28Sep

Daftar Aplikasi Loket Pembayaran PPOB Bank Muamalat Indonesia Mitra Gerai

Daftar aplikasi pembayaran PPOB Bank Muamalat indonesia mitra gerai. Seiring dengan berjalannya waktu, kebutuhan akan teknologi yang mempermudah pekerjaan manusia pun semakin meningkat, termasuk dalam urusan pembayaran berbagai tagihan. Karena itu saat ini hadir PPOB atau Payment Point Online Bank yang memberi layanan untuk memudahkan masyarakat dalam membayar berbagai tagihan. Salah satu bank yang turut mendukung PPOB adalah Bank Muamalat. PPOB Muamalat selalu memberi pelayanan terbaik dan memberi kemudahan bagi masyarakat.

Apa itu PPOB

PPOB atau Payment Point Online Bank adalah fasilitas atau layanan sistem pembayaran oleh masyarakat pada payment point atau loket. Pembayaran tersebut dilakukan secara tunai dan melayani berbagai tagihan. PPOB bekerja sama dengan perbankan dengan koneksi secara online real time untuk setiap yang dilakukan. Sehingga pengiriman data bisa sangat akurat dan dapat langsung terekonsiliasi saat itu juga. Dengan demikian hampir tidak mungkin akan terjadi double payment.

PPOB sendiri merupakan pengembangan dari SOPP yang merupakan singkatan dari Semi Online Payment Point. SOPP memang mirip seperti PPOB, bedanya untuk SOPP memiliki jeda waktu antara pembayaran dengan pengiriman data. Tentunya hal tersebut akan mengkhawatirkan dan merugikan konsumen.

PPOB pertama kali berkembang pada tahun 2007 yang digagas oleh PT PLN untuk pembayaran rekening listrik. Saat itu penggunaan PPOB baru terbatas pada daerah Jawa Barat dan Banten saja. Saat ini PPOB sudah bisa diakses di ahmpir seluruh Indonesia dengan pembayaran tagihan yang sangat beragam. Sebut saja untuk pembayaran rekening PDAM, PGN, Telkom, hingga pembelian tiket kereta api maupun pesawat.

PPOB juga memberi dampak yang cukup baik dalam meningkatkan pendapatan mayarakat dan menekan angka pengangguran. Kehadiran pelayanan PPOB memungkinkan masyarakat untuk menjadi agen atau gerai PPOB. Mudahnya pelaksanaan serta waktu yang fleksibel memungkinkan berbagai kalangan masyarakat dengan latar belakang yang berbeda bergabung dengan PPOB. Sehingga peluang bekerja pun semakin banyak.

Meraih Keuntungan dengan Menjadi Agen PPOB

Ada banyak keuntungan yang bisa didapatkan dengan bergabung menjadi agen PPOB. Selain peluang usaha yang sangat luas, mengingat banyaknya masyarakat yang membutuhkan layanan jasa pembayaran tagihan, PPOB juga menawarkan keuntungan yang lumayan. Hal tersebut dikarenakan biaya pendaftaran yang sangat rendah atau bahkan gratis, seperti jika Anda bergabung dengan Kudo.

Keuntungan selanjutnya adalah, Anda bisa mengisi deposit dengan jumlah yang bebas. Dan ada banyak bank deposit yang bekerja sama dalam melayani PPOB ini, termasuk di dalamnya PPOB Bank Muamalat. Transaksi yang dilakukan melalui layanan PPOB juga sangat mudah dan cepat sehingga membuat kepercayaan konsumen dapat meningkat.

Menjalankan bisa dilakukan sebagai pekerjaan sampingan maupun pekerjaaan utama. Apabila Anda hanya memiliki sedikit waktu luang, Anda tetap bisa menjalankan bisnis ini karena bisa dilakukan kapan saja dan dimana saja. Saldo Anda juga tidak akan hangus meskipun harus didiamkan beberapa lama karena kesibukan yang Anda miliki. Namun bisnis ini juga bisa menjadi sumber pendapatan utama mengingat peluangnya yang cukup baik sehingga dapat memberi keuntungan yang lumayan.

Bisnis PPOB ini juga tidak memiliki target penjualan, sehingga bisa dilakukan dengan lebih santai tanpa harus takut kehilangan poin. Waktu dan biaya agen dan konsumen untuk melunasi tagihan pun menjadi lebih efisien jika menggunakan layanan PPOB. Dan tentunya untuk melunasi tagihan milik pribadi, Anda sudah tidak perlu merasa kerepotan lagi karena Anda dapat melakukannya sendiri.

PPOB Bank Muamalat

Gerai atau PPOB Muamalat

PPOB Gerai Muamalat adalah sistem PPOB yang bekerja sama dengan Bank Muamalat. Gerai Muamalat digerakkan oleh tiga pihak, yaitu mitra bank, collecting agent atau CA, dan payment point atau PA (loket).

Mitra PPOB Muamalat atau mitra bank adalah badan usaha yang bekerja sama dengan Bank Muamalat yang berbentuk PT atau CV. Badan usaha ini bertindak sebagai perpanjangan tangan bank dalam melakukan maintain terhadap masing-masing CA dan PA. Mitra Bank minimal memiliki 100 jaringan CA dan PA serta bertanggung jawab kepada bank.

Collecting Agent atau CA adalah koordinator dalam melakukan maintain baik teknis dan administratif. CA juga bertugas melakukan deposit bagi masing-masing loket dan bertanggung jawab kepada bank. Untuk menjadi CA PPOB Bank Muamalat Indonesia, setiap perorangan, koperasi/BMT, yayasan, BPR/S, PT, CV, dsb harus memiliki minimal 5 loket. Jika loket yang dimiliki kurang dari lima, Anda tetap bisa menjadi CA dengan catatan deposit mengikuti jumlah loket. Misalnya jumlah loket yang dimiliki hanya 3, maka deposit awalnya menjadi 3 x 100.000 rupiah, yaitu 300.000 rupiah.

Sedangkan payment point atau PA (loket) merupakan badan usaha atau jasa yang berinteraksi langsung dengan pelanggan. Pelanggan akan menemui PA untuk menyampaikan informasi atau keluhan dan akan diteruskan oleh PA kepada CA/Mitra Bank/Bank. PA-lah yang bertanggung jawab dalam melakukan transaksi Jasa Penerimaan Pembayaran/Pembelian layanan Biller. Siapa saja bisa menjadi PA, syaratnya hanya bersedia menyiapkan perangkat dan jaringan internet untuk melayani transaksi dengan pelanggan. Perangkat yang digunakan bisa berupa smartphone (mobile) atau komputer (desktop).

Jika Anda ingin mengoperasikan loket menggunakan mobile, setidaknya Anda harus memiliki smartphone Android OS Ginger Breas (2.3). Selanjutnya Anda juga hrus memastikan di wilayah Anda mencakup jaringan internet minimal GPRS dan memiliki mini printer bluetooth. Kemudian jika Anda ingin menjalankan loket desktop, minimal Anda memiliki seperangkat lengkap komputer pentium 4 dengan monitor 14/17 inch. Anda juga harus terkoneksi dengan internet dan memiliki printer LX 300.

Setiap CA atau PA yang bergabung dengan Bank Muamalat akan mendapatkan Fee, Biler yang cukup luas dan kertas struk. Karena biaya pendaftaran 100% menjadi deposit CA atau PA, maka spanduk, brosur, dsb bisa icetak sendiri. Pihak Bank Muamalat hanya menyediakan desainnya saja.

Setiap CA akan diminta untuk membayarkan setoran awal sebesar 500.000 Rupiah untuk minimal loket. Setoran awal menyesuaikan dengan jumlah loket yang dimiliki.  Sedangkan untuk PA baru diharuskan membayar setoran awal sebesar 100.000 Rupiah. 100% dari keseluruhan biaya tersebut digunakan sebagai deposit awal CA atau PA.

Untuk memudahkan para CA dan PA, kini aplikasi PPOB Muamalat bisa Anda unduh di play store. Aplikasi tersebut bernama Gerai Muamalat iB, dengan pemiliknya PT. Bank Muamalat Indonesia, Tbk. Aplikasi PPOB Bank Muamalat tersebut akan memberi kemudahan bagi setiap CA maupun PA dalam melakukan transaksi.

Fitur Gerai Muamalat

PPOB Bank Muamalat Indonesia bekerja sama dengan banyak pihak, sehingga pelanggan dapat melakukan berbagai pembayaran di sini. Fitur gerai Muamalat di antaranya adalah PGN berupa pembayaran gas. Pembayaran listrik, baik berupa postpaid, prepaid, mau pun non taglis. Pembayaran tagihan telkom, berupa telkom PSTN, Speedy, Indihome, dan Kartu Halo.

Pembayaran tagihan TV kabel dari Orange TV (prepaid), Nexmedia, Topas TV, Indovision, Telkom Vision, dan Yes TV. Pembayaran asuransi berupa AJ Sinarmas, BPJS Kesehatan, BPJS Ketenagakerjaan, dan Registrasi BPJS Ketenagakerjaan. Pembayaran tiket pesawat dan kereta api. Pembelian pulsa untuk semua operator. Termasuk Pembayaran PDAM di beberapa kota tertentu di seluruh Indonesia.

Keuntungan Menjadi Agen atau Loket Gerai Muamalat

Ada banyak sekali keuntungan yang bisa Anda peroleh jika menjadi agen atau loket PPOB Muamalat. Berikut rinciannya:

  1. Anda tidak dikenai biaya pendaftaran alias gratis
  2. PPOB Muamalat tidak mengenal saldo pengendapan deposit
  3. Anda bebas menentukan sendiri biaya admin yang ingin diterapkan kepada pelanggan
  4. PPOB Muamalat menawarkan deposit yang sangat fleksibel
  5. Deposit yang harus dimiliki minimal hanya 10.000 Rupiah saja
  6. Keuntungan berupa bagi hasil yang tidak merugikan salah satu pihak
  7. Skema fee kompetitif
  8. Deposit dilakukan dengan sangat cepat melalui virtual account
  9. Bagi monitor loket akan dilengkapi dengan aplikasi PPOB Bank Muamalat
  10. Proses instalasi sangat mudah dan cepat.
  11. Fitur yang dimiliki beragam dan memberi kemudahan dalam berbagai transaksi
  12. Anda berkesempatan memperoleh pembiayaan.

Selain keuntungan di atas, Bank Muamalat juga telah menyediakan solusi dari beberapa kemungkinan buruk yang terjadi di lapangan ketika transaksi dilakukan. Misalnya saat tidak ada uang kembalian di counter CA atau loket, pengelola loket diperkenankan melakukan pembulatan maksimal seratus rupiah. Namun pengelola tidak diperkenankan untuk mengganti uang kembalian dengan permen tanpa kesepakatan dari pelanggan. Bank Muamalat tidak bertanggung jawab terhadap kesalahan yang dilakukan oleh CA atau loket terkait uang kembalian. Baik itu ketika uangnya kurang atau pun berlebih.

Kemudian untuk mengatasi beredarnya uang palsu dan penipuan yang terkait itu, ada baiknya setiap loket dilengkapi dengan money detector. Money detector tersebut dapat berupa lampu UV portable atau yang lainnya yang disediakan sendiri oleh pihak pengelola loket. Jika kebetulan ketika transaksi Anda menerima uang palsu, jangan diterima dan segera kembalikan kepada pelanggan yang memberikan. Atau Anda bisa menyimpan uang tersebut sebagai barang bukti untuk dilaporkan kepada pihak yang berwenang jika dikhawatirkan pelanggan merupakan pengedar uang palsu. Bank Muamalat tidak bertanggung jawab terhadap diterimanya uang palsu oleh CA/loket.

Mengapa Harus Memilih Bisnis PPOB Bersama Bank Muamalat?

Memang ada banyak sekali bank yang tergabung dengan bisnis PPOB ini, baik bank milik negara maupun bank swasta. Namun tentu saja Bank Muamalat memiliki keunggulan tersendiri yang membuat Anda tidak akan menyesal telah memilih Bank Muamalat. Berikut keungggulan bergabung PPOB Bank Muamalat Indonesia:

  1. Telah menggunakan virtual account muamlalat Sehingga menjadi satu-satunya Gerai Muamalat dengan sistem deposit secara realtime online. Sehingga Anda bisa melakukan transaksi melalui jaringan internet banking muamalat atau banking muamalat. Transaksi juga bisa dilakukan melalui ATM Bank Muamalat, ATM bersama, dan ATM Prima. Transaksi pun dapat dilakukan melalui jaringan teller dan mobiler Branch Muamalat.
  2. Salah satu bank syariah yang memiliki kuasa untuk melihat transaksi tiap CA/loket karena sudah memiliki sistem Gerai Muamalat dengan mekanisme transaksi.
  3. Bagi pelaku pembiayaan berpotensi memperoleh pembiayaan.
  4. Jaringan gerai Muamalat sangat luas dan tersebar di seluruh Indonesia.
  5. Anda bisa memilih chanel pembayaran yang tersedia, yaitu mobile atau desktop.
  6. Fitur yang disediakan sangat beragam dan terus dikembangkan. Ke depan, Bank Muamalat akan dapat melayani pembayaran seperti transaksi perbankan, multi finance, pelunasan pajak, virtual account. Bank Muamalat juga akan segera membuka layanan transfer uang antar loket, baik yang bersifat lokal maupun internasional.
  7. Keuntungan per transaksi atau fee yang diberikan cukup kompetitif.
  8. Maintanence seperti call center selalu siap melayani masalah yang dihadapi agen 24 jam penuh.
  9. Untuk bergabung bersama Bank Muamalat sangat mudah, begitu pula dalam penambahan saldo atau deposit.
  10. Bisnis PPOB Muamalat bisa dilakukan oleh siapa saja, baik perseorangan maupun badan usaha.

Syarat Bergabung dengan Gerai Muamalat bagi Loket Perorangan atau Collecting Agent

Untuk bergabung menjadi CA/loket perorangan mitra PPOB Muamalat, ada beberapa persyaratan yang harus dipenuhi sebagai berikut:

  1. Melengkapi formulir aplikasi pendaftaran yang disediakan
  2. Membuka rekening Bank Muamalat di kota terdekat
  3. Menyerahkan satu lembar fotokopi identitas yang masih berlaku hingga saat pendaftaran
  4. Menyerahkan satu lembar fotokopi KK/NPWP
  5. Menyerahkan deposit transaksi
  6. Memilih tipe payment point yang ingin dijalankan
  7. Memberi denah lokasi loket dari jalan raya terdekat.

Syarat Bergabung dengan Gerai Muamalat bagi Loket Badan Usaha, Koperasi, Yayasan atau Collecting Agent

Jika Anda ingin bergabung menjadi CA PPOB Gerai Muamalat dalam bentuk kelompok, ada beberapa syarat yang harus dipenuhi, sebagai berikut:

  1. Mengisi formulir aplikasi pendaftaran yang telah disediakan pihak Bank Muamalat
  2. Membuka Rekening Giro Bank Muamalat
  3. Memberikan satu lembar fotokopi identitas Penanggung Jawab Badan Usaha yang masih berlaku saat pendaftaran dilakukan
  4. Memberikan satu lembar fotokopi NPWP Badan Usaha
  5. Memberikan satu lembar fotokopi SIUP, TDP
  6. Memberikan satu lembar fotokopi Akte pendirian dan perubahan Badan Usaha
  7. Memberikan rincian susunan pengurus badan usaha
  8. Memberikan denah lokasi loket dari jalan raya terdekat.

Registrasi Gerai Muamalat iB (PPOB)

Untuk melakukan registrasi Gerai Muamalat iB (PPOB), ada beberapa hal yang perlu diperhatikan, yaitu sebagai berikut:

  1. Loket Gerai Muamalat atau PPOB Muamalat adalah perorangan atau badan hukum atau badan usaha atau lembaga lainnya. Loket ini menggunakan Jasa Layanan Payment Point Online milik Bank Muamalat.
  2. Untuk mengajukan pembukaan Loket Gerai Muamalat, calon loket dapat melakukan pendaftaran online di http://www.ido-sinergy.com/modul/daftarbmi/. Calon loket gerai Muamalat juga dapat melakukan pendaftaran dengan mengajukannya ke cabang Muamalat terdekat.
  3. Pengelola loket akan menerima data Loket Gerai Muamalat. Data tersebut berupa user ID, Password default, dan no virtual account.
  4. Kemudian loket gerai Muamalat dapat mengunduh aplikasi PPOB Bank Muamalat. Jika melalui Google Play Store, aplikasi dapat ditemukan dengan mengetikkan keyword “PPOB Muamalat” atau “Gerai Muamalat”. Jika menggunakan desktop atau komputer, aplikasi dapat diunduh melalui laman http://www.aplikasippob.com:8081/APPPOB.jnlp.

Aktivasi Gerai Muamalat iB (PPOB)

Selanjutnya Anda harus mengaktivasi Gerai Muamalat iB (PPOB) dengan ketentuan sebagai berikut:

  1. Loket gerai Muamalat melakukan penyetoran awal dengan rincian yang sudah disebutkan di atas. Uang tersebut 100% dikembalikan menjadi deposit atau saldo awal. Setoran ini juga berfungsi untuk login pertama pada perangkat yang akan digunakan untuk melakukan transaksi ke depannya.
  2. Setelah melakukan setoran awal dan login pertama, loket gerai Muamalah harus melakukan konfirmasi ke Call Center Gerai Muamalat.
  3. Selanjutnya loket gerai Muamalat harus melakukan perubahan password. Password baru tersebut harus menggunakan kombinasi dua huruf kapital, huruf kecil, dan angka.

Mekanisme Transaksi Gerai Muamalat iB (PPOB)

Untuk lebih memudahkan Anda dalam memahami bisnis PPOB Bank Muamalat Indonesia, ada baiknya Anda mempelajari mekanisme transaksi sebagai berikut:

  1. Pengelola loket wajib melakukan aktivasi gerai Muamalat iB yang terdapat pada poin B sebelum melakukan transaksi. Transaksi yang dimaksud di sini adalah antara pengelola loket dengan pelanggan dalam bentuk pembayaran tagihan dan atau pembelian.
  2. Pelanggan harus menginformasikan data tagihan berupa ID pelanngan, nomor tagihan atau kode pembayaran kepada loket.
  3. Sistem akan memberikan konfirmasi data tagihan setelah pengelola loket melakukan pengecekan sistem.
  4. Selanjutnya data tagihan dan jumlah tagihan yang muncul disampaikan oleh pengelola loket kepada pelanggan.
  5. Pelanggan memberi konfirmasi dan melunasi tagihan yang telah diinformasikan oleh pengelola loket.
  6. Setelah pelanggan melakukan konfirmasi dan memberikan uang tunai, pengelola loket akan melanjutkan pelunasan atas tagihan pelanggan tersebut.
  7. Setelah sistem memberi informasi “sukses” dan bukti transaksi dapat dicetak, itu artinya transaksi telah berhasil dilaksanakan.
  8. Sebelum melakukan pembayaran dan atau pembelian, pengelola loket wajib memastikan saldo atau limit yang dimilikinya masih mencukupi.
  9. Jika saldo atau limit transaksi kurang dari jumlah pembelian dan atau pelunasan tagihan pelanggan, maka sistem tidak bisa melanjutkan proses pelunasan.
  10. Kelalaian proses input data tagihan sepenuhnya menjadi tanggung jawab pengelola loket dan bukan tanggung jawab dari Bank Muamalat.
  11. Tanda terima sebagai bukti pelunasan pembayaran tagihan dan pembelian lainnya yang diberikan kepada pelanggan dalam sistem Gerai Muamalat iB dinyatakan sah oleh Biller.

User ID, Password, dan No Virtual Account

Saat menjadi mitra PPOB Muamalat Anda akan menerima User ID, Password, dan No Virtual Account dengan rincian sebagai berikut:

  1. User ID, Password, dan No Virtual Account hanya bisa diterima oleh pengelola loket setelah melakukan pendaftaran. Pendaftaran tersebut dapat dilakukan secara online maupun melalui cabang Muamalat terdekat seperti yang telah dijelaskan di atas.
  2. Data loket berupa User ID, Password, dan No virtual account tersebut akan dikirim melalui email yang didaftarkan ketika pendaftaran awal.
  3. User ID dan Password tidak diperkenanakan diberitahukan kepada pihak lain oleh pengelola loket sebagai upaya untuk meningkatkan keamanan.
  4. Apabila User ID dan Password diketahui oleh pihak lain, maka pengelola loket wajib melakukan pelaporan kepada pihak Bank Muamalat.

Limit Transaksi dan Pemblokiran Gerai Muamalat

Dalam menjalankan bisnis PPOB bersama  Bank Muamalat ada aturan mengenai limit transaksi dan ada kemungkinan gerai yang Anda miliki diblokir. Limit transaksi adalah dana yang disetorkan oleh pengelola loket kepada pihak Bank Muamalat. Dana tersebut disetorkan melalui virtual account sebagai batas transaksi yang dapat dilakukan oleh pengelola loket.

Gerai muamalat yang Anda miliki bisa diblokir oleh pihak Bank Muamalat jika tidak melakukan aktivitas pada Aplikasi Gerai Muamalat selama 6 bulan. Waktu tersebut dihitun mulai dari aktivitas terakhir yang dilakukan oleh pengelola loket. Pemblokiran juga dapat dilakukan apabila pengelola mengajuka permohonan pemblokiran layanan Gerai Muamalat kepada pihak Bank Muamalat. Permohonan pemblokiran tersebut dapat dilakukan melalui call center PPOB, Sala Muamalat, maupun cabang Muamalat.

Bisnis PPOB Bersama Kudo

Apabila Anda merupakan salah satu nasabah Bank Muamalat, Anda juga bisa menjalankan bisnis PPOB bersama Kudo. Kudo akan memberi pelayanan terbaik dengan keuntungan yang tak kalah menarik. Di antaranya sebagai berikut:

  1. Untuk menjadi agen PPOB, Anda tidak dikenakan biaya pendaftaran sepeser pun. Anda hanya perlu membayar deposite awal 50.000 rupiah saja dan dilayani dengan tiket otomatis.
  2. Transaksi berlangsung dengan sangat cepat dan kurat real time 24 jam non stop. Jadi data yang diproses sangat akurat dan kemungkinan terjadinya double payment sangat kecil bahkan tidak ada sama sekali.
  3. Aplikasi Kudo sangat mudah dijalankan. Sehingga Anda dari latar belakang apa saja bisa melakukan bisnis ini.
  4. Kudo melayani pembayaran paling lengkap di seluruh Indonesia. Dengan demikian Anda bisa semakin baik. Ingat, keuntungan PPOB akan semakin besar jika ada banyak transaksi yang mampu Anda layani.
  5. Car pendaftaran sangat mudah. Anda hanya perlu mengisi formulir pendaftaran yang tersedia di website resmi Kudo. Kemudian lakukan verifikasi dan tunggu balasan dari pihak Kudo maksimal 2 kali 24 jam. Setelah itu login dengan PIN dan Password yang telah dikirim kepada Anda, dan bisnis Anda bisa langsung dijalankan.
  6. Bisnis PPOB bersama Kudo tidak menerapkan target penjualan dan tidak memiliki batas waktu, sehingga saldo tidak akan hangus. Jadi Anda bisa mengelola bisnis ini dengan sangat fleksibel. Dengan demikian aktivitas Anda sehari-hari tidak akan terganggu karena bergabung bersama Kudo.
  7. Kudo memberikan layanan customer service yang bisa dihubungi setiap hari sejak pukul 8 pagi hingga 9 malam Waktu Indonesia Barat. Dengan demikian kapan saja Anda merasa kesulitan dalam melakukan transaksi atau yang lainnya yang terkait dengan PPOB, Anda bisa langsung menghubungi pihak Kudo.
  8. Transaksi untuk melakukan layanan pembayaran bisa dilakukan dengan banyak cara. Anda bisa menggunakan SMS, Whatsapp, Yahoo Messanger, dan WEB Topup, tergantung dari kenyamanan Anda masing-masing. Reply SMS kepada pihak Kudo juga tidak berbayar, sehingga dapat meminimalisir modal atau pengeluaran dari agen.
  9. Ada banyak komisi, bonus, serta cashback yang ditawarkan pihak Kudo kepada seluruh agennya. Komisi untuk setiap transaksi pun sangat transparan sehingga Anda tidak perlu khawatir tertipu.
  10. Peralatan yang diperlukan sangat sederhana dan tergantung keinginan Anda masing-masing. Jika ingin menggunakan desktop atau personal computer, Kudo menyediakan aplikasinya. Jika Anda ingin melakukan transaksi menggunakan mobile atau smartphone pun diwadahi oleh Kudo.
  11. Meskipun secara formal Anda mendaftar sebagai untuk menjalankan bisnin PPOB, namun Anda tetap bisa melakukan kegiatan lain. Misalnya melakukan penjualan online atau menjadi reseller dari Kudo. Karena sejatinya Kudo adalah marketplace dengan banyak pilihan barang yang bisa Anda jual kembali. Jadi dalam satu aplikasi dan satu akun, Anda bisa menjalankan dua bisnis sekaligus.
  12. Keamanan dari Kudo sudah sangat terjamin, mengingat mitra dari Kudo sendiri sudah dangat banyak dan tersebar hampir di seluruh Indonesia. Kudo juga mencantumkan alamat kantor permanen seara jelas. Pemodalan yang dimiliki oleh Kudo sudah sangat kuat karena didukung oleh investor global dan asing. Sehingga Kudo sudah termasuk perusaan dengan skala nasional.

Bisnis PPOB Muamalat memang cukup menggiurkan karena memberi keuntungan yang lumayan banyak. Melalui bisnis ini pula Anda tidak perlu kerepotan ketika harus membayar berbagai tagihan pribadi Anda karena Anda bisa membayarnya sendiri di rumah. Apabila Anda tertarik untuk menjalankan bisnis ini dan merupakan nasabah Bank Muamalat, Anda bia bergabung dengan Kudo. Kudo akan memberi layanan terbaik bagi seluruh agen loket PPOB yang bergabung bersamanya.