18Jun

Pekerjaan Online Tanpa Perlu Membuat Website

Menerbitkan website sekarang ini adalah cara terbaik dalam mendapat penghasilan online, terutama dalam jangka panjang. Akan tetapi, ternyata memiliki website bukan satu-satunya cara agar kita mendapat uang dari pekerjaan online. Banyak jenis pekerjaan yang bisa dilakukan tanpa harus membuat serta mengonlinekan website. Berikut adalah beberapa di antaranya.

Ragam Pekerjaan Online Tanpa Website

  1. Menerbitkan Buku Digital Tulisan Sendiri

Menulis buku untuk diterbitkan tentu akan mendatangkan keuntungan. Apalagi di zaman yang serba maju ini, ada beragam cara yang bisa ditempuh untuk menerbitkan buku. Salah satunya adalah self-publishing, yaitu menerbitkan buku sendiri tanpa adanya bantuan dari penerbit. Bahkan, kita bisa mengatur dan mengedit sendiri naskahnya, judul hingga layout. Self-publishing yang begitu populer sebagai pekerjaan online belakangan ini membuat kita kemungkinan akan mendapat saingan. Akan tetapi, jika kita telah berkomitmen dalam menulis buku yang kontennya berkualitas serta memuaskan keinginan pembaca, maka bukan tidak mungkin kita akan sukses dalam melaksanakannya.

Pekerjaan online berupa menerbitkan buku sendiri tentu akan memiliki banyak aspek yang harus ditangani oleh diri sendiri. Beberapa di antaranya adalah penyuntingan, penyusunan, pembuatan cover dan penjualan di situs-situs tertentu. Di balik semua usaha keras dalam menerbitkan serta memasarkan buku, akan ada pembangian yang menguntungkan. Keuntungan akan didasarkan ada price point buku, di mana kita bisa memiliki hingga 70% dari tiap buku yang terjual. Agar buku berhasil diterbitkan, lakukan terlebih dahulu riset pasar. Pastikan topik dari buku digital itu tidak memiliki banyak saingan namun tetap memiliki pasar. Selain itu, kita juga bisa mencoba menulis buku berseri agar keuntungannya berlipat ganda.

  1. Email Marketing

Jika kita sering menghabiskan waktu di internet, maka saatnya mengubah kebiasaan ini agar menghasilkan keuntungan. Salah satunya adalah pekerjaan online dengan cara menyusun daftar email. Cobalah ingat email yang masuk dalam inbox kita. Mungkin, beberapa di antaranya adalah newsletter yang berisi tawaran produk ataupun jasa. Ada pengguna yang senang mendapat email ini, namun ada pula yang bingung mengapa email ini bisa masuk dalam kotak masuknya. Di sinilah kita bisa menangkap peluang pekerjaan online dengan cara membuat niche email newsletter dengan target sekelompok orang agar dapat menciptakan relasi bisnis solid serta berkelanjutan.

Tidak sulit sebenarnya menjalankan pekerjaan online sebagai email marketing. Ada banyak tool yang bisa dimanfaatkan seperti Aweber, Drip, ConvertKit dan MailChimp. Prosesnya dimulai dengan menetapkan topik yang hendak ditawarkan lalu tentukan gaya email kita, apakah formal atau casual. Pilih pihak penyedia email marketing dan buat landing page sederhana yang mengarahkan trafik ke halaman tersebut. Kirim email biasa yang berisi list pemilik email yang telah dibuat. Tujuan dari pembuatan daftar email ialah agar dapat membangun kepercayaan sehingga mereka membaca informasi kita tiap hari. Setelah kita tahu berapa banyak orang yang membuka serta membaca email yang kita kirim, maka kita bisa mulai mencari uang dengan cara menjual produk digital, mengirim penawaran afiliasi dan lain-lain.

  1. Pekerja Situs Lepas

Ada banyak lowongan kerja lepas atau freelance di internet. Situs-situs yang menawarkan pekerjaan online ini sangat beragam, seperti Freelancer, Upwork, Fiverr dan Sribulancer. Agar kita berhasil dipekerjakan, bangunlah niche. Jangan anggap kita ahli di berbagai bidang namun tetapkan satu bidang yang benar-benar dikuasai, misalnya penerjemah. Setelah menetapkan spesialisasi, buatlah profil disertai contoh portofolio pekerjaan yang pernah dikerjakan sebelumnya dan relevan dengan kemampuan yang dimiliki. Mulailah memperkenalkan keahlian agar ada perusahaan yang mempekerjakan kita. Jenis pekerjaan yang ditawarkan di situs-situs ini terbilang beragam, mulai dari penulis, penerjemah, desain grafis dan lain-lain. Bayaran yang diterima adalah per pekerjaan dengan besaran bervariasi tergantung beban kerjanya.

  1. Membeli dan Menjual Website

Membeli serta menjual sebuah website sama saja seperti membeli dan menjual rumah. Ibaratkan bahwa kita tengah membeli rumah sederhana dan nilai jualnya kurang, kemudian kita perbaiki dan jual lagi agar mendapat keuntungan. Proses jual beli website ini ternyata tidak seberapa susah. Akan tetapi, kita harus tahu bahwa pekerjaan online yang satu ini tak lepas dari resiko. Oleh karenanya, jangan sampai membeli website yang tampak tidak memiliki masa depan. Carilah website dengan rating tinggi namun tak begitu populer. Kita bisa mengecek pasarnya di beragam situs. Lakukanlah riset situs agar kita bisa tahu revenue, jumlah trafik serta profil tautan.

  1. Membeli dan Menjual Nama Domain

Bukan hanya website yang bisa diperjualbelikan. Domain juga bisa dan menjadi ladang keuntungan bagi kita. Pekerjaan online terkait jual beli domain ini biasa disebut domain flipping, di mana kita membeli sebuah domain murah lalu menjualnya lagi dengan harga tinggi. Namun, tentunya domain yang dibeli harus memiliki potensi agar dapat terjual kembali. Proses jual beli dimulai dengan menggunakan aneka tool. Daftarkan ulang sebuah nama domain dan tunggu calon pembeli datang. Juallah sebuah domain dan mulai dapatkan keuntungan. Banyak orang yang sukses menghasilkan keuntungan antara ratusan hingga ribuan dolar per tahun dengan menerapkan strategi tertentu yang tepat. Kita juga bisa melakukannya sekarang juga.

  1. Investasi di Cryptocurrency

Belakangan ini, makin banyak orang menggemari cryptocurrency. Ketenaran bidang ini tak lepas dari Bitcoin yang juga sempat booming sejak beberapa tahun belakangan. Jika di tahun-tahun sebelumnya kita belum sempat berinvestasi menggunakan Bitcoin maupun cryptocurrency lain, maka sekaranglah waktu yang tepat. Investasi sekarang dan dapatkan keuntungan menjadi early adopter. Investasi cryptocurrency sama saja seperti investasi bidang lain. Di samping menawarkan potensi keuntungan besar, ada pula faktor resiko yang harus turut kita pertimbangkan. Akan tetapi jika sudah paham akan cara mainnya, maka pekerjaan online ini bisa jadi ladang uang yang cukup menjanjikan.

Itulah ragam pekerjaan yang bisa dilakoni tanpa harus membuat website. Termasuk di antaranya adalah bergabung menjadi agen KUDO melalui program Majuin Warung. Dalam program ini, kita dan pemilik warung bisa sama-sama mendapat keuntungan. Daftarkan warung terdekat ke aplikasi KUDO dan nikmati beragam keuntungan menarik yang ditawarkan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *