28Sep

Daftar Aplikasi Loket Pembayaran PPOB Bank BCA dan Syariah Resmi

Daftar aplikasi loket pembayaran ppob Bank BCA dan Syariah resmi. Sulitnya mencari lapangan pekerjaan menuntut kita untuk lebih peka dalam membaca peluang yang ada di sekutar kita. Jika tidak demikian, maka kita bisa tergilas dan tersingkir dari kompetisi kehidupan dunia. Sebenarnya di seluruh sisi kehidupan kita ada banyak usaha yang bisa memberi penghasilan cukup besar, terutama yang terkait dengan teknologi. Tinggal bagaimana kita bisa memanfaatkan peluang yang ada tersebut.

Kemajuan teknologi yang semakin besar sedikit banyak mulai berdampak pada kehidupan sehari-hari. Ada banyak manfaat positif dari kemajuan teknologi yang dapat membuat manusia lebih efisien dalam menggunakan waktu dan tenaga. Salah satu kemudahan yang diberikan adalah PPOB BCA yang akan kami jelaskan lebih detail di bawah ini.

Mengenal PPOB Lebih Dalam

Sebelum lebih jauh membahas mengenai PPOB BCA, ada baiknya kita mengetahui makna dari PPOB itu sendiri. PPOB adalah singkatan dari Point Payment Online Banking yang merupakan pengembangan dari SOPP atau Semi Online Payment Point. Jika SOPP adalah transaksi yang berlangsung dengan adanya jeda waktu sehingga membuat update data tidak segera selesai, PPOB tidak demikian. PPOB merupakan mekanisme tagihan pembayaran yang terkoneksi secara online real time dan bekerja sama dengan perbankan. Dengan demikian data yang dikirim bisa langsung terekonsiliasi dengan sangat akurat pada saat itu juga.

Awalnya pada tahun 2007 yang lalu PPOB pertama kali muncul di Jawa Barat dan banten untuk kebijakan pembayaran PLN. Kemudian bebrapa fitur pembayaran lain pun mengikuti jejak PLN karena kemudahan dan banyaknya manfaat yang ditawarkan oleh PPOB tersebut.  Sebut saja di antaranya PDAM, Telkom, pulsa untuk berbagai operator, bahkan lesing hingga zakat pun menggunakan PPOB.

Selain memberi kemudahan dalam pembayaran tagihan secara online dan realtime, PPOB juga menutup kemungkinan terjadinya double payment. Disamping itu, PPOB juga dapat mendongkrak perekonomian masayarakat, hal ini disebabkan dengan adanya PPOB maka bermunculanlah lapangan pekerjaan baru. PPOB memerlukan loket untuk melaksanakan transaksi pembayaran yang bisa dijalankan oleh siapa saja dan dimana saja. Dengan demikian angka pengangguran pun dapat ditekan dan perekonomian rakyat menengah ke bawah dapat diperbaiki.

Secara umum, beberapa layanan yang menggunakan PPOB sebagai pembayarannya adalah sebagai berikut:

  1. Tagihan rekening listrik PLN
  2. Penjualan token prabayar (pulsa listrik) PLN
  3. Pembayaran rekening telepon dan Speedy milik TELKOM
  4. Pembayaran rekening PDAM
  5. Penjualan voucher pulsa elektronik untuk semua operator
  6. Pembayaran leasing
  7. Transfer uang
  8. Pembayaran tiket kereta api
  9. Pembayaran iuran BPJS
  10. Dan masih banyak lagi.

Melihat banyaknya kemudahan yang ditawarkan, maka tak heran jika kemudian banyak masyarakat yang memanfaatkan PPOB untuk melunasi berbagai pembayaran. Karena tingginya minat masyarakat untuk membayar tagihan melalui PPOB membuat agen PPOB pun memperoleh keuntungan yang tidak main-main.

Keuntungan Menjadi Agen dan Menjalankan Bisnis PPOB

Beberapa keuntungan dari ini antara lain, biaya pendafaran yang murah, bahkan gratis apa bila mendaftar di Kudo. Yang kedua, Anda bisa mengisi deposite dengan jumlah yang bebas, sesuai keinginan dan kebutuhan masing-masing. Yang ketiga, transaksi dilakukan dengan mudah dan cepat sehingga akan meningkatkan kepercayaan konsumen. Kemudian yang keempat, melalui PPOB ada banyak sekali tagihan yang bisa dibayarkan, sehingga memberi kemudahan bagi siapa saja. Yang kelima, PPOB memiliki rekening dari banyak Bank deposit, sebut saja BCA, BCA Syariah, Mandiri, BNI, BRI, dan lain-lain.

Yang keenam, Anda tidak akan mengalami kerugian ketika mengisi saldo sedikit maupun banyak, karena saldo Anda tidak bisa hangus. Yang ketujuh, mengingat saldo tersebut bisa dipakai kapan saja, maka Anda bisa bekerja dengan waktu yang fleksibel. Yang kedelapan, menjalankan PPOB bisa dilakukan dengan santai karena tidak memiliki target penjualan, berbeda dengan . Yang kesembilan bisnis PPOB dapat menjadi passive income dengan cara mendaftarkan downline.

Lalu yang kesepuluh, bisnis ini sangat memberikan efesiensi biaya dan waktu bagi pelanggan maupun agen. Selain itu, dengan menjadi agen PPOB, Anda tidak perlu repot dan kebingungan lagi saat hendak membayar berbagai tagihan karena bisa Anda lakukan sendiri di rumah. Dan masih banyak lagi keuntungan yang bisa Anda peroleh jika bergabung menjadi agen bisnis PPOB.

Landasan Hukum PPOB

Untuk meningkatkan kewaspadaan dan kepercayaan dalam menjalankan bisnis serta menjadi agen PPOB, mengetahui landasan hukumnya dirasa perlu untuk dilakukan. Mengingat akhir-akhir ini transaksi online menjadi salah satu sasaran empuk dari target penipuan. Hal tersebut dikarenakan banyak orang yang tidak melakukan crosscheck sebelum melakukan transaksi. Memang tawaran harga yang rendah atau keuntungan besar yang diperoleh ketika menjalani sulit untuk ditolak. Akan tetapi di era modern seperti saat ini, tentu kewaspadaan harus selalu ditingkatkan agar tidak menjadi korban penipuan.

Menurut data dari berbagai sumber, kajahatan penipuan atau perbuatan curang menduduki peringkat pertama dalam sebelas besar kasus kriminalitas di wilayah DIY. Data tersebut berdasarkan kejahatan yang terjadi pada tahun 2015 di kota gudeg ini. Sementara itu di Depok, tren kasus penipuan naik hingga 55 persen. Data tersebut diperkirakan bisa meningkat jika masyarakat belum mengetahui cara transaksi online yang aman.

Akan tetapi sejauh ini menjalankan bisnis PPOB tergolong cukup aman. Terutama jika meninjau kebelakang, PPOB merupakan bisnis yang dicetuskan oleh PT PLN, yang merupakan salah satu BUMN. Dengan demikian rasa kepercayaan pun bisa semakin meningkat. Ditambah lagi berbagai perusahaan lain yang juga berada di bawah BUMN yang turut menggunakan layanan ini, misalnya PDAM, Telkom, dan sebagainya. Yang terpenting adalah bagaimana Anda bisa menemukan loket pembayaran PPOB yang terpercaya sehingga tidak menjadi korban penipuan. Dan Kudo merupakan salah satu solusinya.

Disamping itu, pendirian PPOB juga sudah memiliki dasar legalitas dan dasar hukum yang sangat jelas. Pembayaran PPOB juga sejalan dengan UU perlindungan konsumen yang mengamanatkan pelaku usaha untuk memberi layanan terbaik. Kemudian dalam jasa pembayaran rekening tidak akan terjadi monopoli.

Sedangkan dasar hukum dari PPOB adalah sebagai berikut:

  1. Undang-Undang Nomor 10 tahun 1984.
  2. Undang-Undang Nomor 7 tahun 1984 tentang POS.
  3. Undang-Undang Nomor 7 tahun 1992.
  4. Undang-Undang Nomor 10 Tahun 1998 dan Nomor 7 Tahun 1998 pasal 1 butir 2 tentang Perbankan.

Kemudian khusus untuk PLN dan POS, memiliki tambahan dasar hukum tersendiri sebagai berikut:

  1. Keputusan Direksi PLN Nomor 021.K/0599/DIR/1995 Tanggal 23 Mei 1995 tentang Pedoman dan Petunjuk Tata Usaha Pelanggan dalam hal ini fungsi penagihan. Keputusan Direksi PLN tersebut memuat dasar hukum internal PLN tentang Peralihan Penerimaan Pembayaran ke PPOB
  2. Penyelenggaraan bank dan PT POS Indonesia diberikan kewenangan untuk memberi jasa dalam lalu lintas pembayaran. Hal tersebut termuat dalam Edaran Direksi PT PLN (Persero) Nomor 010.E/012/DIR/2003 tanggal 29 Juni 1984.

Melalui landasan hukum tersebut, dapat disimpulkan bahwa bisnis PPOB merupakan bisnis yang legal dan dapat dipertanggungjawabkan. Jadi Anda tidak perlu khawatir melakukan pelanggaran hukum apabila ingin menjalankan bisnis PPOB ini. Meskipun begitu, penipuan yang memanfaatkan PPOB masih bisa terjadi. Karena itu tetaplah meningkatkan kewaspadaan Anda selama menjalankan bisnis PPOB ini.

Tips Sebelum Mendirikan PPOB

Mengingat banyaknya provider yang menawarkan Anda untuk menjadi agen PPOB, ada beberapa hal yang perlu diperhatikan. Hal ini penting agar Anda tidak salah memilih provider sehingga tidak merasa dirugikan di kemudian hari. Beberapa di antaranya adalah sebagai berikut:

  1. Pahami dengan benar bagaimana pola kinerja hingga mekanisme bisnis ini untuk meraih keuntungan darinya. Jangan hanya terpaku dengan besarnya peluang usaha PPOB ini. Dengan demikian bisnis yang Anda jalankan bisa maju dengan pesat dan memberi keuntungan yang maksimal,
  2. Pelajari dengan baik provider yang akan Anda pilih untuk menjalankan bisnis PPOB. Sebaiknya memilih provider tidak hanya berdasarkan iming-iming hadiah atau penawaran lain yang tampak menggiurkan. Tinjau lebih lanjut bagaimana review agen-agen lain setelah bekerja sama dengan provider tersebut dan lihat sudah sejauh mana provider tersebut berjalan. Sehingga Anda tidak akan tertipu oleh orang-orang yang ingim mendapatkan keuntungan sepihak dan tidak bertanggung jawab.
  3. Akan lebih aman apabila Anda memilih PPOB yang bisa bayar kolektif minimal 100 trx sekaligus. Namun tidak semua bisa melakukan pembayaran kolektif dan maksimal 4 s/d 25 trx. Pilihan tersebut juga merupakan pilihan yang cukup aman.
  4. Umumnya provider akan meminta Anda mendaftar melalui cabang perusahaan namun rekening depositnya wajib ke rekening perusahaan pusat. Berhati-hatilah jika Anda diminta untuk mentransfer ke rekening cabang karena bisa jadi itu adalah modus penipuan.
  5. Apabila membutuhkan kertas sebagai bukti cetak, upayakan untuk mendapatkan kertas berlogo dari perusahaan yang Anda pilih. Dengan demikian apabila Anda adalah agen baru, masyarakat bisa lebih percaya untuk melakukan transaksi pembayaran berbagai tagihan kepada Anda. Kemudian pilihlah POB yang support terhadap semua merek dan tipe printer. Namun ada pula beberapa provider yang tidak memerlukan bukti cetak karena sudah memanfaatkan teknologi, seperti Kudo. Hal ini lebih menguntungkan dari banyak sisi, termasuk dalam pencegahan global warming.
  6. Pilihlah loket layanan PPOB yang menetapkan tarif pendaftaran yang ringan atau bahkan gratis. Dengan demikian Anda dapat menekan pengeluaran sehingga bisa mendapatkan keuntungan yang maksimal.
  7. Jangan mudah tergiur dengan pemberian fee loket yang tinggi karena dikhawatirkan itu hanya iming-iming belaka.
  8. Usahakan untuk memilih teknologi PPOB yang sistem kerjanya jemput bola dengan biaya investasi awal yang rendah. Umumnya dana yang diperlukan sebesar lima hingga sepuluh juta rupiah.
  9. Carilah loket PPOB yang tidak pernah mengalami gangguan server.
  10. Pilihlah PPOB yang bisa melakukan penambahan deposit dan sudah menggunakan multi bank.
  11. Untuk mempermudah dan mempercepat pengisian deposit loket, pilihlah PPOB yang telah menggunakan metode ticketing.
  12. Pastikan loket PPOB yang Anda pilih telah memiliki banyak member dan memberi atau support layanan yang baik.
  13. Untuk meningkatkan kewaspadaan, datangi kantor dari provider yang Anda pilih, atau hubungi melalui telepon. Kemudian konfirmasilah ke bank pusat yang bekerja sama dengan perusahaan tersebut. Karena semua urusan langsung ditangani oleh bank pusat, biasanya bank cabang tidka mengetahui mengenai perusahaan yang bekerja sama dengannya.

Daftar Aplikasi Loket Pembayaran PPOB Bank BCA dan Syariah Resmi

Pendaftaran PPOB BCA

Pendaftaran PPOB BCA kemungkinan akan sama dengan bank lain, yaitu melalui langkah-langkah sebagai berikut:

  1. Mengisi formulir pendaftaran yang disediakan oleh pihak pengelola. Formulir diisi secara online melalui website pengelola yang bersangkutan. Diharapkan dalam mengisi formulir ini dilakukan secara jujur dan meletakkan data yang sebenar-benarnya tanpa ada manipulasi sedikit pun. Hal ini demi kemudahan kedua belah pihak selama proses kerja sama berlangsung.
  2. Memiliki perlengkapan dan peralatan yang memadai. Beberapa peralatan yang diperlukan antara lain, paket loket, kertas countinuous form, dan software aplikasi instalasi. Software tersebut bisa Anda download sendiri atau bisa pula Anda dapatkan dari pihak pengelola.
  3. Melengkapi peralatan yang dibutuhkan. Seperti perangkat komputer atau laptop, jaringan internet, dan printer, bisa printer pita maupun yang biasa.
  4. Setelah semua persyaratan telah Anda miliki dengan lengkap, pihak pengelola akan menginstal aplikasi PPOB pada perangkat komputer atau laptop.
  5. Setelah aplikasi PPOB tersebut berhasil diinstal, langkah selanjutnya adalah melakukan registrasi data yang telah dikirim sebelumya. Kemudian Anda diharuskan melakukan konfirmasi ulang ke pihak PPOB yang kemudian akan diproses oleh pihak PPOB tersebut.
  6. Setelah proses data selesai dilaksanakan, Anda akan menerima ID Mitra dan Username yang digunakan untuk mengopersaikan sistem PPOB. Tanpa ID Mitra dan Username tersebut, loket PPOB Anda tidak akan bisa dijalankan.
  7. Setiap mitra PPOB diharuskan memiliki saldo inquiry dengan cara melakukan deposite saldo. Anda bisa membayar tunai kepada pihak pengelola atau distributor PPOB dan bisa juga dengan melakukan transfer ke rekeningnya. Tergantung kesepakatan dari kedua belah pihak. Setelah itu Anda dapat membuka loket Anda untuk melayani transfer pembayaran tagihan sesuai permintaan masyarakat.

PPOB Bank BCA dan PPOB BCA Syariah

PPOB Bank BCA mungkin cukup banyak dicari mengingat statusnya sebagai bank swasta kenamaan yang memiliki cukup banyak nasabah. Kudo merupakan salah satu loket pembayaran PPOB Bank BCA dan PPOB BCA Syariah yang terpercaya. Ada banyak keuntungan yang dapat Anda peroleh jika memilih Kudo sebagai mitra kerja Anda. Jangan sampai tertipu dengan iming-iming fee yang besar dari provider lain jika Anda ingin memiliki bisnis PPOB yang menjanjikan.

Kudo sebagai PPOB Andalan dan Terpercaya

Saat ini ada banyak sekali provider atau loket pembayaran PPOB BCA dan PPOB BCA Syraiah. Hal tersebut terkadang dapat menyulitkan para calon agen untuk memilih provider yang tepat, kredibel, dan terpercaya. Padahal Anda tidak perlu berpikir dua kali untuk menentukan loket yang terbaik, karena Indonesia memiliki Kudo.

Kudo atau Kios Dagang Online memang sudah tidak asing lagi di telinga masyarakat Indonesia. Namun ternyata, selain digunakan untuk melakukan jual beli online (marketplace), Kudo juga bisa dimanfaatkan untuk membuka bisnis PPOB. Karena itu tak heran jika Startup yang baru dirintis sejak tahun 2014 ini telah memiliki banyak member. Bahkan Kudo pun telah melakukan berbagai kegiatan yang diulas oleh banyak media.

Kesuksesan Kudo bukanlah hal yang serta merta didapat begitu saja. Ada kerja keras dan peran besar dari para pendirinya yang terus berupaya memberikan layanan terbaik. Dia adalah Albert Lucius dan Agung Nugroho, dua anak muda yang sangat andal dalam bidang bisnis dan IT. ALBERT Lucius merupakan salah satu alumni ilmu komputer Universitas Illinois Urbana-Champaign untuk tingkatan sarjana dan master. Beliau juga merupakan MBA dari Haas School of Business di Barkeley.

Agung Nugroho juga merupakan seseorang yang sangat berperan di balik suksesnya Kudo sebagai marketplace di Indonesia. Beliau merupakan lulusan sarjana Teknik Kimia di Institut Teknologi Bandung (ITB) dengan predikat cumlaude. Agung Nugroho telah berpengalaman bekerja di Boston Consulting Group Asia Tenggara selama lima tahun. Maka tak heran jika Kudo saat ini terus eksis sebagai startup marketplace di Indonesia.

Ada banyak layanan PPOB yang bisa dijalankan oleh Kudo. Berikut kami sajikan daftarnya:

  1. Pembayaran tagihan listrik dan pembelian token PLN Prabayar.
  2. Pembayaran tagihan telepon rumah dan SPEEDY milik TELKOM.
  3. Pembayaran tagihan PDAM.
  4. Pembayaran TGN atau Tagihan Gas Negara.
  5. Pembayaran tagihan televisi kabel yaitu Indovision, telkomvision, okevision, dan Aora TV.
  6. Pembayaran tagihan pulsa pascabayar, seperti Xplore, Kartu Halo, Esia dan Flexi Pascabayar.
  7. Pembelian pulsa elektrik seluruh operator.
  8. Pembayaran tagihan ADIRA Finance, MAF Finance, MCF Finance, dan WOM Finance.
  9. Pembayaran asuransi BPJS Kesehatan dan Jiwasraya.

Cara Menjadi Agen Kudo

Untuk menjadi , langkah yang harus Anda lakukan sangat mudah. Di samping itu Anda juga tidak dikenai biaya sedikit pun alias gratis. Langkah pertama yang harus Anda lakukan adalah download di google play store atau buka shop.Kudo.co.id melalui browser. Kemudian pilih daftar menjadi Agen, dan klik lanjut beberapa kali hingga muncul formulir pendaftaran. Atau Anda juga bisa mempercepat langkah dengan menekan tombol x di pojok kanan atas hingga muncul formulir pendaftaran.

Isikan identitas Anda dengan benar di kolom yang tersedia dan klik daftar. Lalu Anda akan menerima email dan SMS kemudian lakukanlah verifikasi pendaftaran. Setelah itu Anda akan memperoleh email berisi PIN dan SMS berisi password disertai dengan petunjuk penjualan. Sms dan email tersebut akan dikirim paling lambat 2 x 24 jam setelah melakukan verifikasi. Setelah itu silakan login dengan PIN dan password yang telah Anda terima dan nikmati keuntungan menjadi agen Kudo yang bisa Anda peroleh setiap harinya.

Keuntungan Membuka Usaha PPOB dengan Kudo

Untuk membuka usaha PPOB BCA dengan Kudo Anda tidak perlu melakukan pendaftaran secara khusus dan rumit seperti di provider lain. Anda bisa melakukan seluruh kegiatan yang difasilitasi oleh aplikasi Kudo setelah melakukan pendaftaran dengan cara-cara seperti di atas. Sangat mudah dan efisien, bukan?

Keuntungan menjalankan usaha PPOB melalui Kudo sangat banyak, di antaranya adalah sebagai berikut:

  1. Pendaftaran gratis tanpa dipungut biaya sepersen pun. Dengan demikian Anda dapat mengurangi modal dan keuntungan pun menjadi lebih besar.
  2. Melayani pembayaran tagihan paling lengkap di seluruh Indonesia. Sehingga peluang Anda jauh lebih banyak karena mampu melayani hampir seluruh masalah tagihan masyarakat setempat.
  3. Transaksi akurat real time 24 jam Non stop dan sangat cepat. Melalui keunggulan ini, data yang diproses akan lebih akurat dan tidak memungkinkan terjadi double payment.
  4. Deposite minimal 50.000 rupiah dengan tiket otomatis. Sehingga memberi kemudahan bagi Anda yang belum memiliki modal yang besar dalam menjalankan bisnis.
  5. Saldo tidak akan hangus serta tidak memiliki target penjualan. Sehingga waktu Anda untuk melakukan pelayanan terhadap pembayaran sangat fleksibel dan tidak mengganggu aktivitas Anda.
  6. Reply sms tidak berbayar sehingga dapat menekan pengeluaran.
  7. Transaksi bisa dilakukan dengan banyak cara, yaitu SMS, Whatsapp, Yahoo Messenger, dan Web Topup. Anda tinggal memilih hendak melakukan transaksi melalui apa yang menurut Anda paling mudah serta menguntungkan.
  8. Memiliki layanan customer service yang bisa dihubungi setiap hari mulai pukul 08.00 hingga 21.00 WIB. Dengan demikian, kapan saja Anda menemui masalah, Anda bisa langsung meminta bantuan kepada customer service Kudo.
  9. Menjalankan aplikasi Kudo sangat mudah dan tidak memerlukan keahlian apa pun. Jadi, siapa pun Anda, dan dari latar belakang apa saja bisa menjalankan bisnis ini.
  10. Hanya memerlukan sebuah smartphone yang telah terinstal aplikasi Kudo sebagai alat dalam melakukan transaksi. Sehingga Anda tidak perlu mengeluarkan banyak biaya untuk membeli seperangkat komputer atau laptop. Bahkan Anda tidak perlu memiliki kios secara fisik.
  11. Komisi untuk setiap transaksi sangat jelas dan transparan serta langsung ada report dari setiap transaksi yang terjadi. Hal ini demi meningkatkan kepercayaan konsumen dan memberi layanan terbaik bagi seluruh agen Kudo di mana saja berada.
  12. Ada banyak komisi, bonus, serta cashback yang bisa Anda dapatkan selama menjadi agen Kudo.
  13. Meskipun Anda mendaftar agen Kudo untuk PPOB, namun Anda juga secara otomatis dapat menjadi reseller Kudo. Ada banyak barang yang bisa Anda jual secara online sesuai dengan permintaan dari masyarakat. Dengan demikian, keinginan Anda untuk memperlebar bisnis dapat lebih cepat terlaksana.
  14. Kudo merupakan perusahaan yang terjamin keamanannya. Ada banyak hal yang dapat membuktikannya, seperti Kudo memiliki alamat yang jelas dengan kantor permanen. Selain itu Kudo juga merupakan perusahaan dengan skala nasional yang memiliki permodalan yang kuat. Mengingat Kudo didukung oleh investor nasional dan global. Di samping itu komunitas serta popularitas Kudo pun sudah sangat luas dan tidak diragukan lagi.

Sebagai gambaran awal, kami akan memberi rincian keuntungan yang bisa Anda dapatkan jika menjadi agen Kudo. Setelah mendownload aplikasi Kudo di playstore, Anda langsung mendapatkan pulsa 25 ribu rupiah yang akan diterima satu kali. Kemudian, Anda mendapatkan komisi dari PPOB sebesar 6.500 rupiah. Dengan demikian, setiap satu kali transaksi Ada bisa mendapatkan uang senilai 6.500 rupiah.

Memang tampak kecil, namun jika dalam sehari saja Anda bisa melakukan 10 kali transaksi, maka pendapatan Anda bisa sebesar 65.000 rupiah. Dan dalam sebulan Anda memperoleh keuntungan senilai 1.950.000 rupiah. Mengingat banyaknya kebutuhan masyarakat untuk membayar berbagai tagihan, nampaknya Anda bisa melakukan transaksi lebih dari itu. Dengan kata lain, semakin banyak transaksi yang Anda lakukan, semakin besar pula keuntungan yang bisa Anad raih.

Untuk biaya pulsa semua operator dan token listrik juga sangat terjangkau. Sehingga keuntungan yang Anda peroleh pun bisa lebih maksimal. Atau Anda juga bisa menarik banyak pelanggan dengan memberi harga yang sedikit lebih rendah dari agen lain. Meskipun keuntungannya tidak terlalu banyak, namun jika Anda memiliki banyak pelanggan tetap, maka bisnis Anda bisa teus berjalan.

Kudo merupakan salah satu loket pembayaran PPOB BCA dan BCA Syariah yang resmi, andal dan terpercaya. Ada banyak sekali keuntungan yang bisa Anda nikmati setiap harinya. Jadi, tunggu apa lagi? Segera daftarkan diri Anda menjadi agen Kudo sekarang juga.