22Aug

Pakai Kata-Kata Ini Biar CV Jadi Menarik dan Dilirik HRD!

Sudah kirim banyak CV tapi belum ada panggilan kerja? Coba ganti kata-kata ini biar cv jadi menarik dan dilirik HRD.

 

Belum dapat kerja juga? Mungkin ada yang salah sama CV kamu! Nah, sebelum kita bicara lebih jauh, coba deh cek dulu apakah CV yang kamu buat  untuk melamar kerja sudah menyakinkan atau belum?

CV alias Curriculum Vitae bisa dibilang senjata utama saat kamu saat melamar kerja. Kalau CV yang kamu kirim ke perusahaan engga menarik dan menyakinkan, maka kesempatan kamu buat di wawancara pasti kecil.

cv jadi menarik dan dilirik hrd

Sumber foto : interviewkerja.blogspot.com

Menulis CV memang gampang-gampang susah. Di satu sisi kamu mau memberitahu semua kelebihan dan pengalaman yang kamu punya, tapi semuanya terbatas karena halaman yang tersedia. Belum lagi kamu harus mencari kata-kata yang sesuai untuk mendeskripsikan diri kamu lewat tulisan.

Nah bagaimana cara bikin CV kamu jadi lebih menyakinkan dan menarik saat dibaca? Ganti kata-kata kamu dengan yang di bawah ini!

Jangan lagi pakai kata ‘tepat waktu’

Wajar banget kalau kamu menuliskan kata ‘tepat waktu’ di dalam CV. Tujuannya sudah pasti kamu mau menyakinkan perusahaan kalau kamu termasuk orang yang menghargai waktu dalam bekerja.

Sumber foto : afahrurroji.net

Sumber foto : afahrurroji.net

Tapi kata tersebut sepertinya kurang kuat untuk mendeskripsikan diri kamu yang sesungguhnya. Jadi lebih baik ganti kata itu dengan ‘berkomitmen tinggi’. Karena orang yang berkomitmen tinggi sudah pasti akan menghargai waktu.

 

Ganti kata ‘jujur’ dalam CV kamu

Mau banget ya dibilang jujur? Sobat Kudo, kejujuran adalah sifat yang langka karena jumlah orang jujur bisa dihitung pakai jari. Jadi kata ‘jujur’ di dalam CV itu terdengar klise dan semu. Biar terlihat berbeda, kamu bisa mengganti kata ‘jujur’ dengan ‘mampu mengelaborasi fakta dengan baik’.

Hindari kata ‘pekerja keras’

‘Pekerja keras’ memang termasuk kata yang bersifat positif. Kata tersebut memang bisa mendeskripsikan kalau kamu adalah pribadi yang benar-benar bekerja keras.

Sumber foto : blog.mypeoplebiz.com

Sumber foto : blog.mypeoplebiz.com

Tapi perlu pembuktian kalau kamu memang pekerja keras. Kenapa engga coba ganti kata pekerja keras dengan kreatif? Perusahaan akan lebih tertarik dengan orang-orang kreatif loh sobat Kudo!

Ubah kata ‘perfeksionis’ di CV kamu

Dalam pekerjaan yang membutuhkan kemampuan detail seperti editor atau akuntan, sifat perfeksionis memang dibutuhkan. Tapi tanpa kamu sadari makna perfeksionis itu memberikan gambaran kamu adalah orang yang lambat dan tidak bisa bekerja di bawah deadline. Ada baiknya kamu mengganti kata perfeksionis dengan ‘mampu menyelesaikan pekerjaan tepat waktu’.

Lupakan kata ‘ambisius’

Orang yang berambisius umumnya hanya mempunyai keinginan tanpa perilaku yang nyata. Akan menjadi lebih baik kalau kamu melupakan kata ambisius dan menggantinya dengan inventif.

Inventif itu berarti pandai merancang dan menciptakan sesuatu. Sehingga kata inventif terkesan lebih produktif dibanding ambisius.

Hapus kata ‘mampu bekerjasama dengan tim’

Kata ini biasanya paling sering muncul di CV. Tapi sayangnya kata tersebut justru di anggap kurang menarik dan menyakinkan bagi para manajer personalian di beberapa perusahaan. Hapus kata tersebuut dan ganti dengan kata ‘supel’ atau ‘mudah bersosialisasi’. Kelihatan lebih menarik kan sobat Kudo?

Sumber foto : students.telkomuniversity.ac.id

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *