18Sep

Cara Menjadi Pengusaha Muda Sukses Indonesia Terbaru yang Menginspirasi

Menjadi pengusaha muda bukanlah perkara yang mudah. Anda perlu tegas dalam mengambil keputusan. Selain itu anda juga harus tahan menghadapi kegagalan dan penolakan. Skill-skill ini jarang dimiliki oleh generasi muda zaman sekarang. Rata-rata dari mereka ingin hasil yang segera dan instan tanpa mau mengeluarkan sumber daya yang diperlukan. 

Generasi muda juga cenderung apatis dan tidak mau mempelajari hal baru yang ada di sekitar mereka. Padahal jika mereka mau belajar cara menjadi pengusaha muda, mereka bisa saja mampu menghasilkan usaha yang besar dan stabil. Meskipun dengan adanya fakta seperti yang diatas, kita melihat banyak sekali contoh generasi muda yang tahan dengan ketatnya persaingan bisnis dan mampu mendirikan bisnis besar. 

Mereka yang disebut top 1% ini memiliki kemauan untuk bekerja keras, belajar dan siap gagal. Top 1% ini juga mau menginvestasikan waktu, tenaga, pikiran, serta uang mereka untuk mendirikan usaha yang sukses. Tak hanya itu, mereka juga mau berusaha lebih daripada orang lain, karena dalam bisnis, semuanya adalah kompetisi. Jadi mereka terbiasa berkompetisi sejak dini.

Untuk menjadi pengusaha muda, anda perlu mempelajari dasar-dasar bisnis sejak sekarang. Apa saja dasar-dasar bisnis yang harus dipahami oleh pemula?. Ada banyak hal yang harus dipahami seseorang untuk menjadi pengusaha muda. Dalam bukunya “The Personal Mba”,  Josh Kaufman mengemukakan bahwa ada lima pilar bisnis yang harus diketahui apabila anda ingin tahu cara menjadi pengusaha muda. Namun, saya akan meringkasnya menjadi tiga pilar utama. Mari kita bahas satu per satu.

1.Nilai Produk

Nilai Produk adalah cara anda mengubah suatu barang atau jasa yang semulanya tak bernilai bagi pelanggan menjadi bernilai bagi mereka. Untuk menambahkan nilai, anda perlu mengevaluasi pasar anda, atau bahasa kerennya target market anda. Anda perlu mengerti apa yang membuat mereka kesusahan, apa yang bisa membuat hidup mereka menjadi lebih baik. 

Anda tak perlu memikirkan produk terbaik untuk pasar anda. Namun, anda hanya perlu membuat produk yang akan membuat hidup mereka menjadi sedikit lebih baik. Mari kita ambil contoh dari penjual pulsa. Penjual pulsa memiliki nilai yang bisa mereka tawarkan ke pelanggan. 

Mereka bisa memudahkan konsumen untuk mengisi pulsa mereka di kala perlu, atau bahkan, untuk aplikasi canggih seperti Kudo, mereka dapat melayani pembayaran di banyak service lain seperti BPJS, leasing, dan lainnya. Penjual counter pulsa juga bisa menambahkan nilai lebih kepada pelanggan seperti memberi bonus, memberi harga yang lebih murah, atau tetap melayani pelanggan meskipun mereka telah membeli produk anda. Itulah yang dinamakan memberi nilai.

Apalagi kalau anda menjadi agen resmi Kudo, nilai yang anda tawarkan meningkat drastis karena ragam layanan dan produk yang mampu anda tawarkan. Harga menjadi agen pun terjangkau hanya Rp. 50.000 saja. Di dalam sana anda dapat menemukan ragam pilihan layanan atau produk yang dapat anda tawarkan ke pelanggan anda.

2. Pemasaran

Untuk sukses dalam bisnis, kita harus memiliki pemasaran yang baik. Bagaimana sih pemasaran yang baik itu?. Pemasaran yang baik adalah pemasaran yang menarik perhatian calon pelanggan dan menyampaikan pesan yang tidak bisa mereka tolak. Pesan bahwa “ini lho, produk atau jasa saya bisa memudahkan hidup anda dengan drastis”. Ada beberapa teknik pemasaran yang bisa dilakukan untuk membuat penawaran yang tidak dapat ditolak oleh calon pelanggan anda.

Secara simple, pemasaran memiliki empat unsur yang kemudian dinamakan  4P’s

  1. Product : Produk yang anda jual. Variasi produk yang anda tawarkan, dan kualitas produk yang anda jual.
  2. Place : Tempat dimana pelanggan melihat produk anda ditawarkan, atau bisa juga tempat usaha anda.
  3. Price : Besar harga yang anda patok kepada pelanggan anda
  4. Promotion : Bagaimana anda mempromosikan produk anda 

Sekarang kita ambil contoh dua orang yang menjual sepatu nike. Ada dua orang yang dengan semangat klaim kalau dia adalah sepatu Nike original.

Penjual A, menjual sepatu Nike original dengan harga 1.2jt, menggunakan media promosi yang sosial media dan dia menjualnya di salah satu mall terbesar di Jakarta. Sedangkan Penjual B, menjual sepatu Nike orginal dia dengan harga yang sama 1,2jt, menggunakan media promosi yang sama pula berupa sosial media namun dia menjualnya di Tanah Abang.

Penjual manakah yang anda lebih percayai?. Tentu penjual A. Karena penjual A memiliki 4P yang selaras. Produknya, promosinya, harganya dan tempatnya pun selaras. Berbeda dengan penjual B yang semuanya sama kecuali satu yang berbeda yaitu “Place” atau tempat. Tanah Abang merupakan tempat yang kurang cocok menjual barang premium.

Jadi, apabila anda mencari cara menjadi pengusaha muda, ingatlah prinsip pemasaran ini. Prinsip ini penting agar anda dapat terus menarik pelanggan yang baru dan anda bisa mendulang profit sebanyak mungkin.

  1. Finansial

Memahami finansial bisnis juga merupakan salah satu fondasi penting kesuksesan bisnis. Oleh karena itu, materi finansial bisnis merupakan salah satu pilar dalam panduan cara menjadi pengusaha muda kali ini. Oke, mari kita lanjutkan

Apa itu Untung

Tentu, sebagai pengusaha muda, kita pasti ingin untung. Namun sebelum kita menargetkan secara eksplisit bahwa “kita ingin untung” di menit pertama kita memulai bisnis, kita perlu mengerti dulu apa itu untung.  “Untung = Mendapat uang yang lebih banyak daripada yang kita habiskan”

Agar bisnis bertahan, pada akhirnya bisnis harus mendapatkan untung agar bisnis dapat berjalan dan tetap bertahan di waktu waktu yang tidak menyenangkan. Tidak peduli apakah bisnis anda menghasilkan 10jt per hari atau 100rb per hari, apabila anda mendapatkan uang yang lebih banyak daripada yang anda habiskan, anda berada di sisi yang benar dalam bisnis. 

Namun tak melulu untung yang kita kejar, kita harus memperhatikan juga kecukupan uang yang kita punya agar bisnis yang kita jalani tetap berharga hingga beberapa waktu. Karena meskipun  kita menghasilkan untung, tentu percuma apabila untung yang kita dapat tidak terlalu cukup dan membenarkan alasan kita tetap melakukan hal itu. 

Untungnya, aplikasi Kudo menyediakan berbagai macam produk yang dapat anda pasarkan secara mudah. Banyaknya promo yang disediakan oleh Kudo untuk Agennya juga sangat bermanfaat untuk menekan modal anda. 

Bayangkan,nantinya setiap pembelian token dengan harga minimal 20.000 akan mendapatkan potongan harga hingga Rp 1.500 yang akan masuk ke kantongmu. Tak hanya itu, Anda bahkan akan mendapatkan komisi hingga Rp1.470 dan total keuntungan yang Anda dapat setiap transaksi token listrik dapat mencapai Rp 2.970

Jadi apabila anda mencari cara menjadi pengusaha muda tanpa perlu banyak modal, Kudo adalah solusi anda. Kudo adalah platform yang dapat memberi banyak sekali keuntungan pada agennya. Dengan customer service profesional dan ratusan produk siap jual, Kudo tentu menjadi primadona bagi pengusaha muda untuk memulai bisnisnya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *