29Sep

Daftar Loket Pembayaran PPOB Arindo Pratama Corp & Aplikasi Android Mobile

Apakah Anda mau membuka loket pembayaran PPOB Arindo? Mungkin Anda ingin menggunakan layanan tersebut untuk memulai bisnis sampingan di rumah sendiri. Atau bisa juga digunakan untuk memenuhi kebutuhan keluarga sendiri. Sebab seperti yang kita tahu, tiap bulannya kita harus melunasi berbagai kewajiban seperti membayar , membayar tagihan air PAM & PDAM, membayar tagihan internet, membayar cicilan kendaraan, melakukan pembelian pulsa, membayar BPJS kesehatan dan banyak lagi kebutuhan lainnya.

Dengan bergabung untuk menjalankan usaha PPOB ini akan memudahkan kita ketika ingin melunasi berbagai kewajiban tersebut. Sebab prosesnya mudah dan bahkan bisa cukup dilakukan melalui HP.

Kalau bicara mengenai PT Arindo, perusahaan yang satu ini memang memiliki sejarah yang cukup panjang. Didirikan pertama kali pada tahun 1993 di Bandung, setelah itu Arindo Corp ini mulai menjalankan bisnis payment point online bank (PPOB) sejak tahun 2008. Pelaksanaan PPOB itu bekerjasama dengan sejumlah bank seperti BNI, BPD Bali, BPD Jateng, BII, BNI Syariah, BJB, dan BPD NTT. Mengingat besarnya permintaan konsumen terhadap layanan  tagihan bulanan seperti pembayaran  listrik, pembayaran tagihan leasing, PDAM dan sejenisnya itu, maka usaha PPOB Arindo ini pun menuai kesuksan.

Gabung sebagai Agen PPOB Arindo Pratama

Untuk bergabung sebagai agen PPOB Arindo ini bisa dilakukan secara online. Yang penting Anda memenuhi persyaratan yang ditetapkan. Seperti dengan memiliki komputer, printer, ada akses internet yang bisa dilakukan via modem seluler maupun berlangganan koneksi internet seperti Indihome, dan melakukan deposit sedikitnya Rp 500.000.

Ya, memang cukup besar deposit yang harus disetorkan jika Anda ingin memulai usaha menjadi agen PPOB Arindo Pratama ini. Belum lagi jika menghitung kebutuhan infrastruktur lainnya seperti penyediaan komputer, printer dan alat koneksi internet. Bila dihitung-hitung lebih dari Rp 2 juta modal yang harus Anda persiapkan.

Karena itulah kemudian banyak orang yang mulai mencari cara lain agar bisa menjalankan PPOB namun dengan modal lebih kecil. Bila perlu PPOB ini cukup dijalankan via saja. Jadi perangkat yang kita butuhkan hanyalah smartphone dan koneksi internet. Hal tersebut sudah difasilitasi oleh Kudo yang menyediakan peluang berbisnis bagi siapa saja, termasuk membuka loket PPOB online hanya cukup dengan bermodal handphone.

Daftar Loket Pembayaran PPOB Arindo Pratama Corp & Aplikasi Android Mobile

Download Aplikasi PPOB Arindo Pratama Terbaru

Untuk menemukan aplikasi PPOB Arindo Pratama yang paling update, Anda bisa langsung mengunjungi Google Playstore bagi Anda yang menggunakan smartphone Android.

Aplikasi Arindo itu selalu diupdate untuk menyesuaikan dengan kebutuhan. Sebab terkadang dalam pengembangan sebuah aplikasi ditemukan bugs yang membuat pengguna tidak dapat menggunakan aplikasi Arindo ini secara maksimal.

Dalam update aplikasi Arindo yang terakhir sudah mencapai versi 4.1 dan untuk menggunakannya diperlukan minimal Android versi 2.3.3. Perbaikan terakhir yang dilakukan adalah untuk mengatasi masalah bugs pada pembayaran tagihan PDAM.

Jika kita menyimak keinginan dari pengguna aplikasi Android, umumnya user ingin aplikasi yang dipakai itu:

  1. Ukurannya ringan sehinggat tidak lama saat didownload dan tidak menghabiskan space ROM smartphone.
  2. Mudah untuk menggunakan. Interface app mudah dipahami bahkan oleh orang awam sekalipun
  3. Jarang mengalami crash. Dengan kata lain aplikasi PPOB ini lancar saat digunakan.

Untuk itu, dalam pengembangan sebuah aplikasi memnag dibutuhkan dukungan dari SDM yang handal. Sehingga nantinya aplikasi ini bisa lancar dan mudah digunakan oleh setiap orang.

Aplikasi Kudo yang juga mampu melakukan pembayaran PPOB online ini sudah mencapai versi 54. Aplikasi tersebut sudah diinstal antara 500 ribu sampai 1 juta pengguna. Sebab menggunakan memang tersedia lengkap layanan yang diberikan sehingga bisa digunakan untuk membayar tagihan listrik via aplikasi, membayar tagihan internet, kredit bulanan dan beragam tagihan yang lain.

Didukung developer aplikasi yang handal, app PPOB Kudo ini mudah digunakan. Saat melakukan sebuah transaksi, prosesnya cepat dan sering kali juga ada promo khusus yang diberikan via aplikasi.

Layanan Arindo PPOB yang Dibutuhkan Banyak Orang

Membuka loket PPOB Arindo berarti Anda bisa melakukan banyak hal untuk menyediakan kebutuhan warga sekitar sebagai berikut.

  1. Melakukan pembayaran tagihan listrik pasca bayar.
  2. Melakukan pembelian token listrik (prabayar)
  3. Membayar tagihan telepon Telkom
  4. Membayar tagihan internet Indihome
  5. Membayar tagihan tv kabel Telkom Vision
  6. Membayar tagihan pulsa pascabayar Kartu hallo
  7. Melunasi pembayaran tv berlangganan Indovision
  8. Membayar tagihan Aora TV
  9. Melakukan pembayaran premi asuransi Equity
  10. Mudah membayar BPJS Kesehatan
  11. Melaksanakan pembayaran BPJS Ketenagakerjaan
  12. Menjual tiket kereta api KAI
  13. Menjual tiket pesawat terbang
  14. Melakukan pembayaran pajak daerah untuk Provinsi DKI Jkaarta
  15. Melakukan pembayaran tagihan PBB
  16. Melayani penjualan pulsa prabyar
  17. Melakukan pembayaran tagihan air PAM PDAM Kota Balikpapan, Banjarmasin, Boyolali, Cilacap, Semarang, Klungkung, Makassar, Malang, Giri Mataram, Palyja, Aetra, Berau, Kota Denpasar, Manado, Pontianak, Blupal, Kuburaya, Grobogan, Jepara, Kendal, Sleman, Pekalongan, Paser, Bogor, Sidoarjo, Badung, Indramayu, Sragen, Menang Mataram, Wonosobo, Banyumas, Lombok Tengah, Bandung, Salatiga, Madiun, Solo, Surabaya, Palembang, Lampung, Jambi, Brebes, Kebumen, Probolinggo, Wonogiri, Karanganyar, Purworejo, Rembang, Purbalingga, Bangkalan, Bojonegoro, Bondowoso, Mojokerto, Jember, Sitobondo, Subang, Medan, Bekasi, Tegal, Garut, Cianjur, Pati dan Tasikmalaya.

Melihatnya banyaknya layanan yang bisa dilakukan itu, sangat tepat jika Anda memilih melakukan usaha PPOB online. Sebab banyak kebutuhan dari orang-orang yang bisa Anda fasilitasi dengan menggunakan PPOB online.

Manfaat Daftar PPOB Arindo

Jika kita simak tadi sederet kemampuan yang dilakukan PPOB Arindo, maka kalau kita sebagai agen PPOB akan mendapatkan sejumlah keuntungan.

  1. Mendapatkan keuntungan finansial. Jelas kalau Anda membuka loket PPOB, maka Anda akan mendapatkan fee atau keuntungan untuk setiap kali transkasi yang dilakukan. Nominal fee itu berbeda-beda tergantung jenisnya. Yang pasti, jumlahnya sangat menguntungkan apalagi kalau Anda bisa melakukan transaksi dalam jumlah banyak.
  2. Usaha kecil-kecilan yang mudah. Betul sekali, skala bisnis ini cocok dilakukan untuk bisnis rumahan. Jadi misalnya Anda tinggal di sebuah kompleks perumahan, Anda bisa buka loket PPOB untuk melayani masyarakat sekitar.
  3. Mudah mendapatkan pelanggan. Sebab banyak orang yang membutuhkan layanan loket PPOB ini. Setiap keluarga rasanya setiap bulan pasti melakukan pembayaran tagihan listrik dan membutuhkan pulsa. Jadi tidak akan sulit untuk mendapatkan pelanggan.
  4. Gampang dijalankan siapa saja. Sekalipun Anda tidak sempat untuk melakukannya sendiri, Anda bisa menggaji orang yang ditugaskan untuk menjaga loket PPOB yang Anda buka tersebut.
  5. Membantu warga sekitar untuk menyelesaikan tagihanan bulanan lebih dekat. Kalau sebelumnya mungkin warga sekitar jika ingin membayar tagihan listrik harus menempuh jarak yang jauh, kini dengan dibukanya PPOB online di rumah Anda akan sangat memudahkan mereka untuk menyelesaikan urusan tersebut.

Melihat sejumlah manfaat PPOb tersebut maka sesungguhnya manfaat yang kita dapat ketika membuka loket PPOB bukan sekedar mendapatkan keuntungan materil, tapi juga membantu mempermudah warga yang ada di sekitar rumah kita untuk melaksanakan kewajibannya dalam melunasi tagihan bulanan. Dengan kata lain, manfaat sosial yang bisa kita lakukan kita lakukan juga besar.

Cek Token Arindo Cara Termudah

Salah satu layanan yang banyak digemari masyarakat dari PPOB Arindo adalah untuk pembelian token listrik prabayar. Sebab kita sebagai manusia dalam berbagai aktivitas sering membutuhkan listrik. Terutama untuk penerangan rumah, meng-charge handphone, menonton televisi, dan kebutuhan lainnya. Karena itulah pembelian pulsa listrik ini termasuk yang menjadi favorit bagi banyak kalangan.

Untuk mengecek token Arindo melakukannya sangat mudah, sebab kita hanya perlu memasukkan nomor meter PLN kita pada sistem yang tersedia. No meter PLN itu tersedia pada meteran listrik yang ada di rumah kita. Selain itu, kita juga bisa melihat struk tagihan listrik sebelumnya. Biasanya, pada struk tersebut akan tercantum berbagai informasi meliputi:

  • nomor meter: yang berisi nomor meter listrik di rumah kita
  • ID pelanggan: merupakan nomor kita sebagai pelanggan
  • Nama: nama pelanggan listrik
  • tarif/daya: tarif listrik dan golongan daya

Nah, yang perlu kita lakukan adalah dengan memasukkan nomer meter listrik tersebut pada sistem yang disediakan oleh Arindo. Kemudian tekan tombol “tampilkan” maka hasilnya akan muncul.

PPOB Arindo 2018 dan Upaya Perbaikan Bisnis yang Lebih Baik

Seperti diketahui Arindo mulai membuka sejak tahun 2008. Dengan demikian pada tahun 2018 Arindo akan menapaki tahun ke-11 dalam perjalannnya.

Tentu saja dari sekian tahun waktu yang ditempuh itu ada kekurangan yang dialami. Dari sejumlah mitra Arindo beberapa hal yang banyak dikeluhkan seperti adanya pencurian deposit mitra. Tentu hal tersebut sangat merugikan. Sebab mitra melakukan deposit sebagai modal untuk melakukan transaksi. Kalau kemudian deposit PPOB itu dapat dibobol oleh orang yang tak bertanggung-jawab, jelas mitra PPOB mengalami kerugian finansial.

Untuk itulah sangat penting dalam memilih penyedia bisnis PPOB itu yang memiliki keamanan yang handal. Sebab itu terkait dengan keamanan dana yang Anda setorkan sebagai deposit. Kalau sampai deposit yang Anda miliki itu dengan mudah dijebol oleh pihak lain, maka sebaiknya Anda beralih kepada penyedia PPOB yang aman.

Keluhan lain yang sering dialami oleh pengguna PPOB Arindo adalah loadingnya yang lama. Ini terkait dengan software yang dipakai serta kestabilan server yang dimiliki oleh Arindo. Lagi-lagi solusinya adalah dengan memilih perusahaan PPOB yang mampu menyiapkan sisi teknologinya dengan baik. Supaya setiap kali kita bertransaksi maka secepat itu juga transaksi itu kita berhasil dilakukan.

Ada juga mengeluhkan kalau saat setor deposit ke PPOB Arindo itu lama masuknya. Hal ini terkait dengan sistem yang dirancang oleh pihak penyedia PPOB. Dan kembali sistem IT yang bagus menjadi solusi agar setiap mitra yang melakukan deposit bisa langsung mengetahui kalau deposit yang dilakukannya telah berhasil masuk.

Ada juga yang mengeluhkan masalah kalau ID untuk login ke aplikasi terblokir. Untuk itu, cara yang bisa dilakukan adalah dengan langsung menghubungi CS mereka untuk meminta agar blokir ID tersebut dibuka.

Memang masih banyak perbaikan yang harus dilakukan oleh PPOB Arindo pada tahun 2018. Terlebih lagi sekarang sudah ada PPOB Kudo yang tidak memerlukan komputer untuk menjalankannya. Cukup melakukan transaksi dari HP, kita sudah bisa membuka loket PPOB yang melayani segala jenis pembayaran.

Kisah Sukses Bisnis PPOB yang Patut Dipelajari

Banyak orang sudah merasakan manisnya berbisnis PPOB. Sebab memang usaha ini mudah untuk menarik pelanggan karena layanannya sangat dibutuhkan. Seperti yang dilakukan Sinta. Ia memanfaatkan toko kelontong yang dimilikinya itu untuk sekalian dijadikan sebagai loket PPOB.

Dengan demikian, karena toko milikinya itu sudah memiliki pelanggan sebelumnya, ia hanya perlu memasang banner yang menjelaskan bahwa kini di tokonya itu bisa melayani pembayaran tagihan listrik, menjual pulsa, membayar cicilan kredit dan lainnya. Walhasil, pelanggan tokonya pun yang ingin belanja kebutuhan sehari-hari bisa sekalian untuk melakukan pembayaran di toko kelontongnya itu.

Ada juga seorang pemilik loket PPOB bernama Fuad. Tiap bulannya dia mampu membukukan sebanyak 3.600 transaksi per bulannya. Untuk gambaran kasarnya, jika per satu transaksi dia mengantongi fee sebesar Rp 1.000, maka dalam satu 1 bulan dia berhasil meraup keuntungan Rp 3,6 juta. Dengan jenis model usaha yang simple, jejak langkah sukses pebisnis PPOB ini bisa kita tiru dan jadikan inspirasi.

Jika berkaca dari sejumlah kisah sukses bisnis PPOB tersebut, ada beberapa tips yang bisa dipelajari agar bisa membuka loket PPOB yang menguntungkan.

  1. PPOB dengan pendaftaran gratis. Ini sangat disarankan. Hindari PPOB yang menarik biaya pendaftaran untuk setiap agen yang ingin bergabung. Sebab hal itu akan memberatkan dan membebani usaha yang ingin Anda mulai.
  2. Cari PPOB yang depositnya bebas. Artinya, Anda tidak harus menyetor deposit dalam jumlah besar. Misalnya Anda bisa mulai melakukan deposit dana misalnya Rp 50.000 saja. Dengan begitu Anda tidak perlu repot dana yang cukup besar untuk memulainya. Baru setelah nantinya transaksi yang Anda lakukan makin besar, Anda bisa naikkan deposit yang Anda setorkan.
  3. Fee komisi PPOB besar. Carilah PPOB yang mau memberikan komisi dalam jumlah besar. Ada PPOB yang memberikan fee komisi kepada pemilik loket hingga Rp 2.000 per transaksinya. Dengan komisi yang besar ini tentu akan sangat menguntungkan bagi Anda sebagai pemilik loket PPOB.
  4. Support teknis. Pilih penyedia PPOb yang mampu memberikan dukungan handal. Sebab terkadang ada gangguan yang terjadi saat kita mau melakukan suatu transaksi. Kalau perusahaan PPOb tersebut memiliki dukungan yang bagus, maka kita pun juga bisa melayani konsumen yang baik.
  5. Transaksi cepat. Penting memilih PPOB yang terbukti sistemnya handal. Agar ketika kita melakukan suatu transaksi, misalnya pembayaran tagihan listrik, begitu kita lakukan saat ini maka saat ini juga transaksinya berhasil dilakukan. Dengan begitu, konsumen pun akan senang karena tidak perlu menunggu lama.

Itulah tadi beberapa kisah sukses dari orang yang sudah menjalani bisnis PPOB disertai dengan kiat suksesnya. Dengan demikian, walau bisnis PPOB itu mudah namun potensinya cukup menggiurkan untuk kita coba.

Memanfaatkan PPOB Arindo Mobile untuk Transaksi Dimana Saja

Kemudahan dalam menggunakan aplikasi PPOB Arindo mobile maupun aplikasi PPOB online lainnya seperti yang ditawarkan Kudo adalah mampu melayani dimana saja. Sebab dengan menggunakan aplikasi mobile tersebut, yang penting smartphone kita memiliki paket data untuk tersambung ke internet, maka transaksi yang kita ingin lakukan pun bisa dilakukan.

Mungkin Anda seorang lajang yang belum memiliki rumah sendiri. Tapi maksud hati ingin mulai usaha baru sebagai penghasilan sampingan. Terasa berat kalau sampai harus membuka loket yang pasti membutuhkan biaya untuk sewa tempat. Nah, dengan menggunakan aplikasi mobile Kudo itu Anda sudah bisa membuka loket PPOB online. Jadi Anda bisa melayani rekan-rekan kerja Anda yang butuh untuk melakukan pembelian pulsa, membayar listrik, tagihan telepon, maupun melakukan pembayaran kreditan kendaraan.

Dengan aplikasi mobile yang disediakan Kudo, ruang dan waktu bukan lagi penghalang untuk niat mulia Anda yang ingin membuka loket PPOB. Sebab Anda bisa menggunakan handphone Anda sebagai alat untuk menghasilkan rupiah tambahan dengan bisnis PPOB ini.

PPOB Online Kudo Punya Keunggulan yang Lebih Baik

PPOB online Kudo memiliki lebih banyak keunggulan yang bisa kita nikmati. Sebab bukan sekadar PPOB yang bisa melayani penjualan pulsa maupun pembayaran beragam tagihan, tapi Anda sekaligus bisa menjualkan berbagai barang yang tersedia di Kudo.

Barang yang tersedia sangat lengkap. Untuk barang elektronik, Anda bisa ikut menjualkan smartphone, tablet, kamera, laptop, printer, modem, tongsis, dan lainnya. Lalu untuk produk fashion ada banyak pakaian untuk wanita, pria, anak maupun untuk busana muslim.

Menariknya juga Anda bisa berjualan emas dan batu permata. Juga ada peralatan dapur, peralatan kamar mandi, dan masih banyak lagi lainnya.

Pendek kata dengan bergabung menjadi agen Kudo, Anda memiliki toko yang super lengkap. Karena barang yang tersedia merupakan semua jenis kebutuhan manusia. Dan enaknya Anda tidak perlu melakukan stok maupun kulakan. Anda hanya perlu tunjukkan barang yang diinginkan oleh teman-teman dan sahabat Anda, dan kemudian mengorderkannya. Maka, untuk setiap transaksi penjualan itu Anda pun akan mendapatkan komisi.

So, dengan demikian untung berlipat akan Anda rasakan. Sebab komisi yang Anda peroleh bukan saja dari loket PPOB, tapi juga untuk setiap transaksi penjualan barang yang Anda lakukan.

Kemudahan itu amat terasa karena kita cukup menggunakan HP kita untuk menjadikannya sebagai loket PPOB. Kalau untuk PPOB lainnya mungkin banyak yang memerlukan software yang harus terinstall di komputer maupun laptop. Tapi tidak dengan PPOb Kudo. Sebab Anda hanya perlu menginstall aplikasinya di HP dan kemudian secara otomatis Anda sudah bisa memfungsikannya untuk membayar tagihan listrik dan aneka kebutuhan lainnya.

Jelas dengan demikian akan lebih praktis. Kalau PPOB yang masih mensyaratkan untuk memakai komputer itu memiliki keterbatasan karena sulit untuk dipindah-pindah. Selain juga harus menyediakan space (ruangan) khusus untuk menempatkan komputer. Lain halnya jika PPOB ini bisa dijalankan cukup dengan HP saja. Sebab kita dengan mudah untuk menenteng dan membawanya kemana saja.

Untuk itu, segera ambil HP Anda untuk mulai menjalankan bisnis PPOB Kudo yang gratis biaya pendaftaran, plus bisa digunakan untuk berbisnis online. Berikut ini langkah-langkahnya:

  1. Buka google Playstore.
  2. Search Kudo
  3. Install aplikasi Kudo
  4. Dan Anda pun sudah bisa mulai menjuual pulsa, melayani pembayaran tagihan listrik, dan menjual berbagai barang.

Sangat simpel kan?

Begitulah cara yang mudah. Bisnis Kudo ini cocok dijalankan oleh siapa saja, baik Anda seorang mahasiswa, pelajar, ibu rumah tangga, karyawan, maupun wirausahawan. Sebab cara melakukannya sangat mudah hanya perlu memanfaatkan smartphone yang kita miliki.

Tahapan Memulai Usaha PPOB Tanpa Modal

Jika Anda sudah berketetapan hati untuk segera memulai usaha PPOB, bahkan meski tanpa modal pun hal itu bisa terlaksana. “Tanpa modal” di sini diartikan Anda hanya butuh modal minimalis, seperti memiliki perangkat smartphone yang bisa digunakan untuk bertransaksi PPOB.

Berikut ini tahapan yang bisa Anda lakukan.

  1. Pilih PPOB Aplikasi
    Dibandingkan dengan PPOB yang mesnyaratkan Anda harus memiliki komputer, tentu akan lebih minim modal yang Anda perlukan jika ada PPOB yang bisa dilakukan lewat aplikasi mobile phone.Sebagai perbandingan, kalau untuk PPOB dengan menggunakan komputer itu paling sedikit Anda harus menyiapkan uang Rp 2 juta untuk membeli komputer bekas. Itu pun komputernya memiliki spek rendah.Sementara klau Anda menggunakan PPOB aplikasi seperti dari Kudo ini, Anda hanya perlu memiliki smartphone. Taruhlah Anda beli smartphone Android harga Rp 1 jutaan, itu sudah mencukupi sebagai perangkat Anda untuk menjalankan bisnis PPOB ini. Syukur-syukur kalau ternyata Anda punya HP Android sebelumnya, jadi Anda pun tidak perlu membeli Hp baru.
  2. Ketahui Siapa Target Pemasaran Anda
    Nah sebelum membuka usaha apapun, penting untuk mengetahui siapa saja yang potensial menjadi pelanggan PPOB Anda. Karena layanan PPOB ini begitu banyak dan dibutuhkan dalam kegiatan sehari-hari, maka tidak akan sulit untuk mendapatkan pelanggan.Sebagai contoh, nantinya potensial prospek untuk usaha PPOB ini adalah tetangga kiri-kanan Anda, teman-teman Anda, rekan kerja Anda, dan banyak lagi lainnya.
  3. Install aplikasi PPOB Kudo
    Ya, Anda hanya perlu gunakan HP Anda tersebut dan kemudian memasang aplikasi Kudo. Setelah aplikasi tersebut, secara otomatis Anda sudah bisa membuka layanan PPOB dan berjualan online.
  4. Pasang banner
    Bila diperlukan Anda bisa pasang banner di depan rumah Anda. Dalam banner tersebut bertuliskan mengenai segala layanan yang tersedia di Kudo seperti jualan pulsa, pembelian token listrik, pembayaran telpon pascabayar, dan lainnya.Bila misalnya dianggap membuat banner butuh biaya yang besar, Anda bisa mensiasatinya dengan cukup meng-print di kertas HVS saja. Jadi Anda bisa cetak beberapa layanan tersebut dan kemudian tempel di depan rumah Anda. Sangat simpel dan minim modal kan?
  5. Siapkan meja dan kursi
    Kalau dirasa diperlukan Anda juga cukup meletakkan kursi dan meja di teras depan rumah. Jadi setiap orang yang ingin membeli pulsa atau bayar listrik, bisa langsung menuju ke teras rumah Anda.
  6. Lakukan deposit minimal
    Ya, selanjutnya Anda perlu lakukan deposit sesuai modal yang Anda miliki. Jadi kalau nantinya ada pelanggan yang datang, Anda pun bisa langsung melayaninya.Kalau Anda ingin tanpa modal sama sekali juga bisa. Caranya adalah Anda datangi terlebih dahulu calon pelanggan yang Anda anggap prospek dan mau menggunakan layanan Anda. Setelah itu, Anda jelaskan bahwa Anda membuka PPOB dengan sistem antar jemput. Nah, kemudian misalnya pelanggan tersebut mau bayar listrik, Anda bisa minta nomor meter atau ID pelanggan beserta uangnya terlebih dulu. Untuk total tagihan listriknya bisa diperkirakan dari tagihan bulan sebelumnya.

Setelah itu, uang dari pelanggan yang sudah Anda bawa tadi bisa Anda bayarkan sebagai deposit ke PPOB Kudo. Lalu setelah deposit masuk, Anda lakukan transaksi untuk pembayaran listrik dari pelanggan tadi. Berikutnya, antarkan bukti transaksi pembayaran listriknya ke pelanggan tadi.

Nah, dengan begitu, praktis Anda tidak perlu modal untuk bisa memulai usaha loket PPOB. Karena uang yang disetorkan sebagai deposit tadi berasal dari pelanggan yang membayar listrik. Dan Anda pun bisa menerima fee dari setiap transkasinya.

Begitulah cara mudah untuk memulai bisnis PPOB meskipun dengan modal nol rupiah maupun modal sedikit. Silahkan dicoba.