29Sep

Daftar Aplikasi Loket Pembayaran PPOB Fastpay Online

Daftar aplikasi loket pembayaran ppob fastpay online. Saat ini lalu lintas transaksi masyarakat yang dilakukan secara online semakin padat di tengah semakin mudahnya proses transaksi yang didukung oleh perkembangan teknologi digital dan internet. Perkembangan teknologi digital dan internet tersebut membuat proses transaksi masyarakat yang tadinya sangat rumit dan membutuhkan waktu penyelesaian yang lama kini menjadi lebih mudah dan cepat. Hal ini bisa dilihat dari semakin cepat dan mudahnya sistem pembayaran pajak, pembayaran rekening telepon, membeli tiket kereta atau pesawat, berbelanja online, pembayaran asuransi, dan masih banyak transaksi lainnya. Kemudahan transaksi tersebut paling utama merupakan akibat dari diterapkannya sistem transaksi yang sudah menerapkan sistem online, sehingga lalu lintas transaksi keuangan bisa lebih cepat dan bisa dilakukan di mana pun dan kapan pun. Kemudahan transaksi dan pembayaran tagihan tersebut saat ini bisa dirasakan masyarakat melalui program PPOB Fastpay.

Payment Point Online Bank atau yang disebut sebagai PPOB merupakan sebuah loket pembayaran yang menggunakan sistem online dalam proses transaksinya sehingga kebutuhan pembayaran bisa dilakukan dengan proses yang lebih cepat atau yang dinamakan dengan fastpay. PPOB Fastpay biasanya menggunakan sistem satu deposit yang bisa digunakan untuk berbagai layanan produk pembayaran online. Sehingga dengan adanya saldo dari deposit yang dimiliki oleh pihak loket pembayaran, maka loket tersebut bisa melayani pembayaran tagihan dari masyarakat seperti tagihan PLN, telepon dan modem internet (speedy), berbagai merek tv kabel, PDAM, hingga kredit dan pembayaran tagihan lainnya. Selain pembayaran tagihan, loket PPOB juga bisa melayani pembayaran tiket kereta api, tiket pesawat, penjualan pulsa elektronik all operator, voucher game, hingga penjualan pulsa PLN. Dengan banyaknya pelayanan transaksi yang disediakan tersebut, masyarakat akan menjadi lebih mudah melakukan berbagai jenis transaksi dan pembayaran.

Berbagai kemudahan transaksi yang didapat masyarakat membuat Fastpay juga banyak dicari masyarakat. Karena loket PPOB lebih menjangkau masyarakat langsung dan lokasinya tidak begitu jauh dari pemukiman penduduk. Inilah yang menjadi alasan utama bahwa berbisnis loket Fastpay memiliki peluang usaha yang sangat menguntungkan. Bahkan modal usaha yang diperlukan untuk membuka loket Fastpay juga tidak terlalu besar dan sangat mudah dilakukan. Di samping itu, banyaknya layanan transaksi yang bisa dilakukan membuat usaha loket fastpay Anda akan semakin banyak mendapat keuntungan, karena dengan hanya satu loket, bisa dikatakan bahwa usaha Anda sangat banyak, mulai dari pelayanan transaksi pembayaran hingga pelayanan transaksi pembayaran tagihan. Sehingga bisa disebut sebagai usaha all in one.

Daftar Aplikasi Loket Pembayaran PPOB Fastpay Online

Ada beberapa jenis layanan yang bisa Anda lakukan sekaligus dengan cara membuka loket Fastpay, antara lain:

  • Transaksi pembayaran paket wisata terutama pembayaran biaya akomodasi yang meliputi biaya penginapan, tour guide, hingga tiket memasuki berbagai destinasi wisata yang tercantum dalam paket wisata. Biasanya penjualan paket wisata saat ini bisa dilakukan secara online, termasuk melalui loket fastpay. Selain itu, PPOB juga menyediakan layanan tour and travel seperti umroh.
  • Penjualan barang. Selain melayani transaksi pembayaran tagihan atau pembayaran lainnya oleh masyarakat, Agen PPOB Fastpay juga bisa melakukan penjualan barang, sehingga bisa menambah keuntungan.
  • Melayani penjualan tiket pesawat dan kereta api. Pelayanan penjualan tiket pesawat dan tiket kereta api juga bisa dilakukan di loket Fastpay, sehingga masyarakat tidak perlu repot lagi membeli tiket pesawat ke bandara atau ke kantor agen penjualan tiket pesawat dan juga tidak perlu ke stasiun untuk membeli tiket kereta. Tiket pesawat yang bisa dibeli melalui loket PPOB yaitu Sriwijaya Air, Garuda Indonesia, Air Asia, Citilink, Lion Air, Aviastar, dan lain-lain. Sedangkan tiket kereta api yang bisa dibeli melalui loket PPOB yaitu tiket kereta api mulai dari kelas ekonomi, bisnis, hingga eksekutif.
  • Penjualan tiket travel dan bus. Luasnya jaringan transaksi PPOB Fastpay membuat layanan penjualan tiket travel dan bus juga bisa dilakukan disana. Selain itu, loket fastpay juga bisa melayani penjualan tiket pelni.
  • Melayani pembayaran tagihan yang meliputi tagihan PLN prabayar maupun pasca bayar, PDAM, tv berlangganan berbagai merek seperti Top Tv, Indovision, Big Tv, Orange Tv, Topas Tv, dan masih banyak lainnya. Selain itu, loket PPOB juga melayani pembayaran tagihan telepon dan modem (Telkom, Speedy, Telkom PSTN, dll), multifinance (Mega Autofinance, WOM Finance, Busan Autofinance, Mega Central Finance, FIF Finance, dll), leasing motor dan mobil, kartu kredit, ekspedisi atau pengiriman barang dan dokumen, perbankan seperti setor tabungan, tarik tunai, buka rekening, dan masih banyak lainnya.
  • Melayani penjualan voucher game, pulsa listrik, hingga pulsa elektrik reguler dan paket internet dari berbagai operator seperti Indosat IM3, Mentari, Telkomsel, Three, XL, Axis, Smartfren, Simpati, dan sebagainya.
  • Pembayaran iuran asuransi yang meliputi BPJS maupun asuransi lainnya.

Beragam pelayanan transaksi yang bisa dilakukan melalui Fastpay PPOB tersebut masih akan bertambah lagi layanan transaksi lainnya. Setiap transaksi yang berhasil menjalankan loket PPOB,  maka Agen akan mendapat fee atau pendapatan yang sangat kompetitif, sehingga semakin banyak transaksi yang dilakukan akan menjadikan semakin banyak keuntungan yang didapatkan, apalagi jika loket PPOB Anda sudah memiliki pelanggan tetap.

Sebelum memberikan layanan transaksi kepada pelanggan, sebaiknya Agen memastikan jumlah saldo deposit yang dimiliki. Karena saldo tersebutlah yang menjadi perantara pembayaran tagihan atau transaksi lainnya sesuai dengan tujuan transaksi tersebut yang diinginkan oleh pelanggan. Selalu memastikan kesediaan saldo akan membuat pelayanan transaksi loket PPOB Anda menjadi selalu siap melayani berbagai macam kebutuhan transaksi pelanggan. Apabila pelanggan ingin melakukan pembayaran tagihan atau transaksi lainnya sementara saldo deposit Anda tidak mencukupi, maka transaksi akan gagal dan pelanggan menjadi tidak puas dengan pelayanan loket PPOB Fastpay Anda. Ketidakpuasan pelanggan lama-kelamaan akan mengakibatkan pelanggan loket Anda lebih memilih loket PPOB lain. Dan itu artinya, Anda bisa kehilangan semakin banyak pelanggan.

Untuk tetap menjaga loyalitas pelanggan agar selalu melakukan transaksi di loket Anda, maka selalu memantau saldo deposit sangat diperlukan. Saldo deposit merupakan sejumlah uang yang telah disetor oleh Agen agar nantinya dapat digunakan langsung untuk melayani berbagai transaksi pembayaran pelanggannya. Pengisian saldo deposit sangat mudah, karena bisa dilakukan melalui bank maupun langsung kepada pihak pengelola PPOB. Biasanya minimal saldo deposit yang bisa diisi seharga 100 ribu Rupiah. Setelah melakukan pembelian dan pembayaran saldo deposit, maka Agen diwajibkan melakukan konfirmasi pengisian deposit melalui e-mail maupun SMS kepada pihak pengelola atau distributor PPOB Fastpay. Konfirmasi tersebut diperlukan untuk memastikan bisa atau tidaknya pengisian saldo deposit. Setelah melakukan konfirmasi pengisian, barulah Anda akan memiliki saldo deposit dan bisa melayani transaksi transfer antar bank hingga pelayanan pembayaran tagihan dengan mudah dan lancar.

Bagi Anda yang mulai tertarik untuk segera memulai PPOB Fastpay, sebelumnya Anda harus menjadi Agen PPOB terlebih dahulu. Untuk melakukan pendaftaran menjadi Agen PPOB, berikut ini cara-cara yang harus dilakukan:

  • Melakukan registrasi. Registrasi pendaftaran PPOB Fastpay dilakukan secara online dan bisa melalui website distributor atau website pengelola langsung. Pada website tersebut akan terdapat halaman formulir pendaftaran yang harus diisi dengan data yang sebenar-benarnya. Setelah mengisi form registrasi tersebut, pendaftar akan mendapatkan ID atau username serta PIN loket pembayaran langsung ke nomor ponsel Anda yang dicantumkan pada formulir pendaftaran. Setelah paket kiriman datang, Anda bisa merubah PIN standar dari proses pendaftaran sebelumnya dengan PIN yang diinginkan. Sementara itu, apabila proses penggantian PIN loket pembayaran belum mendapat konfirmasi, maka Anda bisa mengirim perubahan PIN melalui SMS atau e-mail dengan format tertentu sesuai kebijakan masing-masing pengelola.
  • Melakukan pembayaran biaya registrasi PPOB Fastpay. Setelah melakukan registrasi dan mendapatkan username serta password atau PIN, selanjutnya Anda dapat melakukan pembayaran biaya registrasi. Biasanya besarnya biaya registrasi tergantung pilihan paket loket pembayaran. Misalnya dengan pembayaran biaya registrasi sebesar 300 ribu Rupiah, Anda akan mendapatkan fasilitas yang meliputi spanduk loket pembayaran milik Anda, security dongle yang berguna untuk pengamanan loket, CD yang berisi program aplikasi loket yang bisa diinstal di laptop atau PC, buku panduan pelayanan loket pembayaran, brosur yang berisi berbagai produk layanan loket Anda, hingga biaya kirim paket tersebut ke alamat Anda. Anda dapat melakukan pembayaran registrasi melalui bank yang telah ditentukan oleh pengelola atau distributor.
  • Melakukan instal aplikasi dan software. Setelah melunasi biaya registrasi, maka Anda baru boleh melakukan instal aplikasi atau software loket pembayaran langsung ke laptop atau PC yang akan digunakan sebagai alat yang digunakan untuk kegiatan pelayanan transaksi pembayaran. Selain itu, agar lebih mudah dioperasikan, Anda juga boleh menginstal aplikasi atau software PPOB Fastpay langsung di smartphone Anda. Bagi Anda yang masih awam soal urusan teknologi, Anda tidak perlu khawatir. Karena Anda bisa meminta bantuan dari pihak pengelola atau distributor untuk mendapat panduan dan bantuan dalam penginstalan aplikasi atau software.
  • Setelah melakukan penginstalan, selanjutnya Anda harus melakukan pengisian saldo deposit dengan saldo deposit minimum yaitu 100 ribu Rupiah. Jika Anda ingin melayani lebih banyak transaksi, maka isilah saldo deposit dengan jumlah yang lebih banyak pula. Pengisian saldo deposit tersebut bisa dilakukan melalui bank, ATM, hingga distributor atau pengelola langsung. Setelah saldo deposit terisi, barulah Anda bisa mulai melayani berbagai jenis transaksi atau pembayaran tagihan yang dibutuhkan oleh pelanggan.

Dalam memulai usaha loket pembayaran PPOB Fastpay, langkah pendaftaran tidak hanya bisa dilakukan secara online, tetapi juga bisa dilakukan dengan 3 cara lainnya, yaitu:

  • Registrasi melalui SMS. Untuk melakukan registrasi loket PPOB melalui SMS, Anda bisa langsung mengirim SMS ke SMS center sentra bisnis Fastpay atau ke pihak pengelola dengan format Fastpay*Nama*Alamat*Kota. Nomor SMS senter yang dituju sesuai dengan nomor sentra bisnis atau pengelola Fastpay. Setelah mengirim SMS tersebut, selanjutnya maksimal selama kurun waktu 24 jam, Anda akan mendapat konfirmasi dari sentra atau pengelola beserta username dan password, serta PIN loket pembayaran Fastpay langsung ke nomor handphone Anda.
  • Registrasi melalui Koordinator Wilayah Fastpay. Registrasi online juga bisa langsung melalui Korwil yang tersebar di seluruh Indonesia dan dilakukan melalui e-mail. Dalam pendaftaran tersebut, Anda harus mencantumkan nomor handphone atau nomor telepon yang bisa dihubungi, mencantumkan data diri yang berisi nama dan alamat lengkap. Setelah mengirim pendaftaran melalui e-mail, selanjutnya Korwil akan menindaklanjuti pendaftaran Anda dan memberi bantuan dalam pendaftaran tahap selanjutnya serta memberi informasi lengkap mengenai Fastpay. Selain itu, Korwil juga akan memberi training singkat kepada Anda mengenai penggunaan aplikasi sentra bisnis Fastpay.
  • Registrasi melalui Loket Sentra Bisnis Fastpay terdekat. Proses pendaftaran atau registrasi untuk membuka loket pembayaran Fastpay juga bisa dilakukan di loket PPOB terdekat. Cara mendaftar menjadi Agen PPOB melalui loket sangat mudah, Anda tinggal datang ke loket tersebut, kemudian pihak loket akan mendaftarkan Anda melalui aplikasi atau program Fastpay yang telah terinstal di laptop atau PC loket tersebut. Selain mendaftar untuk membuka loket pembayaran, di loket tersebut Anda bisa melihat bagaimana pelayanan transaksi pelanggan, kemudian Anda juga bisa menggali informasi mengenai usaha tersebut. Sehingga sebelum memulai usaha loket PPOB Fastpay, Anda bisa lebih mendapat gambaran mengenai usaha tersebut.

Begitu semua proses pendaftaran atau registrasi telah selesai dilakukan, maka loket pembayaran PPOB Anda siap diisi saldo deposit untuk selanjutnya digunakan sebagai perantara dalam pemenuhan kebutuhan transaksi pelanggan. Sebelum melakukan registrasi untuk menjadi Agen PPOB Fastpay, ada beberapa persyaratan yang harus dilengkapi terlebih dahulu. Persyaratan tersebut antara lain:

  • Calon Agen PPOB harus dalam bentuk perorangan, atau kelompok mikro/ koperasi/ badan usaha tertentu.
  • Melengkapi peralatan dan perlengkapan yang dibutuhkan untuk mengoperasikan transaksi, seperti laptop atau PC, printer, dan kertas untuk cetak receipt transaksi pelanggan.
  • Menyediakan jaringan internet dengan kecepatan yang memadahi. Untuk itu, Anda bisa menggunakan modem speedy, modem CDMA atau GPRS, dan sebagainya.
  • Memiliki rekening bank tertentu yang menjadi pengelola atau distributor PPOB Fastpay Anda. Atau Anda juga boleh memiliki rekening bank lain, karena rekening bank biasanya digunakan untuk pengisian saldo deposit dan menerima transfer fee dari pengelola setiap bulannya.
  • Mengisi form pendaftaran dengan data yang sebenar-benarnya secara online pada halaman form yang telah disediakan pada website pengelola PPOB.
  • Mengisi saldo deposit loket pembayaran secukupnya, agar bisa digunakan sebagai perantara untuk transaksi pembayaran pelanggan kepada pihak-pihak yang dituju. Saldo deposit loket pembayaran Anda tidak akan mengendap, karena Anda tetap bisa melayani transaksi nasabah bahkan hingga saldo deposit mendekati nol. Asalkan nilai transaksi pembayaran yang diperlukan masih bisa terpenuhi oleh nilai saldo deposit Anda.

Itulah persyaratan membuka loket pembayaran PPOB yang harus dilengkapi oleh calon Agen. Selanjutnya, ada beberapa pilihan paket untuk membuka loket pembayaran PPOB Fastpay yang banyak ditawarkan, mulai dari paket basic hingga paket pro dan enterprise. Untuk paket basic, fasilitas yang ditawarkan yaitu gratis ongkos kirim perlengkapan paket pendaftaran, spanduk, CD aplikasi, brosur loket pembayaran pendaftar, link afiliasi selama 2 bulan, packaging, hingga secure dongle. Sementara itu, paket pro berisi fasilitas yang ada pada paket basic ditambah dengan bisnis card dan jaringan diskon, buku panduan dan teknis, brosur, banner, flipchart presentation, hingga voucher belanja sebesar 100 ribu Rupiah. Sedangkan paket enterprise berisi kelengkapan paket pro, ditambah dengan jaringan asuransi sebesar 25 juta dalam kurun waktu satu tahun, seragam kerja, voucher aktivasi sebesar 300 ribu Rupiah, paket perdana, signboard, tiang dan pemasangan, umbul-umbul, banner, dan buku bisnis.

Keuntungan atau fee yang didapat untuk masing-masing paket PPOB Fastpay yang ditawarkan juga berbeda-beda. Misalnya fee dari paket basic untuk penjualan barang adalah 3 persen, sedangkan fee dari paket pro untuk penjualan barang adalah 7 persen, dan fee dari paket enterprise untuk penjualan barang tersebut mencapai 16 persen. Sementara itu, fee atau keuntungan paling tinggi yang bisa didapat oleh Agen loket pembayaran adalah fee dari transaksi pembelian tiket pesawat. Untuk paket basic saja, fee yang ditawarkan yaitu 30 persen, sedangkan untuk paket pro sebesar 80 persen, dan paket enterprise sebesar 95 persen. besaran fee tersebut tergolong sangat menguntungkan, apalagi jika jumlah transaksi yang berhasil Anda lakukan sangat banyak.

Pada dasarnya, PPOB Fastpay sangat menguntungkan dan selalu memiliki peluang usaha yang tidak ada matinya. Modal yang dibutuhkan untuk memulai usaha tersebut juga sangat terjangkau. Modal awal yang diperlukan untuk memulai bisnis ini biasanya mulai dari 350 ribu Rupiah, 650 ribu Rupiah, 900 ribu Rupiah, hingga modal untuk menyediakan keperluan loket pembayaran yang paling lengkap adalah 4,8 juta Rupiah. Meskipun modal yang diperlukan sangat terjangkau, namun keuntungan atau penghasilan yang bisa didapatkan jika Anda bisa menjalankan lebih banyak layanan transaksi. Bahkan Anda bisa meraih keuntungan atau penghasilan sebesar 20 juta perbulan, apabila pelayanan transaksi semakin banyak dan dilakukan secara maksimal serta sungguh-sungguh. Keuntungan atau penghasilan yang lebih besar lagi bukan menjadi hal yang tidak mungkin didapat, terutama jika Anda menerapkan usaha jemput bola atau mendatangi pelanggan secara langsung.

Berbisnis loket pembayaran PPOB memberikan banyak pendapatan yang tentunya sangat menguntungkan dan cara maintenance bisnis tersebut juga sangat mudah. Pendapatan yang bisa didapat dari bisnis tersebut sangat besar setiap bulannya, padahal modal yang diperlukan tidak lebih dari 6 juta Rupiah. Dengan keuntungan yang besar dan modal yang terjangkau, dalam waktu setidaknya 3 bulan saja Anda sudah terhitung kembali modal dan sudah bisa merasakan pendapatan bersih. Namun bagi Anda yang masih meragukan bisnis ini, berikut ini ada beberapa alasan mengapa Anda harus memulai usaha loket pembayaran PPOB Fastpay ini sekarang juga, yaitu:

  • Sangat menguntungkan. Bisnis loket pembayaran PPOB dikatakan sangat menguntungkan karena ada banyak transaksi yang bisa dilayani. Untuk setiap transaksi, Anda akan mendapat fee atau pendapatan dengan persentase yang sangat menggiurkan. Sehingga melalui bisnis loket pembayaran ini Anda bisa menjalankan 7 bisnis sekaligus.
  • 317 biller di tangan Anda. Sebagai provider terlengkap, ketika menjalankan bisnis loket pembayaran Anda bisa mengelola penjualan 317 macam biller, hingga semua produk travel, dan produk lainnya. Pelayanan biller dan penjualan produk travel tersebut memiliiki nilai fee atau komisi yang paling besar di antara nilai komisi lainnya karena bisa mencapai hingga lebih dari 30 persen.
  • Model bisnis 020. Oleh karena melayani proses transaksi pembayaran tagihan dan transaksi lainnya secara online, bisnis loket PPOB Fastpay juga didukung dengan model bisnis 020 yang menjadi solusi trend e-commerce seperti yang sedang berkembang saat ini.
  • Membutuhkan modal yang kecil. Bukan menjadi rahasia lagi bahwa bisnis ini merupakan bisnis dengan modal kecil. Karena modal yang diperlukan tidak lebih dari 10 juta Rupiah, namun pendapatan yang didapat sangat banyak. Selain itu, meskipun modal yang diperlukan sangat kecil, tetap tidak ada aturan deposit minimum yang harus diendapkan ke dalam rekening deposit. Karena deposit masih bisa digunakan untuk transaksi bahkan ketika nilai deposit mendekati angka nol. Penggunaan deposit tersebut juga realtime atau bebas selama 24 jam. Sehingga waktu pelayanan transaksi pelanggan bisa lebih lama.
  • Aplikasi mudah dijalankan. Bagi Anda yang tidak terlalu mahir dalam mengoperasikan komputer, menjalankan bisnis loket PPOB ini tetap tidak akan terasa sulit, karena aplikasi atau program yang digunakan sangat mudah dioperasikan. Selain itu agar lebih praktis, aplikasi PPOB Fastpay juga tersedia dalam versi mobile.
  • Layanan customer service 24 jam. Ketika Anda mengalami gangguan atau masalah ketika melakukan transaksi, layanan customer service akan membantu Anda untuk mendapatkan solusi terbaik. Kapanpun gangguan transaksi yang Anda alami, customer service siap membantu karena tersedia 24 jam non stop.
  • Menjamin keamanan transaksi. Jaminan keaman transaksi PPOB ini sudah diakui dan bersertifikat. Selain itu sentra bisnis ini juga sudah memiliki ijin atau lisensi e-money langsung dari Bank Indonesia.
  • Supplier merchant dan paket wisata. Layanan yang bisa diberikan melalui loket pembayaran PPOB sangat luas, bahkan hingga dipercaya sebagai supplier merchant dan paket wisata secara resmi. Untuk itu, masyarakat akan semakin mudah memperoleh barang dan memilih paket wisata yang diinginkan.
  • Free training. Agen PPOB Fastpay yang baru akan mendapat free training berupa mentoring agar mendapat lebih banyak pengetahuan bisnis Fastpay yang lebih banyak. Training tersebut juga sangat bermanfaat untuk meningkatkan motivasi bisnis Anda supaya lebih sukses.
  • Pasif income tidak terbatas. Dalam bisnis ini, bagi Agen yang banyak melakukan transaksi, maka income yang akan didapatkan juga akan semakin banyak, namun Anda tidak perlu khawatir akan merasa rugi jika usaha Anda untuk memperluas transaksi tidak akan diperhitungkan, karena sentra bisnis ini menerapkan sistem support dan pasif income dari pengembangan bisnis Agen.
  • Pengiriman fee tepat waktu. Bonus atau fee yang didapat dalam setiap transaksi akan diakumulasikan secara otomatis selama satu bulan oleh pihak sentra bisnis. Setelah itu, fee tersebut akan langsung dikirim ke nomor rekening Agen yang bersangkutan sesuai dengan jadwal pengiriman fee yang telah ditetapkan sebelumnya.
  • Bisnis bisa diwariskan. Pada dasarnya bisnis loket pembayaran PPOB ini tidak ada matinya, karena melayani kebutuhan masyarakat dalam melakukan transaksi sehingga bisnis loket PPOB ini bisa diwariskan.

Itulah beragam alasan yang patut Anda pertimbangkan apabila masih merasa ragu dalam memulai bisnis Fastpay PPOB. Seperti yang telah dijelaskan sebelumnya bahwa bisnis loket PPOB ini sangat menguntungkan. Bahkan banyak Agen yang sebelumnya hanyak menjadikan usaha ini sebagai usaha sampingan nyatanya kini menjadi usaha utama karena ternyata hasilnya sangat menguntungkan dan banyak pelanggannya, sehingga para Agen tersebut lebih memilih fokus untuk Fastpay tersebut. Meraih kesuksesan bisnis loket pembayaran PPOB juga bisa dilakukan melalui Kudo. Caranya sangat mudah dan praktis. Untuk itu, Anda tinggal membuka website Kudo kemudian melakukan registrasi pendaftaran menjadi Agen Kudo. Dengan begitu, Anda sudah bisa menjadi Agen Kudo sekaligus memulai usaha loket PPOB dengan penawaran komisi yang lebih menguntungkan dibandingkan melalui sentra atau pengelola PPOB lainnya.