19Dec

3 Cara Mendapatkan Modal Usaha Terbaru Kecil Tanpa Pinjaman dengan KUDO

Banyak orang yang ingin menjadi pengusaha sukses. Kenyataannya menjadi pengusaha sukses tidaklah mudah, jika tidak punya modal yang cukup. Tidak hanya sebatas uang atau materi, ada banyak jenis modal usaha yang penting untuk disiapkan sebelum memulai usaha. Terbagi dalam tiga modal utama yakni modal materi, modal kepribadian, dan modal profesionalisme. Berikut adalah penjelasan lebih lengkapnya mengenai tiga modal penting untuk memulai usaha.

3 Modal Penting untuk Memulai Usaha
Modal kepribadian menjadi modal dasar untuk memulai suatu usaha. Namun perlu juga didukung dengan modal materi dan modal profesionalisme untuk bisa sukses. Apa saja yang masuk dalam modal-modal tersebut? Anda bisa menyimak ulasan berikut.

  1. Modal kepribadian
    Modal kepribadian yang menjadi modal dasar untuk menjadi pengusaha adalah sifat atau mental wirausaha. Seseorang harus memiliki mental wirausaha untuk bisa terjun ke dunia usaha. Mulai dari berani bermimpi besar, berani mengambil peluang, tidak menyerah pada kegagalan, dan kemauan untuk sukses. Modal usaha paling dasar tersebut harus dimiliki agar nantinya dapat bertahan di dunia usaha yang penuh tantangan.

    • Bermimpi besar
      Semua hal termasuk usaha dimulai dari sebuah mimpi. Jangan takut untuk bermimpi besar, misalnya menjadi pengusaha dengan banyak kantor atau cabang. Ketahui passion Anda dan jadikan passion sebagai bagian keinginan Anda menjadi pengusaha sukses. Sesuatu yang dijalankan karena passion akan lebih mudah dijalani dan hasilnya pun akan lebih baik.
    • Berani mengambil peluang
      Mimpi dan ide brilian yang mungkin Anda miliki tidak akan cukup apabila tidak ada tindakannya. Mental wirausaha sebagai modal usaha adalah berani mengambil tindakan. Usaha atau bisnis yang paling bagus adalah yang dijalankan bukan hanya di angan-angan saja. Tidak sedikit pengusaha sukses yang modalnya adalah tekad dan nekat. Jadikan rintangan atau apapun di sekitar Anda menjadi sebuah peluang usaha. Jangan takut gagal karena hal tersebut hanya akan menghalangi Anda untuk memulai usaha.
    • Tidak menyerah saat gagal
      Mental wirausaha sukses yang perlu dimiliki semua orang adalah sifat pantang menyerah. Semua usaha memiliki potensi untuk gagal. Namun kegagalan sebaiknya tidak menghentikan langkah Anda dalam mengejar impian menjadi pengusaha sukses. Namun sebaliknya, jadikan kegagalan sebagai pelajaran dan pengalaman untuk modal usaha Anda.
    • Kemauan untuk sukses
      Untuk menjadi sukses diperlukan tekad dan kemauan dari diri sendiri. Anda bisa belajar dari pengalaman-pengalaman orang-orang sukses untuk memotivasi diri Anda. Pahami jika menjalankan usaha tidak selama lancar, akan ada saja rintangan-rintangan kecil atau besar yang Anda temui dalam menjalankan usaha. Jika dari diri sendiri memang bertekad untuk sukses dalam suatu usaha, maka rintangan tersebut akan lebih mudah untuk dihadapi. Terkadang seseorang dengan kemauan dan tekad kuat, mengalahkan mereka yang sudah punya kemampuan atau bakat.
  2. Modal Profesionalisme
    Sebelum memulai usaha, tidak ada salahnya untuk Anda belajar bagaimana cara dan strategi menjalankan usaha. Di dalam dunia usaha tentunya ada banyak pesaing yang menjadi tantangannya. Suatu usaha akan mampu bersaing dan bertahan apabila dikelola dengan profesional. Untuk menjadi profesional, Anda perlu menyiapkan beberapa modal seperti kreativitas, jaringan yang luas, dan kemauan untuk terus belajar.

    • Kreativitas
      Usaha atau bisnis akan terus berkembang, baik itu jenisnya maupun jumlah pesaingnya. Anda perlu tahu hal tersebut dan penting untuk memiliki kreativitas agar bisa terus menemukan inovasi baru untuk produk Anda. Teruslah berlatih dan berpikir kreatif untuk bisa mengembangkan peluang usaha yang ada menjadi suatu peluang usaha baru yang mungkin lebih menjanjikan.
    • Jaringan yang luas
      Memiliki networking luas adalah modal usaha yang penting untuk dimiliki oleh semua pelaku usaha. Membangun jaringan dan komunikasi dengan lebih banyak orang dari berbagai kalangan akan bagus untuk pengembangan bisnis atau usaha nantinya. Selain itu, semakin sering Anda bertemu dengan orang-orang yang menggeluti dunia yang sama akan memberi semangat dan energi untuk Anda menjalankan usaha.
    • Belajar untuk perbaikan dan peningkatan sumber daya
      Belajar adalah sesuatu yang penting untuk semua orang, tidak terkecuali pelaku usaha. Untuk bisa menjadi sukses, Anda perlu untuk tetap belajar untuk meningkatkan sumber daya yang ada. Modal usaha ini akan dibutuhkan terus selama Anda menjalankan bisnis. Belajar untuk menghasilkan produk atau jasa yang berkualitas dan belajar untuk memberikan pelayanan yang terbaik untuk pelanggan. Kualitas dari produk dan pelayanan adalah bagian dari kepuasan konsumen yang harus dipenuhi apabila Anda tidak ingin konsumennya pindah ke tempat lain.
  3. Modal materi
    Mau tidak mau modal materi harus ada untuk bisa memulai bisnis atau usaha. Modal usaha ini tidak harus dengan jumlah yang besar, tetapi modal dengan konsep dan perencanaan bisnis yang sesuai. Selain dalam bentuk uang, modal materi yang dibutuhkan untuk usaha adalah modal investasi, modal kerja, dan modal operasional.

    • Modal investasi
      Investasi merupakan jenis modal awal dalam memulai usaha. Umumnya modal investasi bersifat jangka panjang dan berupa barang yang dapat mengalami penyusutan. Contoh dari modal investasi adalah modal yang digunakan untuk menyewa atau membeli toko, kendaraan, mesin, komputer, dan lain sebagainya. Modal tersebut memang nilainya besar tetapi dapat digunakan dalam beberapa tahun.
    • Modal operasional
      Satu lagi modal materi yang diperlukan dalam menjalankan usaha adalah modal operasional. Contohnya adalah modal untuk biaya listrik dan air, gaji karyawan, tagihan telephone, biaya untuk bensin, dan lain sebagainya. Modal usaha ini diperlukan bukan untuk produksi melainkan untuk mendukung kelangsungan usaha. Umumnya merupakan biaya di luar urusan bisnis dan nilainya relatif tetap. Modal ini bisa dibutuhkan lebih banyak misalnya saat membutuhkan perbaikan untuk sarana usaha.
    • Modal produksi
      Modal usaha yang juga perlu disiapkan adalah untuk modal produksi atau modal kerja. Jenis modal ini cukup penting untuk kelancaran usaha atau bisnis. Misalnya saja modal untuk membeli bahan produksi. Modal produksi biasanya akan cepat habis atau hanya jangka pendek. Jumlahnya pun tergantung dari produksi yang dilakukan dalam satu kegiatan usaha.Modal ini bisa ditingkatkan apabila Anda ingin jumlah produksi atau usaha Anda juga meningkat. Misalnya menambah produk yang dijual setiap harinya. Untuk Anda yang ingin meningkatkan usaha khususnya yang menjalankan usaha warung tradisional bisa mengikuti kampanye Majuin Warung bersama KUDO. Perusahaan digital yang menjual berbagai produk dari merchant ternama dengan sistem O2O tersebut ikut ambil bagian dalam kampanye sosial untuk membantu warung tradisional dan UKM. Anda juga ikut serta, caranya adalah dengan mendaftarkan akun Anda secara online di aplikasi atau web KUDO dan juga mendaftarkan warung kesayangan Anda yang ingin dibantu. Keuntungan yang didapat adalah kesempatan untuk melakukan perubahan pada warung kesayangan Anda dan ditambah lagi dengan kesempatan mendapat saldo OVO 50 ribu.

Itulah beberapa jenis modal usaha yang penting untuk diketahui dan disiapkan sebelum Anda memulai usaha.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *