05Jul

Ojek Online Grab yang Banyak Diminati Konsumen

Terjebak tengah-tengah kemacetan sudah menjadi konsekuensi untuk orang-orang yang tinggal di kawasan perkotaan seperti Jakarta dan sekitarnya. Kemacetan ini umumnya disebabkan oleh luapan kendaraan roda empat dan roda dua di ruas jalan yang lebarnya tidak seberapa. Alhasil arus lalu lintas menjadi sangat padat dan tidak lancar. Tidak hanya itu, kemacetan membuat perjalanan menjadi tertunda.

Ada berbagai macam cara untuk mengatasi kemacetan, misalnya mengurangi penggunaan kendaraan milik pribadi dan beralih memakai kendaraan umum. Solusi ini merupakan solusi terbaik karena sebagian besar kendaraan yang berjubel di tengah-tengah kemacetan adalah kendaraan pribadi. Akan tetapi orang yang enggan memakai kendaraan umum seperti KRL (Kereta Rel Listrik) atau bus Transjakarata karena alasan keamanan. Sudah ada banyak kasus tindakan kriminal yang terjadi di dalam kendaraan umum yang ada di Jakarta seperti pencopetan dan pelecehan seksual. Sehingga kebutuhan akan kendaraan umum yang sifatnya privat sangatlah dibutuhkan, contohnya .

Kelebihan Ojek Pangkalan

Ojek pangkalan menjadi pilihan yang paling tepat untuk kendaraan umum karena beberapa alasan di bawah ini.

  • Lebih Cepat
    Dibandingkan taksi, bus, angkot, atau kereta api, ojek pangkalan merupakan kendaraan umum yang bisa melakukan perjalanan dengan cepat. Hal ini disebabkan ojek pangkalan menggunakan sepeda motor. Dengan body-nya yang ramping, sepeda motor bisa menerobos di sela-sela kendaraan yang berdesakan di tengah kemacetan. Perjalanan menggunakan ojek pangkalan bisa menjadi lebih cepat karena sepeda motor bisa melaju di jalan alternatif yang umumnya berupa gang kecil dan sempit.Perjalanan menjadi lebih cepat dengan ojek pangkalan karena ojek pangkalan tidak perlu menunggu penumpang lain atau berhenti di tempat pemberhentian dalam waktu yang lama. Ojek pangkalan akan langsung melaju begitu mendapat satu orang penumpang dan tidak perlu menunggu orang lain. Ojek pangkalan yang sangat fleksibel membuat ojek pangkalan menjadi pilihan tepat untuk melakukan perjalanan bagi orang-orang yang sedang terburu-buru.
  • Lebih Nyaman
    Ojek pangkalan yang menggunakan sepeda motor tidak bisa memuat banyak orang. Apalagi di kota-kota besar seperti Jakarta yang memiliki peraturan lalu lintas yang ketat. Sepeda motor hanya diperbolehkan membawa dua orang yang terdiri dari satu orang pengendara dan satu orang penumpang. Naik ojek pangkalan membuat kita lebih nyaman karena kita tidak perlu berdesakan dengan penumpang lain atau berebutan tempat duduk yang jumlahnya terbatas. Selain itu, risiko kecopetan atau terkena pelecehan seksual bisa terkurangi dengan naik ojek pangkalan karena tidak ada orang asing di sepeda motor.
  • Mudah Ditemukan
    Ojek pangkalan sangat bermanfaat untuk orang-orang yang tinggal di kawasan perumahan yang terpencil atau masuk ke dalam gang. Sehingga, akses untuk mendapatkan kendaraan umum tergolong sulit karena mereka harus berjalan jauh keluar dari gang atau kompleks perumahan untuk menemukan halte bus, terminal angkot, atau stasiun kereta api. Akan tetapi dengan adanya ojek pangkalan mereka bisa berdiam diri di dalam rumah dan menanti tukang ojek pangkalan datang ke rumah. Atau berjalan dalam jarak yang dekat karena pangkalan tukang ojek ada di mana-mana. Biasanya tukang ojek membuat pangkalan di luar kompleks perumahan atau di luar gang.

Ojek Online Grab yang Banyak Diminati Konsumen

Kekurangan Ojek Pangkalan

Namun, di balik tiga kelebihan ojek pangkalan yang sudah dijelaskan di atas, naik ojek juga memiliki beberapa kekurangan, seperti yang akan dipaparkan di bawah ini.

  • Tarif yang Tidak Jelas
    Tidak ada patokan yang jelas mengenai tarif ojek pangkalan. Biasanya masing-masing tukang ojek memiliki kebijakan untuk menentukan tarif sendiri-sendiri. Tarif untuk ojek pangkalan ditentukan oleh beberapa faktor seperti seberapa jauh jarak yang ditempuh, seberapa berat yang dilalui, dan seberapa berat beban yang dibawa. Pada jam berapa naik ojek pangkalan juga bisa mempengaruhi tarif ojek. Naik ojek pangkalan di siang hari jauh lebih dibandingkan naik ojek di malam hari. Tarif ojek pangkalan bisa naik hingga berkali-kali lipat jika penumpang ojek tersebut adalah orang yang baru pertama kali datang ke lingkungan tersebut. Akan tetapi, tarif ojek pangkalan bisa lebih murah jika pengemudi ojek pangkalan tersebut adalah orang yang dikenal.
  • Risiko Panas dan Hujan
    Sepeda motor adalah kendaraan yang terbuka sehingga naik ojek pangkalan membuat kita tidak bisa menghindari teriknya sinar matahari dan derasnya air hujan. Jika kita ingin naik maka kita harus siap dengan risiko terpapar sinar matahari yang begitu terik. Saat hujan mengguyur kita akan kehujanan karena tukang ojek pangkalan hanya menyediakan jas hujan model ‘Batman’ yang tidak melindungi seluruh tubuh. Jas hujan tersebut hanya melindungi tubuh bagian atas. Bagian kaki akan basah karena terguyur hujan, bahkan kotor saat ojek melewati kubangan air atau jalanan yang penuh lumpur.
  • Risiko Tindakan Kriminal
    Kita tidak memilih transportasi publik seperti bus, angkot, dan kereta api untuk menghindari risiko tindakan kriminal. Namun, dengan naik ojek pangkalan bukan berarti kita bisa terhindar dari tindakan kriminal. Perlu ditegaskan sekali lagi bahwa tindakan kriminal bisa terjadi kapan saja dan di mana saja, termasuk ojek pangkalan. Sudah banyak tindakan kriminal yang terjadi di ojek seperti pemerasan dan pelecehan seksual. Biasanya tindakan ini dilakukan oleh oknum-oknum tertentu yang menyamar menjadi tukang ojek pangkalan. Mereka memposisikan diri mereka di pangkalan ojek dan bertindak layaknya tukang ojek pangkalan tersebut. Begitu mendapatkan penumpang mereka akan melancarkan aksinya seperti memeras penumpang tersebut dan meninggalkannya di tengah jalan bahkan bisa melecehkan secara seksual. Apalagi penumpang ojek hanya ada satu orang sehingga tidak ada yang bisa menolong ketika tindakan kriminal semacam itu terjadi. Alangkah baiknya jika kita berhati-hati dan selektif dalam memilih ojek untuk mengantisipasi berbagai macam tindakan kriminal.

Akan tetapi jangan khawatir dengan semua risiko naik ojek pangkalan yang sudah dipaparkan di atas. Sekarang, berkat perkembangan dan informasi yang semakin canggih, naik ojek menjadi lebih nyaman.

Mengapa?

Karena sekarang sudah ada seperti yang menggunakan aplikasi yang ditanamkan di dalam seluler yang berbasis .

Kelebihan Ojek Online

Dibandingkan ojek yang biasa, ojek menawarkan beberapa keuntungan seperti yang dijelaskan di bawah ini.

  • Harga yang Relatif Lebih Murah
    Jika kita naik ojek online dan ojek pangkalan dengan jarak tempuh yang sama saat dibandingkan tarifnya maka harga naik ojek online akan lebih murah dari ojek pangkalan. Harga tersebut disebabkan karena adanya banyak yang diberikan oleh perusahaan ojek online. Contohnya, promosi yang ditawarkan oleh ojek online Grab yang mana dengan Rp 15.000,- kita bisa naik ojek dengan tujuan kemana pun. Tentu saja adanya ojek online bisa menghemat pengeluaran untuk transportasi hingga berkali-kali lipat.Umumnya, perusahaan ojek online memberlakukan tarif yang terdiri dari tarif dasar dan tarif yang dibayarkan setiap kilometer. Tarif dasar yang biasanya ditetapkan oleh perusahaan ojek online berkisar Rp 10.000,- sampai dengan Rp 20.000,- dengan tarif yang ditambahkan setiap kilometer seharga Rp 2.500,- sampai dengan Rp 5.000,-. Tarif tersebut bisa menjadi lebih mahal jika kita menggunakan ojek online pada jam-jam sibuk di pagi hari dan sore hari. Tarif tersebut juga bisa lebih murah jika sedang ada promo.
  • Tarif Sudah Ditentukan
    Ketika kita turun dari ojek pasti kita diserang kebingungan mengenai berapa banyak tarif yang harus dibayarkan. Kita bingung apakah yang telah diberikan terlalu murah atau bahkan terlalu mahal. Karena patokan yang digunakan untuk menentukan tarif ojek pangkalan adalah kebiasaan dan perkiraan. Sayangnya, kebingungan mengenai tarif tersebut tidak berlaku lagi jika kita naik ojek online. Tarif untuk ojek online seperti Grab sudah jelas tertera pada aplikasi. Sehingga, kita bisa menyiapkan uang dengan jumlah yang pas. Kita tidak perlu merasa tidak enak hati saat tarif yang dibayarkan ternyata terlalu murah. Atau, kita tidak perlu bernegosiasi hingga saling mengotot karena tarif yang harus dibayarkan terlalu mahal. Lebih nyaman, ‘kan?
  • Ada Pilihan Cara Membayar
    Saat kita naik ojek pangkalan maka kita akan membayarnya dengan uang tunai, bahkan harus dengan uang yang pas jika tukang ojek pangkalan tidak mempunyai uang untuk kembalian. Hal itu tidak berlaku lagi ketika naik ojek online Grab. Grab menyediakan pilihan cara membayar yaitu dengan tunai, , atau top up.Membayar uang tunai sudah jelas selalu kita lakukan ketika naik ojek pangkalan. Tukang ojek online juga melayani pembayaran dengan yang akan dibebankan pada saldo rekening bank kita. Sedangkan, untuk pembayaran dengan cara top up bisa ditemukan dalam layanan Grab Pay. Dengan layanan Grab Pay kita bisa melakukan deposito sejumlah uang sebagai saldo. Saldo tersebut akan semakin berkurang jika kita naik sering naik ojek online. Selain itu, tidak perlu bingung saat kita kehabisan saldo untuk Grab Pay karena top up atau isi ulang saldo bisa dilakukan di mesin ATM. Lebih praktis dan mudah, ‘kan?
  • Ada Bukti Pembayaran
    Rasanya tidak mungkin tidak tukang ojek pangkalan membawa kuitansi kemana-mana atau melakukan rekapitulasi atas pendapatan yang mereka dapatkan. Sehingga, transparansi tidaklah jelas. Berbanding terbalik dengan jasa ojek online yang selalu memberikan bukti pembayaran begitu kita membayar tarif. Bukti pembayaran tersebut akan dikirimkan melalui email secara otomatis begitu perjalanan telah berakhir.Dengan adanya bukti pembayaran tersebut, pengelolaan uang kita menjadi lebih jelas begitu juga dengan pembukuan transaksi di perusahaan ojek online yang bersangkutan. Jika kita ingin melakukan reimburse atau penggantian uang karena pelayanan ojek online tidak memuaskan maka kita bisa mengirimkan email ke bagian dari perusahaan ojek online.
  • Ada Catatan Perjalanan
    Keunggulan lain yang bisa didapatkan dari ojek online yang berbasis aplikasi adalah adanya catatan perjalanan. Catatan perjalanan ini bisa digunakan untuk mengatasi kecurangan yang dilakukan oleh pengemudi ojek online. Contohnya, pengemudi bertindak seolah-olah melakukan trip atau perjalanan untuk menjemput kita. Padahal, pengemudi tersebut tidak menjemput kita. Untuk mengatasi kecurangan tersebut kita bisa menggunakan catatan perjalanan dan melaporkannya kepada pihak perusahaan ojek online.
  • Bisa Memprediksi Waktu Penjemputan dan Sampai di Lokasi Tujuan
    Salah satu kekurangan dari tukang ojek pangkalan adalah waktu yang tidak jelas. Misalnya, kita meminta di jemput pada jam 3 sore karena harus sampai di lokasi tujuan pada jam 4 sore. Akan tetapi, pada jam 3 sore tukang ojek pangkalan baru bersiap-siap untuk menjemput. Alhasil tukang ojek pangkalan akan terlambat dalam menjemput dan berdampak besar pada keterlambatan sampai di lokasi tujuan.Keterlambatan semacam itu tidak akan terjadi jika kita menggunakan jasa ojek online Grab. Melalui aplikasi Grab kita bisa mengetahui informasi mengenai keberadaan pengemudi dan memprediksi berapa lama lagi waktu yang harus ditempuh untuk sampai di tempat tujuan. Prediksi tersebut tentu saja membuat kita bisa mengelola waktu dengan lebih baik. Kita bisa terhindar dari keterlambatan. Perjalanan juga menjadi lebih nyaman karena kita tidak terburu-buru.
  • Ada Informasi Pengemudi
    Sering kali kita takut untuk naik ojek pangkalan karena kita tidak tahu identitas pengemudinya. Kita takut jika pengemudi ojek pangkalan tersebut merupakan oknum-oknum yang berbuat tindakan kriminal. Dugaan buruk tersebut tidak akan berlaku lagi jika kita menggunakan jasa ojek online Grab.Pada aplikasi ojek online Grab sudah tercantum dengan jelas informasi pribadi mengenai pengemudi ojek online. Biasanya informasi pribadi yang tercantum pada aplikasi ojek online Grab meliputi foto profil pengemudi, nomor telepon, nomor plat sepeda motor, jenis sepeda motor yang digunakan, hingga rating tingkat kepuasan yang diberikan oleh penumpang. Informasi tersebut tentu saja memiliki pengaruh yang besar untuk menentukan tingkat keamanan dan kenyamanan penumpang.Selain itu, informasi nomor telepon pengemudi ojek online Grab bisa digunakan untuk menghubungi pengemudi tentang rute jalan menuju tempat penjemputan.

Kekurangan Ojek Online

Terlepas dari tujuh kelebihan yang dimiliki oleh ojek online, tetap saja ada risiko yang harus ditanggung oleh orang-orang yang menggunakan jasa transportasi ojek online. Di bawah ini ada beberapa risiko yang harus ditanggung oleh para penumpang ojek online.

  • Pengemudi yang Kurang Profesional
    Semua orang dari berbagai golongan usia dan kalangan bisa menjadi tukang ojek online karena mudahnya persyaratan yang tertera di lowongan grab bike. Banyak ditemukan orang-orang yang sekadar bisa mengendarai sepeda motor sebagai pengemudi ojek online. Padahal seberapa banyak pengalaman mengemudi bisa mempengaruhi kenyamanan penumpang. Banyak sekali terkait pengemudi ojek online karena kemampuan mengendarai motornya yang tergolong payah sehingga penumpang merasa tidak nyaman dan aman selama perjalanan.
  • Pengemudi yang Tidak Tahu Rute Jalan
    Selain kurangnya kemampuan dalam mengendarai sepeda motor, pengemudi ojek online sering kali mendapatkan keluhan karena tidak tahu jalan. Mereka hanya mengandalkan aplikasi peta seperti Waze atau Google Maps sepanjang perjalanan. Padahal tidak selamanya peta yang tersedia pada aplikasi bisa diandalkan. Peta yang ada di aplikasi hanya menampilkan rute jalan melalui jalan-jalan yang besar. Padahal masih ada banyak rute alternatif yang membuat perjalanan menjadi lebih cepat. Selain itu, sangatlah berisiko jika sepanjang mengendarai sepeda motor fokus terbagi antara jalan yang ada di depan dengan jalan yang tertera pada peta .
  • Pengemudi yang Curang
    Kecurangan dalam ojek online tidak bisa dihindari walau tarif sudah tertera pada aplikasi. Banyak tukang ojek online yang melakukan kecurangan seperti berpura-pura untuk menjemput penumpang padahal pengemudi tersebut tidak menjemputnya. Ada juga pengemudi ojek online yang melakukan pembatalan secara sepihak karena alasan ban sepeda motor yang bocor atau lokasi penjemputan yang terlalu jauh. Sering kali pengemudi ojek online menaikkan tarif karena jalan yang dilalui memiliki medan yang berat dan alasan lainnya.
  • Harga  yang Bisa Berubah
    Tarif yang tertera pada aplikasi ojek online tidak bisa selamanya dijadikan patokan. Tarif ojek online sering kali berubah secara sepihak hanya karena alasan tertentu, misalnya hari libur atau pada jam-jam berangkat dan pulang kantor. Tarif tersebut bisa juga naik jika di area penjemputan tersebut sangat langka transportasinya.

Cara Memesan Ojek Online GrabBike

Untuk menikmati layanan ojek online dari Grab, ada beberapa cara pesan grab yang harus dilakukan.

Seperti apa caranya?

Perhatikan dengan baik langkah-langkahnya di bawah ini.

  1. Unduh aplikasi Grab yang tersedia di App Store untuk telepon seluler yang berbasis iOS atau di Google Play Store untuk telepon seluler yang berbasis Android.
  2. Segera lakukan aktivasi akun Grab agar bisa menggunakan layanan dari Grab berupa GrabBike atau GrabTaxi.
  3. Lakukan pemesanan dengan masuk ke menu “Order” dan pilih GrabBike.
  4. Tentukan lokasi penjemputan. Berikan alamat dari lokasi penjemputan dengan jelas agar pengemudi ojek online GrabBike bisa menemukan penumpang dengan mudah.
  5. Tentukan alamat tujuan.

Sebagai catatan saja agar calon penumpang ojek online GrabBike untuk selalu konsisten dengan lokasi penjemputan serta alamat tujuan. Tujuannya adalah untuk memudahkan pengemudi ojek online GrabBike sehingga pengemudi bisa memberikan pelayanan yang prima dan menyenangkan.

Cara Menjadi Pengemudi Ojek Online GrabBike

Mengingat fenomena ojek online sudah menjamur di kota-kota besar maka banyak orang yang mulai melirik ini. Orang-orang yang memiliki sepeda motor dari berbagai usia dan kalangan mendaftar menjadi pengemudi ojek online GrabBike. Tidak jarang kita menjumpai orang-orang yang sudah tua atau orang-orang dengan gelar sarjana yang melakoni profesi sebagai tukang ojek online.

Untuk mendaftarkan diri sebagai pengemudi ojek online GrabBike, syarat-syarat di bawah ini harus dipenuhi, antara lain.

  • Fotokopi KTP dengan domisili Jabodetabek
  • Fotokopi SIM C
  • Berusia sekurang-kurangnya 17 tahun dan sebanyak-banyaknya 55 tahun
  • Memiliki sepeda motor kondisi yang prima dan dilengkapi dengan surat-surat
  • Mampu mengendarai sepeda motor di kawasan Jabodetabek dan sekitarnya
  • Memahami dengan baik jalan di seluruh kawasan Jabodetabek dan sekitarnya, termasuk jalan-jalan alternatif
  • Melampirkan surat keterangan bagi calon pengemudi ojek online GrabBike yang berusia di atas 50 tahun
  • Mampu mengoperasikan smartphone dan aplikasi GrabBike
  • Membayar biaya untuk top up saldo sebanyak Rp 100.000,- untuk calon pengemudi ojek online yang memiliki smartphone dan Rp 150.000,- untuk calon pengemudi ojek online yang tidak memiliki smartphone.

Cara Mendapatkan Keuntungan Sebagai Tukang Ojek Online GrabBike

Selain syarat-syaratnya yang mudah, pekerjaan sebagai tukang ojek online GrabBike banyak dilirik oleh orang-orang karena keuntungannya yang menggiurkan. Perusahaan jasa transportasi online Grab menawarkan keuntungan hingga jutaan Rupiah kepada para pengemudi transportasi online GrabTaxi dan GrabBike. Keuntungan tersebut didapatkan dari beberapa komponen pendapatan yang nantinya diakumulasikan.

Lalu?

Apa saja yang keuntungan yang didapatkan oleh para pengemudi ojek online GrabBike?

  • Gaji Pokok
    pokok yang didapatkan oleh para pengemudi ojek online GrabBike bersumber dari tarif yang dibayarkan oleh penumpang. Tarif tidak sepenuhnya menjadi milik pengemudi ojek online, tetapi harus dibagi oleh perusahaan. Dalam hal ini, pihak perusahaan Grab memiliki sistem pembagian tarif yang sangat pihak pengemudi. Pihak pengemudi akan mendapatkan 90% dari tarif dan 10% dai tarif akan masuk ke manajemen perusahaan.
  • Bonus Insentif
    Bonus insentif akan diberikan kepada para pengemudi ojek online GrabBike dengan kondisi tertentu. Para pengemudi ojek online GrabBike akan mendapatkan tambahan uang sebesar Rp 50.000,- setiap kali membawa penumpang sebanyak lima orang dalam sehari. Bayangkan saja berapa banyak bonus yang akan didapat jika dalam sehari bisa membawa 20 orang penumpang. Bonus insentif tersebut bisa bertambah bagi pengemudi ojek online GrabBike yang berprestasi atau memiliki reputasi yang baik. Perusahaan bisa memberikan bonus insentif berupa sepeda motor .
  • Asuransi dan Kecelakaan
    Perusahaan Grab sangat menyadari pentingnya kesehatan dan keselamatan para pengemudi ojek online GrabBike. Sehingga, dalam komponen pendapatan yang didapatkan para pengemudi ojek online GrabBike terdapat sejumlah dana untuk kesehatan dan kecelakaan.
  • Tip dari Penumpang
    Tidak bisa dipungkiri bahwa penumpang memiliki peran yang besar dalam menentukan penghasilan grabbike. Penghasilan para pengemudi ojek online GrabBike bisa bertambah berkali-kali lipat karena penumpang yang memberikan uang tip sebagai ucapan terima kasih telah menjemput dan mengantarkan mereka ke tempat tujuan dengan selamat.Tidak ada salahnya bagi pengemudi ojek online GrabBike untuk menjalankan tambahan. Usaha tambahan tersebut akan memberikan dalam jumlah yang besar sehingga penghasilan bulanan akan bertambah banyak.

KUDO adalah pilihan terbaik untuk mencari penghasilan tambahan. merupakan akronim dari Kios Untuk . Pada dasarnya KUDO adalah sebuah situs untuk jual beli secara online yang bisa diakses melalui alamat URL www.kudo.co.id. KUDO juga sudah hadir dalam bentuk aplikasi yang bisa diunduh melalui Google Play Store.

KUDO memiliki keunggulan dibandingkan tempat jual beli online yang lain yang mana sistem pembayarannya bisa dilakukan melalui . Dan KUDO inilah yang bisa dijadikan profesi tambahan para pengemudi ojek online GrabBike. Dengan cara yang mudah, agen KUDO bisa memberikan tambahan penghasilan hingga jutaan Rupiah setiap bulannya.

Lalu? Apa saja yang bisa dilakukan oleh agen KUDO?

  • Menerima Pembayaran Online
    Saat kita berbelanja secara online, kita sering kali merasa malas dengan cara pembayarannya. Kita harus pergi ke bank atau mesin ATM untuk melakukan pembayaran. Akan tetapi jika kita berbelanja di KUDO maka pembayaran bisa dilakukan di agen KUDO yang tersebar di seluruh .
  • Menerima Pembayaran Tagihan
    Setiap bulan kita memiliki kewajiban untuk membayar , air, internet, telepon, dan sebagainya. Semua itu bisa dibayarkan di satu tempat yaitu di agen KUDO. Lebih praktis, ‘kan?
  • Menjual dan Kendaraan
    Tidak perlu bingung jika pulsa habis di saat yang tidak tepat karena ada agen KUDO yang bisa melayani pembelian dengan cepat. Bakan tidak hanya pulsa elektrik saja, pulsa untuk bisa dibeli di agen KUDO.Selain itu, tiket kendaraan umum seperti terbang, kapal laut, dan kereta api bisa dibeli dengan harga yang lebih murah di agen KUDO.

KUDO, satu aplikasi menguntungkan untuk berbagai layanan yang Anda butuhkan, yuk gabung menjadi agen sekarang juga dan nikmati dari setiap transaksi yang Anda lakukan!