12Aug

Fungsi dan Peranan Bank Dalam Menyalurkan Kredit

Bank menjadi suatu instansi yang memberikan pelayanan terkait masalah finansial bagi masyarakat. Pengertian dari bank sendiri adalah suatu lembaga intermediasi keuangan yang berperan dalam meningkatkan taraf hidup rakyat.Hal tersebut dilakukan dengan cara menghimpun serta menyalurkan dana kepada masyarakat yang membutuhkan. 

Adapun bentuk dari penghimpunan dana yang dilakukan oleh bank kepada masyarakat adalah melalui tabungan atau simpanan. Selain itu juga melalui penyaluran dana yang dilakukan dengan cara kredit atau pinjaman. Agar mengetahui lebih dalam terkait peranan dari bank untuk masyarakat, berikut ini merupakan beberapa hal yang perlu diketahui seputar bank di Indonesia. 

Peraturan dan Pelaksanaan Terkait Perbankan di Indonesia

Menjadi salah satu instansi yang penting dan dibutuhkan oleh masyarakat terkait permasalahan finansial. Pemerintah menetapkan peraturan dalam hal ini agar perekonomian masyarakat lebih sejahtera. Berdasarkan hal tersebut, terdapat beberapa hal mengenai tujuan, peranan, serta sistem operasional bank di Indonesia yang lebih jelas dapat dilihat pada ulasan-ulasan berikut ini. 

  • Tujuan Bank Berdasarkan Undang-Undang 

Agar dapat dijadikan sebagai layanan yang benar-benar membantu kebutuhan masyarakat, pemerintah menetap peraturan terkait tujuan dari perbankan di Indonesia. Hal tersebut tercantum dalam UU nomor 10 tahun 1998 yang disusun atas dasar dari asas demokrasi. 

Adapun tujuan dari perbankan berdasarkan peraturan tersebut adalah untuk menunjang pelaksanaan pembangunan nasional. Lebih dikhususkan lagi pembangunan nasional yang berkaitan dalam hal ini adalah dalam rangka meningkatkan pertumbuhan serta pemerataan ekonomi dan juga stabilitas nasional menuju ke arah peningkatan kesejahteraan rakyat. 

  • Peranan Bank untuk Ekonomi Indonesia

Berdasarkan tujuan yang telah disebutkan sebelumnya, dapat diketahui bahwa bank memiliki peranan penting bagi negara. Dalam hal ini, peranan tersebut adalah sebagai sarana pemerintah dalam menjaga kestabilan baik untuk keuangan negara maupun ekonomi moneter. 

Lebih lanjut hal tersebut dilakukan dengan adanya regulasi bank sentral atau disebut juga Bank Indonesia. Berdasarkan hal tersebut, Bank Indonesia menjadi toko utama dalam menjalankan peranan tersebut. 

Akan tetapi, bank lainnya juga tetap ikut berperan dalam mengimplementasikan regulasi dari Bank Indonesia. Sementara itu, jika dilihat dari sisi masyarakat, bank memiliki peranan dalam mengatur sirkulasi dana beserta memastikan kelancarannya. 

  • Sistem Operasional Bank di Indonesia

Sebagian besar orang mungkin masih bertanya-tanya tentang cara kerja dari bank pada umumnya. Dalam hal ini mungkin akan terlintas pertanyaan terkait keuntungan yang diperoleh pihak bank dalam menyalurkan dana masyarakat. Perlu diketahui bahwa awal dari sistem operasional dalam suatu bank berasal dari tabungan. 

Setelah itu, bank akan menggunakan uang yang telah dihimpun tersebut untuk bisa memperoleh keuntungan. Lebih lanjut, keuntungan yang diperoleh akan dilakukan adanya bagi hasil dalam bentuk bunga tabungan kepada nasabah. 

Adapun cara untuk mendapatkan keuntungan tersebut adalah melalui pemberian pinjaman kepada masyarakat yang membutuhkan dengan penetapan bunga pinjaman dalam pelunasannya. Dari sistem operasional tersebut maka pihak bank akan bisa mendapatkan keuntungan dengan cara penetapan bunga pinjaman yang lebih tinggi dari bunga tabungan. 

Fungsi Perbankan di Indonesia

Bank yang memiliki peranan penting bagi masyarakat tentu juga disertai dengan adanya fungsi di dalamnya.Fungsi dari perbankan di Indonesia sendiri dapat dikelompokkan berdasarkan hal-hal berikut ini. 

  • Fungsi Bank Secara Umum 

Berdasarkan pengertian dari bank itu sendiri yang merupakan lembaga intermediasi keuangan. Maka bank memiliki dua fungsi sekaligus yaitu sebagai fungsi utama dan juga fungsi sampingan. Adapun fungsi utama dari bank sendiri dapat dilihat pada beberapa paragraf dibawah ini. 

  • Menghimpun Dana Masyarakat 

Seperti yang diketahui bahwa bank dapat dijadikan sebagai tempat penyimpanan uang secara aman bagi masyarakat. Berdasarkan hal tersebut, salah satu fungsi utama dari bank adalah menghimpun dana masyarakat dalam bentuk simpanan tertentu. Simpanan tersebut dapat berupa tabungan, giro, deposito berjangka, dan berbagai jenis simpanan lainnya. 

  • Menyalurkan Dana Kepada Masyarakat 

Fungsi utama lainnya dari bank adalah menyalurkan dana melalui sistem kredit atau pinjaman kepada masyarakat yang membutuhkan. Dalam hal ini terdapat berbagai macam bentuk dari pinjaman yang dapat menyesuaikan kebutuhan serta kemampuan masyarakat. 

Adapun produk-produk dalam bentuk kredit atau pinjaman terdiri dari Kredit Pemilikan Rumah (KPR), Kredit Tanpa Agunan (KTA), kredit kendaraan, dan lain sebagainya. Melalui fungsinya sebagai penyalur dana tersebut, maka pelaksanaan pembangunan yang menjadi tujuan dari perbankan dapat terpenuhi. 

Hal tersebut dikarenakan kesejahteraan masyarakat dapat terpenuhi dengan adanya layanan pinjaman dana bagi siapa saja yang membutuhkannya. Terlebih jika kebutuhan finansial tersebut digunakan untuk membangun usaha atau hal lain yang mendukung pembangunan nasional. 

  • Fungsi Sampingan Bank 

Sementara itu, bank juga memiliki fungsi sampingan yang berkaitan dengan layanan jasa lainnya yaitu terdiri dari sebagai berikut ini. 

  • Mendukung Kelancaran Mekanisme Pembayaran 

Fungsi lain dari bank dalam perannya sebagai intermediasi bank adalah mampu mendukung mekanisme transaksi di masyarakat. Dalam hal ini, bank akan menawarkan berbagai jasa yang mendukung fungsi tersebut seperti transfer dana antar rekening dalam negeri, layanan kartu kredit, sistem pembayaran elektronik, jasa pembayaran tagihan, serta sebagai sarana penyaluran gaji karyawan. 

  • Mendukung Kelancaran Transaksi Internasional 

Fungsi sampingan lain dari bank adalah juga berperan dalam kelancaran transaksi internasional sehingga dapat mengatasi masalah keuangan antar negara. Semua kegiatan berupa transaksi yang memiliki perbedaan geografis, budaya dan sistem moneter bagi dua pihak yang berbeda negara akan memungkinkan untuk terjadi. 

Hal tersebut dapat dilakukan dengan mudah dan cepat melalui layanan dan fasilitas yang disediakan oleh bank. Selain itu, bank juga memberikan layanan finansial antar negara yang dibutuhkan oleh masyarakat seperti pertukaran mata uang asing. 

  • Penciptaan Uang 

Fungsi sampingan dari bank yang tidak kalah penting bagi perekonomian dalam negeri yaitu dalam menciptakan uang giral yang sangat berperan sebagai alat pembayaran. Adapun penciptaan uang yang dilakukan oleh bank sentral dengan mekanisme pemindahbukuan atau disebut dengan kliring. 

  • Penyimpanan Barang Berharga 

Bank juga dapat digunakan dalam menyimpan barang-barang berharga seperti perhiasan, surat-surat berharga, serta berbagai macam barang berharga lainnya. Dalam hal ini, bank dapat memberikan layanan berupa penyewaan safe deposit box. 

Itulah berbagai informasi terkait perbankan yang perlu diketahui sebagai penyedia jasa layanan finansial. Pentingnya peranan dari bank untuk perekonomian dalam negeri tersebut bahkan dapat dirasakan oleh hampir seluruh masyarakat. 

KUDO: Tagihan Murah Pascabayar

Selain informasi diatas, terdapat informasi lain yang tidak kalah penting dalam melakukan transaksi pembayaran tagihan bulanan. Dalam hal ini, masyarakat selalu dihadapkan oleh berbagai macam tagihan setiap bulannya baik berupa listrik, Air, telepon rumah, serta berbagai macam cicilan lainnya. 

Untuk dapat melakukan pembayaran tagihan tersebut dengan mudah, saat ini terdapat layanan pembayaran tagihan dengan proses yang sangat mudah dan cepat. Layanan tersebut dikenal dengan PPOB yang dapat dinikmati dengan hanya smartphone dalam genggaman melalui aplikasi KUDO. 

Bahkan tidak hanya dapat digunakan untuk melunasi berbagai macam tagihan saja, akan tetapi KUDO juga mampu memberikan potongan berbagai jenis tagihan bulanan Anda. Hal tersebut sangat mungkin untuk terjadi dengan adanya promo yang disediakan oleh KUDO. Jika penasaran, Anda dapat langsung mengunjungi website resmi atau menginstal aplikasinya sekarang juga.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *