarik untuk memulai merintis usaha sendiri, kini sudah hadir media bisnis baru yang sangat potensial untuk menjadi ladang mencari keuntungan bagi para calon pengusaha. Apalagi jika bukan bisnis online?!

Mengenal Bisnis Online

Anda mungkin sudah tidak asing lagi bukan dengan jenis bisnis yang satu ini. Yup, adalah sebuah bisnis yang memanfaatkan media atau internet sebagai pasar atau lapak berbisnis. Dulu mungkin tidak terbayangkan bagaimana bisa kita berbelanja tanpa perlu keluar rumah dan hanya tinggal klik via gadget. Namun ternyata justru saat ini kita berada di masa tersebut, di mana kecanggihan baru menghadirkan kemudahan luar biasa dalam berbelanja yang sekaligus menghadirkan banyak baru di lapangan. Bagi para pencari peluang kerja, prospek bisnis online yang kian cerah ini tentunya wajib untuk dimanfaatkan dan ditemukan peluang emasnya, di mana kini bahkan sudah banyak jutawan yang bermunculan karena keberhasilan bisnis di dunia online. Anda tertarik ingin mencobanya?

Bisnis online tidak hanya menghadirkan sebuah bisnis di satu bidang saja, namun hampir semua bisa ditemui dengan mudah dalam bisnis online ini. Jika Anda sedang mencari peluang kerja sebagai pengusaha di bidang bisnis online, berikut ini ada beberapa rekomendasi profesi yang bisa menjadi inspirasi Anda untuk memulai berkarir di bidang bisnis online. Yuk langsung saja simak informasinya berikut ini:

  • Blogger
    Di zaman sekarang, orang tidak perlu lagi bingung mencari informasi apa pun karena semua hal bisa ditemukan dengan mudah melalui internet. Jika Anda memiliki , nah Anda tentu bisa menjadi kontributor tulisan atau informasi yang memang banyak dibutuhkan oleh masyarakat. Hal ini bisa Anda coba tuangkan dalam sebuah blog. Menjadi jika memang dikerjakan dengan serius ternyata bisa mendatangkan keuntungan yang lumayan lho. Jika blog yang Anda miliki memiliki traffic yang baik dan selalu aktif, maka hal ini akan menarik pengiklan untuk beriklan di blog Anda. Tidak tanggung-tanggung, bagi seorang blogger profesional bahkan untuk satu artikel iklan yang dipost harganya bisa mencapai jutaan rupiah. Menarik bukan?
  • Youtuber atau vlogger
    Tidak hanya bagi yang memiliki hobi menulis saja, hobi membuat video atau juga bisa berpotensi menjadi sebuah profesi yang cukup lho! Kuncinya adalah dengan membuat konten video yang bermanfaat, disukai banyak orang, dan memiliki viewers yang tinggi sehingga akan lebih menarik di mata pengiklan. Jangan salah, gaji sebagai youtuber atau vlogger ini bisa mencapai puluhan juta dalam satu bulan.
  • Buzzer di media sosial
    Maraknya pengguna ternyata berhasil menghadirkan sebuah profesi baru yakni social media buzzer. Untuk menjadi seorang social media buzzer ini, Anda harus memiliki jumlah teman atau followers yang banyak dan jangan lupa untuk terus aktif di sosial media karena biasanya semakin banyak pengikut dalam social media tertentu maka akan semakin menarik perhatian pengiklan untuk endorse pada akun social media seorang buzzer. Buzzer ini biasanya bisa di Instagram, facebook, hingga twitter. Tak tanggung-tanggung, bahkan dalam menjadi seorang buzzer ini Anda bisa memberikan tarif sendiri untuk satu produk yang ingin diiklankan di sosial media.
  • Freelance writer
    Profesi ini pada dasarnya hampir sama dengan blogger, hanya saja freelance writer biasanya tidak memiliki hak cipta akan tulisannya sendiri, melainkan sudah dibeli oleh pihak kedua. Dengan demikian ketika menjadi freelance writer Anda tidak perlu memiliki blog pribadi dengan traffic yang tinggi, namun bisa dengan mencari peluang kerja menulis sendiri sehingga bisa dijadikan sebagai salah satu pendapatan tambahan untuk meraup keuntungan.
  • Membuka online shop
    Bisnis online menawarkan satu keunggulan yang menguntungkan yakni jumlah calon konsumen yang tidak terbatas. Untuk itulah maka peluang merintis bisnis online menjadi sangat terbuka dan menguntungkan karena penjual tidak perlu repot mencari konsumen, cukup dengan memanfaatkan media promosi berbasis online seperti melalui media sosial atau pun marketplace, maka konsumen yang justru akan datang menghampiri. Bisnis juga tidak terbatas dari jenis produk apa yang ingin di jual namun apa pun bisa diperjual belikan dalam online shop ini. Dari mulai , barang , peralatan , dan banyak jenis produk lainnya yang berpotensi untuk mendatangkan banyak keuntungan.
  • Reseller
    Bisnis di bidang online juga menghadirkan bisnis baru lainnya yakni sebagai . Menjadi reseller maka pebisnis bahkan tidak perlu untuk menyimpan stok barang sendiri karena reseller dalam bisnis online berarti tangan kedua dari distributor. Dengan kata lain, reseller hanya bertugas untuk menjual produk yang memang sudah tersedia pada distributor utamanya.

Selain beberapa yang sudah dipaparkan di atas, tentunya masih ada banyak ide bisnis lainnya yang ada pada bisnis online. Intinya, bisnis apa pun itu tentu yang harus diperhatikan adalah keseriusan dalam menjalankannya. Nah, bagi Anda yang masih ragu untuk merintis bisnis online sendiri, ada cara alternatif yang bisa Anda pilih yakni dengan bergabung menjadi di marketplace, salah satu yang paling direkomendasikan adalah . Apa sih KUDO itu dan seperti apa mekanisme kerjanya? Di bawah ini akan diulas dengan lengkap definisi dari KUDO dan sistematika penjualan yang tentunya sangat mudah untuk dijalani. Penasaran? Yuk simak saja langsung penjelasannya di bawah ini.

Bisnis Online melalui KUDO

KUDO merupakan akronim dari Kios Untuk yang menghadirkan banyak baru untuk para calon pencari kerja yang ingin merintis karir sebagai pengusaha. Seperti yang sudah di singgung sebelumnya bahwa KUDO ini merupakan kios dengan basis virtual atau online yang memungkinkan pebisnis dapat bekerja tanpa perlu keluar rumah. Terdengar menyenangkan bukan? Selain itu, masih ada banyak keunggulan lain yang ditawarkan oleh KUDO. Ada apa saja?

  • Pendaftaran gratis
    Untuk bisa menjadi bagian dari , Anda bahkan tidak dipungut biaya pendaftaran apapun alias . KUDO memang hadir sebagai solusi bagi para calon pebisnis baru di . Dengan mengemban misi mulia yakni untuk mencetak pengusaha online sebanyak-banyaknya, maka tak heran jika pendaftaran pun tidak ada biaya yang ditarik untuk para calon agennya.
  • Banyak menarik
    Selain tidak memberikan tarif pendaftaran, KUDO juga menyediakan beragam aneka produk dari distributor profesional dengan harga yang terjangkau. Tidak hanya itu, bagi agen yang berhasil melakukan , KUDO juga memberlakukan komisi menarik untuk agen, di mana jumlah komisi yang di dapatkan ini bisa dicek pada deskripsi produk yang akan di jual. Selain bisa mendapatkan keuntungan dari harga produk, adanya komisi tambahan tentunya membuat keuntungan bisa menjadi berlipat ganda.
  • Transaksi terjamin mudah dan aman
    KUDO menyediakan tampilan informasi yang mudah dipahami dan juga ada jaminan keamanan transaksi bagi para agen maupun konsumennya. Untuk itu bagi para agen tidak perlu khawatir dalam melakukan transaksi penjualan via KUDO ini karena sistem keamanan transaksi dan informasi pribadi pun sudah terjamin aman.
  • Calon konsumen yang luas
    Seperti yang sudah dibahas sebelumnya bahwa salah satu keunggulan bisnis online adalah peluang calon konsumen yang tidak terbatas jumlahnya karena jangkauan media online yang juga tidak terbatas. Untuk itu ketika menjadi agen di KUDO maka pebisnis tidak perlu khawatir kehabisan pelanggan karena jumlah konsumen di media online memang sangatlah luas. Asalkan menerapkan metode promosi online yang tepat maka konsumen lah yang justru akan berdatangan dengan sendirinya.
  • Modal Ringan
    Tidak punya modal? Tidak perlu khawatir karena di KUDO Anda bisa mengatur modal sendiri. Hal ini sekaligus menjadi poin yang paling diunggulkan dalam KUDO, karena agen bahkan tidak diberikan target modal awal yang harus dipenuhi melainkan bisa di atur sendiri oleh agen itu sendiri. Menarik, kan?
  • Bisa menjual produk lebih dari satu jenis
    Di KUDO tersedia banyak macam produk yang bisa di jual oleh agen. Dari mulai produk , alat kecantikan, barang elektronik, perabotan rumah tangga, bahkan hingga layanan bayar dan juga tersedia di KUDO. Dengan bergabung menjadi agen KUDO, maka Anda berpeluang untuk bisa berjualan aneka produk sekaligus sehingga jumlah konsumen pun akan lebih banyak.
  • Cocok untuk pemula hingga professional
    Sistem pengelolaan bisnis yang sangat mudah di tawarkan oleh KUDO sehingga bagi pebisnis pemula sekalipun akan diberikan kemudahan dalam mengelola usahanya sendiri bersama KUDO.

Nah, itulah beberapa keuntungan menjadi seorang agen online yang tergabung dalam KUDO. Bisa dilihat bahwa ada begitu banyak keuntungan yang bisa Anda dapatkan sebagai agen. Maka tak heran semakin hari semakin terus bertambah jumlah agen KUDO yang sukses dengan karir bisnis onlinenya. Tidak hanya cocok untuk para calon pengusaha saja, berbisnis di KUDO juga banyak digeluti oleh , karyawan, bahkan hingga yang mengisi waktu luangnya dengan kegiatan produktif yang dapat mendatangkan profit. Nah, ibu rumah tangga saja bisa lho berbisnis online di KUDO, apalagi Anda. Setuju?

Untuk itu, tidak perlu ragu segera bergabung menjadi bagian dari keluarga KUDO dan dapatkan segala manfaatnya. Lalu, bagaimana sih cara awal mendaftarkan diri sebagai agen KUDO? Mudah saja, ikuti tahap-tahap berikut ini:

  • Sudah punya aplikasi KUDO? Jika belum, langsung download sekarang via AppStore di atau gadget Anda.
  • Setelah ter-install, maka selanjutnya adalah lakukan pendaftaran. Ikuti perintah untuk sign up atau daftar sebagai di KUDO.
  • Isikan data diri Anda dengan benar dan selengkap-lengkapnya. Pada tahapan ini Anda juga akan diminta untuk melakukan konfirmasi identitas dengan menyertakan scan KTP. Tidak perlu khawatir dalam mengisi data pribadi ini karena KUDO sudah menjanjikan keamanan informasi data yang diberikan.
  • Setelah itu, Anda barulah bisa log in sebagai agen KUDO. Namun untuk bisa melakukan transaksi bisnis maka Anda harus mengisikan modal awal berupa saldo dengan minimal jumlahnya Rp 10.000,-. Dengan jumlah tersebut, Anda bisa langsung memulai bisnis online di KUDO dengan menawarkan beragam produk yang ada di sana. Mudah bukan?

Bagaimana? Mudah bukan untuk bisa tergabung menjadi bagian dari keluarga KUDO? Nah, selanjutnya yang harus Anda lakukan adalah memahami yang diterapkan di KUDO. Seperti apa sih mekanisme bisnis yang berjalan di KUDO? Ini dia jawabannya:

  • Jika akan memulai berjualan di KUDO, hal pertama yang harus Anda lakukan adalah tentunya dengan log in sebagai agen.
  • Selanjutnya, temukan produk apa yang menurut Anda berpeluang untuk menarik perhatian calon konsumen. Ingat, dalam tahapan ini sebaiknya Anda tentukan terlebih dahulu target sasaran konsumen yang akan Anda bidik sebelum memilih produk yang akan di jual. Sebagai pebisnis online pemula, disarankan untuk fokus terlebih dahulu pada satu jenis produk yang ingin dibisniskan di KUDO. Hal ini guna membantu Anda membiasakan diri sebagai agen di bisnis online. Jika sudah terbiasa, maka Anda bisa menjual beragam produk lainnya sekaligus. Misalnya menjual sekaligus pulsa, dan lain sebagainya.
  • Jika sudah menentukan produk yang ingin di jual, selanjutnya lakukan pemasaran produk. Dalam memasarkan produk ini Anda diperbolehkan untuk melakukan promosi di berbagai media sosial yang Anda punya. Nah, jika dalam tahapan ini Anda berhasil mendapatkan pelanggan yang tertarik dengan produk yang Anda jual, maka Anda bisa langsung melakukan pemesanan ke KUDO dengan mengisikan data pembelian dan konfirmasi cara pembayaran.
  • Setelah itu, sebelum barang dikirimkan maka pelanggan harus melakukan pembayaran dengan cara yang sudah di sepakati sebelumnya. Jika tahapan di atas sudah lengkap maka pihak KUDO akan langsung mengirimkan barang ke alamat pembeli langsung.
  • Setelah barang sampai di pelanggan, maka transaksi telah berhasil dilakukan dan agen akan langsung mendapatkan komisi yang otomatis ditambahkan pada saldo KUDO yang dimiliki agen.

Tips Sukses Bisnis dengan KUDO

Nah, itulah mekanisme penjualan agen KUDO yang cepat dan mudah. Terbukti bukan bahwa memang dengan menjadi agen di KUDO ini selain Anda bisa mendapatkan banyak keuntungan namun juga sistem pengelolaan sangatlah mudah. Tetapi yang perlu diingat adalah bukan berarti berbisnis di KUDO bisa di pandang sebelah mata, namun juga diperlukan keseriusan dalam menjalankannya. Berikut ini ada beberapa tips yang perlu diperhatikan saat sudah menjadi bagian dari agen KUDO.

  • Pahami betul mekanisme penjualan dan segala jenis transaksi yang ada pada KUDO. Poin ini tentu sangat penting untuk diperhatikan karena memang bisnis online menawarkan cara pengelolaan bisnis yang sedikit berbeda dengan cara konvensional. Sebagai agen, Anda juga harus mengetahui bagaimana cara untuk mengisi saldo, cara menjual ke sosial media, dan hal-hal teknis lainnya.
  • Sebaiknya pisahkan mana uang untuk modal dan keuntungan. Tips ini tidak hanya berlaku pada bisnis di KUDO saja, namun juga di bisnis online lain maupun bisnis konvensional. Agar perputaran uang dapat berjalan lancar, maka sebaiknya Anda pisahkan mana uang yang memang untuk dijadikan modal dan mana uang yang menjadi keuntungan bersih untuk pebisnis.
  • Perkaya diri dengan ilmu. Menjalankan bisnis melalui media online mungkin memang menawarkan banyak kemudahan, namun melihat bisnis ini terbilang sebagai bisnis baru maka pebisnis online disarankan untuk terus memperkaya pengetahuan bisnisnya. Dalam menambah pengetahuan seputar bisnis ini, tidak perlu harus masuk ke perguruan tinggi, di mana ada banyak cara yang lebih mudah dan cepat untuk bisa mendapatkan banyak informasi dan pengetahuan seputar bisnis online. Yakni bisa melalui buku, , workshop, atau dengan berdiskusi bersama sesama pebisnis di bidang online yang sudah lebih dulu berkiprah di dunia bisnis online. Dengan wawasan yang terus bertambah kaitannya tentang dunia bisnis, maka tentu akan berpengaruh pada bagaimana perkembangan usaha yang Anda rintis sendiri.

Itulah beberapa tips penting yang perlu diperhatikan ketika sudah tergabung menjadi bagian dari keluarga agen KUDO. Dari informasi-informasi yang sudah dijelaskan di atas, maka selesai sudah pembahasan kita kali ini. Bagi Anda yang ingin mencoba untuk terjun ke dunia bisnis, tidak usah ragu tidak usah bimbang karena bisnis online menghadirkan banyak peluang kesuksesan jika memang dijalani dengan tekun, kerja keras, dan penuh keseriusan. Semoga informasi yang sudah dipaparkan di atas bisa memberikan inspirasi dan motivasi bagi pembaca. Selamat mencoba terjun ke dunia bisnis dan semoga sukses!