21Aug

Cara Menjadi Pengusaha Muda Sukses Indonesia 2017 yang Menginspirasi

Indonesia saat ini sudah memasuki era millennial. Era millennial merupakan sebutan untuk generasi angkatan 1981-1994. Bahkan, tak sedikit pula yang berpendapat generasi millennial merupakan sebutan untuk generasi kelahiran hingga tahun 2000. Generasi ini memiliki potensi untuk bisa menjadi seorang . Cara menjadi 2017 yang menginspirasi bagi semua orang sangat terlihat dari para generasi millennial saat ini. Generasi millennial ini sudah dibekali berbagai macam ilmu yang sangat baik. Generasi Y atau generasi millennial ini memiliki potensi karier yang sangat cemerlang. Didukung dengan adanya yang sudah semakin canggih, generasi ini tidak akan kesulitan untuk mendapatkan kariernya.

Generasi millennial juga menjadi salah satu generasi yang berada usia-usia produktif. Usia produktif berarti bahwa, pada usia tersebut, akal, pikiran, serta ide-ide untuk menciptakan dan mengembangkan inovasi-inovasi terbaru berada pada posisi puncak. Sehingga generasi millennial sangat mudah untuk mendominasi pasaran saat ini. Melihat potensi yang dimiliki oleh para generasi millennial ini, seharusnya berbanding lurus pada fakta yang ada di lapangan. Namun, faktanya sangat sedikit sekali generasi millennial menjadi seorang generasi penerus yang memiliki skill mumpuni, siap bersaing, serta memiliki tekad yang kuat. Hal tersebut, terlihat dengan adanya peningkatan jumlah pengangguran yang merupakan lulusan sarjana di Indonesia.

Fakta tersebut dapat dibuktikan dengan adanya data dari BPS (Badan Pusat Statistik) yang menyebutkan bahwa sedikitnya, 688.600 orang yang tidak memiliki atau pengangguran merupakan lulusan perguruan tinggi. Data tersebut dilansir dari harian Republika.co.id dengan acuan data pada bulan Agustus 2014. Angka di atas merupakan kalkulasi dari 9,5% sarjana yang menganggur di Indonesia saat ini. Angka tersebut ternyata terus meningkat seiring dengan berjalannya waktu. Hal ini dapat dilihat dari data BPS (Badan Pusat Statistik) yang dilansir oleh Harnas.co. Pada tahun 2016, jumlah pengangguran lulusan sarjana di Indonesia makin meningkat hingga 11,19% dari 9,5%. Angka tersebut setara dengan 787 ribu sarjana Indonesia menganggur dan tidak memiliki pekerjaan. Padahal, melihat keadaan saat ini bahwa teknologi sudah semakin maju, ditunjang dengan penguasaan ilmu yang sudah semakin mudah dengan adanya internet, seharusnya generasi millennial menjadi generasi yang sudah siap menghadapi dan menguasai pasaran. Lantas apa sajakah yang menyebabkan sarjana yang memiliki peluang menjadi pengusaha muda sukses ini yang menganggur? Berikut ini adalah faktor-faktor banyaknya sarjana pengangguran di Indonesia.

Cara Menjadi Pengusaha Muda Sukses Indonesia 2017 yang Menginspirasi

Fakta Mengapa Sarjana Masih Menganggur

Memiliki gelar ternyata tidak menjamin seseorang mendapatkan suatu pekerjaan yang sesuai dengan bidangnya. Bahkan, tak sedikit sarjana yang menganggur karena keterbatasan skill dan tidak mampu bersaing dengan pasar internasional. Sehingga, perlu dikaji ulang mengenai faktor-faktor yang mempengaruhi mengapa sarjana di Indonesia masih banyak yang menganggur. Seperti berikut ini adalah fakta penyebab banyaknya sarjana yang masih menganggur.

  1. Skill Kurang
    Menjadi tentu tidak semuanya akan rajin saat menjalani masa-masa perkuliahan. Sehingga tak sedikit sarjana lulusan perguruan tinggi lulus namun tidak memiliki kemampuan yang memadai. Tak sedikit sarjana yang tidak memiliki skill yang memadai dan siap untuk berkompetisi. Alhasil, dalam mencari pekerjaan akan semakin sulit karena kurangnya pengalaman. Hal ini juga dibuktikan dengan adanya studi dari Willis Towers Watson yang dirilis oleh Republika.co.id mengenai Talent Management and Rewards yang dilakukan sejak 2014, bahwa sedikitnya 8 dari 10 perusahaan terutama di Indonesia kewalahan dalam mencari lulusan dari perguruan tinggi yang sudah siap pakai. Artinya, sarjana yang menganggur kurang memiliki skill atau kemampuan yang wajib dimiliki oleh para lulusan perguruan tinggi. Dengan skill yang kurang, membuat perusahaan harus menyaring lebih ketat lagi sarjana yang mengajukan pekerjaan di perusahaannya. Selain itu, dengan skill yang kurang memadai membuat para lulusan ini kurang kompetitif. Akibatnya, permintaan pasar akan tenaga yang mumpuni tidak dapat terpenuhi. Sehingga membuat pengangguran yang merupakan sarjana lulusan perguruan tinggi sulit untuk mendapatkan pekerjaan.
  2. Pilih-Pilih Pekerjaan
    Faktor kedua mengapa sarjana lulusan perguruan tinggi banyak yang menganggur yaitu terlalu memilih dalam hal mencari pekerjaan. Ibaratkan dengan pepatah, “kesempatan tidak akan datang dua kali” oleh karena itu manfaatkan kesempatan yang datang tersebut. Karena mencari pekerjaan yang sesuai saat ini tidaklah mudah. Terlebih lagi apabila Anda tidak memiliki kemampuan yang diharapkan. Sehingga saat Anda diterima di suatu pekerjaan, terima selagi ada kesempatan. Terlalu memilih-milih mendaftar pekerjaan akan mempersulit Anda dalam mencari pekerjaan. Terlebih lagi, saat ini dalam mencari pekerjaan terdapat batasan usia. Usia merupakan salah satu hal yang tidak dapat diulang kembali. Sehingga, dalam memilih pekerjaan pastikan yang sudah ada didepan mata, terutama bagi Anda yang merupakan fresh graduate. Utamakan Anda mendapatkan pengalaman . Sehingga saat Anda mengajukan dari perusahaan tersebut dan melamar di perusahaan lainnya, Anda sudah memiliki pengalaman yang cukup.
  3. Kurang Bersosialisasi
    Saat Anda kuliah, Anda tentu akan dihadapkan dengan berbagai macam organisasi. Mengikuti organisasi ternyata memiliki manfaat yang sangat penting. Salah satunya yaitu mengajarkan Anda untuk mudah dalam bersosialisasi dan membentuk diri Anda menjadi seseorang yang kooperatif. Artinya, menjadi pribadi yang mudah bergaul sehingga memiliki link atau koneksi yang cukup banyak. Selain itu, dengan menjadi orang yang kooperatif yaitu dapat bekerja sama juga memberikan dampak positif kepada diri Anda. Salah satu cara mudah mendapatkan pekerjaan yaitu dengan memiliki koneksi. Mengapa? Karena dengan adanya koneksi, Anda bisa mendapatkan informasi mengenai lowongan pekerjaan yang cukup banyak. Inilah salah satu manfaat berorganisasi yang bisa Anda dapatkan.
  4. Lahan Pekerjaan Kurang
    Selain karena faktor dari para sarjana muda yang kurang bisa berkompetisi karena keterbatasan kemampuan, faktor mengapa banyak ditemukan sarjana yang masih menganggur yaitu kurangnya lahan pekerjaan. Faktor kurangnya lahan pekerjaan yaitu adanya ketidak seimbangan dalam mengambil jurusan. Misalnya saja pada jurusan ekonomi dan hukum dengan lulusan terbanyak setiap tahunnya. Padahal, jurusan ini memiliki lahan pekerjaan yang sedikit dibandingkan dengan lahan pekerjaan lainnya. Kurangnya lapangan pekerjaan di Indonesia juga bisa menjadi salah satu hal yang sangat mempengaruhi banyaknya sarjana pengangguran yang ada di Indonesia.
  5. Kurang kreatif
    Faktor yang paling menonjol mengapa pengangguran sarjana di Indonesia terus meningkat yaitu kurangnya kreativitas para sarjana tersebut. Sarjana yang kurang tidak hanya membuat dirinya menjadi kurang kompetitif karena tidak memiliki gagasan-gagasan dan inovasi untuk menambah nilai lebih, namun juga membuatnya sulit untuk mendapatkan pekerjaan. Sehingga salah satu cara untuk bisa menanggulangi hal tersebut yaitu membuka dengan membuka dan memulai karier menjadi seorang pengusaha muda. Menjadi pengusaha muda sukses di Indonesia cukup mudah dan memberikan manfaat yang sangat banyak. Salah satunya yaitu dengan membuka baru sehingga bisa menciptakan dan peluang membuka lapangan kerja untuk orang-orang yang lainnya. Sehingga menjadi seseorang yang kreatif saat ini wajib dimiliki oleh para generasi millennial untuk memudahkan para sarjana muda mendapatkan pekerjaan. Lalu, bagaimana cara menjadi pengusaha muda sukses Indonesia yang menginspirasi?

Cara Menjadi Pengusaha Muda Sukses yang Menginspirasi

Untuk menjadi seorang pengusaha muda yang sukses dan banyak menginspirasi orang lain tidaklah mudah. Terlebih lagi menjadi seorang pengusaha, Anda dituntut untuk memiliki pemikiran yang kreatif dan maju. Biasanya, ketika orang akan mengawali sebuah bisnis, mereka akan memikirkan mengenai dan memperhitungkan berbagai macam pengeluaran untuk membuka suatu bisnis. Pada dasarnya, untuk membuka suatu bisnis dan mengawali karier sebagai seorang pengusaha tidaklah harus melulu tentang . Karena Anda bisa membuka sama sekali. Saat ini, dengan mengandalkan dan memanfaatkan teknologi yang sudah semakin canggih, didukung dengan adanya ilmu pengetahuan yang dimiliki oleh seseorang, siapapun bisa menjadi seorang pengusaha yang menginspirasi. Lantas, bagaimanakah caranya agar menjadi seorang pengusaha muda yang sukses? Bagi Anda yang ingin menjadi seorang , Anda harus memiliki kriteria berikut ini.

  1. Semangat
    Kunci sukses seseorang tidak pernah lepas dari kata ‘Semangat’. Mengapa? menandakan keseriusan dan tekad yang bulat serta jiwa yang tidak mudah menyerah. Kunci sukses menjadi seorang pengusaha muda yang menginspirasi Indonesia terdapat pada mereka yang memiliki jiwa yang kuat. Semangat juga dibutuhkan untuk mereka yang akan membuka suatu bisnis. Modal utama dalam membuka bisnis tidak hanya berupa materi saja. Karena materi masih bisa dicari, namun semangat tidaklah mudah untuk dibentuk. Pengusaha muda sukses yang menginspirasi harus memiliki semangat yang kuat. Karena hal tersebut akan membuka peluang bisnis yang sangat besar. Misalnya saja, dalam berbisnis, Anda tentu akan dihadapkan dengan dua pilihan. Gagal dan berhasil. Dalam berbisnis, Anda akan mengalami kegagalan yang bertubi-tubi. Namun, bagaimanakah caranya untuk bangkit dari kegagalan tersebut tidak semua orang memilikinya. Tak sedikit orang akan mencari kelemahan orang lain dan menjatuhkan orang lain yang justru akan membawa kejatuhan dirinya sendiri. Namun, dengan memiliki jiwa pengusaha muda yang semangat, Anda tentu akan memiliki strategi dalam menghadapi pasaran, dengan bersaing secara . Seperti yang sudah disebutkan di atas bahwa semangat digambarkan untuk seseorang yang memiliki jiwa pantang menyerah.
  2. Siap Menanggung Risiko
    Selain semangat, berbisnis juga siap menanggung risiko. Orang yang siap menanggung risiko adalah orang yang siap menerima kegagalan dalam berbisnis. Sehingga saat hal tersebut terjadi, orang tersebut akan mudah untuk bangkit dan tidak berlarut-larut dalam kegagalan. Karena risiko itu harus Anda ambil dan dihadapi. Risiko bukanlah suatu hal yang harus dihindari. Artinya, dengan memiliki jiwa semangat yang kuat, secara tidak langsung Anda memiliki jiwa keberanian yang kuat. Dengan siap menanggung segala risiko serta tidak mudah menyerah, Anda bisa membuka kesempatan untuk menjadi seorang pengusaha muda Indonesia yang menginspirasi. Selain itu, dengan melihat ciri-ciri generasi millennial yaitu lebih mempercayai suatu informasi yang disebarkan secara personal dibandingkan dengan mempercayai suatu informasi yang searah. Hal ini berarti bahwa, generasi millennial sudah mampu untuk bisa dengan siap menerjang segala jenis risiko. Ciri-ciri tersebut diibaratkan pada saat Anda menjadi seorang konsumen, Anda akan membeli suatu produk dengan melihat review terlebih dahulu. Artinya, seorang generasi millennial tidak akan menerima suatu produk baru secara mentah-mentah. Namun, melihat bagaimana cara kerjanya, keefektifannya, serta kelebihan dan kekurangan dari suatu produk. Hal tersebut juga sama halnya saat akan membuka suatu bisnis. Generasi millennial yang ingin menjadi seorang pengusaha muda yang menginspirasi dengan membuka bisnis, mereka akan melihat berbagai macam kemungkinan dari segala sisi, sehingga bisa melihat peluang, risiko, dan kemungkinan lainnya yang memberikan dampak gagalnya suatu bisnis.
  3. Mudah Beradaptasi
    Salah satu kunci sukses menjadi pengusaha di usia muda yaitu dengan cara mudah beradaptasi. Beradaptasi berarti seseorang tersebut mampu dalam hal berbaur dan mudah dalam membaca situasi. Hal ini juga bisa berkaitan dengan membuka suatu bisnis. Pasar ekonomi saat ini sering berubah-ubah mengikuti dengan tren yang ada pada saat itu, seperti contohnya dengan melihat pasar bisnis batu mulia yang berubah menjadi batu akik, Anda tentu harus bisa beradaptasi dengan melihat kemungkinan dan risiko adanya terbukanya pasar yang baru. Pasar ekonomi memang selalu berubah-ubah, bahkan saat adanya perubahan tersebut, Anda tidak akan bisa menebak apa yang akan menjadi pasar baru nanti. Seperti yang dicontohkan tadi yang menggambarkan pasar ada saat dulu kala yaitu membuka peluang yang baru. Ciri-ciri generasi millennial yaitu mampu membaur dan mampu bersaing dengan memanfaatkan sosial media. Sehingga, saat terbukanya pasar baru, maka Anda bisa melihat adanya peluang yang sangat besar pada pasar tersebut. Anda bisa membuka peluang pasar yang baru untuk meraup keuntungan yang lumayan sehingga bisa dijadikan sebagai selanjutnya.
  4. Keluar dari Zona Aman
    Salah satu ciri-ciri pengusaha muda yaitu memiliki sikap yang mudah bosan dan ingin tantangan dengan cara keluar dari zona aman atau convert zone. Tak sedikit orang yang tidak ingin untuk keluar dari zona karena sudah nyaman pada zonanya sendiri. Hal ini dapat diartikan bahwa orang tersebut kurang mampu bersaing dengan dunia luar. Keluar dari zona aman bisa diibaratkan dengan membuka bisnis baru yang jauh berbeda dengan bidang sebelumnya. Tentu, saat keluar dari zona aman Anda tidak langsung keluar begitu saja. Anda harus bisa menyiapkan berbagai macam kemungkinan dan risiko dengan membuka pasar baru. Sehingga saat keluar dari zona aman, Anda sudah memiliki strategi yang kuat dan siap menciptakan ide-ide kreatif. Inilah yang dibutuhkan oleh seorang pengusaha muda Indonesia yang sukses.
  5. Menikmati Proses
    Hal ini bisa disamakan saat Anda mengikuti sebuah , tidak peduli siapa yang menang dan siapa yang kalah, karena pengalaman penting ada pada proses. Hal ini ada pada generasi-generasi millennial yang siap membuka bisnis dari 0 dan siap menerima kegagalan. Karena, pada dasarnya, baik gagal maupun berhasil, tentu terdapat proses yang tidak sebentar. Seperti halnya saat membuka suatu bisnis. Dengan mengalami kegagalan yang bertubi-tubi, Anda tentu bisa membaca berbagai macam kemungkinan dan melihat pengalaman dari kegagalan-kegagalan sebelumnya. Sehingga Anda bisa menghadapi kegagalan-kegagalan lainnya dengan bangkit dan menggunakan strategi terbaru. Saat mengalami kegagalan, terdapat suatu proses untuk pemulihan atau untuk bangkit. Karena menjadi seorang pengusaha muda harus memiliki sikap yang ringan tangan, ulet, serta gesit. Biasanya, pengusaha sangat menyukai tantangan dengan keluar dari zona aman dan menikmati proses. Karena proses merupakan salah satu pengalaman.

Peluang Usaha untuk Generasi Millennial

Tak hanya memiliki karakteristik di atas untuk mencari tahu cara menjadi pengusaha sukses Indonesia 2017 yang menginspirasi, untuk mengawali karier sebagai pengusaha muda di era millennial, inilah beberapa peluang usaha yang cocok untuk para generasi millennial. Generasi millennial merupakan generasi yang dilahirkan pada masa-masa transisi, perkembangan teknologi sedang pada proses yang sangat pesat. Sehingga membuat para generasi millennial atau generasi Y ini memiliki sikap yang cukup positif. Ciri khas dari generasi millennial yaitu mengetahui dan mampu memanfaatkan teknologi dengan cukup baik dibandingkan dengan generasi sebelumnya yaitu orang tua. Dengan dilahirkan pada saat perkembangan teknologi sedang maju-majunya, generasi millennial pasti memiliki sosial media. Nah, melalui sosial media dan pemanfaatan teknologi yang sudah canggih, inilah peluang usaha untuk generasi millennial untuk bisa menjadi seorang pengusaha muda yang sukses dan menginspirasi.

  • Start Up Digital
    merupakan usaha rintisan yang mana didirikan dari 0 dengan waktu beroperasi yang belum cukup lama. Di era digital saat ini, era yang sudah maju, tak sedikit usaha startup di bidang digital yang bisa dilakukan terutama oleh generasi millennial. Karena generasi ini lebih mengetahui betul mengenai teknologi sehingga untuk menjadi seorang pengusaha muda yang sukses, mereka akan melibatkan teknologi. Seperti misalnya membuka peluang usaha start up digital. Dengan mengikuti era digital yang sudah sangat pesat, didukung dengan pengetahuan dan kemampuan untuk mengolah teknologi dengan baik, generasi millennial sangat mudah untuk membuka peluang usaha rintisan digital. Terlebih lagi, pasar dunia digital yang berkaitan dengan sosial media dan komputer menjadi tren dan merupakan bisnis yang tepat saat ini. Bahkan bisnis ini bisa dibuka sama sekali.
  • Bisnis Online
    Sama halnya dengan startup digital, merupakan salah satu turunan dari startup digital. Bisnis adalah salah satu bisnis yang bisa dilakukan dengan memanfaatkan hasil teknologi yaitu internet dan . Bisnis online merupakan salah satu usaha yang sangat cocok dilakukan oleh generasi Y sebagai modal awal menjadi seorang pengusaha muda sukses. Untuk membuka bisnis online sangat mudah. Dengan memanfaatkan berbagai macam sosial media yang sudah wajib dimiliki oleh para generasi millennial. Anda bisa menjual aneka macam barang mulai dari , kosmetik, hingga produk dan berbagai macam produk unggulan lainnya. Target sasaran bisnis online juga sangat luas, sehingga kemungkinan gagal akan sangat kecil.
  • Event Organizer
    Di era gadget saat ini, event organizer merupakan salah satu contoh bisnis yang sangat cocok untuk dilakukan oleh para generasi millennial. Mengapa? Hal ini dapat dilihat dari tingkah laku dan karakteristik para generasi millennial yaitu dapat beradaptasi dengan baik, dapat berorganisasi dengan baik, serta memiliki wawasan dan ide-ide yang kreatif sehingga mampu berbaur dengan lingkungan baru. Saat membuka event organizer, tentu tidak melulu sebagai usaha penyelenggara pernikahan maupun ulang tahun saja, tetapi menjadi salah satu wadah para generasi millennial untuk menjadi seseorang yang lebih aktif dari sebelumnya.
  • Desain Grafis
    Penguasaan teknologi yang sangat baik, para generasi millennial sangat mudah untuk membuka peluang menjadi seorang pengusaha muda yang sukses. Karena terdapat banyak sekali peluang usaha yang bisa dibuka melalui pemanfaatan teknologi. Salah satunya yaitu membuka desain grafis. Salah satu modal utama untuk membuka usaha ini yaitu ide yang kreatif. Generasi millennial memiliki pemikiran yang lebih kreatif sehingga bisa dituangkan melalui desain-desain yang apik untuk dijual kembali sebagai salah satu bisnis yang .
  • Agency Periklanan
    Masih tetap memanfaatkan hasil teknologi, generasi millennial juga bisa membuka usaha suatu agency periklanan. Media untuk menyebarkannya juga sangat mudah. Dengan adanya akses teknologi dan informasi yang tiada batas. Anda bisa membuka usaha dengan cara memberikan konten-konten menarik melalui YouTube, media sosial, hingga blog-blog. Bahkan Anda bisa membuka bisnis tanpa modal dan memulai karier sebagai pengusaha muda sukses melalui .

KUDO, Cara Mudah Menjadi Pengusaha Muda Indonesia

KUDO merupakan salah satu platform terbaru yang digunakan untuk berjualan online dan sebagai wadah yang tepat untuk para generasi millennial mengawali karier menjadi pengusaha muda. KUDO merupakan salah satu hasil teknologi yang memiliki sistem cukup mudah sehingga dapat digunakan untuk para generasi Y maupun generasi sebelumnya. Selain itu, KUDO juga bisa menjadi salah satu cara untuk menekan sarjana pengangguran di Indonesia. Caranya pun sangat mudah yaitu menjadi seorang resmi KUDO. Caranya berikut ini;

  • Unduh di Google Play Store
  • Pasang Aplikasinya
  • Daftar menjadi agen dengan mengisi form dan mengisi data diri secara lengkap
  • Isi Saldo. Anda bisa mengisi saldo Anda hanya Rp 10.000,- sebagai modal awal usaha
  • Siap Berjualan.

Dengan mengikuti cara-cara mudah di atas, Anda bisa memulai menjadi pengusaha muda tanpa modal yang besar. Bahkan selain memberikan cara yang mudah, KUDO juga memberikan keuntungan yang sangat banyak mulai dari;

  • Bekerja sama dengan berbagai macam perusahaan, sehingga memiliki stok produk yang banyak dan kualitas yang sudah terjamin.
  • Adanya yang diberikan di setiap , di setiap produk. Komisi yang bisa Anda peroleh juga cukup banyak bahkan hingga 70%.
  • Aman. KUDO di desain cukup aman sehingga Anda bisa melakukan transaksi dengan mudah tanpa harus khawatir kehilangan komisi.
  • Gratis. Inilah salah satu keuntungan KUDO yaitu membuka kesempatan menjadi seorang pengusaha muda tanpa modal dengan membuka usaha secara . Anda bisa membuka yang banyak. Selain itu, Anda juga bisa mendaftar menjadi secara gratis.
  • Mudah. Biasanya, orang akan berpikir bahwa membuka usaha merupakan hal yang sangat sulit. Namun, tidak dengan KUDO. Anda bisa membuka usaha dengan sangat mudah melalui aplikasi KUDO yang sudah didesain aman, mudah, dan . Sehingga dapat digunakan oleh siapa saja.

KUDO tidak hanya menjadi salah satu wadah untuk Anda para generasi millennial yang akan membuka usaha secara gratis, juga bisa menjadi salah satu cara menjadi pengusaha sukses Indonesia 2017 yang menginspirasi. KUDO memberikan layanan yang mudah yaitu Anda tidak harus memiliki stok dan tidak perlu melakukan pengiriman. Karena stok dan pengiriman sudah dilakukan oleh pihak KUDO sendiri. Sistem yang diterapkan pada KUDO yaitu . Sehingga makin dan makin mudah untuk menjadi seorang pengusaha muda yang sukses dan menginspirasi Indonesia. KUDO menjadi platform yang tepat untuk membuka peluang usaha bagi generasi millennial.