21Aug

Cara Menjadi Orang Sukses, Tips, Kunci, Ciri-Ciri, Kisah Cerita Biografi Sukses yang Menginspirasi

Semua orang tentu memiliki keinginan untuk . Sukses sendiri memiliki definisi. Berdasarkan indikatornya, bisa didefinisikan kepada mereka yang memiliki banyak harta atau kedudukan yang tinggi seperti pejabat atau orang terkenal. Meskipun demikian, sukses tentu tidak bisa dilihat hanya dari banyaknya harta atau tingginya kedudukan. Definisi sukses yang lebih tepat adalah ketika seseorang bisa meraih apa yang Dia inginkan. Ada banyak hal yang diinginkan oleh manusia yang hidup dunia, entah itu berupa cita-cita, target, atau pun sasaran. Salah satu contohnya adalah ketika Anda memiliki cita-cita menjadi seorang dokter. Untuk mewujudkannya, Anda harus menempuh pendidikan kedokteran di perguruan tinggi hingga akhirnya lulus dan menjadi seorang dokter. Saat cita-cita Anda menjadi seorang dokter telah terwujud, maka Anda sudah masuk ke dalam ciri-ciri orang yang sukses.

Kunci, Ciri-Ciri, dan Dasar Kesuksesan

Untuk menjadi orang sukses, Anda harus memiliki modal dasar untuk meraih kesuksesan tersebut. Pada dasarnya, modal dasar kesuksesan terletak pada hard skill dan soft skill. Hard skill sendiri merupakan kemampuan teknis yang dimiliki seseorang dan dapat diperoleh melalui proses belajar melalui pelatihan maupun pendidikan. Sedangkan soft skill (attitude) merupakan kemampuan seseorang dalam mengelola diri sendiri dan orang lain yang berada di sekitarnya. Jadi, kesuksesan bisa diraih jika seseorang memiliki kedua modal dasar tersebut. Jika hanya memiliki salah satu saja, maka akan sulit bagi seseorang untuk meraih apa yang mereka inginkan.

Salah satu contoh perpaduan antara hard skill dan soft skill dalam kehidupan sehari-hari adalah ketika seseorang mengendarai mobil. Kemampuan mengendarai mobil merupakan hard skill yang diperoleh seseorang dengan cara belajar. Peran soft skill dalam mengendarai mobil bisa dilihat dari cara seseorang saat menghadapi kemacetan atau reaksi seseorang saat ada orang yang menyeberang di depan mobil secara tiba-tiba. Menurut penelitian di Universitas Harvard, 80% kesuksesan ditentukan oleh soft skill. Sedangkan 20% lainnya ditentukan oleh hard skill. Oleh karena itu, soft skill sangat penting dimiliki oleh semua orang agar mudah meraih kesuksesan. Bentuk soft skill yang harus dimiliki adalah rasa percaya diri, kemampuan menjalankan dengan orang lain, optimis, keras, tidak takut bersaing, tidak takut gagal, mampu beradaptasi dengan lingkungan baru, dan tidak takut mendapat kritikan.

Cara Menjadi Orang Sukses, Tips, Kunci, Ciri-Ciri, Kisah Cerita Biografi Sukses yang Menginspirasi

5 Bentuk Sukses yang Harus Diperjuangkan

Seperti yang telah dijelaskan sebelumnya, bahwa sukses tidak melulu soal harta dan kekayaan. Sukses dapat mencakup seluruh bidang kehidupan. Berikut ini adalah 5 bentuk sukses yang harus dimiliki semua orang :

  1. Spiritualitas
    Sebagai makhluk ciptaan Tuhan, maka semua orang diwajibkan untuk taat beribadah terhadap agama yang mereka peluk. Salah satu contohnya adalah seseorang yang beragama Islam harus menunaikan sholat 5 waktu, membaca Al Qur’an, puasa di , dan beberapa bentuk ibadah lainnya. Jika bisa taat kepada agamanya, maka seseorang bisa dikatakan sebagai orang yang sukses secara spiritualitas.
  2. Finansial
    Sukses secara finansial berkaitan dengan harta atau kekayaan. memang bukan segalanya, namun semua orang tentu membutuhkan uang untuk memenuhi kebutuhan sehari-hari. Kesuksesan finansial bisa dalam bentuk karir yang cemerlang, memiliki kendaraan pribadi, memiliki rumah mewah, memiliki tabungan masa depan, serta dapat berupa yang .
  3. Kesehatan
    Memiliki rumah dan mobil mewah tentu tidak ada artinya jika seseorang mengalami sakit-sakitan. Bahkan, bisa jadi harta yang dimiliki akan cepat habis karena dipakai untuk biaya pengobatan. Oleh karena itu, semua orang wajib menjaga agar memiliki tubuh yang dan bugar. Sukses secara kesehatan bisa diraih dengan melakukan secara rutin, menjaga pola makan, istirahat yang cukup, pergi untuk menenangkan pikiran, serta selalu berfikir positif.
  4. Keluarga
    Semua orang pasti ingin memiliki keluarga yang harmonis dan bahagia. Oleh karena itu, memiliki keluarga yang bahagia juga termasuk ke dalam golongan orang sukses. Sukses dalam berkeluarga bisa dalam bentuk yang harmonis, memiliki yang sholeh dan sholehah, menghormati dan membahagiakan orang tua, dan rukun dengan tetangga dan saudara.
  5. Sosial
    Sukses sosial wajib dimiliki oleh semua orang. Hal ini disebabkan karena semua orang saling membutuhkan satu sama lain. Kita tidak mungkin hidup sendirian tanpa bantuan tetangga, teman, dan saudara. Oleh karena itu, kita wajib memiliki soft skill dalam kehidupan sosial. Sukses secara sosial bisa dibangun dengan mengikuti kegiatan sosial di lingkungan rumah, memiliki banyak teman, bekerjasama dengan rekan , bersosialisasi dengan tetangga, dan lain-lain.

13 Rahasia Menjadi Orang Sukses

Setelah mengetahui 5 bentuk kesuksesan di dunia, kini saatnya Anda mengetahui apa saja rahasia untuk meraih kesuksesan tersebut. Pada dasarnya, rahasia menjadi orang sukses sangat banyak. Berikut ini adalah rangkuman 10 rahasia untuk menjadi sukses :

  1. Yakin Pada Diri Sendiri
    Kesuksesan hanyalah masalah waktu. Oleh karena itu, Anda harus mampu meyakinkan diri sendiri bahwa Anda mampu untuk meraih semua yang Anda inginkan. Agar bisa menjadi lebih kuat dan lebih yakin pada diri sendiri, Anda bisa membaca buku motivasi atau belajar dari orang-orang berprestasi di sekeliling Anda. Saat banyak hal positif yang diterapkan dalam pikiran, maka Anda akan semakin yakin pada diri sendiri.
  2. Melatih Rasa Percaya Diri
    Percaya diri tidak bisa dipalsukan begitu saja. Rasa percaya diri harus benar-benar muncul dengan sendirinya. Kepercayaan diri akan muncul dari adanya persiapan. Oleh karena itu, kepercayaan diri muncul setelah Anda melatih suatu ketrampilan dan berhasil menguasainya. Setelah menguasai ketrampilan di bidang tertentu, maka Anda akan mendapatkan rasa percaya diri. Setelah memiliki rasa percaya diri, kini Anda bisa mulai meraih hal-hal yang sebelumnya belum pernah Anda bayangkan.
  3. Hapus Pikiran Negatif
    Salah satu tantangan terbesar dalam menuju kesuksesan adalah kemampuan menguasai diri sendiri. Terkadang seseorang akan meragukan dirinya sendiri dan kehilangan jati diri. Hal tersebut tentu akan menjauhkan seseorang dari perjalanan menuju kesuksesan. Oleh karena itu, buang semua pikiran negatif dalam diri Anda sekarang juga. Segera lakukan semua hal yang akan semakin membawa Anda pada gerbang kesuksesan.
  4. Mengajak Orang Lain untuk Menciptakan Situasi yang Menguntungkan\
    Sukses tentu tidak bisa diraih sendirian tanpa bantuan dan kerjasama dengan orang lain. Oleh karena itu, membangun ketrampilan bersama orang lain sangatlah penting. Dengan membangun kerjasama bersama orang lain, Anda akan lebih mudah untuk meraih semua tujuan di depan. Untuk meraih situasi yang demikian, maka Anda harus memiliki sikap kepemimpinan yang mampu mengajak orang lain untuk bersama-sama meraih visi dan misi kehidupan.
  5. Berani untuk Sukses
    Berani bukan berarti tidak memiliki rasa takut. Definisi berani yang sebenarnya adalah mau melakukan sesuatu dengan melawan rasa takut tersebut. Ada dua jenis keberanian dalam perjalanan meraih kesuksesan, yaitu berani bertindak dan berani bertahan. Berani bertindak akan muncul jika Anda percaya dengan kemampuan diri sendiri, sedangkan berani bertahan akan muncul dari perasaan ingin sukses.
  6. Belajar dari Kesalahan
    Layaknya ombak di laut yang luas, kehidupan juga memiliki siklus yang datang dan pergi. Melakukan kesalahan bisa digambarkan dengan ombak yang pergi. Namun, ombak yang pergi bukan berarti menjadi hal yang harus disesali setiap hari. Yakinlah bahwa suatu saat nanti ombak akan datang lagi. Saat kesempatan itu tiba, maka Anda harus memanfaatkan ombak sebaik-baiknya. Belajar dari kesalahan dan melakukan segala hal agar kesalahan itu tidak terulang kembali.
  7. Menikmati pekerjaan
    Hidup terlalu singkat jika Anda hanya demi uang saja. Oleh karena itu, temukan bidang yang cocok dengan selera Anda. Dengan begitu, Anda akan menikmati semua pekerjaan yang Anda lakukan. Jika telah menemukan bidang pekerjaan yang Anda cintai, maka perjalanan Anda menuju kesuksesan akan semakin dekat.
  8. Memiliki Harapan
    Saat seseorang memiliki harapan, maka mereka akan berani bertarung untuk merebut impiannya tersebut. Namun, seseorang akan mulai mundur jika sudah tidak memiliki harapan. Oleh karena itu, usahakan untuk selalu berada di antara orang-orang baik yang memberikan Anda dan harapan setiap hari. Dengan begitu, harapan Anda tidak akan pernah padam dan semakin percaya bahwa harapan itu harus bisa Anda wujudkan.
  9. Fokus pada Tujuan
    Adanya tujuan akan semakin memfokuskan perhatian Anda dan memberi arah yang jelas. Saat Anda memiliki arah yang jelas, maka akan semakin mudah untuk melakukan hal-hal yang membawa Anda pada kesuksesan. Tujuan akan memberikan tantangan dalam kehidupan. Hidup tanpa ada tujuan tentu sangat membosankan bukan? Oleh karena itu, tulislah aja saja yang menjadi tujuan hidup Anda. Dengan begitu, Anda akan semakin berkomitmen untuk segera mewujudkan tujuan tersebut.
  10. Bahagia
    Cara menjadi orang sukses adalah hidup dengan bahagia. Kebahagiaan bisa Anda dapatkan dari keluarga, teman, atau rekan kerja. Jika memiliki kehidupan yang bahagia, maka Anda semakin semangat untuk meraih impian yang membahagiakan orang-orang yang tersayang.
  11. Jujur dalam Bertindak
    Setiap tindakan akan memberikan konsekuensi tersendiri. Orang yang bertindak baik akan mendapat imbalan, sedangkan orang yang bertindak jahat akan mendapat hukuman. Oleh karena itu, lakukan tindakan yang jujur dalam setiap perjalanan menuju kesuksesan. Meskipun harus gagal, namun hal tersebut lebih terhormat jika dibandingkan sukses tanpa dilandasi kejujuran.
  12. Berani Bertindak]
    Memiliki gagasan saja tidak ada gunanya jika tidak disertai tindakan. Oleh karena itu, jangan membuang waktu dan lakukan tindakan sekarang juga. Fokus pada apa yang menjadi tujuan. Lawan rasa takut dan rasa takut itu akan hilang. Segera lakukan tindakan agar perjalanan menuju kesuksesan tidak semakin panjang.
  13. Mencintai Proses
    Cintai proses perjalanan menuju sukses yang sedang Anda jalani. kegagalan demi kegagalan akan semakin menguatkan diri Anda dan segera mengantarkan Anda pada gerbang kesuksesan. Sukses tidak bisa didapatkan secara instan. Oleh karena itu, nikmatilah proses tersebut dan rasakan betapa berharganya perjuangan meraih kesuksesan.

10 Langkah Sederhana Agar Menjadi Orang Sukses di Usia Muda

Siapa yang tidak ingin sukses di usia muda? Semua orang tentu menginginkan hal tersebut bukan? Sukses sejak usia tentu bisa dilakukan siapa saja asalkan ada kemauan. Namun, tidak semua orang yang bisa mewujudkannya. Hanya oran yang mau berusaha dan berjuanglah yang akan meraih kesuksesan di usia muda. Biasanya, sebagian besar orang aka menghabiskan masa muda dengan bermain-main saja. Hal ini tentu berbeda dengan anak muda yang ingin sukses. Sejak awal mereka sudah memikirkan masa depan dan menyiapkan strategi untuk meraih semua yang mereka impikan. Inilah 10 langkah meraih kesuksesan di usia muda :

  1. Memiliki Tujuan Hidup yang Jelas
    Jika Anda telah memutuskan untuk menjadi orang sukses pada usia muda, maka Anda harus memiliki arah dan tujuan hidup yang jelas. Agar selalu ingat dengan tujuan hidup Anda, tulislah semua tujuan yang ingin Anda capai dalam selembar kertas. Tulis semua tujuan hidup sebanyak-banyaknya dan beri target waktu yang jelas untuk mencapainya secara spesifik. Dengan begitu, maka Anda akan semakin semangat dalam meraih semua tujuan hidup yang telah ditulis.
  2. Susunlah Perencanaan yang Baik
    Setelah memiliki tujuan hidup yang jelas, kini saatnya Anda menyusun rencana apa saja yang harus dilakukan agar tujuan dan target hidup dapat tercapai secepatnya. Untuk meminimalisir kegagalan, Anda harus lebih bijak dan teliti dalam melakukan penyusunan perencanaan.
  3. Memiliki Tekad Kuat
    Sebagai orang yang ingin sukses pada usia muda, Anda harus benar memiliki tekad yang kuat. Jangan melakukannya secara setengah-setengah. Biasanya, anak muda lebih suka berada pada zona nyaman mereka. Jika ingin segera sukses sejak muda, maka Anda harus keluar dari zona nyaman dan menaklukan segala tantangan yang menghadang.
  4. Meningkatkan Kualitas Diri
    Kesuksesan tidak datang pada seseorang yang tidak berkualitas. Oleh karena itu, Anda harus meningkatkan kualitas diri untuk meraih kesuksesan. Meningkatkan kualitas diri dapat dilakukan dengan menambah wawasan dan pengetahuan pada bidang yang Anda geluti.
  5. Bertindak Tanpa Henti
    Kegagalan selalu dialami oleh orang sukses selama melakukan perjalanan menuju kesuksesan. Namun, mereka tidak pernah berhenti bertindak meskipun telah gagal berkali-kali. Oleh karena itu, Anda harus berani bertindak secara terus menerus tanpa takut mengalami kegagalan. Dengan begitu, maka Anda akan semakin dekat dengan pintu kesuksesan.
  6. Berani Berinvestasi
    Cara menjadi anak muda yang sukses adalah dengan berinvestasi. Jangan menghabiskan uang untuk hal-hal yang tidak bermanfaat. Sebaiknya, Anda menggunakan tabungan untuk berinvestasi. Salah satu bentuk investasi adalah berbisnis. Seperti yang telah kita ketahui bahwa ada banyak orang yang sukses dengan bisnis. Oleh karena itu, Anda harus mengumpulkan keberanian untuk mulai menjalankan bisnis.
  7. Berani
    Menjadi orang yang sukses pada usia muda memang membutuhkan keberanian yang luas biasa. Sukses tidak akan hadir pada anak muda yang penakut dan tidak mau melakukan tindakan. Anak muda yang berani bukan berarti tidak memiliki ketakutan dalam hidupnya. Mereka memiliki ketakutan, namun berani untuk melawannya. Dengan melawan ketakutan tersebut, maka anak muda lebih mudah untuk membuka pintu kesuksesan.
  8. Memiliki Jaringan Bisnis
    Agar mudah meraih kesuksesan di usia muda, Anda harus memiliki banyak jaringan bisnis. Dengan membangun kerjasama dengan pihak lain, maka kalian akan saling membantu dalam hal kebaikan untuk menuju kesuksesan.
  9. Merangkul Kedua Orang Tua
    Mintalah doa kepada orang tua. Meskipun mereka sudah mendoakan Anda tanpa diminta, namun sangat penting untuk mendapat restu dari orang tua. Oleh karena itu, dekatilah orang tua dan mintalah restu kepadanya.
  10. Mendekatkan Diri Kepada Tuhan
    Langkah terakhir untuk menjadi orang sukses adalah mendekatkan diri kepada Sang Maha Pemberi Rezeki. Hal ini disebabkan karena hanya Dia-lah yang akhirnya memberikan keputusan untuk hidup Anda.

Untuk meraih kesuksesan, Anda bisa belajar dari biografi yang sukses. Salah satu tokoh yang berhasil menjadi pengusaha yang sukses adalah Bob Sadino. Beliau memiliki nama lengkap Bambang Mustari Sadino dan lahir pada 9 Maret 1933 di Lampung. Bob Sadino memiliki ciri khas yang unik dalam hal berpakaian, yaitu suka menggunakan kemeja lengan pendek yang dipadukan dengan celana pendek. Meskipun sejak muda telah memiliki banyak harta hasil warisan orang tua, namun Bob Sadino pernah mengalami kegagalan dalam hidupnya. Kehidupannya berubah drastis dan bahkan pernah menjadi tukang batu demi menghidupi keluarganya. Dengan keadaan hidup yang demikian, Bob Sadino pun mengalami depresi karena tidak kuat dengan tekanan hidup yang beliau hadapi. Namun, hal tersebut tidak berlangsung lama setelah salah satu teman Bob menyarankannya untuk memelihara ayam.

Dengan memelihara ayam, teman Bob sangat berharap Bob mampu melawan rasa depresi yang Dia alami. Hal ini pun akhirnya berhasil. Saat mulai memelihara ayam, Bob mendapat inspirasi untuk . Beliau mengaku mendapat banyak pembelajaran dari ayam-ayam yang dipelihara. Jika ayam saja mau berjuang agar bisa hidup di dunia, maka Bob juga harus bisa menghadapi dunia. Selanjutnya, Bob dan istrinya menjalani kehidupan sebagai peternak ayam yang cukup sukses di kala itu.

Singkat cerita, Bob akhirnya berhasil menjadi pemilik pasar swalayan yang bernama “Kem Chicks”. Bisnis tersebut pun semakin berkembang dengan pesat dan akhirnya merambah ke dunia agribisnis. Bob bersama sang istri mengelola kebun sayur dan menjalin kerjasama dengan beberapa petani di Indonesia. Atas , kerja keras, kesabaran, dan perjuangan yang dilakukan oleh Bob Sadino, Beliau akhirnya berhasil meraih predikat kesuksesan dengan menjadi pengusaha di bidang pangan dan peternakan. Bahkan, Beliau juga pernah disebut sebagai pengusaha yang paling di Indonesia.

Dari biografi singkat tokoh Bob Sadino, kita bisa mengambil banyak pembelajaran. Salah satunya adalah jangan pernah menyerah setelah mengalami ribuan kali kegagalan. Beliau juga mengatakan bahwa hal yang penting dalam meraih kesuksesan adalah memiliki kemauan, berani mengambil tindakan, berani berkomitmen, dan pandai menangkap peluang yang ada di depan mata. Tokoh pengusaha sukses Bob Sadino telah meninggal dunia pada 19 Januari 2015 lalu. Beliau sempat dirawat selama 2 bulan dan akhirnya harus menghembuskan nafas terakhir di Rumah Sakit Pondok Indah, Jakarta. Meskipun Bob Sadino telah tiada, namun nama beliau tidak akan hilang begitu saja karena kisah hidupnya telah menjadi inspirasi bagi banyak orang.

Dari kisah hidup yang sangat menginspirasi tersebut, kini saatnya bagi Anda untuk bertindak dalam meraih kesuksesan. Untuk menjadi orang yang sukses, Anda bisa memulainya dengan menjalani . Hal ini disebabkan karena bisnis sedang berkembang pesat di Indonesia. Salah satu bisnis online yang sedang populer di Indonesia adalah . Bisnis online KUDO sangat terbuka untuk seluruh masyarakat Indonesia. KUDO sendiri merupakan singkatan dari “Kios Untuk Online” dan merupakan sebuah e-commerce yang di dalamnya menawarkan beragam produk berkualitas dengan harga terjangkau. KUDO didirikan oleh dua tokoh yaitu dan . Mereka mendirikan KUDO dengan tujuan agar semua masyarakat Indonesia bisa merasakan menjadi pengusaha. Dengan begitu, tentu akan mengurangi jumlah pengangguran dan meningkatkan pendapatan masyarakat indonesia.

Jika ingin menjadi orang sukses dalam berbisnis, Anda bisa ikut bergabung menjadi . Menjadi KUDO sangat cocok bagi Anda yang ingin berwirausaha, namun belum memiliki modal yang besar. KUDO memberikan peluang yang sangat luas kepada siapa saja yang ingin menambah penghasilan tanpa mengeluarkan modal yang besar. Oleh karena itu, menjadi agen KUDO memberikan kesempatan bagi Anda untuk menghasilkan banyak uang dengan cara yang dan mudah. Sebagai sebuah e-commerce, KUDO tentu memiliki banyak kelebihan dibandingkan dengan e-commerce lain yang ada di Indonesia. Selain aman dan bebas dari risiko penipuan, sistem KUDO juga diibaratkan sebagai online rasa offline. Hal ini disebabkan karena para pelanggan juga bisa melakukan transaksi jual beli dengan agen KUDO secara offline. Selain itu, pelanggan juga bisa membayar produk yang dibeli secara cash kepada agen KUDO. Menjadi agen KUDO tentu memberikan banyak keuntungan. Berikut ini adalah beberapa keuntungan yang Anda dapatkan jika menjadi agen KUDO :

  • Mendaftar menjadi agen KUDO adalah tanpa dipungut biaya. Selain itu, agen KUDO hanya diwajibkan menanamkan modal awal sebesar Rp 10.000,- saja.
  • KUDO bekerjasama dengan banyak perusahaan sehingga menyediakan aneka produk yang berkualitas tinggi. KUDO tidak menerima sembarang perusahaan begitu saja, melainkan melalui seleksi perusahaan yang ketat. Perusahaan yang akan diajak menjadi mitra adalah perusahaan terbaik yang memiliki reputasi bagus.
  • Produk yang dijual dan ditawarkan oleh KUDO sangat banyak. Hal ini tentu akan mempermudah agen KUDO dalam memilih produk serta menjualnya kepada para pelanggan.
  • KUDO memiliki aplikasi yang mudah dan aman digunakan. Selain itu, semua transaksi agen KUDO akan terekam dengan jelas dan transparan. Oleh karena itu, agen KUDO tidak perlu khawatir dengan nominal yang harus mereka terima karena semua sistem pembayaran sangat transparan.
  • KUDO memberikan komisi yang cukup banyak kepada para agen-agennya, yaitu mencapai nominal 70%. Selain itu, agen KUDO juga akan mendapatkan berbagai macam bonus jika telah mencapai target penjualan tertentu. Oleh karena itu, semua agen KUDO tentu bisa secepatnya menjadi orang sukses karena mendapatkan banyak keuntungan dan penghasilan.

Lalu, bagaimana cara menjadi agen KUDO? Berikut ini adalah langkah-langkah pendaftaran menjadi agen KUDO :

  • Download melalui Google Play Store.
  • Lakukan registrasi dengan mengisi data identitas diri secara lengkap dan tepat.
  • Lakukan pengisian saldo sebagai modal awal dengan nominal minimal Rp 10.000,-. Namun, Anda juga bisa mengisi modal dengan nominal yang lebih besar.
  • Kini, saatnya Anda berjualan dengan mempromosikan aneka produk ke semua teman atau melalui .

Nah, itulah rahasia menjadi orang sukses dengan bergabung bersama KUDO. Jika Anda bisa menjalani dengan tekun dan kerja keras, maka bukan tidak mungkin Anda akan menjadi pengusaha yang sukses. Semua kesuksesan memang berawal dari nol. Dengan begitu, kita akan lebih menghargai proses perjalanan dalam menuju gerbang kesuksesan. Demikian, semoga semua informasi yang telah dipaparkan di atas bisa memberikan banyak inspirasi dan bermanfaat untuk kita semua.