24Mar

Cara Menjadi Pengusaha Sukses dari Nol di Tahun 2017

Menjadi merupakan salah satu cara yang dapat dilakukan untuk mendapatkan penghasilan. Menjadi merupakan impian semua orang. Namun para pengusaha kerap kali melupakan beberapa hal dan yang dilakukan pun menjadi terbengkalai. Menjadi pengusaha yang bukanlah hal yang mudah untuk dilakukan. rintangan yang membuat para calon pengusaha untuk menyerah pada usaha yang mereka lakukan. Padahal beberapa orang antara mereka yang tetap berusaha dalam usaha mereka menjadi seorang pengusaha yang cukup sukses.

Berikut beberapa kisah pengusaha sukses di Indonesia

  1. Bob Sadino
    Para pengusaha tentunya banyak yang telah mendengar nama pengusaha yang cukup sukses satu ini. Sebelum menjadi salah satu pengusaha yang cukup sukses, Bob Sadino tentunya memiliki cerita yang patut untuk dijadikan inspirasi bagi para pelaku usaha yang baru memulai usahanya. Berbagai jenis dan pun sudah pernah dilakukan oleh Bob Sadino. Atas keras Bob Sadino dan sikapnya yang pantang menyerah, membuat Bob Sadino menjadi pengusaha yang cukup sukses.Kisah Bob Sadino berawal dari keputusannya untuk keluar dari pekerjaannya yang dilakukannya selama 9 tahun. Dengan keputusan untuk menjadi seorang pengusaha Bob Sadino kemudian mencoba untuk melakukan usahanya dengan menjadi seorang pengusaha penyewaan mobil. Mobil yang dijadikan usahanya merupakan satu jenis mobil yang ia supiri sendiri. Namun usaha dari Bob Sadino pun harus terputus, karena kecelakaan yang dialaminya.Usaha Bob Sadino pun tidak putus sampai di sana, setelah melihat ternak yang ada di sekitarnya, Bob Sadino pun memulai mencoba melakukan usaha ternak ayam serta telur ayam. Dengan dari pinjaman tetangganya, Bob mulai merintis usahanya dengan menawarkan dagangannya sendiri. Hingga sekarang usaha Bob Sadino sudah berkembang menjadi jenis usaha yang cukup sukses.
  2. Susi Pudjiastuti
    Kisah inspiratif lainnya berasal dari seorang wanita yang menjabat sebagai Menteri Kelautan dan Perikanan RI. Setelah memutuskan untuk tidak melanjutkan sekolah, Susi kemudian merintis usaha di bidang perikanan dan maskapai penerbangan dari mulai nol. Kisahnya dimulai ketika Susi yang saat itu dengan menjual hasil perikanan dari daerah sekitar tempatnya tinggal. Dengan modal tidak besar, Susi memulai usahanya dengan melakukan usaha dengan membeli ikan dari tempat pelelangan ikan dan dipasarkan sendiri ke restoran-restoran. Meski pernah mengalami kesulitan dalam usahanya, namun Susi tidak menyerah hingga usahanya di bidang perikanan dapat merambah hingga menjadi komoditas ekspor.

Itulah dua kisah orang yang telah menjadi pengusaha yang sukses. Dari kedua kisah tersebut dapat diambil pelajaran jika untuk menjadi seorang pengusaha yang sukses dibutuhkan kerja keras serta sikap pantang menyerah.

Selain memiliki sikap pantang menyerah dan keras, cara menjadi pengusaha sukses haruslah memiliki beberapa hal berikut:

  1. Ide
    Untuk memulai suatu usaha tentunya setiap orang membutuhkan yang namanya ide. Ide itu bisa datang dari mana saja. Seperti kisah inspiratif dari kedua pengusaha yang sudah disebutkan. Kesuksesan mereka tidak datang semata-mata. Ide mereka pun datang dari hal yang biasa terjadi di lingkungan sekitar mereka. Bagaimana mereka melihat peluang usaha serta potensi yang ada di sekitar mereka. Ide pun cukup dibangun dengan pemikiran yang sederhana namun dikembangkan dengan berbagai pemikiran gila. Pengusaha yang sukses tentunya memiliki ide yang tidak cukup biasa dibandingkan dengan pengusaha lainnya. Inilah yang membuat seorang pengusaha menjadi sukses, karena ide yang tak biasanya.Selain pemilihan ide dari jenis bisnis yang akan dilakukan, pemilihan waktu juga penting untuk dilakukan. Lalu kapankah waktu yang paling tepat untuk menjadi seorang pengusaha yang sukses. Jawabannya cukup sederhana yaitu sekarang. Sekarang adalah waktu yang paling tepat untuk mulai mengembangkan ide serta usaha yang ingin dilakukan.Banyak orang yang merasa takut untuk dengan berbagai alasan, seperti kesiapan, persaingan dan berbagai alasan lainnya. Namun ketakutan itulah musuh utama dari seorang pengusaha. Mereka sering kali menunda-nunda usaha yang akan mereka lakukan karena terlalu banyak memikirkan ketakutan pada diri mereka sendiri. Dan pada akhirnya itulah alasan yang membuat para pengusaha menjadi gagal.
  2. Memulai
    Setelah merasa ide yang dimiliki telah cukup menarik maka tahap selanjutnya dalam pelaksanaan usaha yaitu memulai usaha. Untuk memulai segala sesuatu tidaklah mudah, terutama memulai usaha. Gagal dalam memulai usaha tentunya hal yang cukup wajar terjadi. Namun di sini bagian terpenting untuk menjadi seorang pengusaha yang sukses yaitu tidak takut untuk gagal dan terus mencoba. Di fase ini mungkin para pengusaha dapat mendapatkan banyak pelajaran mengenai beberapa permasalahan dalam melakukan usaha, tidak terkecuali mengenai modal serta ide dari usaha yang dimulai.Rancangan usaha dalam fase ini mungkin saja akan terlihat mengecewakan dan tidak berguna. Dari sinilah pengusaha dapat melakukan perbaikan yang seharusnya dilakukan.Ketika mengalami kegagalan dalam usaha, hal terpenting yang dibutuhkan dalam melakukan usaha yaitu memiliki orang yang dapat mempercayai usaha yang dilakukan. Seorang calon pengusaha yang sukses seharusnya dapat membuat konsumen yakin akan produk yang ditawarkan. Ini modal yang paling utama untuk dimiliki oleh seorang pengusaha agar sukses. Meski memiliki modal yang kecil, jika seorang pengusaha dapat membuat calon konsumen mereka yakin akan produk mereka, maka tahap awal dalam memulai usaha sudah mulai dijalani. Untuk mendapatkan konsumen bagi seorang pengusaha tidaklah mudah untuk dilakukan, terutama untuk menawarkan produk jenis baru. Di sini seorang calon pengusaha dapat menawarkan produk dengan kualitas terbaik serta tidak pernah membuat calon konsumennya merasa kecewa meski hanya sedikit.

    Seorang pengusaha juga seiring kali dihadapkan dengan berbagai pilihan dalam usahanya seperti apakah usaha yang dibangun akan bersifat atau bersifat mengeluarkan biaya. Keseimbangan antara keduanya lah yang membuat suatu usaha menjadi lebih baik. Maksudnya seorang pengusaha tidak boleh terlalu menginginkan penghasilan yang besar tanpa melihat kualitas dari produk. Antara hasil yang didapat dan biaya yang dikeluarkan haruslah seimbang.

    Dalam memulai suatu usaha juga sebaiknya tidak menargetkan usaha menjadi berkembang dengan begitu cepat dan menghasilkan keuntungan yang besar. Membangun suatu usaha haruslah dilakukan dengan realistis dan tidak terlalu memaksakan diri. Dibandingkan menargetkan penghasilan dengan keuntungan yang besar, ada baiknya untuk membuat usaha terus bertahan dalam waktu yang lama.

    Menjadi seorang pengusaha sukses dari nol bukanlah suatu yang mudah untuk dilakukan. Banyak hal yang harus dilakukan untuk menjalankan usaha agar menjadi lebih sukses.

    Saat ini dengan perkembangan , membangun suatu usaha dapat dilakukan dengan mudah meski dimulai dari sebuah kamar yang kecil. Memulai usaha tidaklah harus selalu mengenai memulai usaha dengan modal yang besar dengan sarana yang memadai. Usaha dapat dimulai dengan menggunakan modal yang kecil dan dilakukan dari mana saja. Bahkan seorang pun dapat memulai usaha mereka dari kamar kos dengan bermodal laptop atau perangkat lainnya seperti .

    Modal yang dibutuhkan dalam memulai usaha yaitu sebuah skill serta keuletan. Kedua hal tersebut dapat menjadi modal yang utama dan menjadi faktor penentu karena melalui keduanya segala jenis permasalahan dalam usaha dapat dihadapi dengan mudah. Kemampuan tidak hanya dapat dimiliki oleh mereka yang terlahir dengan kemampuan untuk menjadi pengusaha, kemampuan dapat diperoleh dengan belajar dan berani untuk melakukan usaha, maka peluang juga akan mengikuti.

    Salah satu jenis usaha yang dapat dilakukan dari nol dapat juga diartikan sebagai jenis usaha yang dilakukan dengan menggunakan modal yang kecil. merupakan salah satu jenis bisnis yang dapat dilakukan dengan . Bahkan bisnis dapat dilakukan tanpa menggunakan modal. Modal yang dibutuhkan dalam memulai bisnis online di antaranya yaitu perangkat komputer seperti laptop dan smartphone. Selain itu, modal lainnya yang dibutuhkan yaitu koneksi internet. Kebutuhan akan koneksi internet inilah yang bisa jadi merupakan modal yang membutuhkan biaya. Namun sekarang ini dengan banyaknya tempat yang menyediakan wifi atau koneksi internet gratis, membuat bisnis online menjadi semakin membutuhkan modal yang kecil.

    Mengenai jenis usaha apapun yang akan dilakukan dapat mengantarkan seseorang untuk menjadi pengusaha yang sukses. Kemahiran dalam menjalankan usaha juga dapat menjadi penentu dalam kesuksesan usaha.

    Ketika memutuskan untuk menjadi seorang pengusaha, hal dilakukan untuk memulai usaha di antaranya yaitu menentukan jenis produk yang tepat. Mengetahui jenis konsumen yang dijadikan sebagai target pun penting dilakukan. Ini penting dilakukan untuk mengetahui strategi pemasaran jenis apa yang dapat dilakukan. Seorang calon pengusaha yang sukses juga sebaiknya memilih menggunakan media promosi yang efektif serta efisien. Tidak hanya efektif dari segi harga namun juga dapat menarik minat konsumen jauh lebih banyak.

    Seorang calon pengusaha juga harus melakukan pembukuan secara terperinci. Ini untuk membandingkan jenis strategi pemasaran apa yang cukup banyak menarik minat konsumen dan efektif untuk dilakukan.

Cara Menjadi Pengusaha Sukses dari Nol di Tahun 2017

Lebih detail untuk cara jadi pengusaha sukses yaitu:

  1. Menentukan jenis produk yang akan dipasarkanSemua pengusaha tentunya harus mengetahui jenis produk yang akan ditawarkan. Mengetahui keinginan serta kebutuhan dari masyarakat juga penting untuk dilakukan. Penentuan produk usaha yang akan dijalankan dapat dilihat dari kebutuhan masyarakat sekitar. Selain itu, seperti yang telah disebutkan sebelumnya melihat potensi sekitar juga dapat dijadikan sebagai peluang usaha. Produk dari usaha yang ditawarkan tidak hanya dapat berupa barang namun juga dapat berupa .Untuk dapat menentukan jenis produk dalam suatu usaha dapat dilakukan beberapa hal di antaranya seperti melakukan riset jenis produk yang dibutuhkan masyarakat. Selain jenis produk yang dibutuhkan, nilai persaingan dalam produk juga seharusnya diketahui. Melakukan usaha dengan tingkat persaingan yang kecil juga cukup banyak diminati oleh para pelaku usaha.

    Analisa juga dapat dilakukan untuk menentukan jenis produk yang dapat dijual dalam jangka panjang. Jenis produk ini sangat cocok sebagai produk usaha jangka panjang, dan dapat terus mengalami perkembangan. Jenis produk yang memiliki prospek jangka panjang, contohnya yaitu produk . Alasannya karena pakaian merupakan kebutuhan utama bagi manusia, dan dapat mengalami perkembangan secara terus menerus.

  2. Menentukan target pasarSelain menentukan jenis produk yang akan ditawarkan pada masyarakat, mengetahui target pasar juga penting untuk dilakukan. Seorang calon pengusaha yang sukses haruslah mereka yang dapat melakukan analisa mengenai target pasar untuk usaha yang mereka jalankan. Meskipun seorang pengusaha memiliki produk dengan kualitas terbaik namun jika ia tidak memiliki pasar yang tepat, maka penjualan produk yang dilakukan akan mengalami kesulitan.Mengetahui target pasar sesuai produk yang dipasarkan merupakan hal yang penting untuk dilakukan. Target pasar dapat digolongkan dalam beberapa hal, seperti kelompok usia masyarakat yang dapat dijadikan target, status sosial, hingga kebiasaan dari target.

    Semisal untuk menjual seperti gamis, memiliki target pasaran seperti wanita usia dewasa. Baju gamis bisa jadi merupakan produk yang tidak cocok bagi mereka, karena dianggap akan membuat penampilan mereka seperti ibu-ibu. Inilah pentingnya dalam menentukan target pasaran. Agar produk yang dihasilkan atau dijual tidak salah sasaran, sehingga dapat menimbulkan kerugian yang cukup besar bagi para pengusaha.

  3. Menentukan media promosiTips jadi pengusaha sukses lainnya yaitu dengan menentukan media promosi. Media promosi sekarang ini cukup banyak tersedia, tinggal bagaimana cara para calon pengusaha untuk memanfaatkannya. Media promosi yang cukup banyak diminati oleh para pengusaha atau pun para masyarakat yaitu media promosi online. Penggunaan media promosi online pun cukup mudah dilakukan. Cakupan pemasaran dari promosi dengan menggunakan media online pun cukup besar. Selain media promosi online, pelaku usaha juga sebaiknya memilih jenis media promosi lainnya yang efektif dan efisien. Seperti penggunaan radio sebagai media promosi. Sebenarnya promosi yang paling baik dilakukan yaitu promosi dengan cara mendatangi target konsumen secara langsung.Banyak keuntungan yang dapat diperoleh dengan melakukan promosi seperti ini. Dengan melakukan promosi secara langsung, para pelaku usaha dapat melihat produk yang benar-benar dibutuhkan oleh konsumen dan menawarkan keuntungan bagi para pelaku usaha. Tidak hanya itu, dengan melakukan promosi secara langsung akan membuat konsumen percaya dengan keberadaan produk yang ditawarkan secara nyata.

    Terlepas dari semua itu, tentunya para pengusaha menginginkan media promosi yang lebih efektif dan efisien untuk memasarkan produk mereka. Dalam hal ini, penggunaan online bisa jadi merupakan jenis media promosi yang sangat efektif dan efisien seperti yang telah dijelaskan sebelumnya. Terlebih media sosial online sekarang ini banyak digunakan oleh berbagai kalangan masyarakat. Ini sangat cocok dijadikan sebagai media promosi dengan target tertentu. Jenis media promosi online pun cukup beragam, seperti instagram, twitter, facebook dan beberapa jenis media sosial online lainnya. Dengan menggunakan media sosial online, tidak banyak modal yang harus dikeluarkan. Bahkan bisa jadi penggunaan media online sebagai media promosi tidak membutuhkan biaya sama sekali. Ini yang menjadi alasan mengapa media promosi online merupakan jenis media promosi yang cukup efektif serta efisien dalam melakukan promosi usaha.

  4. Penggunaan strategi promosiSetelah mengetahui jenis media promosi yang dilakukan, seorang pengusaha yang sukses sebaiknya juga memilih penggunaan strategi promosi untuk menawarkan produk mereka. Jika seorang pengusaha tidak memiliki strategi pemasaran atau promosi yang maka kesempatan usaha gagal dapat meningkat. Strategi promosi kreatif ini berkaitan dengan bagaimana cara para pelaku usaha dalam menarik konsumennya.Contoh penggunaan strategi promosi kreatif di antaranya yaitu memberikan pelayanan yang terbaik terhadap konsumen. Konsumen atau masyarakat akan jauh lebih merasa nyaman pada pengusaha yang menawarkan produk dengan memberikan pelayanan yang baik. Bisa jadi masyarakat atau konsumen akan memperhatikan pelayanan yang diberikan setelah kualitas dan jenis produk yang ditawarkan. Selain memberikan pelayanan yang baik sebagai suatu strategi pemasaran yang kreatif, beberapa jenis strategi pemasaran lainnya juga dapat dilakukan di antaranya yaitu memberikan potongan harga pada pembelian lebih dari satu jenis barang, menyarankan produk terbaik pun juga dapat dijadikan sebagai strategi pemasaran atau promosi kreatif.
  5. Melakukan pembukuanMelakukan pembukuan untuk seorang pengusaha merupakan kiat menjadi pengusaha yang sukses lainnya. Pembukuan yang jelas akan membuat perhitungan mengenai modal yang digunakan serta keuntungan yang dihasilkan menjadi lebih jelas. Dengan menggunakan pembukuan, seorang pengusaha dapat melakukan evaluasi mengenai usaha yang sedang dilakukannya. Jika usaha yang dilakukan mengalami kerugian maka pengusaha dapat dengan cepat mengatasi permasalahan tersebut. Permasalahan dalam usaha tentunya dapat diketahui dengan cepat dari pembukuan. Pembukuan untuk para pengusaha yang sukses digunakan untuk membantu merencanakan jenis bisnis ke depan.Menjadi pengusaha dapat dilakukan oleh berbagai kalangan masyarakat. Tidak batasan usia untuk menjadi seorang pengusaha yang sukses. Asalkan memiliki kemauan dalam melakukan usaha maka segala jenis usaha dapat dilakukan. Selain itu, beberapa jenis usaha juga dapat dilakukan tanpa membutuhkan modal yang besar. Bahkan beberapa jenis usaha di antaranya tidak membutuhkan modal sama sekali.

Cara untuk menjadi pengusaha yang sukses tidak hanya membutuhkan hal-hal yang bersifat fisik namun kunci sukses dari dalam diri juga penting untuk dilakukan. Berikut beberapa sikap yang dibutuhkan untuk menjadi seorang pengusaha yang sukses di antaranya yaitu:

  1. Kemauan atau niatHal paling utama dalam menjalankan usaha yaitu tentunya kemauan atau niat. Kemauan inilah yang membuat seorang pengusaha menjadi sukses. Kemauan yang besar pada diri seseorang akan membawa nilai dalam melakukan usaha. Semangat ataupun kemauan merupakan modal terbesar dalam menjalankan usaha. Baik kemauan serta semangat merupakan faktor penting untuk para pengusaha agar sukses. Peluang usaha akan semakin terbuka lebar dengan adanya kemauan yang membuat diri pengusaha menjadi lebih bersemangat.
  2. Sikap pantang menyerahKegagalan bagi orang yang sedang berusaha adalah hal yang paling wajar terjadi. Namun beberapa orang dalam tahap ini sering kali mudah menyerah dan melupakan keinginan mereka untuk menjadi pengusaha yang sukses. Dua kisah sebelumnya merupakan kisah pengusaha yang sukses dengan kesuksesan yang didapat dengan cara mendapatkan kegagalan sebelumnya. Namun dengan sikap pantang menyerah mereka inilah yang membuat mereka tidak berhenti dalam melakukan usaha.Selain itu berfokus pada hal besar yang dapat memberikan dampak pada bisnis perlu untuk dilakukan. Dampak tersebut tentunya memiliki tujuan untuk mendapatkan hasil terbaik dalam melakukan usaha.
  3. Bekerja kerasSelain sikap pantang menyerah, sikap yang harus dimiliki oleh seorang pengusaha yang ingin sukses yaitu pekerja keras. Hasil terbaik dari sebuah usaha yaitu berasal dari kerja keras. Kerja keras dapat dilakukan dengan melakukan usaha sebaik mungkin.
  4. Berani mengambil risiko
    Setiap usaha yang dilakukan selalu memiliki risiko. Risiko dalam melakukan usaha salah satunya yaitu dengan potensi kegagalan. Selain itu, usaha yang dilakukan tidak menutup kemungkinan bersifat fluktuatif atau naik turun. Di saat inilah para pengusaha yang ingin sukses harus berani mengambil risiko. Jenis risiko yang diambil pun cukup beragam, dari mulai berani mencoba hal baru untuk usaha yang dijalankan hingga sang pengusaha harus berani keluar dari zona nyaman mereka dalam melakukan usaha. Berani mengambil risiko dalam menjalankan usaha juga memiliki arti untuk memulai jenis usaha yang dilakukan. Seperti yang telah disebutkan sebelumnya, setiap usaha tentunya memiliki potensi mengalami kegagalan dan kerugian, di sini lah para pengusaha harus berani mengambil risiko tersebut. Pengusaha sukses di dari nol pun tentunya berani mengambil risiko dalam memulai usaha yang mereka jalankan juga.
  5. FokusFokus merupakan sikap yang harus dimiliki seorang pengusaha agar dapat sukses. Fokus ini memiliki arti agar para pengusaha tidak terburu-buru dalam menjalankan usaha dengan menginginkan hasil besar dalam waktu yang cepat. Selain itu, jenis usaha yang dilakukan terlalu banyak juga dapat membuat seorang pengusaha kehilangan fokus mereka. Sebaiknya pengusaha memiliki satu jenis usaha, namun usaha ini membuatnya fokus untuk dikembangkannya dan pada akhirnya membuatnya menjadi pengusaha yang sukses. Fokus ini dapat dilakukan dengan memilih jenis usaha yang akan dijalankan secara yakin. Jika jenis usaha yang dilakukan tidaklah terlalu disukai, maka kemungkinan untuk dapat fokus pun kecil.

Untuk sebagian orang melakukan fokus pada jenis usaha bukanlah hal yang mudah terutama jika usaha itu tak kunjung mendatangkan keuntungan yang besar. Orang akan cenderung memilih usaha yang mendatangkan keuntungan besar dalam waktu yang cepat, sehingga menimbulkan seorang pengusaha jadi kehilangan fokus mereka.

Salah satu contoh usaha yang banyak membuat orang menjadi pengusaha yang sukses yaitu dengan bergabung menjadi mitra . KUDO merupakan pilihan usaha yang dapat dilakukan tanpa membutuhkan modal yang besar. Melakukan usaha di KUDO juga tidaklah membutuhkan banyak waktu.

Lalu apa itu KUDO?

KUDO merupakan tempat berjualan secara online yang menawarkan banyak produk dari produsen yang sudah terpercaya. KUDO juga menjadi salah satu tempat terbesar dan terpercaya yang dimiliki oleh Indonesia. Banyak para pengusaha yang sukses yang memulai usahanya dari KUDO.

Kini KUDO hadir sebagai solusi usaha bagi mereka yang tidak memiliki modal dalam memulai usaha dan tidak memiliki keterampilan khusus. Untuk menjadi pengusaha KUDO tidak membutuhkan keterampilan serta keahlian khusus, setiap orang dapat menjadi pengusaha yang sukses dengan KUDO. Usaha dengan KUDO pun dapat dilakukan secara online maupun secara offline.

Banyak keuntungan yang dapat diperoleh dengan menjadi pengusaha KUDO. Keuntungan yang diperoleh di antaranya yaitu dengan keamanan yang terjamin. Ini merupakan salah satu solusi untuk menghadapi banyaknya penipuan . Produk yang ditawarkan oleh KUDO pun cukup beragam, sehingga para pengusaha KUDO dapat memilih jenis usaha seperti apa yang mereka inginkan dan sesuai dengan mereka. Jenis usaha KUDO di antaranya yaitu barang-barang , barang hingga jenis usaha pembayaran , internet, air, dan dari rumah. Modal yang perlu ditanamkan pun dapat ditentukan sendiri oleh para pelaku usaha. Pengelolaan usaha yang mudah melalui smartphone pun dapat dilakukan. Dan yang paling menarik KUDO menawarkan keuntungan yang cukup menggiurkan. KUDO menawarkan hingga 70%yang membuat melakukan usaha di KUDO semakin menguntungkan. Untuk dapat menjadi mitra usaha KUDO pun tidak sulit dilakukan, para calon pengusaha hanya perlu melakukan pendaftaran tanpa dipungut biaya.

Tag