PPOB BRI Link yang Menjadi Bisnis Menjanjikan
12Oct

Daftar Loket Pembayaran PPOB MMBC & KLIKMBC Online

Memiliki penghasilan tidak hanya sekadar untuk bisa mencukupi semua kebutuhan, melainkan juga dapat mengelolanya dengan baik. Apalagi jika penghasilan yang didapatkan tergolong pas-pasan. Karenanya, tidak jarang karyawan memilih untuk berhemat demi dapat mengumpulkan uang. Nah, sekarang jika Anda dihadapkan pada sebuah pilihan, lebih memilih mana antara senantiasa terus berhemat dengan penghasilan pas-pasan yang ada agar kebutuhan pokok besar bisa tertutupi atau memilih bertahan dengan penghasilan tetap yang ada sekarang, ditambah dengan penghasilan lain di luar penghasilan tetap Anda? Ya, sangatlah manusiawi jika Anda memilih pilihan yang kedua. Sebab, Anda bisa lebih bisa leluasa untuk mengatur kondisi finansial Anda tanpa harus kepepet sana sini.

Besar atau kecil gaji yang Anda dapat saat ini, harus diimbangi alternatif pendapatan. Pendapatan tambahan ini bisa Anda lakukan dengan berbisnis, mana tau bisnis Anda akan menjadi besar. Kesempatan tersebut besar adanya, jika Anda berani keluar dari zona nyaman dengan mencoba berbisnis guna mendapat tambahan penghasilan.

Tiap kali baru memulai berbisnis, tentunya sudah menjadi hal yang sangat wajar jika diawali dengan kegagalan. Untuk itu, agar dapat menyelesaikan segara permasalahan dan tidak menimbulkan trauma dalam membangun usaha, mulailah dari usaha-usaha kecil yang bisa cukup menghasilkan dan bisa dijalankan dimana saja, yaitu dengan berbinis PPOB.

Sejarah dan Dasar Hukum PPOB

Pernahkah Anda melihat spanduk-spanduk yang bertulisakan “loket pembayaran online”? Nah, itulah yang dinamakan PPOB. Masyarakat modern pasti sudah sering mendengar istilah PPOB. PPOB merupakan singkatan dari Payment Point Online Bank atau pembayaran online bank. Dilihat dari namanya, tentu Anda sudah bisa mengetahui, bahwa PPOB adalah sistem pembayaran online yang memanfaatkan fasilitas perbankan. PPOB meliputi pembayaran tagihan PLN, PDAM, TELKOM, cicilan motor, dan sebagainya.

Sistem ini merupakan pengembangan dari SOPP. SOPP adalah singkatan dari Semi Online Payment Point, di mana transaksi atau pembayaran-pembayaran tagihan dapat dilakukan secara semi online dan memiliki jangka waktu, sehingga perbaruan data dan arus keuangan memerlukan waktu. Kemudian, dikembangkan menjadi PPOB yang seluruhnya dberlangsung secara online. Di mana transaksi manual hanya terjadi pada pelanggan dan loket PPOB, sehingga data selalu update dan arus keuangan real time.

PPOB dimulai pada tahun 2007 dan hanya digunakan untuk pembayaran tagihan listrik PLN secara online. Mulanya PPOB hanya untuk distribusi sekitaran Jawa Barat dan Banten. Kemudian, sejak Juli 2011 PPOB dikembangkan lebih luas lagi untuk mengakses data pembayaran tagihan pusat basis data. Hal ini memungkinkan kemudahan untuk pembayaran tagihan internet. Seiring perkembangannya PPOB juga diterapkan di daerah lainnya.

Sejak didirikannya hingga berkembang saat ini, PPOB memang terbukti aman untuk pembayaran. Apalagi, sistem PPOB dilahirkan oleh lembaga resmi yang memiliki aturan dan dasar hukum yang jelas sebagai perusahaan negara. Dasar hukum dan legalitas berdirinya PPOB pun sangat jelas dan ada aturannya. Jalannya sistem PPOB sejalan dengan UU Perlindungan Konsumen, di mana sistem ini justru diterapkan untuk memudahkan konsumen dan mengamanatkan pada banyak pelaku usaha untuk memberikan pelayanan yang memudahkan pada seluruh konsumen Tanah Air. Adapun dasar hukum sistem PPOB, sebagai berikut:

  1. UU Nmor 7 Tahun 1992 Tentang Perbankan
  2. Surat Edaran Direksi PT. PLN (Persero) No.010.E/012/DIR/2002 tanggal 29 Juni 1984 tentang penyelenggaraan Bank dan PT. Pos Indonesia diberikan kewengangan untuk jasa dalam lalu lintas pembayaran
  3. Dasar Hukum Internal PLN tentang peralihan penerimaan pembayaran ke PPOB berdasarkan Keputusan Direksi PLN No.021.k/0599/DIR/1995 tanggal 23 Mei 1995 tentang Pedoman dan petunjuk Tata Usaha Pelanggan dalam hal ini dungsi penagihan.

Pelayanan PPOB memang dibebankan biaya tambahan admin, namun masih dalam batas wajar. Lagipula, biaya ini adalah legal, sebab memang sesuai dengan ketentuan UU perbankan tentang hak Bank mengenakan biaya administrasi.

Memulai Bisnis PPOB

Tidak hanya melibatkan jasa perbankan sebagai lembaga keuangan, PPOB juga melibatkan lembaga switching sebagai lembaga penyelenggara gerbang pembayaran nasional untuk mengatur lalu lintas data. PPOB juga dapat ditemui di loket-loket terdekat yang membuka pelayanan langsung kepada pelanggan.

Sejatinya, PPOB sangat memberikan kemudahan bagi pelanggan yang ingin melakukan pembayaran. Sebab, pelanggan bisa melakukan pembayaran dimana saja tanpa harus mengunjungi kantor pelayanan resmi. Pelanggan juga bisa melakukan pembayaran kapan saja 24 jam nonstop. Hal ini tentu sangat memudahkan, terutama bagi masyarakat yang super sibuk yang menghabiskan waktunya lebih banyak untuk bekerja.

Sistem PPOB juga memberikan kesempatan atau peluang usaha bagi masyarakat umum dengan membuka loket-loket atau outletoutlet pembayaran untuk pelanggan. Hal ini tentu diharapkan mampu menekan angka pengangguran dan meningkatkan usaha ekonomi kecil di daerah-daerah. tentu bisa dijadikan sebagai usaha sampingan atau bahkan bisnis pokok jika Anda serius mengelolanya. Hal ini karena bisnis PPOB sangat cocok dijalankan oleh ibu rumah tangga, pemilik warnet, pemilik warung, dan sebagainya.

Menjalankan bisnis PPOB tidaklah sulit, bahkan Anda tidak perlu repot-repot menyewa kios dengan perlengkapan dan instalasi khusus. Anda bisa menggunakan salah satu ruangan di rumah dan hanya menyiapkan perlengkapan, berupa laptop/komputer, printer, dan koneksi internet. Lebih untung lagi jika Anda bergabung bisnis bersama MMBC PPOB.

Daftar Loket Pembayaran PPOB MMBC & KLIKMBC Online

Sejarah Berdirinya PPOB MMBC

Adalah Bapak Zulkarnaini, pria asal Tigo Nagari, Padang, yang memulai usaha PPOB MMBC. Zulkarnaini besar dan menempuh pendidikan di Padang hingga akhirnya mendapat kesempatan untuk menempuh jenjang Perguruan Tinggi di Institut Pertanian Bogor, Fakultas Kedokteran Hewan (FKH-IPB). Semasa kuliahnya, Zulkarnaini memang aktif berorganisasi di kampus. Selain aktif berorganisasi, jiwa wirausaha Zulkarnaini juga sudah terlihat sejak ia duduk di bangku perkuliahan.

Selepas kuliah, direktur MMBC PPOB ini pernah berkarir di salah satu bank asing terbesar di Jakarta sebagai Associate Corporate Sales Manager (ACSM) hingga pertengahan 2007. Pada tahun yang sama, dengan modal nekad, ia berhenti sebagai pegawai dan beralih profesi menjadi wirausahawan dengan membuka usaha Tour & Travel yang diberi nama MBC Travel (CV Multi Business Center).

Awa membuka usaha, jangankan kantor megah, ruko saja tidak ada. Ia memulai usahanya di gang sempit yang tidak bisa dimasuki mobil. Dengan niat yang teguh, kegigihan, dan semangatnya, usahanya mampu berkembang hingga mencapai kesuksesan. Pada Maret 2008, bisnisnya berubah nama menjadi PT. Medussa Multi Business Center. Kemudian, pada Januari 2010 berubah nama lagi menjadi PT. MMBC Tour & Travel. Berkat dukungan keluarga dan kerabat, serta kegigihannya pula, saat ini MMBC telah memiliki puluhan cabang dan ribuan agen yang tersebar di seluruh Indonesia. Layanan keagenan pun merambah, dari yang tadinya hanya membuka pemesanan tiket kereta, haji dan umroh, paket tour dan travel, pemesanan hotel, kini semakin berkembang dengan sistem PPOB. Pengembangan konsep keagenan ini menjadikannya sebagai pelopos keagenan Tour & Travel sistem reservasi online pertama di Indonesia. Layanan keagenan PPOB MMBC yang disediakan saat ini, yaitu tiket kereta api, tiket pesawat domestik dan interbasional, travel haji dan umrah, paket tour traveling, voucher hotel, dan PPOB (loket pembayaran listrik, Telkom, PDAM, cicilan motor, asuransi, dan sebagainya).

Sistem Bisnis PPOB MMBC

Beberapa dari Anda mungkin sudah familiar dengan sistem PPOB MMBC. Sistem ini merupakan sistem reservasi online dari MMBC, di mana sistem ini merupakan penghubung antara agen dengan pihak penjual jasa. Misalnya, Anda adalah seorang agen PPOB yang mengurusi pembelian tiket pesawat, kereta api, pembayaran tagihan, dan sebagainya. Anggap saja dalam hal ini mengurusi pembelian tiket. Dalam proses penjualan tiket tersebut terdapat tiga pihak yang terlibat, yaitu pihak maskapai penerbangan/kereta, pihak kedua adalah pemberi layanan yang disebut agen travel itu sendiri, dan yang terakhir adalah pembeli/pengguna/pelanggan. Nah, sebagai penghubung antara agen dan maskapai/perusahaan tersebut, pelanggan bisa menggunakan sistem PPOB Klikmbc untuk meminimalisir waktu.

Sistem PPOB online MMBC berguna untuk booking hingga cetak bukti invoice, bahwa tiket sudah berhasil dibeli. Alurnya begini, misalnya ada pelanggan yang ingin liburan dengan membeli tiket pesawat untuk perjalannya. Hal ini untuk memudahkan, karena keterbatasan jarak antara lokasi tempat tinggal pelanggan dengan stasiun atau bandara, maka pelanggan tidak bisa melakukan pembelian langsung. Pelanggan membeli tiket melalui loket PPOB MMBC. Setelahnya, agen menerima permintaan pembelian tiket tersebut dan agen mengurus tiket pesanan pelanggan kepada pihak kereta api atau maskapai. Setelah melakukan kontak dengan pihak perusahaan perjalanan tersebut, pihak perusahaan akan memberikan jumlah set beserta harga tiketnya. Selanjutnya, pelanggan yang akan menentukan sesuai kebutuhannya.

Hal ini tentu sangat efisien dari segi apapun dibandingkan dengan pelanggan yag harus repot-repot datang ke stasiun atau bandara. Sebab, semua keperluan sudah diurus agen langsung dengan perusahaan menggunakan sistem online. Pelanggan hanya perlu Klik MBC PPOB, kemudian mengisi form dan mengisi segala yang dibutuhkan, bukti pembayaran berikut kode-kodenya sudah bisa langsung dicetak dan diberikan pada pelanggan untuk nantinya dibawa pelanggan saat hari keberangkatan. Bukti tersebut nantinya hanya tinggal diperlihatkan kepada petugas, setelah disetujui pelanggan bisa langsung berangkat.

Keuntungan Berbisnis MMBC PPOB

Sungguh banyak keuntungannya jika Anda berbisnis PPOB dan bergabung menjadi agen MMBC. MMBC PPOB juga melibatkan loket-loket PPOB yang melayani pelanggan secara langsung. Karenanya, sistem PPOB ini sejatinya dapat dikatakan bisa menjadi baru bagi masyarakat. Bisnis PPOB yang melibatkan loket-loket pembayaran ini bisa dijadikan bagi para pegawai perusahaan, ibu rumah tangga, hingga pemilik toko kelontong, bahkan bisnis ini bisa juga dijadikan bisnis pokok. Setelah mendaftar dan resmi menjadi agen MMBC, Anda akan mendapatkan spanduk. Sehingga, Anda tidak perlu lagi repot-repot untuk memesan spanduk sebagai media promosi.

Tidak hanya itu, masih ada lagi keuntungan yang didapat jika Anda bergabung PPOB MMBC, yaitu seperti berikut:

  1. Mendapatkan Potongan
    Setiap terjadi transaksi yang dilakukan oleh distributor Pulsa dan PPOB, maka akan mendapatkan potongan sebesar 100 Rupiah dari harga pulsa yang diberikan oleh MMBC per transaksi. Potongan ini tentu tidak berlaku untuk transaksi PPOB
  2. Mendapatkan Cashback
    Setiap distributor atau agen akan mendapatkan bonus/cashback sebesar 100 Rupiah per transaksi, jika setiap satu level downline di bawahnya melakukan transaksi pulsa dan PPOB pada bulan sebelumnya. Bonus/cashback ini akan otomatis masuk menjadi deposit setiap tanggal 20 pada bulan berikutnya.

Selain itu, Anda bisa memasukkan orang untuk bergabung dalam bisnis ini dengan menjadikannya sebagai downline Anda. Untuk mendaftarkan downline Anda khusus jual pulsa dan PPOB adalah dengan login ke KLIKMBC PPOB http://transaksi.klik.mbc.co.id, kemudian pilih menu User List > Add User > isi data lengkap. Kemudian pada bagian group pilih group: mitra.

Keuntungan MMBC PPOB untuk Pelanggan

Bisnis ini memang sudah terpercaya dan aman. Selain untuk untuk Anda sebagai agen, tentunya PPOB Klik MBC juga sangat menguntungkan pelanggan. Jadi, tidak hanya untuk pada satu pihak saja. Berikut adalah beberapa keuntungan yang akan didapatkan pelanggan PPOB MMBC:

  1. Loket pembayaran tersedia di banyak tempat yang tentunya lebih dekat dengan masyarakat sebagai pelanggan
  2. Hemat waktu karena pelanggan bisa memilih loket pembayaran terdekat dan bisa dilakukan tanpa harus mengantre lama
  3. Pelanggan bisa memeriksa terlebih dahulu berapa tagihan yang ahrus dibayarkan sebelum jatuh tempo
  4. Setiap pelanggan juga berpeluang untuk membuak bisnis PPOB MMBC dimanapun

Kelebihan yang ditawarkan PPOB MMBC memang memberikan keuntungan sekaligus kemudahan bagi masyarakat. Hal ini juga sebagai bukti bahwa semakin kesini sistem pembayaran di Indonesia semakin maju dengan pelayanan yang baik dan memudahkan konsumennya.

Cara Daftar Bisnis PPOB MMBC

Jika Anda tertarik untuk berbisnis PPOB dengan bergabung menjadi agen resmi MMBC, berikut adalah beberapa informasi dan cara mendaftar bisnis PPOB MMBC:

  1. Siapkan modal bisnis awal
    Meski dalam jumlah kecil, setiap bisnis pasti membutuhkan modal awal. Untuk PPOB memang dibutuhkan biaya yang lumayan besar. Modal yang dibutuhkan bisnis ini rata-rata berkisar 3 sampai 10 juta Rupiah jika menjadi agen. Namun, melalui MMBC, Anda hanya memerlukan modal sekitar 3 sampai dengan 4 juta Rupiah untuk menjadi agen. Karena besarnya biaya registrasi bisnis ini, maka tentu Anda harus berhati-hati terhadap penipuan.
  2. Siapkan peralatan yang dibutuhkan
    Tidak hanya modal, Anda pun harus menyiapkan peralatan untuk berbinsis PPOB ini. Tidka banyak yang harus Anda miliki, perlengkapannya pun juga standar saja. Anda hanya perlu memiliki akses internet, kemudian komputer/laptop dan printer. Peralatan ini guna mencetak bukti pelunasan tagihan.
  3. Memilih mitra usaha yang terjamin
    Tahapan akhir adalah mencari agen resmi untuk menyediakan layanan pembayaran online. Jangan khawatir, menjadi agen PPOB MMBC sama sekali tidak menyulitkan Anda. Peralatannya pun standar saja, Anda hanya perlu memiliki akses internet, kemudian komputer/laptop/tablet/Smartphone), minimal bisa untuk akses facebook dan membuka email. PPOB online MMBC amat terpercaya di Indonesia dengan kehandalan dan ketangguhan sistem otomatis auto-system, yaitu auto-booking, auto-TOPUP, dan auto-issued. Cara mendaftarnya mudah, klik MMBC PPOB pada laman http://klikmbc.co.id/register atau bisa juga mendaftar melalui SMS dengan format register//nama//nama travel//alamat email, kemudian segera kirim ke 0821 8888 1550.

Setiap tahapan pendaftaran tentunya harus dilakukan dengan teliti dan hati-hati, agar tidak terjadi kesalahan yang malah merugikan Anda.

Tips Bisnis MMBC PPOB Agar Sukses

Bagi Anda yang telah bergabung menjadi agen PPOB MMBC dan masuk kategori pemula untuk bisnis PPOB ini, ada beberapa tips yang bisa Anda ikuti agar bisnis PPOB yang Anda jalankan meraih kesuksesan. Berikut tipsnya untuk Anda:

  1. Giat lakukan promosi
    Jika Anda telah mendaftar menjadi agen MMBC PPOB, Anda selanjutnya memang akan diberikan spanduk gratis sebagai sarana promosi. Namun, spanduk saja tidak cukup untuk membuat bisnis Anda maju, ANda perlu melakukan promosi secara verbal kepada orang disekitar ANda atau tetangga Anda, apa saja pelayanan yang Anda miliki.
  2. Jadilah agen resmi
    Jangan lupa untuk selalu memeritahukan kepada pelanggan Anda kalau Anda adalah agen resmi dengan menunjukkan rasa tanggung jawab dan memberikan informasi sejelas-jelasnya, ketika ada pertanyaan dari pelanggan.
  3. Berikan pelayanan yang profesional
    Agar loket Anda mudah dikenal, berikanlah pelayanan secara profesional. ANggaplah konsumen Anda sebagai raja. Berikan layanan terbaik dan gunakanlah server berkualitas agar tidak terjadi atau paling tidak untuk meminimalisir adanya gangguan koneksi, dan sebagainya.
  4. Berikan bukti transfer
    Profesionalisme tidak hanya Anda tunjukkan dari cara Anda melayani pelanggan/konsumen Anda. Dalam berbisnis PPOB ini, Anda diwajibkan memberikan bukti dari pembayaran yang dilakukan. Jangan lupa untuk selalu ramah dan mengucapkan terima kasih setiap kali pelanggan selesai bertransaksi.Dengan menjalankan beberapa tips ini, loket PPOB online MMBC Anda pasti mudah dikenali. Tentunya, Anda pasti bisa siap untuk menghadapi persaingan dalam bisnis PPOB ini.

Pilihan Bisnis PPOB MMBC Terpercaya

Ada beberapa mitra yang dapat Anda jadikan sebagai mitra PPOB. Salah satu yang terbaik adalah bersama KUDO. Bagi Anda yang mengetahui sepak terjangnya, KUDO memang lebih dikenal sebagai situs jual beli online, namun tidak hanya itu KUDO juga bisa menjadi pilihan untuk kerjasama binsis PPOB, lho!

KUDO yang merupakan kepanjangan dari Kios Untuk Dagang Online adalah platform untuk melakukan bisnis online dan memberikan peluang usaha kepada masyarakat Indonesia dengan menjadi agen KUDO, yang bertugas sebagai perantara atas produk-produk yang dipesan oleh pelanggan melalui aplikasi KUDO. KUDO menggabungkan konsep bisnis konvensional dengan konsep bisnis online, sehingga memungkinkan siapa saja bertransaksi sepanjang 24 jam. KUDO memiliki pangsa pasar yang luas, sebab produk yang dijual di KUDO adalah barang-barang yang berasal dari para penjual dari berbagai macam e-commerce. Jadi kasarnya, seluruh e-commerce berkumpul di Kios Dagang Online. Hampir semua produk e-commerce ada di KUDO. Mulai dari fashion, elektronik, gadget, kosmetik, alat rumah tangga, hingga pembayaran tagihan-tagihan rumah tangga dan cicilan bisa dipesan dan dibayarkan hanya melalui satu aplikasi.

Nah, dengan sistem ini, KUDO membuka kesempatan bagi siapa saja yang ingin memulai karir atau bekerja sampingan dengan berbisnis bersama KUDO menjadi agen KUDO. Bagaimana cara bergabung dengan KUDO? Caranya cukup mudah, yaitu:

  1. Mendaftar dengan cara register melalui laman KUDO
  2. Setelah mendaftar, agen diharuskan mengisi saldo KUDO atau deposit
  3. Setelah deposit terisi, Anda bisa memulai untuk mempresentasikan barang-barang yang terdapat di dalam aplikasi KUDO kepada calon pembeli.
  4. Saat terjadi transaksi, pembeli atau pelanggan dapat membayar secara cash  kepada agen dan secara otomatis, deposit Anda akan terpotong sesuai dengan harga normal
  5. Barang yang akan dikirim tersebut, biasanya akan diterima oleh pelanggan sekitar 1 – 2 hari.

Tidak jauh berbeda dengan PPOB KLIKMBC, KUDO juga melayani PPOB. Tentu saja, konsep bisnis semacam ini sangat cocok dijalankan oleh siapa saja yang ingin memulai usaha dan ingin memulainya dengan membuka usaha sampingan, seperti ibu rumah tangga, pelajar, hingga pemilik toko.

Pembayaran Tagihan Sistem PPOB Melalui KUDO

KUDO memang membuka layanan layaknya PPOB, bahkan KUDO bisa disebut sebagai layanan PPOB. Hal ini karena selain sebagai kios jual beli, KUDO juga menyediakan jasa pembayaran tagihan, berupa:

  1. Pembayaran tagihan listrik pasca bayar PLN
  2. Pembayaran tagihan PDAM
  3. Pembayaran tagihan PGN atau gas negara
  4. Pembayaran TV kabel, seperti Indovision, Okevision, Telekomvision, dan Aora TV
  5. Pembayaran tagihan pulsa pasca bayar
  6. Pembayaran asuransi
  7. Pembayaran tagihan asuransi, seperti MAF Finance, MCF Finance, WOM Finance, dan Adira Finance

Keuntungan Bergabung Menjadi Agen dan Berbisnis PPOB Bersama KUDO

Menjadi agen KUDO memiliki banyak keuntungan untuk berbisnis. Pertama, kentungan menjual pulsa dari transaksi yang dilakukan bisa besar. Kedua, terdapat komisi dan bonus lainnya, seperti diskon spesial dan diskon referal. Belum lagi jika agen berhasil mencapai target penjualan tertentu dan tentunya masih banyak lagi bonus-bonus yang ditawarkan. Ketiga, KUDO bekerja sama dengan banyak perusahaan e-commerce atau marketplace lainnya, karenanya pilihan berbelanja di KUDO sangat lengkap dna unggul tentunya. Tidak hanya itu, e-commerce atau marketplace yang bekerja sama dengan KUDO tidak sembarangan dan dipilih secara asal. KUDO melakukan seleksi mendalam terhadap perusahaan yang bekerja sama dengannya. Hanya perusahaan yang memiliki reputasi baik dengan produk berkualitas yang ada di KUDO. Keempat, karena merupakan gabungan dari banyak e-commerce, maka produk yang terdapat di situs KUDO mencapai jutaan produk berkualitas. Hal ini tentunya akan mempermudah agen untuk menjual produk. Kelima, komisi yang ditawarkan jika Anda menjadi agen KUDO cukup besar dan jelas. Bahkan sangat jelas karena nominalnya langsung disertakan di bawah harga produk.

Keenam, hitung-hitung belajar membuka usaha dengan modal yang relatif sangat kecil, karena Anda hanya memerlukan deposit sebagai modalnya. Konsep bisnis KUDO yang sangat fleksibel, memungkinkan Anda untuk bekerja di mana saja dan kapan saja. Ketujuh, transaksi yang dilakukan sangat aman dan nyaman, baik bagi pembeli maupun penjual. Sebab, bagi pelanggan yang tidak memiliki kartu debit bisa tetap melakukan transaksi online secara tunai. Selain itu, semua transaksi yang dilakukan akan terekam lengkap dan bisa dilacak kembali. Jadi, jangan khawatir komisi Anda tidak dibayarkan. Terakhir, pendaftaran untuk menjadi agen KUDO sama sekali tidak dipungut biaya alias gratis. Anda bisa mengisi deposit berapa pun harganya, bahkan dibawah 50 ribu Rupiah. Jadi menjalankan bisnis ini betul-betul hanya bermodalkan niat, tekad, dan kemauan untuk bisa maju.

KUDO memang sengaja dirancang sedemikian rupa agar mempermudah masyarakat, baik dalam mencari penghasilan tambahan, juga dalam melakukan transaksi secara online. Agar berhasil menambah penghasilan dan sukses menjalankan bisnis ini, terdapat beberapa tips:

  1. Bisnis ini tentu harus dilakukan secara sungguh-sungguh dan serius, dengan memahami betul-betul konsep bisnis KUDO.
  2. Kuasai betul strategi marketing, teknik persuasi, dan teknik presentasi, sebab yang Anda lakukan adalah mempromosikan produk ke masyarakat. Semakin mahir Anda, semakin banyak komisi dan bonus yang didapat
  3. Kuasai hal yang terkait dengan teknis, misalnya cara mengisi deposit, cara referral, strategi promosi melalui media sosial
  4. Jangan hanya pintar melakukan promosi dan penjualannya saja, Anda juga harus pintar mengelola keuangan yang dihasilkan dari bisnis tambahan ini. Anda harus ingat, salah satu tujuan bisnis tambahan ini adalah agar saat masa pensiun Anda memiliki ketahanan finansial yang kokoh.
  5. KUDO sering mengadakan pelatihan untuk para agen, rajinlah mengikuti pelatihan yang diadakan oleh KUDO.

Selamat mencoba berbisnis sampingan bersama KUDO!