22Dec

21 Strategi Perencanaan dan Pengembangan Bisnis Kecil Menjadi Besar

  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  

Setiap pelaku pasti memiliki impian untuk mengembangkan bisnisnya menjadi lebih besar lagi. Dibalik semua tujuan dari pebisnis, hal yang terpenting ialah untuk membuat strategi perencanaan yang baik. ialah tentang bagaimana kamu membuat strategi perencanaan dan pengembangan bisnis yang kamu miliki. Ada yang menilai bahwa pebisnis kecil tidak perlu melakukan perencanaan bisnis. Mereka berpendapat bahwa strategi perencanaan hanyalah untuk para pengusaha besar. Padahal, pengembangan bisnis tidak memandang apakah kamu pelaku usah kecil atau besar. Sebagai pebisnis kecil tentunya kamu juga harus memiliki rencana pengembangan bisnis.

Melakukan perencanaan bisnis sangatlah penting bagi pelaku bisnis. Perencanaan didefinisikan sebagai suatu rencana / gambaran kegiatan maupun program kerja yang akan dilakukan. Program kerja dan kegiatan inilah yang kemudian menuntun para pelaku bisnis untuk mencapai tujuan. Perencanaan bisnis juga memberikan prediksi atas tindakan yang akan kamu lakukan. Kegiatan ini bisa dibagi menjadi kegiatan jangka pendek, jangka menengah, dan juga jangka panjang. Sebuah tujuan bisa dicapai dengan perencanaan bisnis yang matang. harus ada juga strategi yang efektif agar tujuan bisa dicapai dengan tepat. Tanpa strategi yang tepat, maka perencaan bisnis yang kamu buat tidak akan berpengaruh bahkan berpotensi gagal. Jika kamu ingin membuat perencaan bisnis, maka ada baiknya kamu ketahui karakteristik perencanaan bisnis di bawah ini.

  1. Perencanaan bisnis harus fleksibel
    Jika kamu membuat suatu rencana, maka kamu harus membuat perencanaan yang fleksibel. Hal ini akan membantumu agar lebih mudah mengatasi perubahan yang biasanya disebabkan oleh pengaruh dari lingkungan dan juga permintaan pasar.
  2. Perencanaan bisnis harus responsive
    Maksud dari perencaan yang responsive ini ialah kamu harus bisa membuat rencana yang bisa mengikuti kondisi pasar. Dikarenakan sering berubahnya kondisi pasar, kamu harus selalu siap. Maka perencanaan bisnis yang kamu buat juga harus lebih responsive dengan perubahan ini.
  3. Perencanaan bisnis harus kreatif
    Dengan membuat perencanaan yang kreatif, kamu bisa mendapatkan nilai lebih di pasar. Hal ini juga akan menonjolkan bisnismu karena kamu akan terlihat berbeda dari pebisnis lainnya. Walaupun kamu memiliki produk yang sama dengan rencana dan yang kreatif, kamu akan mendapat banyak konsumen.
  4. Perencanaan bisnis harus menantang
    Nah, yang paling penting adalah perencanaan yang menantang. Kamu harus berani menantang dirimu sendiri untuk melakuka inovasi bisnis. Tak hanya itu, kamu juga harus mampu membuat perencanaan yang realistis sehigga bisa diterima oleh masyarakat.

Tak hanya perencanaan bisnis yang matang, kamu juga harus memiliki strategi. Strategi dalam pengembangan bisnis sangat dibutuhkan karena kamu bisa membuat rencana bisnis yang tepat sasaran. Strategi bisnis ini dimaksudkan agar kamu lebih mudah untuk mengembangkan potensi dan yang baru. Pengembangan bisnis ini bisa dari segi pengembangan kemampuan sumber daya ataupun pengembangan produk. Dengan adanya strategi bisnis, kamu bisa membuat metode dan perencanaan yang efektif. Hal ini dimaksudkan agar tujuan bisnis bisa tercapai. Ada beberapa strategi pengembangan bisnis yang bisa kamu pelajari seperti di bawah ini.

  1. Market Penetration (Penetrasi Pasar)Yang dimaksud dengan penetrasi pasar ialah suau strategi pengembangan bisnis / usaha yang fokus terhadap penjualan sebuah produk ke pasar yang sudah ada. Teknik dari strategi enetrasi pasar ini adalah menjual barang / produk lama untuk dikembangkan di pasar. Hal ini dilakukan untuk menjaga potensi produk karena produk tersebut masih banyak dibutuhkan di pasar. Ada beberapa langkah yang bisa kamu lakukan dalam menjalankan strategi penetrasi pasar ini.
    • Meningkatkan pangsa pasar akan produk yang kamu jual saat ini. Hal ini bisa terwujud dengan menggunakan strategi harga yang kompetitif, promosi penjualan, iklan dan juga sumber daya yang lebih agresif.
    • Mengubah pasar lama dengan mengurangi pesaing. Jika kamu berniat untuk mengurangi pesaing, maka kamu harus melakukan promosi yang lebih agresif. Kamu juga harus merancang harga pasar yang lebih menarik agar pesaing tidak dapat memasuki wilayahmu.
    • Meningkatkan pelanggan tetap. Nah, salah satu langkah dalam strategi penetrasi pasar ini ialah menarik pembeli menjadi pelanggan tetap. Kamu harus bisa membangun loyalitas dengan pelanggan supaya mereka bertahan untuk menjadi pelanggan tetap.
  2. Market Development (Pengembangan Pasar)
    Strategi yang selanjutnya ialah pengembangan pasar. Masksud dari strategi ini ialah dengan cara lama di pasar yang baru. Kamu bisa melakukan banyak cara untuk menjalankan strategi ini misalnya :

    • Mencari pasar baru di mana kamu bisa menjual produkmu. Bisa saja kamu mulai merambah pasar di daerah lain di sekitar wilayahmu.
    • Membuat inovasi produk dengan cara menghadirkan dimensi / ukuran produk yang baru, kemasan yang baru, dan inovasi lainnya.
    • Jalur pendistribusian yang baru yang bisa kamu mulai dengan cara mengambil agen yang lain dari biasanya. Hal ini akan membanumu meningkatkan perkembangan pasar dan memiliki banyak konsumen.
    • Kebijakan harga yang bisa ditentukan berdasarkan laba yang kamu peroleh. Kamu bisa menentukan harga yang berbeda-beda untuk menciptakan segmen pasar yang baru.
  3. Product Development (Pengembangan Produk)
    Nah, untuk strategi yang satu ini kamu bisa memperkenalkan produk baru ke pasar. Strategi ini dilakukan untuk dengan cara menciptakan produk baru untuk dijual di pasar yang sudah ada. Kamu juga butuh kemampuan dan kreatifitas untuk pengembangan usaha dengan menghadirkan produk baru. Kamu juga harus berusah ekstra agar produk yang kamu ciptakan bisa diterima di pasar.

Seperti dijelaskan di atas, kamu perlu memilki strategi perencanaan bisnis yang tepat. Dengan begitu kamu bisa dengan mudah mencapai tujuan bisnis. Berikut ini adalah beberapa tujuan dari strategi perencanaan dan pengembangan bisnis.

  1. Sebagai arahan dan tujuan atas suatu bisnis. Strategi dan perencanaan pengembangan bisnis bisa menjadi arahan yang jelas bagi kamu untuk mecapai tujuan bisnis.
  2. Sebagai kontrok terhadap suatu masalah. Jika kamu sudah memiliki strategi perencanaan yang tepat, maka kamu dengan mudah menganalisis masalah yang muncul. Strategi perencanaan bisnis yang dilakukan secara tepat tidak akan memberikan efek buruk maupun munculnya masalah.
  3. Meningkatkan motivasi akan bisnis yang dijalankan. Jika kamu memiliki rencana, tentu ada hasil yang ingin kamu capai. Nah, dengan adanya strategi perencanaan dan pengembangan bisnis, kamu bisa termotivasi untuk mendapatkan tujuanmu.
  4. Mencapai hasil yang diinginkan secara tepat. Ini juga hal yang terpenting karena kamu bisa mendapatkan hasil yang maksimal. Karena sudah memiliki strategi perencanaan yang baik, maka kamu bisa mendapatkan hasil yang maksimal.

Jika kamu seorang pemula dalam menjalankan bisnis, kamu bisa mengikuti langkah-langkah di bawah ini untuk memiliki strategi perencanaan dan pengembangan bisnis kecil.

  1. Penorganisasian
    Hal pertama yang harus kamu rencakanan dalam pengembangan bisnis ialah organisasi. Pengorganisasian yang tersusun dengan baik bisa membantumu dalam melakukan banyak tugas. Jika kamu tidak bisa menyelesaikannya sendirian, kamu bisa mendapatkan bantuan. Banyak hal yang bisa dilakukan dalam pengorganisasian yang baik dan tepat. Misalnya kamu bisa membuat daftar kerja dan mengatur jadwal kerjamu. Dengan mengikuti aturan yang tertsruktur, kamu bisa dengan mudah mengevaluasi hasil atau proses kerjamu. Apakah ada yang terlewat atau ada yang belum terselesaikan.
  2. Kreativitas
    Langkah selanjutnya ialah kamu juga harus berpikir kreatif. Kreativitas dalam berbisnis sangatlah dibutuhkan. Kamu harus bisa memenangkan kompetisi di pasar karena dengan kreativitaslah kamu bisa lebih maju. Kamu bisa menampung banyak ide baru dam juga terus menambah wawasan. Untuk selalu beriovasi, cobalah hal-hal yang baru untuk pengembangan bisnis yang kamu jalankan.
  3. Pencatatan
    Kamu harus bisa mencatat setiap proses yang kamu lalui dan kamu jalankan. Hal ini akan sangat membatu untuk mengamati perkembangan bisnismu. Dalam langkah pencatatan ini hendaknya kamu mencatat semua hal secara keseluruhan, jangan ada yang terlewat.
  4. Kenali Pesaing
    Dalam dunia bisnis, kamu harus kenali siapa saja pesaingmu. Dunia bisnis memang sangat ketat persaingan. Namu, dengan persaingan ini kamu bisa lebih termotivasi untuk mengembangkan bisnis dan berinovasi secara kreatif. Seorang pesaing bukanlah selamanya musuh karena aakan ada banyak hal yang bisa kamu pelajari dari pesaingmu. Jadi jangan ragu untuk berteman dan belajar dari para pesaingmu.
  5. Konsisten dan focus
    Dalam menjalankan bisnis dan dalam pengembangan bisnis kecil, kamu harus konsisten. Walaupun hanya langkah sederhana, lakukanlah secara konsisten. Focus dengan hal-hal kecil juga akan membantumu untuk mencapai tujuan. Dengan keuletan dan ketekunan dalam menjalani bisnis, tak ada yang tau bahwa suatu saat bisnis ini akan berkembang besar.
  6. Pelayanan
    Selain strategi untuk mengambangkan bisnis dan focus terhadap bisnis, kamu juga harus memberikan pelayanan yang baik. Konsumen tidak mungkin meninggalkanmu jika kamu memberikan pelayanan yang baik. Jadi berusalah menjadi pebisnis yang ramah dan memiliki sopan santun terhadap konsumen.

Nah, kamu bisa menerapkan langkah-langkah di atas sebagai cara pengembangan bisnis. Memang terlihat sederhana, tapi jika dilakukan secara sungguh-sungguh kamu bisa menuai hasilnya. Jika kamu inging melakukan pengembangan bisnis yang mudah, kamu bisa bergabung dengan KUDO. Apa itu KUDO? KUDO atau Kios Untuk Dagang Online adalah sebuah marketplace yang memberikan wadah bagi pebisnis kecil untuk menuai hasil yang besar dengan mudah. KUDO adalah lapak jual beli online di mana semua orang bisa bergabung tanpa modal yang besar. Dibanding dengan marketplace yang lainnya, KUDO memberikan banyak keuntungan lebih untuk kamu yang ingin bergabung menjadi .

Jika kamu berminat menjadi agen KUDO, kamu bisa mengikuti langkah-langkah di bawah ini.

  1. Mendaftar Jadi Agen
    Hal yang pertama ialah mendaftar menjadi Agen KUDO. Untuk cara mendaftar, kamu bisa secara mudah mendaftar lewat . Kamu bisa mendownload aplikasi KUDO di palystore atau appstore. Setelah mendowload, kamu bisa mengikuti instruksi pendaftaran sebagai agen.
  2. Mengisi Saldo
    Jika kamu sudah berhasil mendaftar, langkah selanjutnya adalah menginvestasikan uang kamu. Di KUDO kamu bisa menanamkan modal dengan hanya membayar Rp 10.000,- di awal sebagai saldo kamu.
  3. Mulai Berjualan
    Jika sudah mengisi saldo, kamu bisa langsung berjualan. Kamu bisa memilih produk yang ingin kamu jual. Terdapat berbagai macam produk yang ditawarkan KUDO. Setelah memilih prosuk, kamu bisa menawarkannya kepada pelanggan. Kamu bisa mempromosikan lewat akun media sosial ataupun secara manual.
  4. Komisi Gratis
    Jika kamu sudah berhasil menjual produk dari KUDO, kamu akan mendapatkan komisi. Komis yang diberikan oleh KUDO bisa kamu lihat dideskripsi produk yang kamu jual.

Bagaimana? Mudah sekali bukan pengembangan bisnis yang ditawarkan oleh KUDO. Kamu bisa bekerja di manapun dan kapanpun karena KUDO sangat fleksibel. Tidak ada target yang harus kamu capai sehingga kamu bisa berjualan dengan nyaman dan dapatkan komisi sebanyak-banyaknya. Ayo daftarkan segera dirimu untuk menjadi Agen KUDO dan nikmati bonus yang melimpah.


  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *