03Oct

Contoh Gambar, Banner & Spanduk PPOB Bukopin, BRI, Arindo, Tektaya, BTN

Contoh gambar, banner & spanduk Bukopin, BRI, Arindo, Tektaya, BTN. Ketika Anda membuka usaha PPOB, perlu mulai memikirkan cara pemasarannya. Salah satu alat yang Anda butuhkan adalah banner atau spanduk. Dalam banner tersebut tercantum layanan PPOB yang Anda sediakan seperti menjual pulsa, melayani pembayaran listrik pascabayar, membeli token listrik prabayar, membayar cicilan kredit sepeda motor, dan lainnya.

Kalau Anda merasa gaptek alias tidak tahu cara membuat banner, tidak perlu khawatir. Sebab dalam artikel ini Anda akan temukan bagaimana cara efektif dan mudah untuk membuat banner PPOB secara cepat. Metode ini bisa Anda praktekkan untuk membuat banner dan spanduk PPOB Bukopin, BRI, Arindo, Tektaya, BTN, maupun PPOB lainnya.

Sebelum kita masuk ke teknis pembuatan banner PPOB, mari simak dulu apa fungsi banner dan seperti apa konsep banner yang efektif dan menarik.

Fungsi Banner PPOB dalam Pemasaran

Dalam ilmu marketing, banner atau spanduk itu merupakan sarana penyampai pesan kepada target pasar. Karena itu, setiap pemilik loket PPOB sebaiknya memasang banner. Tujuannya agar:

  1. Untuk alat promosi
    Tiap orang yang melihat banner tersebut kemudian akan tahu kalau Anda melayani penjualan pulsa elektrik, melayani pembayaran BPJS kesehatan, membayar rekening listrik dan lainnya.
  2. Untuk branding
    Dalam banner tersebut sebaiknya tertulis nama loket PPOB Anda. Tujuannya agar orang tahu mengenai nama loket PPOB tersebut. Sehingga nantinya setiap orang akan mudah untuk menyebutkan nama usaha loket PPOB Anda ini.Contoh, Anda bisa beri nama loket PPOB ini dengan nama Anda sendiri, nama istri, nama anak, maupun nama lainnya yang Anda suka. Misalnya “loket PPOB Pak Ahmad”, “loket PPOB Bu Dewi”, “loket PPOB Makmur Sejahtera”, dan lainnya.
  3. Terlihat lebih menarik
    Coba bayangkan sendiri kalau dibandingkan antara terdapat banner dengan tanpa banner, kira-kira lebih bagus mana? Tentu jawabannya akan lebih baik dengan pasang banner. Sebab lebih informatif dan menarik. Orang pun akan langsung tahu apa saja layanan yang Anda sediakan.

Selanjutnya, mari kita bahas mengenai ciri desain banner PPOB yang menarik dan tepat guna untuk mempromosikan loket PPOB Anda

Ciri Banner PPOB yang Bagus dan Efektif

Berdasar tujuan awal tadi bahwa kita memasang banner PPOB untuk tujuan informatif (agar orang tahu), menarik perhatian, dan kemudian bertransaksi di loket PPOB milik Anda, maka sebaiknya banner PPOB tersebut didesain sebagai berikut.

  1. Isinya jelas, tidak bertele-tele
    Ingat, banner itu memiliki ukuran tertentu yang terbatas. Jadi seharusnya isi dalam banner itu langsung to the point. Jika Anda membuka loket PPOB, maka dalam banner tersebut bisa Anda jelaskan layanan yang Anda sediakan meliputi:

    • Menjual pulsa
    • Melayani pembelian listrik prabayar dan pembayaran listrik pascabayar
    • Melayani pembayaran air PDAM
    • Melayani pembayaran angsuran cicilan kredit sepeda motor
    • Membayar telepon dan internet Telkom
    • Membayar BPJS Kesehatan
    • dan seterusnya
  2. Terdapat nama loket PPOB Anda
    Seperti disinggung di awal tadi, penting untuk memberikan nama yang baik untuk usaha loket PPOB Anda ini. Tujuannya sebagai pembeda sekaligus agar orang mudah untuk mengingatnya. Jadi ketika misalnya ada teman dari pelanggan PPOB Anda yang misalnya butuh untuk membayar listrik, pelanggan Anda itu bisa menyarankan,”Oh itu bayar ke loket PPOB Pak Budi saja. Itu tempatnya di ujung gang.”Nah kemudian teman dari pelanggan tadi pun berangkat menuju arah yang ditunjukkan pelanggan Anda. Begitu dia melihat banner PPOB yang dipasang tadi, dia pun berhenti dan melakukan transaksi yang dibutuhkannya.
  3. Desainnya menarik
    Artinya desain banner ini harus eye-catching sehingga menarik perhatian orang. Kalau misalnya anda tidak sanggup mendesainnya sendiri, tenang saja, banyak ahli desain yang bisa merancang desain banner secara menarik.
  4. Tulisannya terbaca jelas
    Ini terkait dengan ukuran banner yang dipasang. Tapi sebagai panduan paling tidak dari seberang jalan tempat banner ini dipasang, banner tersebut masih bisa terbaca dengan baik. Sehingga siapapun yang misalnya berhenti di depan loket PPOB Anda, bisa mengetahui kalau dirinya tengah berada di depan loket PPOB online yang bisa melayani penjualan pulsa, pembayaran listrik, dan layanan lainnya.

Untuk itulah, pemilihan ukuran dan jenis font (huruf) dalam banner sangat penting. Pilih jenis font yang mudah terbaca meski dilihat dari jarak yang cukup jauh.

Itulah beberapa prinsip penting dalam pembuatan banner PPOB agar nantinya loket PPOB Anda ini makin laris didatangi orang.

Ragam Banner Spanduk PPOB Bukopin

Salah satu jenis banner PPOB yang banyak dicari adalah PPOB Bukopibn. Tahu sebabnya? Sebab memang Bukopin termasuk yang pertama menyelenggarakan layanan PPOB. Apalagi dengan pemberian fee yang lumayan dan cara pendafatran yang mudah, akhirnya membuat banyak orang ikut kepincut bergabung.

Kalau Anda termasuk yang menjadi agen PPOB Bukopin dan mungkin baru memulai usaha, mungkin referensi banner dan spanduk PPOB Bukopin berikut ini bisa bermanfaat.

Contoh Spanduk PPOB Bukopin 1

spanduk ppob bukopin

Spanduk ini berformat memanjang ke samping. Sebab memang dimaksudkan untuk dipasang di depan loket. Jadi bukan model banner standing yang bisa dipasang berdiri.

Pada contoh model banner 1 ini tertulis jelas “Loket Pembayaran Payment Point On-Line Bukopin”. Kemudian di bawahnya lagi terdapat tulisan “dengan System Realtime Online Melayani Pembayaran Tagihan”. Lalu disusul dengan berbagai logo dari perusahaan yang dilayani pembayaran maupun pembeliannya seperti Telkom, PLN,. Indosat, Telkomsel, BAF, Adira dan lainnya.

Untuk logo bank Bukopin diletakkan di sebelah kiri banner. Ditinjau dari sisi desain, banner ini sudah memenuhi syarat sebagai banner standar PPOB yang baik. Sebab tulisannya sudah bisa terbaca dengan baik dengan ukuran font yang memadai. Kemudian untuk logo perusahaann dari layanan yang tersedia juga tertata dengan baik.

Contoh banner PPOB Bukopin 2

Pada contoh banner PPOB kedua ini menonjolkan teks sebagai unsur dalam spanduk. Tulisan “LOKET PEMBAYARAN” berwarna hijau menyesuaikan dengan logo Bank Bukopin yang juga terdapat warna hijau. Kemudian di bawahnya disusul dengan tulisan “payment point online bukopin (PPOB). kami hadir untuk membantu anda dalam melayani pembayaran & telepon seluruh NTB”.

Spanduk ini dipasang di depan sebuah toko. Jadi siapapun yang melewati toko ini bisa tahu bahwa toko tersebut juga sebagai loket PPOB yang melayani pembayaran listrik dan telepon.

Contoh banner PPOB bukopin 3

Pada contoh banner PPOB Bukopin ketiga ini ukurannya tidak terlalu besar. Dan pada unsur bannernya memadukan antara teks dan logo. Tulisannya “Loket Resmi Pembayaran Online”. Lalu di bawahnya terdapat tulisan “Rekening Listrik – Telkom – Pulsa – Kredit Motor & Voucher game Online”. Di bawahnya lagi terdapat tulisan Tagihan listrik, Token Listrik Prabayar, Non Tagihan Listrik (Pasang baru, Rubah Daya, Pesta, P2TL), dan lalu di bawahnya lagi terdapat logo perusahaan yang dilayani pembayaran maupun tagihannya itu.

Yang menarik, pada banner ini terdapat kata “LOKET RESMI”. Hal itu untuk memupus rasa ragu orang-orang yang berniat menggunakan loket ini untuk melakukan transaksi pembayaran tagihan.

Contoh Banner PPOB BRI

Kalau Anda bergabung sebagai agen PPOB BRI, maka banner berikut ini yang bisa Anda tiru dan contoh.

Contoh banner PPOB BRI 1

spanduk ppob bri 1

Pada contoh 1 ini terdapat tulisan PPOB BRI Mitra Kios Bandung. Hal tersebut penting sebagai branding dari usaha loket yang Anda lakukan.

Kemudian pada kalimat di sampingnya terdapat tulisan “Loket Resmi PPOB BRI. Tempat Pembayaran Online melayani: pulsa token PLN, Taglis dan Nontaglis PLN, Terlengkap Pembayaran PDAM, Telkom dan TV berbayar, Tiket kereta Api, Finance dll”. Lalu pada bagian bawahnya terdapat logo beberapa perusahan yang bisa dilayani pembayarannya melalui loket PPOB BRI ini, seperti Wom FInance dan Adira Finance.

Konsep desain banner 1 ini menarik. Dan antar unsur banner juga bisa diletakkan secara serasi sehingga tampak nyaman dilihat.

Sampel banner PPOB BRI 2

Pada contoh kedua ini terdapat tulisan KIOS Pembayaran Online. Lalu dibawahnya terdapat layanan yang yang disediakan dari pembayaran rekening listrik hingga televisi berlangganan. Yang menarik adalah adanya ajakan “Mari Membayar” pada banner tersebut sehingga diharapkan bisa menggugah orang yang belum melunasi tagihan bulannnya agar segera melakukan pembayaran.

Contoh spanduk PPOB BRI 3

Pada contoh ketiga ini minim kata-kata. Hanya bertuliskan “Loket Pembayaran Online” dan “PPOB BRI” pada samping kanan banner. Lalu di bawahnya penuh dengan logo berbagai perusahaan yang dilayani pembayarannya melalui loket PPOB ini. Warna dasar dari banner ini menyesuaikan dengan warna kebesaran Bank BRI yaitu biru tua.

Contoh spanduk PPOB BTN Bagus

Bank Tabungan Negara (BTN) juga ikut menyelenggarakan PPOB. Nah kalau Anda bergabung sebagai agen PPOB BTN dan membutuhkan contoh spanduk atau banner, inspirasi berikut ini bisa Anda jadikan referensi.

Contoh Banner PPOB BTN 1

Banner PPOB BTN

Pada contoh pertama ini untuk standing banner. Tulisannya “Di sini menerima pembayaran dan pendaftaran Elektronik Multi Operator, Agen , Token dan Telkom,.” Kemudian ditambahkan keunggulan yang dimiliki loket PPOB ini yaitu “cepat, mudah dan hemat”.

Standing banner ini bisa kita letakkan di pintu masuk loket sehingga setiap orang yang hendak masuk tidak ragu untuk meneruskan langkahnya dan melakukan pembayaran tagihannya via loket PPOB ini.

Pada banner ini sekaligus mengajak orang untuk ikut bergabung sebagai agen PPOB online. Dengan demikian, seperti kata pepatah “sekali kayuh, dua tiga pulau terlampaui”, maka selain berjualan pulsa, loket PPOB ini juga mengajak orang untuk ikut mencoba peluang usaha dengan membuka loket PPOB online.

Contoh spanduk PPOB BTN 2

Pada contoh kedua ini bertuliskan “Loket Resmi pembayaran online” Diberi tambahan kata-kata “Satu tempat Banyak Pembayaran. Kalau ada yang dekat ngapain jauh-jauh”. Kemudian ditambahkan lagi dengan layanan yang tersedia seperti bayar listrik PNn, beli pulsa listrik, bayar Speedy, TelkomVision, cicilan OTO, FIF, BAF, WOM, dan lainnya.

Spanduk ini bagus karena terdapat tambahan kata-kata “Kalau ada yang dekat ngapain jauh-jauh”. Dengan begitu, masyarakat sekitar yang membacanya pun akan tergugah untuk lebih baik bertransaksi lewat loket PPOB yang dekat ini saja.

Contoh Spanduk PPOB Tektaya yang Kreatif

PPOB Tektaya yang bernaung dalam perusahaan PT Teknologi Cipta Raya itu juga cukup banyak memiliki mitra loket. Nah, kalau Anda ingin membuat spanduk atau banner PPOB Tektaya, berikut ini beberapa contohnya.

Contoh Banner PPOB Tektaya 1

Banner ini memadukan warna abu-abu, orange, dan biru muda. Pada banner bagian atas terdapat tulisan ‘Loket Resmi pembayaran Online’. Kemudian di sampingnya terdapat tulisan TEKTAYA yang ditambahi tulisan pada bagian bawahnya yaitu terlengkap, tercepat terpercaya.

Baru setelah itu pada bagian bawahnya dijelaskan berbagai macam layanan yaitu PLN (tagihan listrik / token prabayar), tagihan telkom (telepon, Speedy, Telkomvision), PDAM (regional), BPJS, PBB, Umroh, leasing mobil dan motor (WOM, BAF, OTO, FIF, MEGA Finanace, dll). Juga ada melayani pembelian pulsa prabayar (Simpati, Indosat, IM3, Pro Xl, 3 Axis, dll), tagihan pulsa pascabayar (kartu Halo, Matrix, Explore), Tv kabel (Indovision, Top TV), dan top up gojek.

Pada banner ini didesain rapi dan mampu menonjolkan layanan yang disediakan. Ukuran fontnya pun sesuai sehingga mudah terlihat.

Contoh banner spanduk PPOB Tektaya 2

banner spanduk PPOB Tektaya 2

Pada contoh kedua ini menggunakan kombinasi warna merah dan putih. Tertulis besar-besar pada bagian atas yaitu “Loket Resmi Pembayaran” dan kemudian pada bagian bawahnya dicantumkan layanan yang disediakan seperti air PDAM, listrik prabayar, pascabayar dan lainnya. Lalu di bawahnya lagi terdapat logo dari perusahan-perusahaan tersebut.

Contoh banner PPOB ini to the point sehingga siapapun yang melihatnya bisa langsung tahu kalau di tempat tersebut menyediakan layanan pembayaran listrik dan sejenisnya.

Contoh Spanduk PPOB Arindo yang Cantik

Membuat spanduk banner PPOB yang cantik diperlukan agar orang yang melihatnya bisa tertarik untuk menggunakan jasa layanan loket PPOB yang Anda buka.

Nah berikut ini sejumlah contoh banner PPOB Arindo yang bisa tiru.

Contoh spanduk PPOB Arindo 1

spanduk PPOB Arindo 1

Pada contoh ini bertuliskan “Loket Resmi Pembayaran” dan terdapat logo PT Arindo dan Bank BNI pada kedua sisinya. Lalu di bawahnya lagi terdapat layanan yang yang tersedia meliputi: listrik, telepon dan speedy internet, PDAM, PBB, Pulsa HP, token listrik, leasing motor (FIF, BAF, WOM, Adira), Telkom Vision, Indovision, Kompas TV, E-Samsat, Paket IR, SLO, Equity, BPJS, Tiket KAI dan pesawat, LKD, Kiriman uang dan pajak daerah. Lalu di bawahnya lagi terdapat logo bererapa perusahan dan lembaga. Ditambah lagi pada bagian bawah terdapat tulisan “mitra e-payment terdepan handal, tangguh dan terpercaya”.

Contoh spanduk PPOB Arindo nomer 1 ini cukup simpel dan bisa langsung menggambarkan mengenai layanan PPOB yang tersedia.

Contoh banner spanduk PPOB Arindo 2

Pada banner yang satu ini tertera nama pemilik loket yaitu Munandar. Kemudian pada bagian sampingnya terdapat tulisan “Loket Resmi Pembayaran Listrik, Listrik prabayar, Telepon, Speedy, PDAM, Dll”. Kemudian di bawahnya lagi terdapat beberapa logo, seperti BNI, Arindo Corp, Telkom dan XL.

Desain spanduk ini sederhana namun sudah bisa mengenalkan layanan PPOB yang disediakan.

Cara Membuat Banner Sendiri Mudah dan Cepat

Jika misalnya Anda ingin membuat banner PPOB sendiri, ada banyak cara yang bisa Anda lakukan. Berikut ini beberapa cara di antaranya

  1. Membuat banner PPOB dengan software Coreldraw
    Jika Anda memiliki kemampuan mengolah grafis menggunakan Coreldraw, Anda bisa pergunakan software tersebut. Seperti kita tahu, software yang satu ini banyak dipakai untuk mengolah desain grafis, termasuk dalam pembuuatan banner PPOB. Dengan menggunakan software ini, Anda akan dimudahkan untuk membuat banner dengan desain seperti yang diinginkan.Untuk membuat banner menggunakan Coreldraw, langkah singkatnya sebagai berikut.

    • Tetapkan ukuran banner yang ingin Anda buat.
    • Kemudian gunakan rectangle tool untuk membuat kotak banner sesuai yang Anda inginkan.
    • Lalu ketikkan teks dan Anda bisa tuliskan misalnya “Loket pembayaran resmi online”. Anda bisa beri warna sesuai keinginan.
    • Mainkan juga shape tool untuk membuat bentuk elemen grafis seperti yang Anda inginkan.
    • Anda pun bisa memasukkan gambar dari internet, misalnya untuk logo perusahaan.
    • Setelah selesai dan desainnya cocok seperti yang Anda inginkan, Anda pun bisa menyimpannya dan kemudian membawanya ke percetakan banner.
  2. Membuat banner PPOB di photoshop
    Software Photoshop juga sering digunakan untuk membuat banner PPOB. Caranya sebagai berikut.- Pertama buat dokumen baru dengan ukuran yang sesuai dengan ukuran banner yang kita inginkan.

    • Lalu buat layer baru agar Anda bisa mengedit halaman di Photoshop tersebut.
    • Lalu mainkan gradient overlay untuk membuat gradasi warna. Anda bisa memilih warna banner PPOB sesuai keinginan.
    • Lalu tekan tombol T (type) untuk mulai mengetikkan kata-kata yang berisi penjelasan mengenai loket PPOB Anda. Misalnya Anda bisa tuliskan “Loket PPOB Online Resmi, Bisa Antar Jemput”
    • Jika sudah, Anda bisa simpan file Photoshop tersebut dan kemudian membawanya ke tempat percetakan banner.
  3. Membuat banner PPOB online gratis
    Kalau Anda merasa tidak punya kemampuan untuk membuat banner dengan menggunakan dua software canggih di atas, tenang saja. Anda bisa coba menggunakan website yang menyediakan pembuatan banner online gratis.Ada banyak website yang menyediakan fasilitas ini. Seperti canva.com, mybannermaker.com, bannersnack.com dan lainnya. Memang umumnya tool tersebut dimaksudkan untuk pembuatan banner untuk website. Tapi tak ada salahnya juga kalau Anda memanfaatkan situs banner itu untuk membuat banner bagi loket PPOB Anda.Yang penting Anda bisa mudah untuk mendesain dan hasilnya bagus. Kemudian Anda bisa simpan hasilnya untuk kemudian dicetak menjadi banner atau spanduk PPOB.
  4. Membuat banner PPOB di android
    Kalau misalnya Anda tidak memiliki komputer atau laptop dan hanya memiliki smartphone, jangan biarkan keterbatasan itu menjadi halangan untuk berkreativitas. Sebab Anda tetap bisa mendesain banner PPOB dengan menggunakan HP yang Anda miliki.Caranya Anda buka Google Playstore dan kemudian carilah aplikasi banner maker, poster maker, poster designer, dan sejenisnya. Memang terutama aplikasi tersebut ditujukan untuk pembuatan banner online. Tapi tak masalah juga kalau kemudian Anda hendak menggunakannya sebagai desain spanduk atau banner PPOB.
  5. Cara membuat banner PPOB dengan adobe ilustratorSoftware yang satu ini juga kerap dipakai oleh para profesional dalam membuat ilustrasi maupun banner. Caranya kurang lebih sama seperti beberapa software desain banner di atas.
    • Buka halaman dokumen baru.
    • Kemudian pakai Rectangle tool untuk membuat banner sesuai ukuran yang Anda inginkan.
    • Ketikkan kalimat PPOB yang ingin Anda tuliskan.
    • Kalau ingin membentuk pada objek yang Anda masukkan bisa gunakan add anchor point tool
    • Anda atur hingga desain banner PPOB ini seperti harapan
    • Kalau sudah, tinggal save dan cetak ke tukang pembuat banner.
  6. Membeli koleksi desain spanduk banner di Kudo

    Kalau Anda termasuk orang yang enggan untuk repot mendesain banner sendiri, ada lagi solusi lainnya. Anda bisa beli template desain spanduk dan banner yang tersedia di Kudo.Anda tinggal beli dan kemudian tinggal mengedit saja. Setelah memiliki koleksi desain spanduk dan banner ini mungkin saja nantinya Anda bisa bikin jasa bikin banner di kampung Anda.
  7. Langsung datang ke percetakan banner
    Cara lainnya yang bisa Anda tempuh adalah dengan langsung datang ke percetakan banner. Di sana pasti ada ahli desain yang siap membuatkan banner PPOB sesuai keinginan Anda.Jadi Anda hanya perlu datang ke percetakan dan pandu tukang desain banner ini untuk memasukkan kata-kata yang Anda mau pada banner PPOB tersebut. Untuk urusan desainnya Anda bisa serahkan. Kalau dirasa sudah cocok, Adna pun bisa minta untuk mencetak banner tersebut.Mengenai biaya desain banner tersebut sangat bergantung. Sebab ada percetakan yang mengenakan biaya desain, tapi ada yang juga free desain. Kalau pun ada biayanya, pasti harganya terjangkau dibanding Anda mumet sendiri untuk mendesain banner.

Begitulah cara mudah, cepat, dan praktis untuk membuat banner yang efektif dan menarik. Tidak repot lagi kan untuk membuat banner untuk loket PPOB Anda?

Tips Membuat Banner PPOB yang Berkesan

Sekalipun misalnya Anda tidak membuat banner PPOB sendiri, tapi paling tidak Anda perlu tahu prinsip dan ilmu desain agar nantinya banner yang Anda buat ini bisa bagus dan dapat menarik perhatian pelanggan.

Berikut ini tips yang perlu Anda perhatikan dalam membuat banner maupun spanduk PPOB.

  1. Tonjolkan yang penting
    Ini prinsip dasar dalam desain. Jadi karena Anda ingin membuat banner PPOB, maka Anda bisa tulis besar-besar untuk tulisan “Loket PPOB Resmi”, “Loket PPOB Online”, dan sejenisnya. Dengan begitu, siapapun yang melihatnya akan tahu bahwa tempat dipasangnya banner tersebut menyediakan layanan PPOB online.
  2. Tulisan Jelas dan singkat
    Hindari untuk menuliskan kalimat yang terlalu banyak pada banner desain banner PPOB tersebut. Sebab nantinya banner itu akan terlihat sesak dan kemudian orang pun akan malas membacanya.Misalkan saja, daripada Anda menuliskan “melayani pembayaran listrik” pada banner tersebut, lebih baik bisa Anda singkat “Melayani Bayar Listrik”. Lebih padat kan?
  3. Tiap elemen desain serasi
    Mulai dari warna, font, hingga bentuk tertentu bisa diatur dengan serasi sehingga menjadi kesatuan desain yang enak dipandang.
  4. Gambarnya memiliki resolusi tinggi
    Jika misalnya Anda ingin memasukkan logo atau gambar tertentu, pastikan gambarnya memiliki resolusi tinggi. Sehingga nantinya saat dicetak, banner tersebut hasilnya akan bagus.
  5. Bahan Banner PPOB yang Berkualitas
    Ada banyak bahan untuk membuat banner. Biasanya kalau Anda datang ke percetakan sudah tidak repot lagi sebab pihak percetakan akan menjelaskan setiap bahan banner lengkap dengan harganya. Namun sebagai info saja, biasanya untuk banner untuk indoor seperti misalnya yang model standing banner itu lebih baik menggunakan bahan albatros. Sementara untuk banner PPOB yang dimaksudkan untuk diletakkan di luar ruangan, Anda bisa pilih untuk menggunakan bahan flexi.

Begitulah sejumlah informasi mengenai spanduk PPOB serta desainnya. Harapannya setelah Anda membaca artikel ini Anda kini tidak lagi kesulitan untuk membuat banner terbaik untuk loket PPOB Anda. Baik Anda mencari ide untuk pembuatan spanduk PPOB BRI, banner PPOB Bukopin, spanduk Arindo, maupun spanduk PPOB Btn, Anda bisa gunakan referensi ini.

Jangan lupa juga bergabung di Kudo. Banyak keuntungan yang bisa Anda peroleh. Selain bisa membuka loket PPOB secara gratis, Anda pun bisa berjualan barang-barang lainnya secara online. Banyak komisi yang bisa Anda peroleh. Dengan begitu keuntungan berlipat pun bisa Anda rasakan.