24May

5 Negara yang Menyambut Bulan Ramadhan dengan Cara Unik

Tidak terasa bulan ramadhan sudah di depan mata. Sebentar lagi akan banyak iklan sosis dan juga sirup bertebaran di dunia maya sebagai pertanda semaraknya bulan suci ramadhan. Apakah Sobat Kudo sudah bersiap-siap memulai ibadah puasa?

Indonesia sendiri punya cara tersendiri untuk menyambut bulan ramadhan dan bahkan tiap daerah memiliki kebiasaan yang berbeda. Tapi tahukah Sobat Kudo kalau ternyata negara-negara di luar sana juga punya tradisi yang unik lho menyambut bulan ramadhan. Mau tahu apa aja? Disimak yuk.

  1. Mesir

Di Mesir tepatnya di kota Kairo ada sebuah tradisini unik yang dilakukan oleh umat muslim saat menyambut bulan suci ramadhan. Umat muslim di sana akan berbondong-bondong membeli lampu yang dinamakan lampu Fanus. Lampu tradisional ini banyak sekali lho dijual saat menyambut bulan ramadhan.

Fanous_Ramadan - Copy

Gambar 1. Lampu Fanus yang dipakai orang Mesir menyambut bulan Ramadhan

Tradisi lampu Fanus ini diawali ketika pada zaman Dinasti Fattimiyah. Orang-orang akan memasang lampu Fanus di pintu-pintu rumah mereka, demi menyambut pasukan Rada yang akan datang saat akan bulan ramadhan.

 

  1. Albania

Salah satu negara di Eropa ini ternyata juga punya cara yang unik lho menyambut bulan ramadhan. Biasanya umat muslim di Albania menyambut ramadhan dengan menggelar acara kesenian yang dinamakan Lodra. Menggunakan alat musik seperti gendang dan dua stik besar sebagai pemukulnya. Stik pemukulnya juga berbeda bentuk lho, agar suara yang dihasilkan juga berbeda. Sobat Kudo tertarik ke Albania nggak ya?

bulan ramadhan

Gambar 2. Festival Lodra yang dilakukan oleh Muslim Albania menyambut ramadhan

  1. Italia

Umat muslim di Italia menyambut bulan suci dengan memasak masakan manis. Bisa berupa penganan cokelat dan harus ada jamuan kurma juga lho. Selain itu masakan yang mereka masak biasanya memiliki bumbu dasar buah kurma. Kalau kopi rasa kurma ada tidak ya Sobat Kudo?

bulan ramadhan

Gambar 3. Kurma yang dipakai oleh Muslim Italia untuk masakan mereka.

  1. Perancis

Di Perancis terdapat suatu daerah yang dihuni oleh banyak imigran Arab bernama Couronne. Disini sebagai salah satu pusat umat muslim di Perancis juga menyambut ramadhan dengan cara yang unik. Mereka akan berbelanja di Jean-Pierre Timbaud yang banyak menjual pernak-pernik ramadhan.

Semakin lama hal ini menjadi kebiasaan bagi umat muslim yang akan menyambut bulan ramadhan lho Sobat Kudo.

bulan ramadhan

Gambar 4. Salah satu lokasi restoran di Jean-Pierre Timbaud tempat dijualnya pernak-pernik ramadhan

  1. Jepang

Jepang yang terkenal dengan agama Shinto nya ternyata memiliki daerah yang padat muslim Sobat Kudo. Dengan dibentuknya Islamic Centre Japan (ICJ), para panitia ramadhan akan ditugaskan untuk membagi-bagikan jadwal berpuasa pada umat muslim yang terdaftar di ICJ tadi.

Oh iya, kalau Sobat Kudo ada yang tinggal di Jepang maka tidak perlu kuatir ya. Kamu pasti bisa puasa penuh. Hihi.

bulan ramadhan

Gambar 5. Umat muslim di Jepang yang memakai kimono

 

Nah, sekarang Sobat Kudo udah tahu dong kalau ternyata ada beberapa negara yang juga melakukan tradisi unik saat menyambut bulan ramadhan. Tanpa perlu kuatir lagi, Sobat Kudo bisa jalan-jalan ke negara-negara tersebut saat bulan ramadhan. Beramal sambil jalan-jalan asik juga kan Sobat Kudo?

Sumber foto: Flickr

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *