02May

Cara Mendapatkan Modal Usaha Kecil Tanpa Pinjaman dengan KUDO

Cara mendapatkan kecil tanpa pinjaman dengan Kudo. atau bisnis sendiri kerap dikaitkan dengan besar yang harus dikeluarkan. Besarnya modal ini kadang membuat langkah seseorang dalam menjadi surut dan akhirnya membatalkan niat mereka dalam membuka . Padahal seharusnya, hal ini tidak menjadi halangan bagi kita dalam memulai usaha kreatif di bidang apapun. cara yang bisa dilakukan untuk memulai usaha dengan modal berapa pun. Mulai dari meminjam uang pada lembaga peminjaman uang seperti bank dan pegadaian hingga memulai bisnis yang modalnya kecil. Meminjam uang pada bank atau pegadaian biasanya akan dipilih apabila usaha yang hendak kita jalankan membutuhkan modal besar.

Seperti yang mungkin sudah kita ketahui, meminjam uang pada lembaga peminjaman akan mengharuskan kita untuk memberikan jaminan berupa barang berharga seperti surat-surat, perhiasan ataupun kendaraan. Dan apabila kita tidak bisa melunasi pembayaran di tanggal yang telah ditetapkan, maka pihak lembaga peminjaman berhak untuk menyita barang yang dijadikan jaminan tersebut. Khusus untuk bank sendiri terdapat produk Kredit Tanpa Agunan atau KTA yang memungkinkan kita untuk meminjam uang tanpa memberi barang jaminan. Namun dalam prakteknya, bunga yang diberikan sangat besar dan tenggat waktu cicilan lebih singkat dibanding pemberian kredit yang disertai jaminan. Untuk lebih memahami seputar modal usaha dari KTA serta pegadaian, berikut akan diuraikan satu per satu.

Kredit Tanpa Agunan sebagai Solusi Modal Awal Usaha

Kita bisa cari modal usaha tanpa jaminan melalui salah satu produk bank yang bernama Kredit Tanpa Agunan atau KTA. Banyak bank di Indonesia yang sudah menyediakan produk ini. KTA sendiri merupakan sebuah produk pinjaman yang akan memberikan fasilitas kredit atau pinjaman pada nasabah tanpa harus adanya aset sebagai jaminan atas pinjaman yang diberikan. Bank akan memberikan keputusan mengenai diloloskannya atau tidak pemberian kredit dengan dasar riwayat kredit pemohon secara pribadi. KTA tidak hanya dapat digunakan sebagai modal usaha namun juga untuk membiayai pendidikan anak atau diri sendiri, biaya renovasi atau pembelian rumah, pernikahan, dan lain-lain.

KTA dapat menjadi solusi instan bagi mereka yang membutuhkan uang dalam jumlah banyak, waktu cepat dan tanpa jaminan. Ada banyak keuntungan dari pengajuan KTA, di antaranya adalah sebagai berikut.

  1. Persyaratan pengajuan KTA terbilang mudah dan prosesnya juga cepat
  2. Pinjaman dapat diajukan tanpa adanya jaminan atau agunan
  3. Penggunaan dari pinjaman akan disesuaikan kebutuhan nasabah
  4. Suku bunga diberikan secara tetap selama dalam masa kontrak dari kredit yang diberikan
  5. Periode cicilan kredit akan disesuaikan mulai dari 12 hingga 60 bulan
  6. Penerima KTA akan mendapat perlindungan asuransi untuk produk KTA yang berasal dari bank tertentu
  7. Limit pinjaman KTA cukup besar yaitu hingga Rp 300.000.000,-

Untuk pembayarannya, pihak bank memberikan kenyamanan dengan aneka metode pembayaran KTA. Metode yang diterapkan di antaranya adalah layanan transfer antar bank melalui ATM, setor tunai secara langsung ke teller bank, mobile serta internet banking hingga auto debet dari rekening debitur. Pihak bank akan turut memberikan pilihan dalam pembayaran jumlah tagihan yang diperlukan. Cara pertama adalah membayar jumlah yang ditetapkan dengan bunga flat yang berlaku. Kedua adalah dengan membayar sesuai jumlah yang dapat dibayar oleh debitur. Namun untuk cara kedua ini memiliki persyaratan tersendiri yang harus dipenuhi.

Dalam KTA, terdapat tiga jenis penghitungan bunga yang dikenal. Penting untuk mengetahui apa saja bunga yang dibayarkan pada KTA sebagai salah satu cara mencari modal usaha. Berikut adalah ketiga jenis penghitungan bunga tersebut.

  1. Pertama ada suku bunga flat dengan perhitungan paling mudah, yaitu memiliki angsuran sama tiap bulannya. Nilai bunga juga akan tetap sama tiap bulannya.
  2. Kedua ada suku bunga efektif atau biasa juga disebut sebagai sliding rate. Perhitungan bunga akan dilakukan ada tiap akhir periode angsuran. Bunga kredit dapat berubah-ubah tiap bulannya tergantung dari nilai pokok terhutang. Bunga akan semakin mengecil karena angsuran yang dibayarkan juga makin mengecil tiap bulannya.
  3. Ketiga ada suku bunga anuitas. Suku bunga ketiga ini adalah modifikasi perhitungan suku kredit bunga efektif. Angsuran bulanan akan tetap, namun komposisi dari bunga serta pokok angsuran dapat berbeda di tiap periodenya. Nilai bunga tiap bulan mengecil sementara angsuran pokok tiap bulannya membesar.

Berikutnya, kita juga harus mengetahui apa saja biaya yang dikeluarkan dalam pengajuan Kredit Tanpa Agunan ini. Berikut adalah semua biaya yang dikeluarkan saat mengajukan KTA di bank mana pun.

  1. Pertama ada biaya provisi atau sering juga disebut sebagai biaya administrasi. Biaya ini adalah biaya untuk balas jasa pada pihak bank karena pinjaman disetujui. Biaya provisi hanya akan dikenakan sebanyak satu kali pada saat awal proses pengambilan kredit. Biaya ini dibayarkan dengan langsung memotong kredit yang diberikan oleh pihak bank. Besaran biaya provisi biasanya berkisar antara satu hingga tiga persen dari pinjaman yang berikan.
  2. Kedua ada biaya di muka yang harus dibayarkan di luar cicilan. Besarnya akan tergantung kebijakan masing-masing bank. Umumnya besaran biaya di muka ini adalah 1.5 hingga 5 persen dari total pinjaman.
  3. Ketiga ada biaya bunga yang akan ditetapkan pihak bank pada jenis pinjaman apapun termasuk KTA. Bunga untuk KTA sendiri termasuk tinggi, yaitu mulai dari 10 hingga 23 persen per tahunnya. Tingginya besaran bunga KTA ini terutama disebabkan karena dalam KTA tidak terdapat jaminan aset. Ini menyebabkan kerugian pada pihak bank akan semakin besar. Bunga KTA ini juga bersifat flat.
  4. Keempat ada biaya penalti yang akan dikenakan jika pelunasan KTA dipercepat. Biaya ini bisa mencapai 5 hingga 6 persen dari sisa tagihan KTA yang dimiliki.
  5. Kelima ada biaya materai yang akan digunakan untuk membayar materai dalam KTA. Namun beberapa bank akan membayarkan biaya materai ini.
  6. Terakhir ada biaya asuransi. Biaya ini dikenakan karena tenor yang cukup lama serta jumlah pinjaman yang cukup besar. Pihak bank tentunya tidak ingin menanggung resiko peminjam meninggal dunia saat pinjaman belum dilunasi. Inilah yang membuat adanya biaya asuransi dalam KTA.

Setelah mengetahui pengertian, keuntungan serta aneka bunga dan biaya yang diperlukan dalam proses pengajuan KTA di atas, saatnya kita menyimak prosedur pengajuan KTA. Termasuk di antaranya adalah aneka dokumen yang harus dilengkapi.

  1. Cari modal usaha gratis lewat KTA ini dimulai dengan memenuhi syarat identitas pribadi serta kelengkapan dokumen. Usia nasabah minimal adalah 21 tahun dan maksimal 65 tahun. Kelengkapan dokumen yang harus dipersiapkan antara lain adalah NPWP, Akta Nikah apabila sudah menikah, Kartu Keluarga, Surat Keterangan Penghasilan untuk karyawan, SIUP atau TDP bagi pengusaha dan juga fotokopi rekening koran selama tiga bulan terakhir.
  2. Kedua, pihak bank akan melakukan pemeriksaan pada catatan dari pemakaian calon nasabah. Kita harus memastikan bahwa catatan kredit tengah dalam keadaan lancar.
  3. Status profesi juga menjadi bahan pertimbangan. Di antaranya adalah karyawan yang sudah bekerja minimal satu tahun, wiraswasta yang memiliki usaha selama kurang lebih dua tahun serta profesional yang sudah memiliki tempat praktek dan akta hukum yang sah.
  4. Kemudian perhatikan juga jumlah debt ratio yang tidak boleh lebih dari tiga puluh persen dari total pendapatan saat mengajukan KTA.
  5. Nomor telepon harus dapat dihubungi, baik nomor telepon pribadi, kantor maupun keluarga yang tidak tinggal serumah.
  6. Terakhir adalah proses verifikasi. Pastikan semua data terisi dan tidak ada yang terlewat.

Mendapat Modal Usaha Lewat Pegadaian

Di samping meminjam uang dari bank, kita juga bisa mendapat modal usaha dengan cara menggadaikan barang di pegadaian. Cara menggadaikan barang terbilang sederhana dan jauh dari kesan rumit. Nasabah hanya perlu mendatangi kantor cabang Pegadaian terdekat. Ambil nomor antrean dan isilah formulir permintaan pinjaman atau kredit. Dokumen yang harus disiapkan juga terbilang sederhana. Kita hanya harus menyediakan fotokopi KTP ataupun SIM. Apabila barang yang digadaikan berupa kendaraan, cukup membawa BKPB saja. Jika ingin menggadaikan barang elektronik seperti laptop, maka bawalah laptop tersebut.

Selanjutnya, tunggu nama kita dipanggil oleh petugas pegadaian untuk diberitahukan nilai taksiran serta nilai pinjaman maksimal. Nilai taksiran serta nilai pinjaman maksimal ini memiliki pengertian yang berbeda. Nilai taksiran adalah estimasi dari harga barang yang digadaikan. Sementara yang dimaksud nilai pinjaman maksimal adalah besaran pinjaman maksimal yang dapat diberikan pihak Pegadaian. Sebagai contoh, apabila kita menggadaikan perhiasan emas lima gram dengan nilai taksiran Rp 1.600.000,- maka nilai pinjaman maksimalnya adalah Rp 1.400.000,-.

Lalu, apakah semua barang bisa digadaikan? Ternyata tidak! Beberapa barang tidak dapat digadaikan karena dianggap sudah kuno sehingga tidak ada nilainya. Berikut adalah beberapa jenis barang yang tidak dapat digadaikan tersebut.

  1. Pertama adalah motor pabrikan asal Tiongkok.
  2. Kedua adalah produk ponsel dengan merk Blackberry.
  3. Ketiga adalah TV cembung yang sudah jarang atau bahkan tidak digunakan lagi.
  4. Keempat adalah batu akik yang sudah tidak up to date lagi sehingga tidak ada nilai jualnya.

Sementara ragam barang yang dapat digadaikan sangat banyak. Beberapa di antaranya adalah sebagai berikut.

  1. Pertama ada peralatan elektronik tipe terkini yang masa produksinya maksimal satu tahun. Kondisi harus baik seperti televisi, kulkas, LCD dan lain-lain.
  2. Kedua adalah gadget tipe terkini yang masa produksinya maksimal satu tahun. Tersedia pula kwitansi pembelian serta masih dalam keadaan bagus.
  3. Ketiga, dapat pula digadaikan kamera DSLR tipe terbaru yang masa produksinya maksimal satu tahun terakhir. Kondisi harus masih prima dan tersedia kwitansi pembelian asli.
  4. Batu mulia seperti berlian serta emas juga bisa digadaikan, baik yang berbentuk batangan, kepingan ataupun perhiasan.
  5. Surat berharga juga bisa digadaikan, contohnya adalah BPKB kendaraan bermotor. Motor harus keluaran produksi minimal lima tahun terakhir. Merk harus yang populer seperti Yamaha, Honda dan lain-lain. Sementara untuk mobil harus merupakan keluaran produksi sepuluh tahun terakhir.

Inspirasi Bisnis Modal Kecil

Apabila mengalami kendala dalam meminjam uang di lembaga peminjaman seperti bank ataupun pegadaian, maka langkah yang bisa kita coba dalam memulai usaha adalah dengan mencoba usaha yang modalnya kecil. Memang, meminjam uang di lembaga peminjaman memiliki resikonya tersendiri. Barang jaminan tidak akan bisa diambil apabila kita tidak melunasi pinjaman dalam kurun waktu yang ditentukan. Sementara usaha yang baru berjalan umumnya tidak akan langsung sukses namun harus berjuang dulu dari bawah agar bisa mendapat banyak keuntungan. Pinjaman tanpa agunan pun bukan tanpa resiko. Bunga yang besar yaitu hingga dua puluh persen tiap bulannya bisa jadi beban tersendiri untuk kita. Karena itulah, kita perlu menyiapkan rencana cadangan. Salah satunya adalah bersiap memulai bisnis dengan modal kecil.

Tidak selamanya bisnis harus diawali dengan biaya jutaan Rupiah hingga kita harus meminjam uang. Beberapa bisnis bisa diawali dengan modal ratusan ribu Rupiah saja. Bahkan, ada juga bisnis yang modalnya hanya di bawah seratus ribu Rupiah! Ini tentu merupakan angin segar bagi kita yang ingin segera memulai bisnis namun terkendala masalah biaya. Bisnis dengan modal yang kecil merupakan langkah tepat bagi kita yang masih pemula dalam menjalankan usaha. Kemungkinan terburuk yang mungkin terjadi adalah apabila kita merugi, maka kerugian yang diderita tidak akan terlalu banyak. Kita tidak perlu menjaminkan barang apapun untuk mendapat modal, karena modalnya bisa diambil dari uang tabungan sendiri.

Jenis ini juga sangat beragam, tidak kalah dari usaha yang membutuhkan modal besar. Kita bisa memanfaatkan media internet sebagai tempat usaha. menjadi alternatif karena kita tidak perlu menyewa tempat berjualan, dapat dilaksanakan secara fleksibel serta prosesnya mudah dan cepat. Banyak pebisnis sukses yang mengawali karir mereka dari menjadi pebisnis kecil-kecilan. Berawal dari bisnis online inilah, usaha bisa dikembangkan menjadi semakin maju dan besar. Merintis juga tidak menutup kemungkinan bagi kita dalam menyerap tenaga kerja.

Usaha online dapat dilakukan melalui beberapa media. Di antaranya adalah website, blog, jejaring sosial hingga marketplace.

  1. Melalui website, kita bisa membuat dan mendesain sendiri website yang akan digunakan sebagai tempat usaha. Membuat website ini biasanya akan dikenakan biaya, terutama apabila kita membuat website premium dengan desain khusus. Website biasanya akan dibuat oleh perusahaan yang sudah mulai berkembang.
  2. Blog yang biasa digunakan sebagai diary virtual juga dapat dimanfaatkan untuk kepentingan usaha. Kita bisa memajang foto-foto barang dagangan di blog beserta dengan keterangan terkait spesifikasi barang dan juga kontak yang bisa dihubungi. Membuat blog tidak dikenakan biaya, namun untuk templatenya tersedia template berbayar yang harus kita beli. Walaupun begitu, tersedia juga template gratis.
  3. Jejaring sosial menjadi tempat yang umum digunakan untuk menjual aneka barang atau sekadar mempromosikan usaha. Jejaring sosial banyak digunakan karena jumlah pengguna yang sangat banyak, kemudahan dalam mengoperasikan hingga tidak ada biaya yang dikenakan untuk membuatnya. Beberapa contoh jejaring sosial yang banyak digunakan untuk berjualan online adalah Facebook serta Instagram.
  4. Marketplace juga bisa menjadi pilihan dalam menjalankan bisnis online. Bergabung dalam marketplace tidak akan dikenakan biaya. Selain itu, dalam marketplace juga telah banyak penjual dan pembeli di dalamnya sehingga kita tidak perlu susah-susah lagi dalam menemukan pembeli.

Usaha online yang dapat dengan mudah kita temukan adalah berjualan online. Memang bisnis yang satu ini mudah untuk dilakukan. Kita cukup memajang barang dagangan di platform yang digunakan untuk berjualan. Pembeli yang tertarik dapat menghubungi kita melalui nomor kontak yang disertakan. Setelah pembeli melakukan pembayaran, penjual langsung mengirim barang menggunakan jasa ekspedisi pengiriman. Namun, bagaimana kita bisa berjualan online apabila terkendala masalah modal, baik sumber daya atau barang yang dijual serta dana?

Jika kita masih belum memiliki barang yang hendak dijual, maka solusinya adalah dengan menjadi reseller. Kita membeli barang dalam jumlah besar atau grosir dari reseller. Selanjutnya, barang tersebut kita jual kembali secara eceran. Menjadi reseller termasuk banyak dilakukan oleh para pebisnis online. Kita harus mencari supplier yang memasang harga terendah agar harga jual nantinya lebih menguntungkan. Namun, dalam praktek reseller ini tetap dibutuhkan modal tinggi karena kita harus membeli barang secara grosir terlebih dahulu. Pembelian grosir ini biasanya minimal adalah dua belas buah atau satu lusin. Apabila kita ingin mulai berjualan online, namun terkendala modal dengan menjadi reseller, maka solusinya adalah dengan menjadi dropshipper.

Sistem dropship berbeda dengan reseller. Dropship juga memiliki kelebihan serta kekurangannya masing-masing. Dalam sistem dropship, yang perlu kita lakukan sebagai penjual hanyalah meneruskan pesanan pembeli pada supplier. Pihak supplier yang akan mengurus pengemasan serta pengiriman barang. Selain itu, barang yang dikirimkan oleh supplier pada pembeli akan menggunakan nama kita sebagai penjualnya. Sistem seperti ini memungkinkan kita untuk bekerja secara lebih fleksibel dan menghemat banyak waktu, tenaga serta biaya.

Berikut adalah uraian lengkap kelebihan dan kelemahan dari sistem dropship. Hal ini penting untuk dipahami terutama oleh kita yang hendak menjadi dropshipper.

  1. Kelebihan utamanya adalah menghemat banyak waktu dan tenaga. Kita tidak perlu melakukan stok barang, pengemasan hingga pengiriman.
  2. Bisa dikerjakan di sambil mengerjakan pekerjaan sehari-hari. Banyak pebisnis dropship yang masih sekolah ataupun kuliah.
  3. Prosesnya mudah dan sederhana. Bisa dilaksanakan oleh siapa saja asal mengerti internet.
  4. Kelemahannya, kita tidak bisa memastikan kualitas dari barang yang dijual. Kita juga tidak bisa melihat langsung apakah supplier mengemas barang dengan baik untuk menghindari kerusakan di tengah jalan.
  5. Margin keuntungan yang cukup kecil. kebanyakan dilakukan oleh mereka yang masih pemula dalam jual beli online.
  6. Masalah pada pengiriman seperti paket hilang atau rusak tetap menjadi tanggung jawab kita. Ini karena kitalah yang menjual barang sehingga wajib untuk bertanggung jawab pada barang yang bermasalah pada saat pengiriman.

Menimbang aneka kelemahan dan juga kelebihan di atas, akan lebih baik lagi apabila sebelum menjual secara dropship, kita membeli dulu satu atau dua barangnya untuk melihat langsung kualitas dari barang tersebut. Penting juga untuk memilih supplier yang terpercaya sehingga proses pengiriman barang akan dilakukan sebaik mungkin. Bisnis dropship terutama akan sangat menekan modal karena nyaris tidak ada dana yang kita keluarkan sama sekali. Supplier biasanya tidak akan memberikan persyaratan khusus untuk para dropshipper. Namun demikian, beberapa supplier mengharuskan calon dropshipper untuk membeli beberapa barang terlebih dahulu sebelum bergabung.

Selain usaha berjualan online di atas, masih banyak usaha lain dengan modal kecil yang dapat kita lakukan. Di antaranya adalah usaha offline serta online sebagai berikut.

  1. Berjualan pulsa dapat dilakukan sebagai yang menguntungkan dengan modal kecil. Deposit awal yang diperlukan dalam usaha ini hanya sebesar Rp 50.000,- saja. Berjualan pulsa termasuk usaha yang potensial mengingat banyaknya pengguna telepon seluler di Indonesia.
  2. Memulai juga termasuk dalam usaha dengan modal kecil yang bisa dilakukan. ini bisa dijalankan di dekat kawasan padat penduduk, sekolah, kampus, perkantoran hingga pabrik.
  3. Menyewakan kamar kosong pada wisatawan dapat dilakukan apabila rumah kita terletak berdekatan dengan tempat wisata. Usaha ini populer di luar negeri lewat situs AirBnB. Kita juga bisa melakukannya terutama saat high season atau peak season saat jumlah pengunjung sedang banyak-banyaknya.
  4. Menjual foto ternyata merupakan praktek yang lumrah dilakukan. Melalui website iStockPhoto, kita bisa menjual foto hasil jepretan sendiri untuk isi blog atau website milik orang lain.
  5. Bakat dalam bidang desain bisa kita manfaatkan untuk membuat template WordPress berbayar. Harga per template termasuk mahal karena bisa mencapai ratusan dollar Amerika.
  6. Jika kita memiliki bakat menulis, maka manfaatkan lah bakat ini untuk mencari penghasilan di bidang kepenulisan. Banyak website yang membutuhkan penulis lepas sebagai pengisi konten.
  7. Daur ulang sampah bekas rumah tangga juga dapat dilakukan. Selain untuk usaha, kegiatan ini sekaligus bisa mengurangi limbah rumah tangga serta menyalurkan kreativitas kita.

Cara Mendapatkan Modal Usaha Kecil Tanpa Pinjaman dengan KUDO

Usaha Modal Kecil Lewat KUDO

Usaha lain yang bisa kita jalankan dengan modal terbatas adalah dengan menjadi . KUDO merupakan salah satu marketplace yang ada di Indonesia. Selain bisa mendapatkan aneka barang kebutuhan di sini, kita juga bisa bergabung menjadi agen agar dapat memperoleh . Biaya pendaftaran menjadi agen adalah gratis, sementara saldo awal agar bisa mulai berjualan hanya Rp 10.000,- saja. Kelebihan utama KUDO adalah transaksi yang dijamin aman, bahkan dikatakan bahwa transaksi melalui KUDO ialah transaksi online rasa offline karena sangat dijamin keamanannya.

Ada banyak keuntungan yang ditawarkan KUDO untuk kita apabila bergabung menjadi agen. Di antaranya adalah jumlah produk yang sangat beragam hingga mencapai jutaan. Semua produk juga telah dipilih agar hanya produk berkualitas yang dijual di KUDO dengan harga bersahabat. Skema keuntungan yang didapat juga terbilang transparan serta besar. Besaran komisi untuk agen akan ditampilkan langsung di bawah harga produk. telah dirancang agar aman dan menjamin transaksi yang dilakukan. Selain itu, menggunakan aplikasi KUDO juga mudah sehingga tidak akan menyulitkan kita dalam prosesnya.

Cara bergabung menjadi agen KUDO juga mudah. Ikuti langkah-langkah sederhana di bawah ini agar kita bisa resmi menjadi agen dan dapat segera berjualan.

  1. Download terlebih dahulu aplikasi KUDO di Playstore atau website shop.KUDO.co.id.
  2. Lakukan registrasi agar bisa terdaftar menjadi agen.
  3. Isi saldo terlebih dahulu mulai dari Rp 10.000,- agar dapat berjualan.
  4. Kini kita sudah resmi menjadi agen KUDO dan siap untuk memulai usaha online

Demikian adalah cara memulai usaha online dengan modal terbatas. Kita bisa melakukannya di rumah saja sebagai usaha sambilan sembari mengerjakan aktivitas sehari-hari seperti kuliah, sekolah hingga bekerja kantoran. Usaha online ini terbilang fleksibel sehingga dapat menjadi alternatif bagi kita dalam mendapat tambahan penghasilan. Semoga uraian di atas bermanfaat.

Tag