22Sep

Cara Daftar Kios Loket Pembayaran PPOB Bank BRI & Syariah Resmi Gratis

Cara daftar kios loket Pembayaran PPOB Bank BRI & Syariah resmi gratis. Di tengah perkembangan dunia teknologi dan komunikasi seperti yang terjadi saat ini, segala sesuatu bisa dilakukan dengan cara yang lebih mudah, termasuk dalam membayar tagihan. Penyediaan fasilitas untuk memudahkan sistem yang banyak dilakukan oleh lembaga keuangan membuat segala transaksi yang dilakukan masyarakat bisa lebih praktis dengan menerapkan sistem online seperti yang diterapkan PPOB BRI. Kemudahan kegiatan transaksi yang bisa dilakukan secara online tersebut mencakup transaksi dalam bentuk transfer, pembayaran barang belanja online, hingga membayar , telepon, modem, PDAM, dan sebagainya. Dengan adanya kemudahan transaksi tersebut, masyarakat menjadi tidak perlu repot lagi ke bank atau lembaga keuangan non bank lainnya untuk memenuhi kebutuhan transaksinya.

Dalam hal memenuhi kebutuhan kemudahan akan layanan pembayaran tagihan yang lebih mudah, praktis dan aman, PPOB BRI atau yang disebut dengan Payment Point Online Bank BRI. PPOB tersebut merupakan sebuah loket pembayaran yang menggunakan sistem online dengan yang bekerja sama dengan Bank BRI dan menggunakan sistem satu deposit untuk berbagai layanan produk pembayaran online, mulai dari pembayaran tiket pesawat, tiket kereta api, penjualan pulsa elektronik all operator, penjualan pulsa PLN, pembayaran telepon rumah dan Speedy, pembayaran PDAM, hingga pembayaran tagihan berbagai merek tv kabel atau angsuran dan pembayaran tagihan lainnya. Layanan produk pembayaran online ini akan semakin memudahkan kebutuhan transaksi atau pembayaran tagihan, sehingga Anda tidak perlu membuang waktu berlama-lama mengantre di bank atau menuju ATM yang jauh dari rumah untuk pembayaran tagihan atau untuk melakukan kegiatan transaksi.

Sebagai penyedia jasa pembayaran tagihan atau transaksi yang dilakukan secara online, PPOB Bank BRI memiliki banyak distributor resmi yang tersebar di banyak kabupaten/kota di Indonesia, seperti Tangerang, Karanganyar, Kebumen, Kendal, Grobogan, Semarang, Pekalongan, Surakarta, Sleman, Sukoharjo, Malang, Madiun, Wonogiri, Banjar, Bandung, Banyumas, Rembang, Purbalingga, Purworejo, Sukoharjo, Jember, Cilacap, Temanggung, Pati, Wonosobo, dan masih banyak lainnya. Sedangkan untuk wilayah luar Jawa, distributor resmi PPOB terletak di Aceh, Bali, Dumai, Pekanbaru, Lampung, Palembang, Gorontalo, Bangka Belitung, NTB dan NTT, Maluku, Kalimantan Timur, Kalimantan Barat, Kalimantan Tengah, Kalimantan Selatan, Sulawesi Barat, Sulawesi Tenggara, Sulawesi Selatan, dan masih banyak lagi.  Pembukaan kios PPOB tersebut lebih dekat dengan pemukiman masyarakat dan sangat mudah dijangkau. Apalagi pelayanan transaksi pembayaran tagihan PPOB tersebut bisa dilakukan kapanpun karena melayani transaksi selama 24 jam penuh setiap harinya termasuk hari Sabtu dan hari Minggu.

Cara Daftar Kios Loket Pembayaran PPOB Bank BRI & Syariah Resmi Gratis

Sebelum melakukan transaksi pembayaran tagihan, sebaiknya nasabah memastikan jumlah saldo deposit yang dimiliki agar tidak kekurangan saldo ketika sedang bertransaksi. Saldo deposit merupakan sejumlah uang yang telah disetor agar dapat digunakan langsung untuk transaksi pembayaran. Untuk pengisian deposit bisa dilakukan di bank langsung melalui setor tunai atau transfer antar bank. Setelah melakukan pengisian deposit, biasanya nasabah akan diminta untuk konfirmasi transaksi melalui e-mail atau SMS. Sementara itu, jumlah nominal uang yang akan didepositkan adalah bebas, hanya saja minimal deposit adalah 100 ribu Rupiah. Setelah saldo deposit dipastikan masih cukup, barulah transaksi transfer antar bank dan pembayaran tagihan dengan PPOB BRI bisa dilakukan dengan mudah.

Banyaknya kios PPOB BRI yang dibuka dan tersebar di banyak kota atau kabupaten di Indonesia menjadi peluang tersendiri bagi masyarakat yang ingin menjalankan usaha. Usaha yang dapat dijalankan dengan adanya program PPOB ini adalah dengan menjadi Agen PPOB. Menjadi Agen PPOB ini merupakan peluang usaha yang cukup besar di tengah semakin tingginya kebutuhan masyarakat akan kemudahan transaksi berupa transfer atau transaksi untuk pembayaran tagihan. Selain itu, modal yang dibutuhkan untuk Agen PPOB ini juga sangat terjangkau. Apalagi sudah banyak distributor PPOB yang menawarkan kemudahan dalam pendaftaran menjadi Agen PPOB tersebut dengan memberikan bantuan perlengkapan usaha seperti spanduk dengan nama loket Agen, software aplikasi PPOB BRI, dan kertas berlogo bank BRI.

Sebelum mendaftar menjadi Agen PPOB BRI, ada beberapa hal yang perlu dipersiapkan, yaitu komputer atau laptop, model internet, printer biasa atau printer tipe Epson LX 300, tempat atau loket (bisa di toko, warung, garasi rumah, di teras atau di ruang tamu), dan deposit saldo. Pada dasarnya Anda bisa membuka usaha ini di mana pun, bahkan jika rumah Anda masuk ke dalam gang sekalipun. Karena semakin dekat dengan pemukiman penduduk, usaha PPOB Anda akan semakin ramai didatangi masyarakat. Setelah semua hal yang diperlukan telah dilengkapi, selanjutnya Anda bisa mulai mendaftar menjadi Agen PPOB dengan memilih distributor yang paling terpercaya dan menguntungkan. Untuk memilih distributor PPOB yang terbaik dan terpercaya, Anda bisa mencari informasi dari orang yang sudah berpengalaman atau mencari referensi dari internet.

Secara umum, syarat menjadi agen Kios Bank atau PPOB antara lain:

  • Calon agen dalam bentuk perorangan atau mikro/ koperasi/ badan usaha.
  • Menyediakan peralatan yang dibutuhkan seperti laptop/ komputer, printer, dan kertas.
  • Memiliki koneksi internet yang lancar. Untuk menyediakan koneksi internet Anda bisa menggunakan modem speedy, modem GPRS, CDMA, dan lain-lain.
  • Memiliki rekening BRI yang masih aktif. Rekening tersebut akan digunakan untuk pengisian saldo dan untuk menerima transfer fee/ komisi setiap bulannya.
  • Mengisi form pendaftaran secara online.
  • Mengisi saldo deposit loket atau kios secukupnya agar bisa digunakan untuk melakukan transaksi pembayaran dari pelanggan. Tidak ada saldo yang mengendap karena Anda tetap bisa melakukan transaksi hingga saldo mendekati angka nol Rupiah.

Mengetahui mudahnya memulai usaha Agen PPOB, mungkin Anda benar-benar menjadi tertarik untuk segera memulai usaha ini, apalagi cara daftar PPOB BRI sangat mudah dan yang paling utama registrasi pendaftarannya gratis. Anda bisa mengikuti langkah-langkah cara mendaftar menjadi Agen PPOB untuk bank BRI, antara lain:

  • Mengisi formulir pendaftaran. Formulir pendaftaran yang diisi merupakan formulir yang telah disediakan oleh pihak pengelola. Mengisi formulir tersebut juga bisa dilakukan secara online melalui website pengelola dengan data yang sebenar-benarnya.
  • Memiliki kelengkapan peralatan. Peralatan dan perlengkapan yang dibutuhkan yaitu paket loket, software aplikasi instalasi yang bisa didownload sendiri atau meminta kepada pihak pengelola, dan kertas countinues form.
  • Menyiapkan peralatan yang akan digunakan, antara lain laptop atau komputer, printer pita atau printer biasa, dan modem internet.
  • Setelah semua persyaratan telah dilengkapi, pihak pengelola atau distributor akan menginstal aplikasi PPOB BRI pada laptop atau komputer Anda.
  • Setelah aplikasi PPOB terinstal, Anda harus meregistrasi data-data yang sudah diisi sebelumnya kemudian mengirimkan konfirmasi ulang ke pihak PPOB. Setelah mendapat konfirmasi, pihak PPOB akan memproses data yang Anda kirimkan.
  • Setelah memproses data yang telah dikirimkan, Anda akan mendapat ID Mitra dan Username yang akan digunakan untuk mengoperasikan sistem PPOB loket Anda nanti.
  • Sebelum bisa memfasilitasi masyarakat dalam melakukan transaksi pembayaran tagihan, Mitra PPOB yang baru harus memiliki saldo inquiry dengan melakukan deposit saldo melalui setor tunai atau transfer ke rekening pengelola atau distributor. Setelah itu, Anda bisa melayani transfer pembayaran tagihan yang diinginkan masyarakat.

Itulah langkah-langkah yang dapat dilakukan untuk membuka kios PPOB untuk bank BRI. Sebagaimana seperti langkah-langkah yang telah dijelaskan di atas, menjadi Agen PPOB BRI sangat mudah dilakukan. Modal yang dibutuhkan juga sangat murah, namun keuntungan yang akan didapatkan sangat menggiurkan. Karena PPOB tersebut bisa melayani hingga 80 jenis produk transaksi Setiap. transaksi PPOB yang telah dilakukan oleh Agen akan mendapatkan bagi hasil atau fee. Fee yang didapatkan dari setiap transaksi akan terakumulasi secara otomatis dalam kurun waktu satu bulan. Setelah itu, fee yang telah terkumpul dan terakumulasi akan secara otomatis dikirim ke rekening Agen setiap bulannya sesuai dengan tanggal yang telah disepakati. Sementara itu, untuk transaksi pulsa prabayar, pihak pengelola atau distributor tidak memberikan fee secara langsung. Karena Agen akan mendapat margin harga pulsa prabayar tersebut. Sehingga ketika dijual kepada masyarakat, harga pulsa prabayar menjadi lebih tinggi.

Keuntungan menjadi agen PPOB BRI selain mendapat keuntungan yang menggiurkan, tetapi juga bisa dijadikan sebagai . Karena PPOB tidak menerapkan target transaksi setiap bulannya, sehingga lebih fleksibel untuk dijalani. Bagi ibu-ibu rumah tangga, melakukan usaha sampingan dengan menjadi agen PPOB merupakan langkah yang sangat tepat. Sistem transaksi online yang diterapkan prosesnya cepat dan sangat praktis dilakukan oleh Agen, termasuk Agen yang tergolong ibu-ibu. Sehingga ketika melayani pelanggan atau nasabah bisa lebih cepat dan tidak terlalu menyita waktu untuk mengurus keluarga. Namun apabila terjadi kendala ketika menjalankan usaha Agen PPOB ini, Anda bisa berkonsultasi dengan pihak distributor atau pengelola untuk mendapatkan solusi dalam mengatasi gangguan teknis tersebut. Gangguan teknis yang umum terjadi dalam pengoperasian sistem transaksi misalnya deposit yang lambat masuk ke saldo loket, hal ini disebabkan karena:

  • Terjadi kepadatan arus transaksi saat melakukan transfer. Kepadatan arus transaksi tersebut menyebabkan deposit lambat masuk ke saldo loket.
  • Lupa menambahkan ID pada berita saat melakukan transfer.
  • Transfer yang dilakukan merupakan transfer antar bank yang berbeda atau melalui kantor pos.
  • Sistem bank yang dituju sedang offline, sehingga bank yang dituju tidak bisa mengecek transfer yang masuk.
  • Transaksi yang dilakukan bertepatan dengan jam istirahat kantor sehingga input data akan mengalami penundaan hingga jam kerja mulai kembali.

Apabila Anda mengalami gangguan dalam pengisian deposit untuk saldo loket PPDB BRI milik Anda, sebaiknya jangan khawatir. Karena Anda bisa mengatasinya dengan mencoba logout atau keluar dari aplikasi kemudian login atau masuk kembali dan periksalah saldo deposit tersebut. Bila saldo deposit loket sudah bertambah, berarti transfer deposit Anda sudah berhasil. Sedangkan jika saldo belum bertambah, sebaiknya kirim email atau SMS ke nomor distributor atau pengelola Anda untuk menanyakan solusinya. Jika pengisian deposit dilakukan dengan cara setor tunai, Anda bisa memasukkan angka validasi setoran ketika akan mengirim email atau SMS kepada bank yang dituju. Misalnya mengirimkan pesan dengan format deposit/ IDPP/ Bank Tujuan/ Nominal/ Tanggal/ Jam/ Nama Penyetor/ nomor rekening penyetor atau nomor validasi dari setor tunai.

Setelah mengetahui hambatan yang mungkin saja terjadi dan cara mengatasinya, mungkin Anda masih ragu untuk memulai daftar PPOB BRI, padahal sebenarnya ada banyak kelebihan usaha kios bank atau loket pembayaran tagihan dari bank BRI. Kelebihan tersebut antara lain:

  • Bank BRI merupakan bank terbesar di Indonesia. Sebagai bank terbesar yang ada di Indonesia, bank BRI memiliki dukungan jaringan perbankan dengan skala yang sangat besar. Selain itu, kantor unit BRI online juga tersebar di seluruh wilayah di Indonesia bahkan menjangkau hingga ke kecamatan-kecamatan. Dengan banyaknya kantor unit tersebut, akan membuat penyetoran deposit oleh para Agen PPOB BRI menjadi lebih mudah.
  • Memiliki dukungan teknis maksimal. Bank BRI memiliki dukungan teknis non-stop untuk mendukung kelancaran transaksi yang akurat dan cepat selama 24 jam penuh setiap harinya bahkan hari sabtu hingga minggu. Sehingga para Agen PPOB menjadi lebih nyaman melakukan transaksi. Selain itu, customer service sangat ramah dan bersahabat, sehingga membuat calon Agen merasa lebih nyaman ketika melakukan konsultasi.
  • Gratis biaya reply SMS, sehingga lebih menghemat biaya transaksi.
  • Tidak ada penetapan target penjualan, sehingga lebih fleksibel dan lebih tenang menjalakan usaha tersebut. Selain itu, tidak adanya target penjualan juga membuat Agen tidak perlu khawatir, karena saldo yang dimiliki tidak akan hangus.
  • Ada berbagai fasilitas support transaksi yang bisa didapatkan, yaitu transaksi via SMS, Mimbuzz, Telegram, aplikasi android dan Hangout.
  • Dilengkapi dengan support web report untuk memberikan laporan transaksi, mutasi saldo, downline, dan sebagainya.
  • Setiap transaksi pulsa akan mendapat passive income.
  • Memiliki aplikasi user friendly. Aplikasi yang digunakan untuk mengoperasikan sistem transaksi pembayaran tagihan sangat mudah dioperasikan dan mudah dipelajari bahkan untuk orang yang tidak begitu mahir dalam pengoperasian komputer.
  • Memiliki beragam pilihan biller atau layanan pembayaran. Banyak layanan pembayaran yang bisa dilakukan melalui PPOB BRI, antara lain Token listrik, Telkom, multifinance, listrik pascabayar, listrik prabayar, PDAM, Tiket kereta api, dan masih banyak layanan lainnya yang akan ditambah.
  • Dapat menggunakan berbagai jenis printer dalam pencetakan bukti pembayaran tagihan termasuk bisa menggunakan berbagai jenis deskjet/ inkjet/ laserjet maupun dot matrix. Selain itu, pilihan kertas juga sangat banyak dijual dipasaran, yaitu kertas A4/2 atau A4/3. Dengan begitu struk transaksi pembayaran tagihan pelanggan bisa dicetak dengan mudah.
  • Aplikasi PPOB BRI dapat diinstal di berbagai jenis komputer atau laptop dengan hanya satu saldo untuk semua transaksi.
  • Selain harus menggunakan rekening bank BRI, untuk pengisian saldo juga bisa dilakukan melalui transfer dari bank BCA, BNI, atau MANDIRI melalui teller. Selain itu, Anda juga bisa melakukan pengisian saldo deposit melalui ATM, mobile banking, SMS banking atau internet banking.
  • Bebas biaya pendaftaran. Dalam proses pendaftaran menjadi Agen tidak dipungut biaya sama sekali. Gratis biaya pendaftaran tersebut juga berlaku untuk semua paket pilihan, sehingga langkah untuk memulai usaha pembayaran tagihan online ini menjadi lebih mudah.

Itulah berbagai kelebihan berbisnis PPOB BRI yang bisa menjadi pertimbangan Anda untuk memulai bisnis layanan pembayaran tagihan online atau PPOB dari bank BRI tersebut. Layanan jasa pembayaran atau transaksi yang sangat lengkap dengan jaminan pembayaran fee yang sangat menguntungkan dan transparan, serta kompetitif membuat bisnis sederhana ini bisa berpeluang menghasilkan lebih banyak pendapatan. Fee atau pendapatan yang akan diperoleh sesuai dengan banyaknya jumlah PPOB yang telah dilayani setiap harinya dalam kurun waktu selama satu bulan. Bisnis ini bukan merupakan jenis bisnis MLM atau Multi Level Marketing, tetapi murni bisnis jasa layanan pembayaran atau transaksi saja, sehingga bisnis ini lebih menjanjikan dibandingkan dengan bisnis berupa MLM. Tingkat keamanan dan kemudahan dalam proses transaksi online juga menjadi hal penting dari bisnis tersebut.

Bagi Anda yang lebih menyukai sistem perbankan secara syariah, bank BRI juga memiliki layanan PPOB BRI Syariah. Sistem yang dianggap lebih sesuai syariat bagi umat islam membuat PPOB ini banyak diminati dan sudah tersebar di hampir setiap kota besar di Indonesia. sehingga kios atau loket PPOB tersebut mudah ditemukan masyarakat dan dapat mendukung pelayanan transaksi pembayaran di mana pun dan kapan pun tanpa adanya hambatan keterbatasan waktu dan tempat. PPOB bank BRI Syariah juga memiliki tingkat kepercayaan dan keamanan yang lebih tinggi dengan proses monitoring yang selalu terjaga keamanan dan kelancarannya.

Peluang bisnis payment point online bank BRI Syariah cukup besar dengan fee atau pendapatan yang lebih tinggi. Layanan jasa transaksi pembayaran yang disediakan juga banyak, misalnya pembayaran tagihan PLN prabayar dan pasca bayar, token PLN, tagihan telepon, PDAM, BPJS, angsuran kredit atau leasing, serta pembayaran atau pembelian lainnya. Di mana pun Anda berada, Anda dapat bergabung menjadi Agen PPOB BRIS ini. Meskipun layanan jaringan BRI Syariah tidak sebesar BRI konvensional, namun jangkauan layanan PPOB BRI Syariah ini sangat luas hingga ke seluruh nusantara. Bagi Agen yang sedang mengalami kesulitan atau gangguan teknis pun dapat dikonsultasikan secara virtual. Sehingga layanan dukungan bantuan dari Bank BRI Syariah lebih mudah dan cepat.

Di samping itu, keuntungan lainnya yang bisa didapatkan jika menjadi Agen PPOB BRI Syariah yaitu lebih praktis dilakukan. Karena aplikasi pelayanan transaksi pembayaran tagihan online atau PPOB tidak hanya dapat diinstal di laptop atau komputer saja, tetapi juga bisa diinstal di smartphone melalui google play store untuk smartphone android. Sehingga lebih praktis digunakan dan dioperasikan. Selain merupakan lembaga perbankan terbesar di Indonesia, bank BRI Syariah juga memiliki jangkauan jaringan yang sangat luas. Perluasan jaringan tersebut didukung dengan kecepatan respon server dalam menerima transaksi. Kemudian Anda juga tidak perlu khawatir dengan keamanan sistem, karena bank BRI Syariah memberi jaminan keamanan dalam melakukan transaksi.

Untuk memulai bisnis Agen PPOB Bank BRI Syariah, syarat yang harus dipenuhi hampir sama dengan syarat menjadi Agen PPOB BRI konvensional, begitu pula dengan cara pendaftarannya. Syarat-syarat dan cara pendaftaran untuk menjadi Agen Payment Point Online Bank BRI Syariah tersebut antara lain:

  • Bisa dalam bentuk usaha perorangan mikro, koperasi, badan usaha atau toko, konter HP dan sebagainya.
  • Memiliki peralatan yang dibutuhkan seperti komputer/ laptop dan printer serta koneksi internet yang lancar.
  • Menyediakan saldo deposit untuk keperluan transaksi pelanggan.
  • Mengisi form daftar PPOB BRI Syariah yang bisa dilakukan secara online.
  • Membayar biaya pendaftaran sesuai dengan paket yang telah dipilih. Pembayaran dapat dilakukan dengan cara transfer.
  • Melakukan konfirmasi pembayaran melalui SMS, email atau instant message lainnya sesuai dengan kontak yang diberikan pengelola atau distributor.
  • Setelah melakukan konfirmasi pembayaran, selanjutnya Anda akan mendapat Kode PP, ID Setor, User, dan Password selama maksimal 1×24 jam setelah konfirmasi. Kode, ID, User dan Password digunakan untuk login ke aplikasi atau website layanan pembayaran tagihan online.
  • Sebelum login, download kemudian instal ‘on service’ terlebih dahulu melalui link yang ada di halaman login.
  • Setelah itu, login dengan memasukkan User dan password. Kolom Kode OTP tidak perlu diisi. Setelah itu, aplikasi sudah siap digunakan.

Dalam hal pembagian fee atau komisi dari setiap layanan transaksi berupa transfer atau transaksi pembayaran tagihan yang telah dilakukan, ada beberapa ketentuan PPOB BRI Syariah yang bisa Anda pelajari sebagai berikut ini:

  • Besarnya pembagian komisi sesuai dengan ketentuan fee atau komisi yang telah disepakati sebelumnya sebagaimana telah dicantumkan daftar besaran komisi untuk setiap jenis transaksi yang telah diperlihatkan oleh distributor melalui websitenya.
  • Komisi atau fee tidak berlaku untuk transaksi pulsa all operator dan voucher game online. Karena distributor langsung menjual produk tersebut kepada para Agen dengan harga yang lebih terjangkau. Kemudian pulsa tersebut bisa dijual langsung kepada pelanggan dengan harga yang lebih tinggi. Selisih harga dari distributor ke pelanggan tersebutlah yang menjadi keuntungan untuk Agen.
  • Sistem yang digunakan untuk kegiatan transaksi selain pulsa dan voucher game online menggunakan sistem komisi atau fee. Sehingga konsumen hanya perlu membayar tagihan sesuai dengan harga yang tertera pada struk tagihan atau transaksi.
  • Komisi atau fee yang terkumpul setiap harinya selanjutnya akan diakumulasi secara otomatis hingga jangka waktu sebulan. Selanjutnya setiap bulannya Agen akan menerima komisi yang telah terakumulasi setelah ditransfer ke rekening Agen.
  • Apabila Agen belum menerima fee atau komisi dan melewati batas tanggal pengiriman fee, sebaiknya Agen segera mengonfirmasi kepada pihak pengelola atau distributor untuk diadakan pengecekan lebih lanjut.

Memahami ketentuan yang telah dijelaskan di atas akan membuat Agen tidak merasa bingung ketika melakukan kegiatan jasa transaksi pembayaran tagihan. Dengan begitu, kegiatan usaha PPOB BRI Anda bisa dijalankan dengan lebih tenang. Namun, Anda juga harus memperhatikan masalah pemilihan distributor atau pengelola PPOB dengan cara memilih PPOB resmi Bank BRI. Jika Anda sembarangan memilih distributor, bisa jadi pelayanan transaksi yang Anda lakukan justru tidak terdaftar dari pihak Bank BRI.  Sehingga layanan jasa transaksi Anda akan sia-sia dan pelanggan akan rugi karena pembayaran tagihannya belum tercatat dan belum memiliki bukti yang valid.

Peluang usaha PPOB untuk Bank BRI Syariah dengan aplikasi yang dikenal dengan nama spot bris memiliki jaminan keamanan sistem dengan sinkronisasi data yang sangat akurat. Keuntungan menjalankan usaha ini juga lebih tinggi dibandingkan dengan layanan PPOB dari bank lain. Oleh sebab itu, hal ini jelas menjadi peluang bagi Anda baik upline maupun downline untuk segera memulai usaha menjadi Agen PPOB BRIS. Untuk itu, KUDO memberikan solusi penyediaan distributor PPOB BRI Syariah gratis yang paling menguntungkan dan terpercaya. Selain itu, skema yang disediakan melalui KUDO juga sangat mudah dan aman. Apalagi Bank BRI termasuk bank BRI Syariah terus mengembangkan dan menambah jenis layanan transaksi pembayaran tagihan atau transaksi lainnya. Dengan begitu, segala kebutuhan transaksi pelanggan dapat dipenuhi dengan maksimal dengan hanya menggunakan satu aplikasi. Sehingga untuk ke depannya, masyarakat akan lebih tertarik untuk melakukan pembayaran tagihan listrik, PDAM, dan sebagainya dengan menggunakan jasa PPOB dari BRI Syariah.