Pasang Baru PLN Online melalui Website PLN
23Jul

Pasang Baru PLN Online melalui Website PLN

Dewasa ini, hampir setiap rumah di Indonesia pasti dialiri oleh listrik. Kini, listrik sudah bukan menjadi barang awam, melainkan menjadi kebutuhan primer yang sangat diperlukan untuk keberlangsungan aktivitas masyarakat. Sebagian besar masyarakat bergantung pada tenaga listrik, entah itu untuk penerangan, komunikasi, sarana bekerja dan lain sebagainya.

Tenaga listrik di Indonesia dimonopoli oleh perusahaan milik negara, atau yang biasa kita sebut dengan Badan Usaha Milik Negara (BUMN). Untuk listrik, perusahaan yang memegang adalah PT. Perusahaan Listrik Negara (Persero). Sudah pasti Anda pernah mendengar PLN.

 

Listrik Prabayar dan Pascabayar dari PLN

Menjadi satu-satunya sumber tenaga listrik bagi seluruh rakyat Indonesia, PLN terus berbenah diri demi memberi kenyamanan dan kemudahan. Inovasi yang dikeluarkannya di antaranya adalah inovasi listrik pintar, yaitu listrik pascabayar dan listrik prabayar. Apa perbedaan dari keduanya?

Listrik pasca bayar menawarkan Anda untuk menggunakan tenaga listrik terlebih dahulu sesuka Anda selama satu bulan lamanya. Kemudian di akhir bulan, atau di awal bulan berikutnya Anda akan disodori tagihan listrik yang sudah Anda pakai tersebut.

Setiap bulan, akan ada petugas dari PLN yang datang ke kediaman Anda untuk mencatat angka dari meteran listrik yang Anda punya. Kemudian, petugas tersebut akan menghitung biaya yang harus Anda bayar, dan kemudian mengeluarkan tagihan tersebut kepada Anda.

Apabila Anda lupa atau telat membayar, petugas PLN akan datang untuk kedua kalinya ke rumah Anda untuk menagih tagihan tersebut. Dan apabila Anda masih bandel untuk tidak membayarnya, PLN berhak memutus layanan tenaga listrik mereka di rumah Anda.

Sedangkan inovasi listrik pintar satunya adalah listrik prabayar, yang muncul karena adanya kemajuan teknologi. Di sistem listrik prabayar ini, Anda diharuskan untuk membeli sejumlah listrik terlebih dahulu untuk kemudian baru digunakan di rumah. Sejumlah listrik ini kemudian diberi istilah baru bernama token listrik.

Cara pembeli token listrik tergolong mudah, seperti layaknya Anda membeli pulsa ponsel pintar Anda. Dengan membeli token listrik, nantinya Anda akan diberi semacam kode atau nomor yang harus di input di Meter Prabayar yang ada di sistem token stroom.

Meter Prabayar sendiri secara konstan akan memberikan Anda informasi terkait jumlah token alias energi listrik yang Anda punya pada saat itu. Apabila token listrik habis, maka isilah dengan cara yang tadi kami jelaskan. Anda bisa memilih opsi token listrik bernilai minimal dua puluh ribu rupiah hingga satu juta rupiah, sesuai dengan kebutuhan Anda.

Informasi Biaya Pasang Listrik Baru

Merujuk pada Peraturan Menteri ESDM Nomor 31 dan Nomor 33 Tahun 2014, ada 12 jenis tarif baru yang mulai diberlakukan untuk tarif pemasangan listrik. PLN meresmikan tarif ini melalui situs resminya. Selain itu, PLN juga menetapkan harga pemasangan listrik baru, seperti biaya untuk penyambungan, uang jaminan langganan serta ketentuan lainnya.

Ada beberapa jenis biaya yang harus Anda siapkan, seperti di antaranya adalah:

  • Biaya Guna Penyambungan
  • Uang Jaminan Langganan
  • Biaya Materai
  • Membeli token listrik perdana senilai minimal lima ribu rupiah

Total biaya pasang baru PLN diperkirakan mencapai 1.218.000 rupiah. Biaya ini sudah termasuk jasa penyambungan, uang jaminan langganan dan materai. Namun harga ini belum termasuk token listrik perdana.

Sedangkan untuk biaya lainnya seperti bagian instalasi, akan diserahkan sepenuhnya kepada pihak PT Perintis Perlindungan Instalasi Listrik Nasional atau PPILN.

Cara Pasang PLN Baru

Apabila Anda baru saja membeli hunian rumah, tentu Anda memerlukan pemasangan listrik. Pada kali ini akan kami jelaskan bagaimana alurnya untuk meminta pemasangan listrik pada PLN di rumah baru Anda. Terdapat dua cara, yaitu dengan telepon dan melalui situs resmi PLN.

 

Mengajukan permohonan sambungan listrik baru melalui Call Center PLN

Anda bisa mengajukan permohonan sambungan baru melalui telepon Call Center PLN yaitu di nomor 123. Langkah selanjutnya adalah berikut ini:

  • Melengkapi berkas-berkas administrasi permohonan sambungan baru.
  • Petugas PLN akan melakukan survei ke lokasi untuk mengetahui detail persis lokasi dan bagaimana kondisi listrik di lapangan, misalnya seperti jarak dengan tiang listrik, jarak dengan trafo atau informasi teknis lainnya.
  • Calon pelanggan PLN wajib untuk menyelesaikan proses administrasi yang bisa dilakukan di kantor PLN. Proses ini termasuk pembayaran sambungan baru langsung melalui kantor atau melalui bank yang ditunjuk.
  • Pelanggan harus menandatangani surat perjanjian jual beli tenaga listrik, ini adalah salah satu syarat wajib untuk mengajukan permohonan sambungan listrik baru.
  • Kemudian PLN akan melakukan penyambungan listrik ke rumah pemohon apabila proses administrasi semuanya sudah dilalui.

 

Mengajukan permohonan sambungan listrik baru melalui situs resmi PLN

Inovasi terbaru dari PLN, yakni pasang listrik lewat online. Dengan adanya inovasi tersebut, memberi kemudahan kepada Anda yang ingin melakukan pendaftaran migrasi, perubahan daya atau instalasi pemasangan baru secara online melalui ponsel pintar Anda.

Untuk Anda yang tertarik dengan prosedur pasang listrik baru secara online, Anda bisa mengikuti langkah-langkah berikut ini:

  • Kunjungi website resmi PLN http://www.pln.co.id.
  • Untuk mendaftar sambungan baru, klik menu “Pasang Sambungan”.
  • Tunggu beberapa detik. Usahakan Anda memiliki jaringan internet yang cukup baik, agar lebih cepat dan tidak terputus.
  • Baca syarat dan ketentuan yang berlaku terlebih dahulu. Jika sudah, scroll terus ke bawah hingga bagian akhir klik “setuju”. Setelah itu akan muncul informasi penting yang perlu Anda baca, ingat dan Anda penuhi. Klik OK.
  • Isi formulir pendaftaran dengan data benar dan sesuai kartu identitas Anda.
  • Jika sudah, lanjutkan pengisian ke sheet “data pemohon,” lalu Anda bisa centang di bagian “copy berdasarkan data pelanggan” untuk mempercepat pengisian data.
  • Setelah mengisi seluruh data diri, scroll ke bagian bawah untuk mengisi jumlah tarif atau daya baru. Isi dengan benar sesuai dengan kebutuhan Anda.
  • Setelah selesai mengisi, bisa klik menu “Hitung Biaya” untuk mengetahui berapa besar biaya yang Anda harus bayarkan ke rekening PLN.

 

Isi Token Listrik dengan Mudah dan Cepat di KUDO

Apabila Anda termasuk penganut sistem listrik prabayar, maka tentunya Anda memerlukan token listrik secara berkala. Ada kalanya di mana kita lalai untuk mengisi pulsa listrik dan akhirnya seluruh barang-barang elektronik yang Anda punya di rumah mati secara mendadak. Anda tidak ingin hal tersebut terjadi, bukan?

Untuk itu, kami memberikan solusi yang cerdas untuk Anda, dengan membeli token listrik melalui KUDO. Untuk yang belum tahu, KUDO adalah Kios Untuk Dagang Online, sebuah market place virtual di mana Anda dapat menemukan berbagai macam barang dan jasa di satu tempat tersebut.

Barang-barang yang ditawarkan KUDO sangatlah menarik dan berkualitas, seperti pakaian, sepatu sandal original, ponsel pintar, mebel dan lain sebagainya. KUDO juga menawarkan jasa seperti pembayaran tagihan dan pembelian, salah satunya adalah pembelian token listrik.

Jadi bagi Anda yang kerap kali lupa untuk mengisi pulsa listrik, Anda tidak perlu khawatir lagi jika sudah terdaftar di KUDO. Karena dengan sentuhan jari Anda saja, Anda sudah bisa membeli token listrik dan menghidupkan kembali listrik di rumah Anda! Bagaimana? Menggunakan layanan KUDO menjadi lebih hemat, cepat dan praktis!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *